Menu Tutup

Apa Itu Custom Domain? Kenali Pentingnya Untuk Bisnis Anda

Cara membuat blog - menulis artikel pertama adalah langkah awal untuk menghasilkan uang

Selamat datang smart readers, pada artikel ini saya ingin membahas tentang apa itu custom domain. Berikut dengan penjelasan tentang pentingnya domain untuk personal branding dan bisnis anda.

Bagi Anda yang mulai berkarir di dunia internet atau dengan kata lain ingin memiliki penghasilan dari internet biasanya memulai dengan dua cara, Youtube atau Blog. Nah, jika memilih jalur blog, ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah soal domain.

Apa Itu Custom Domain

Apa itu domain? Sederhananya, domain itu seperti alamat rumah atau sebuah bangunan pada umumnya. Domain bisa menjadi identitas bagi sebuah blog dan domain buat seseorang tidak tersasar ke blog lain.

Misalnya, anda tahu bahwa blog ini (idblogging.com) adalah blog yang menyediakan informasi yang valid dan terupdate. Anda menjadikan idblogging sebagai salah satu sumber informasi untuk belajar blog dan inspirasi bisnis.

Nah, dengan mengetik idblogging.com dalam kotak pencarian browser, anda akan selalu diarahkan ke blog yang dimaksud. Sehingga anda tidak akan nyasar ke blog lainnya.

Itulah pengertian domain dan fungsi domain. Domain sendiri tidak ada banyak jenisnya, ada Top Level Domain, ada juga sub domain.

Apa bila anda belum tahu tentang TLD saya sudah menuliskannya di sini: Pengertian Top Level Domain (TLD).

Pentingnya Custom Domain Untuk Bisnis

Nah, sesuai judul, seberapa pentingnya custom domain. Jika anda menulis artikel di platform Blogger, anda akan diberi domain gratis seperti: bloganda.blogspot.com.

Tapi sayangnya domain yang diberikan oleh blogger.com di atas, bukan lah TLD, tetapi subdomain dari blogspot.com.

Fungsi domain bawaan ini sebenarnya sama. Tetapi, kenapa memakai custom domain, khususnya TLD itu penting?

Karena domain, khususnya yang TLD akan membuat seseorang lebih tertarik pada blog anda. Bahkan, blog dengan domain blogspot.com sangat dihindari oleh sebagian besar orang, khususnya dari kalangan pendidikan tinggi.

Mereka dilarang mengambil sumber dari blog dengan domain gratis seperti blogspot.com karena sering terindikasi berita palsu. Dengan memakai domain custom, seseorang akan lebih menghargai dan mau membaca artikel di dalamnya.

Domain custom juga menjadi tanda keseriusan anda dalam membangun sebuah blog. Dengan anda membayar seharga domain custom, secara sadar atau tidak sadar anda akan berusaha sebisa mungkin menyajikan artikel yang menarik dan dapat dipertanggung jawabkan.

Ketika anda sudah mengeluarkan modal untuk suatu pekerjaan, anda pasti punya tanggung jawab moral. Dorongan lebih serius akan timbul. “Kan sayang kalau nggak di seriusin, udah keluar modal”

Selain dari untuk kepentingan bisnis, anda dapat memanfaatkan domain sebagai sarana personal branding. Segera cek domain dengan nama anda, agar tidak lebih dulu dibeli orang lain.

Itulah alasan pentingnya domain custom bagi perkembangan blog anda. Domain custom memiliki harga yang beragam. Dari belasan ribu sampai ratusan ribu.

Anda dapat membelinya di banyak penyedia domain di seluruh Indonesia seperti Niagahoster, Hostinger, Rumahweb, Domainesia dan lain-lain.

Kesimpulan

Anda sudah mengetahui apa itu domain, berikut dengan pentingnya domain untuk pribadi maupun bisnis. Jadi sebaiknya anda saat ini sudah mulai mencari dan membeli domain anda sendiri.

Karena kedepan, nama domain akan tidak tersedia karena sudah dibeli oleh orang lain terlebih dahulu.

Berminat untuk membuat blog, dan mulai menghasilkan uang? Baca panduan ultimate yang saya buat: Panduan cara membuat blog untuk menghasilkan uang dalam 7 langkah untuk pemula.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *