Apa Itu Backlink – Pentingnya Bagi Website dan Blog

Apa itu backlink? Baclink adalah sebuah tautan yang mengarah ada situs web atau blog kita. Yang biasanya lebih familiar dengan sebutan “Inbound links” atau “Incoming Links”.

Anda dapat menggunakan tools backlink checker gratis untuk mengetahui jumlah dan asal inbound link yang anda dapatkan.

Mengapa Backlink Sangat Penting?

Jadi begini…

Search engine seperti Google, diprogram dengan algoritma (logika) tertentu untuk bisa menampilkan jawaban atas kata kunci yang dicari oleh orang-orang.

Masalahnya, ada ratusan ribu artikel yang ada di internet yang memberikan judul dan yang sama.

Maka Google perlu faktor trust untuk menentukan yang terbaik.

Ibaratnya, semakin banyak yang merekomendasikan, maka akan dianggap lebih relevan dibanding dengan artikel milik website/blog lain.

Secara otomatis membuat artikel dengan jumlah inbound link lebih banyak, berpeluang lebih besar pula untuk berada di halaman pertama hasil pencarian (SERP – Search Engine Result Page).

Memberi dan Mendapatkan Link

Mendapatkan “inbound link” adalah salah satu komponen penting dalam teknik Off Page SEO.

Proses untuk mendapatkan link-link dari luar tersebut biasa dikenal dengan sebutan Link Building. Ya walaupun link building tidak melulu mengenai inbound link. Namun khusus pada artikel ini kita membahas mengenai external link dulu.

Dalam proses link building, anda perlu mempertimbangkan dari mana saja inbound link yang masuk ke website anda.

Backlink yang didapatkan dari situs-situs terkenal, terpercaya dan punya otoritas domain yang tinggi nilainya lebih bagus. Karena mendapatkan backlink dari situs-situs dengan Otoritas rendah akan menyebabkan spam score web/blog anda membesar.

Begitu juga dengan link yang anda berikan ke situs lain. Akan berpengaruh hasilnya pada situs yang mendapatkan link dari wesite anda. Tidak peduli apakah dengan atribut nofollow maupun dofollow, hal tersebut akan tetap memberikan efek ke website lain.

Jadi tetap perhatikan tingkat otoritas website yang anda rujuk, dan meminta rujukan.

Backlink Do-follow

Backlink dofollow adalah term, atau aturan yang anda tetapkan kepada search engine. Apakah link tersebut boleh ditelusuri atau tidak.

Dalam tampilan visual pengguna tidak ada perbedaan tampilan, link tetap bisa di klik seperti biasa. Karena yang menerima perintah adalah search engine.

Backlink No-follow

Backlink no-follow adalah kebalikannya, artinya anda tidak mengizinkan search engine bot menelusuri link yang anda sematkan pada sebuah artikel. Sama seperti link atribut dofollow, tampilan visual tidak ada perbedaan sama sekali.

Bagaimana cara Mendapatkan Backlink?

Bagi anda yang baru mendaftarkan domain, dan membuat blog, tentu backlink yang dimiliki masih nol. Tapi tenang, anda bisa membangunnya secara bertahap.

Baca juga: Cara cek SEO Blog

Bertahap bukan berarti tidak melakukan apapun. Anda tetap perlu melakukan beberapa cara untuk mendapatkan backlink pertama anda. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan backlink.

  • Membuat halaman profile di Situs Terkenal, kemudian masukan url web/blog
  • Blog walking, melalui komentar anda bisa mendapatkan backlink.
  • Guest Post di Blog orang lain yang memiliki topik relevan. Selain backlink, anda juga bisa mendapatkan traffik tambahan. Berminat guest post disini? silahkan kirimi saya email, dan baca ketentuannya di “work with me“.

Apabila anda membutuhkan referensi situs untuk menanamkan inbound berkualitas, dan tentunya gratis. Saya sudah menuliskannya disini: 101 Sumber Backlink berkualitas dan Gratis dengan DA dan PA tinggi.

Beberapa hal ini juga perlu anda perhatikan.

Pastikan Inbound Link Berada pada Situs Terawat

Ya, hal ini diperlukan karena blog dan web besar memberikan efek yang cukup signifikan. Dengan adanya link aktif atau backlink do-follow pada blog atau web besar, memungkinan adanya lonjakan visitor.

Karena web atau blog besar memiliki visitor yang sangat banyak dan dengan begitu ada besar kemungkinan link aktif tersebut diklik oleh banyak visitor. Berbeda halnya jika terpost di blog atau web kecil, hanya ada sedikit kemungkinan link aktif tersebut terklik oleh visitor.

Membuat Artikel yang baik dan banyak dibutuhkan orang

Dengan adanya artikel seperti ini, orang-orang akan tertarik untuk membaca dan mereferensikannya pada orang lain, entah itu di blog mereka atau di tempat lain. Dengan begitu, kalian jadi mendapatkan backlink secara gratis.

Membayar Jasa Optimasi SEO

Bagi anda yang bertujuan untuk membangun website bisnis, tidak ada salahnya membayar jasa SEO. Karena mereka sudah pengalaman di bidang ini tentunya. Namun harus tetap selektif, tanyakanlah record pekerjaannya, croscek pada pelanggan yang pernah ia handel.

Karena banyak jasa SEO yang notabanenya menggunakan trik kotor, atau yang biasa disebut dengan “black hat”.

Penutup

Anda sudah mengetahui apa itu backlink dan seberapa penting untuk website dan blog anda. Sudah saatnya anda juga perlu memikirkan teknik link building, agar bisa bersaing dengan kompetitor.

Rekomendasi Untuk dibaca selanjutnya adalah:

  • Teknik Link Building Untuk Pemula
  • Apa Itu Off-Page SEO

Selamat mencoba dan selamat membangun link anda.

Share:

Tinggalkan komentar