Menu Close

Alasan Mengapa Anda Harus Membuat Blog Sekarang Juga

potensi blog, dan alasan mengapa harus membuat blog

Membahas tentang blog memang hal yang menyenangkan dan selalu update, jadi mengapa blogging menjadi booming selama beberapa tahun terakhir? Apa alasan harus membuat blog?

Saya yakin bahwa sepertinya hampir setiap orang memiliki blog hari ini. Dan bukti kecil, Anda membaca artikel ini berarti Anda juga berpikir untuk memulainya sendiri bukan.

Bagaimana orang menghasilkan pendapatan dari blog mereka? Apa sebenarnya blog itu dan bagaimana cara membuatnya? banyak sekali pertanyaan yang bermunculan mengenai blog dan pesonanya.

Hari ini, kita akan menyelam lebih jauh ke dalam dunia blog, dan menguraikan semua yang perlu Anda ketahui. Jadi pastikan anda selesai membaca untuk mempelajari seluk beluk blog, dan apa yang menjadikannya sebagai tujuan unik di internet.

Apa Itu Blog?

Mari kita bahas dasar-dasarnya dulu… apa sebenarnya blog itu? Definisi Google berbunyi sebagai berikut:

Website atau halaman web pribadi tempat seseorang mencatat pendapat, tautan ke situs lain, dll.

Blog itu seperti website di mana Anda dapat mengunjungi halaman tertentu untuk belajar tentang topik tertentu. Namun blog bukan website yang spesifik menjual produk atau layanan tertentu.

Kalau di bilang sih lebih dianggap sebagai buku harian atau jurnal yang biasanya dikelola oleh satu orang atau yang dapat dinamakan sebagai Blogger.

Kebanyakan blogger mengupdate blog mereka secara rutin, baik dengan harian, mingguan, atau bulanan dan tentunya postingan yang berhubungan dengan niche atau topik tertentum yang menjadi ciri khas blog tersebut.

Biasanya, seorang blogger akan memilih satu topik yang mereka ketahui atau minati dan berfokus mengembangkan topik tersebut. Misal minat anda adalah makanan, maka anda bisa mulai menjadi food blogger. Banyak contoh-contoh blog yang bisa gunakan sebagai inspirasi.

Atau coba saja anda search di google dan Anda akan menemukan blog  tentang makanan, mode, olahraga, teknologi, sains, seni, dan tentang setiap subjek lain yang dapat Anda pikirkan. Ya karena setiap orang punya minatnya masing masing.

Blogger bisa saja menjadikan blog mereka hanya untuk konsumsi pribadi, tetapi sebagian besar blogger memang membuat blog untuk di tayangkan secara online supaya dilihat oleh seluruh dunia.

Postingan adalah komponen utama dari blog mana pun. Setiap blog di internet menyertakan postingan berbeda yang ditulis oleh bloggernya.

Terkadang semua postingannya tentang topik (niche) yang sama. Misal blog tentang travelling ada blognya Triniti Traveller. Ini yang saya maksud dengan niche, membahas satu topik yang sama di sebuah blog.

Terkadang malah anda bisa temui dengan berbagai macam topik dalam satu blog, blogger di Indonesia menyebutnya blog gado-gado. Kalau menurut saya si terserah bloggernya untuk memposting jenis konten apa yang menurut mereka ingin dilihat oleh pembacanya.

Apa isi posting dalam sebuah blog? Biasanya sebagai permulaan, mereka berisi konten tertulis (itu sudah jelas). Tapi mereka juga bisa berisi gambar, video, dan bagian tersegmentasi dengan judul berbeda.

Beberapa blogger membuat postingan panjang yang berisi banyak informasi, sementara yang lain membuat posting mereka lebih ringkas. Sekali lagi, terserah blogger untuk menyajikan konten mereka dengan cara yang paling masuk akal bagi mereka.

Beberapa blog memiliki sedikit pengunjung setiap bulan, beberapa blog memiliki jutaan pembaca yang berdedikasi. Anda akan dapat mengetahui kapan site Anda mulai mendapatkan momentum dan menikmati popularitas. Setelah anda benar-benar konsisten menerbitkan artikel.

Dengan postingan artikel dan pembaca yang cukup, Anda akan mulai mendapatkan traffic, baik dari organic search maupun platform media sosial lain. Media sosial ini penting untuk perkembangan blog anda.

Karena semakin banyak pengunjung artinya kemungkinan mereka melakukan share ke media sosial akan lebih besar. Di lain kasus, jika Anda paham tentang SEO, Mungkin bisa jadi blog anda mendapat ranking yang bagus di halaman search 1 google (SERP).

Mengapa Orang Membuat Blog?

Ada beberapa alasan mengapa orang-orang membuat blog.

Berdasarkan minat, motif, dan tujuan, inilah alasan paling populer mengapa orang membuat dan memelihara blog:

1. Untuk Mengekspresikan Diri

Semua orang ingin idenya di baca. Membuat konten blog baru adalah cara yang bagus untuk menyampaikan opini Anda dan berbagi ide dengan dunia. Ini sebenarnya lebih ke personal, sebetulnya siapapun bisa berekspresi lewat social media.

Namun, kalau anda sadar blog dapat digunakan sebagai social media, dengan blog anda lebih bisa untuk mengkostum tampilan blog sesuai ciri khas anda.

2. Untuk Menyampaikan Informasi dan Berita Berharga

Beberapa pemilik blog fokus pada konten baru pada topik-topik penting seperti politik dan masalah sosial. Yang lain fokus pada berita selebriti dan hiburan atau mengikuti bidang seni, sains, dan teknologi.

Ini adalah cara untuk memberikan informasi berharga kepada orang-orang yang memiliki minat yang sama dengan Anda. Anda bisa menuliskan ide anda sebebas mungkin di blog, karena ya memang blog dibuat oleh anda dan dinikmati oleh anda.

3. Untuk Menghasilkan Uang

Alasan untuk membuat blog yang satu ini adalah yang paling banyak! Mungkin ini akan membuat Anda tidak percaya, jika Anda mengetahui berapa banyak sih uang yang dihasilkan beberapa blogger? Bukan cuma receh, tapi puluhan bahkan ratusan juta.

Dengan Adsense dan konten afiliasi, blog telah menjadi bisnis yang bukan main main. Banyak orang di Indonesia yang bahkan sampai rela menjadi fulltime blogger, ya karena memang pendapatan dari blog sudah lebih dari cukup. Ini salah satu contohnya:

Pada 2017, blog berita Huffington Post meraup sekitar $ 14.000.000 per bulan. Blog hiburan Perez Hilton menghasilkan $ 575.000 per bulan.

Ya, gila bukan? Angkanya fantastis, kalau di rupiahkan sudah berapa itu.

Jika Anda memiliki blog yang bagus dengan audiens yang besar, Anda juga dapat menjadi salah satunya.

4. Personal Branding

Ada sebagian orang yang membuat blognya untuk mempromosikan dirinya sendiri. Anda bisa menjadikan blog sebagai portofolio yang menampilkan kemampuan.

Jadi begini, saya ingin memberi contoh, kalau anda membuka blog di internet, anda bisa ketikkan alamat blog berikut ini ryrob.com. Siapa pemilik ryrob.com ini?

Jadi pemilik blog ini adalah nama Ryan Robinson. Di dalam blog tersebut yang di bagikan oleh Ryan Rob adalah pengetahuan tentang bagaimana dia mendapatkan uang dari blog!

Semuanya!

Dia bagikan semua informasi dari mulai membuat, memilih platform, copywriting dan mulai menghasilkan uang milyaran dari blog, meskipun tidak fulltime atau menjadikan blog sebagai sampingan.

Nah, dari situ anda akan percaya bahwa Ryan Rob adalah ahlinya menulis copywriting dan menghasilkan uang dari blog. Karena apa yang ada dalam blog tersebut memenuhi semua informasi yang Anda butuhkan dari a sampai z.

Itulah yang namanya Personal Branding.

5. Untuk Terhubung dengan Orang yang Berpikiran Sama (Komunitas)

Bukan rahasia lagi bahwa orang-orang suka menjalin hubungan online. Beberapa lebih memilih hubungan itu daripada hubungan tatap muka yang mereka miliki di dunia nyata.

Jika Anda memiliki sudut pandang tertentu, blogging adalah cara yang bagus untuk terhubung dengan cara membuat komunitas.

6. Menambah Pengetahuan

Anda akan menemukan beberapa blogger yang benar-benar membuat blog untuk mendapatkan pengunjung yang loyal. Mereka mungkin akan rela mencari beberapa informasi baru atau mencari orang untuk berbagi ide dengan mereka.

Bahkan rela mengumpulkan buku untuk di pelajari sebelum membuat konten. Jadi dari sini pun anda bisa mengambil kesimpulan ketika searching tentang suatu masalah di google. Anda bisa lihat apasih topik yang di bahas oleh blog tersebut?.

7. Menemukan Pekerjaan yang Lebih Baik

Jika Anda sedang mencari pekerjaan, Anda dapat menggunakan blog sebagai portofolio online. Ini sangat berguna untuk penulis, seniman, fotografer, dan lainnya di bidang kreatif. Blog menyediakan cara untuk memamerkan bakat Anda kepada dunia. Jadi ini harus di manfaatkan.

8. Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis

Beberapa blogger mencoba meningkatkan keterampilan menulis dan teknik komunikasi mereka. Pembaca itu jujur!.

Blogger tahu bahwa mereka kemungkinan besar akan mendengar beberapa kritik yang membangun dari para pembacanya.

9. Untuk Berbagi Pengalaman

Mungkin Anda sedang berkeliling dunia, sedang travelling atau mungkin Anda sedang memulai perjalanan penurunan berat badan. Beberapa artikel blog dibuat hanya untuk sharing dan berbagi pengalaman dengan orang lain.

10. Untuk Mempromosikan atau Menumbuhkan Bisnis

Sulit untuk mengembangkan bisnis yang tidak memiliki blog sendiri!. Ini kasusnya bukan pada blog pribadi, tetapi website. Untuk lebih jelas, saya sarankan anda membaca fakta fakta mengapa website harus memiliki blog. Supaya anda lebih jelas pemahamannya.

Oke kita lanjut bahas, untuk sederhananya begini contoh kasusnya!

Di jaman serba online, katakanlah anda sedang search penyedia domain dan hosting di Google search. Ketika anda ketikkan di google, website niagahoster.com (misalnya) akan muncul di halaman pertama google.

Mengapa itu bisa terjadi?

Jawabnya, karena website mereka memiliki blog yang rutin memposting artikel yang solutif terkait dengan layanan yang mereka jual! Orang yang ingin tahu mengenai domain dan hosting berkualitas tentunya akan membaca blog mereka. Inilah alasannya mereka bisa muncul di halaman pertama.

Akan sangat susah untuk berada di halaman depan hasil pencarian Google search, kalau tidak pernah ada postingan yang continue, solutif dan berkualitas tentunya.

Ini sudah algoritmanya dari google, jadi harus dan wajib Anda ikuti untuk bisa berada di halaman depan google.

Oleh karena itu pemilik bisnis sering membuat situs blog untuk meningkatkan tingkat kepercayaan calon pembeli.

Penutup

Sekarang setelah Anda mengetahui apa itu blog dan tentang alasan mengapa harus membuat blog, apakah Anda siap untuk memulai?

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk membuat blog dan mengubahnya menjadi peluang menghasilkan uang.

Tentukan platform blog mana yang ingin Anda gunakan. WordPress, Squarespace, Typepad, dan Blogger adalah beberapa opsi yang paling populer, tetapi masih ada berbagai platform lain yang dapat dipilih.

Putuskan apa fokus blog Anda nantinya. Pilih niche yang tepat.

Buat konten yang luar biasa. Tanpa konten yang memberikan nilai bagi pembaca Anda, Jangan berharap blog Anda akan bertambah banyak pengikut.

Tingkatkan jumlah pembaca. Buat postingan blog yang menginspirasi pembaca untuk membagikan konten Anda.

Jika Anda dapat menarik pengunjung ke blog Anda, Anda dapat mulai memonetisasi blog Anda melalui iklan, afiliasi, dan masih banyak cara lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *