Pengertian Apa itu Freelance dan Berapa Gajinya?

Hampir setiap orang penasaran mengenai apa itu freelance dan berapa gaji menjadi seorang freelancer. Baik yang hanya sekedar ingin tahu maupun benar-benar ingin mencoba menjadi freelancer.

Apa yang menjadikan freelance begitu trending belakangan ini dikalangan milenial, temukan jawaban selengkapnya pada artikel di bawah ini.

Apa Itu Freelance? Deskripsi Lengkap

Freelance adalah suatu pekerjaan yang dilakukan tanpa adanya ikatan formal layaknya bekerja reguler. Freelance sendiri apabila diartikan dengan kamus artinya adalah bekerja lepas / bebas.

Sebagai pekerja lepas, anda tidak terikat oleh aturan formal yang biasanya diterapkan oleh sebuah perusahaan. Anda bebas menentukan kapan, dimana dan bagaimana anda akan bekerja.Karena semua hasil kerja akan dinilai dan dihargai sesuai dengan apa yang anda kerjakan.

Nah, orang yang bekerja secara lepas inilah yang disebut sebagai freelancer.

Dahulu pekerjaan freelance adalah pekerjaan yang dipandang sebelah mata.

Pertama karena penghasilan yang tidak tentu dan terbilang kecil ratenya.

Kedua adalah karena peluangnya yang masih sedikit.

Berbeda dengan saat ini, peluangnya sangat banyak, kalau tidak cukup di Indonesia anda bisa coba menjadi freelancer di situs freelancer luar negeri.

Sebelum ngelantur kemana-mana kita kembali ke topic dahulu..

Freelancer biasanya biasanya mendapatkan bayaran setiap kali menyelesaikan sebuah project. Tetapi ada juga yang komisinya dihitung per jam.

Untuk jangka waktu pekerjaan, pada umumnya hanya untuk jangka pendek. Jarang sekali ada freelancer yang bekerja untuk jangka panjang pada sebuah perusahaan layaknya karyawan reguler, kecuali memang projectnya memang memakan banyak waktu.

Contoh: Membangun sebuah website mandiri.

Apabila anda berminat untuk menjadi seorang freelancer, ada beberapa keuntungan dan kekurangan yang dapat anda pertimbangkan sebelum terjun ke dunia freelance. Simak keterangan selengkapnya dibawah ini.

Baca Juga: 40 Situs Freelance Terbaik Indonesia

Keuntungan Kerja Freelance

  • Kerja Efisien

Menjadi seorang freelancer haruslah pandai memanage waktu se-efisien mungkin, karena apa yang dikerjakan oleh seorang freelancer sudah ada deadline dari pihak pemberi kerja.

Tapi jangan khawatir soal deadline, pada dasarnya waktu yang diberikan pemberi kerja lebih dari cukup untuk menyelesaikan projectnya.

Kalau anda dapat management waktu bekerja dengan baik, justru anda dapat mengerjakan lebih dari satu project sekaligus.

  • Fleksibel dan Bebas

Fleksibel dalam menentukan jam kerja, lokasi kerja tanpa ada aturan yang kaku layaknya menjadi pekerja reguler. Hal ini adalah salah satu daya tarik utama mengapa generasi muda suka menjadi pekerja lepas.

Siapa sih yang tidak tertarik bekerja kapan saja dan dimana saja.

  • Bekerja Sesuai Passion

Disaat banyak orang yang melakukan pekerjaannya sambil mengeluh, karena apa yang mereka kerjakan tidak sesuai dengan passion diri mereka. Seorang freelancer justru benar-benar dapat mengerjakan apa yang menjadi passion mereka.

Coba anda bayangkan seberapa menyenangkan kerja anda apabila apa yang dikerjakan adalah passion ataupun hobi anda. Semua pekerjaan akan terasa lebih mudah dan ringan.

  • Gaji Tinggi

Selain punya waktu dan tempat yang fleksibel, pekerjaan ini akan memberikan anda komisi / gaji yang tinggi, bahkan dapat berlipat ganda.

Sebagai Informasi, bekerja menjadi freelancer di situs / website luar negeri lebih menjanjikan ketimbang di Indonesia.

Ratenya bisa 10x lipat dari gaji freelancer lokal.

Banyak sekali peluang yang dapat anda ambil di situs freelancer luar negeri.

Kategori pekerjaan yang di postingan situs freelancer tersebut bisa anda ikuti pun cukup mudah. Kadang-kadang hanya pekerjaan sepele seperti jasa menulis ulang PDF ke Word, Translate, Survey dll.

salah satu contoh peluang untuk mendapatkan gaji besar bagi seorang freelancer
Contoh pekerjaan dan komisi freelance luar negeri.

Terlepas dari beberapa keunggulan menjadi seorang freelancer, tentu setiap pekerjaan tidak luput dari kekurangan. Beberapa kelemahan ini saya rasa anda wajib pertimbangkan sebelum memasuki dunia freelance.

Kekurangan Menjadi Freelancer

  • Tidak Ada Karir

Bagi sebagian orang karir tetap menjadi pertimbangan untuk terus melakukan pekerjaannya. Karena freelance ini sifatnya short term atau jangka pendek. Jarang sekali ada pihak pemberi kerja yang menawarkan project jangka panjang layaknya pekerja reguler.

Karir layaknya pekerja reguler hampir tidak ada.

Jangankan karir, para freelancer ini belum tentu bekerja untuk sebuah perusahaan, malah kebanyakan pemberi kerjanya adalah personal.

Bagi anda yang hendak memeliki calon mertua menginginkan menantu dengan jabatan dan karir cemerlang, hal ini perlu anda pertimbangkan. He he he…

  • Tidak Ada Tunjangan

Berbeda dengan bekerja sebagai pekerja reguler yang mendapatkan tunjangan seperti kesehatan, cuti, tunjangan pensiun dan sebagainya. Seorang freelancer tidak akan mencicipi apa itu yang disebut dengan tunjangan.

Karena semua gaji yang didapatkan adalah imbalan atas pekerjaan yang telah diselesaikan. Dengan jumlah yang telah disepakati bersama-sama.

So anda harus terus bekerja, tidak bekerja berarti tidak ada pemasukan. Kalau untuk sampingan masih oke lah ya.

  • Mempersiapkan Alat dan Fasilitas Kerja Secara Mandiri

Peralatan kerja yang menunjang perlu dipersiapkan sendiri. Saya ambil satu contoh, apabila anda menjadi freelancer video editing, maka anda perlu menyiapkan laptop yang mumpuni untuk proses editing.

Hampir semua pekerjaan yang dilakukan oleh freelancer, semua peralatan untuk bekerja tidak dipersiapkan oleh pemberi kerja atau project.

  • Tidak ada Jaminan Terus Mendapatkan Project

Hal ini adalah kelemahan terbesar ketika anda memutuskan untuk menjadi seorang fulltime freelancer. Artinya menjadikan professi ini sebagai pendapatan utama. Karena disana tidak ada jaminan anda akan mendapatkan project selanjutnya setelah project selesai.

Sebetulnya anda dapat mengatasi hal ini dengan membangun personal brand yang baik. Mempromosikan kemampuan dan keahlian sangatlah penting untuk menunjang keberlangsungan perkerjaan anda.

Mulailah membuat website / blog pribadi untuk menampilkan portofolio dan hasil karya yang telah anda selesaikan disana.

Sehingga lebih banyak orang yang mengenal dan tahu mengenai kemampuan anda. Apalagi saat ini membuat website pribadi sudah sangat terjangkau.

Semakin banyak yang mengenal anda, semakin besar pula peluang mendapatkan project baru.

Anda telah memahami apa itu freelance, berikut dengan kelebihan dan kekurangannya. Sekarang saya akan membagikan sedikit informasi mengenai gaji seorang freelancer.

Berapa Gaji Seorang Freelancer?

Berbicara mengenai berapa gaji seorang freelancer, sebelumnya saya ingin meluruskan pemahaman anda terlebih dahulu. Jadi yang dimaksud dengan gaji di sini adalah penghasilan atau komisi yang didapatkan setelah anda menyelesaikan sebuah project.

Ada dua alasan seorang freelance memiliki penghasilan di atas rata-rata. Pertama karena keahliannya memang sangat baik, yang kedua karena mereka mengerjakan banyak project sekaligus.

Penasaran dengan berapa gaji seorang freelancer?

Saya sudah merangkumnya jadi beberapa pekerjaan dan informasi tentang kisaran gajinya. Daftar pekerjaan ini saya rangkum dari beberapa situs freelancer yang ada di Indonesia dan luar Negeri.

1. Freelancer Data Entry

Pekerjaan data entry biaasanya mengharuskan anda untuk memindahkan data dari suatu format file ke format yang lainnya. Biasanya bisa berupa:

  • Input data ke website
  • Entry data dari Pdf ke Excel
  • Memasukkan data email ke spread sheet google

Gaji seorang freelancer untuk pekerjaan ini:

Rate Indonesia – Rp. 50.000 – Rp. 1000.000 per project.

Rate Luar Negeri – 50 USD – 500 USD per project.

ketahui berapa gaji seorang freelancer di luar negeri
Komisi data entry di situs freelancer luar negeri. Latium.org 

2. Video & Fotografi

Kabar baik bagi anda yang memiliki passion dibidang video dan fotografi, pekerjaan ini cukup banyak peluangnya. Mengingat saat ini sedang trend pekerjaan baru yaitu menjadi konten kreator.

Untuk kisaran komisi, sebenarnya tidak dapat di tetapkan berapa nominal yang dapat disebutkan, karena semua tergantung pada tingkat kesulitan dan waktu pengerjaan.

Pekerjaan ini meliputi:

  • Editing Photo
  • Photo Shot
  • Video Shot
  • Editing Video

Pengerjaan masing-masing project tergantung permintaan client anda, bisa jadi editing saja, atau bisa juga keduanya.

Di Indonesia rate yang ditawarkan mulai dari Rp 300.000 – Rp 500.000 untuk skala kecil, contoh foto product untuk iklan.

Sedangkan untuk skala besar seperti Pernikahan, kantir dan seminar, biasanya rate untuk video dan fotografi berkisar Rp 5000.000 bahkan dapat mencapai angka puluhan juta.

Berapa Gaji Seorang Freelancer Luar Negeri di Bidang ini?

Di luar negeri pasaran komisi untuk jasa pekerjaan freelance sejenis ini dihargai mulai dari $25-$1000 USD. Tergantung dari jumlah dan tingkat kesulitan.

salah satu pekerjaan freelance, yaitu editing photo
Sumber Latium.org

3. Freelance Guru

Susuai dengan perkembangan era digital, apabila dulu guru memberikan les privat ke siswa dengan mendatangi rumahnya, sekarang semuanya bisa online.

Peluang menjadi freelance guru semakin mudah. Anda dapat memanfaatkan platform seperti Ruang Guru dan Quiper untuk mendaftarkan diri menjadi guru online.

Bayaran yang diterima dari pekerjaan ini berkisar dari Rp. 50.000 – Rp. 300.000 per jamnya. Lumayan besar kan?

4. Design Grafis

Semakin populernya personal branding pembuatan logo dan professional bisnis card ternyata membuat permintaan pasar terus meningkat.

Platform freelancer seperti logo ground dan fiver saat ini menjamur. Anda punya banyak pilihan menuangkan hobi desain grafis menjadi sumber penghasilan.

Komisi untuk freelance jenis ini tergolong tinggi di pasaran Indonesia, yaitu berkisar pada Rp. 100.000 – Rp. 2000.000. Design grafis ini bisa berbentuk design logo, banner, pamflet dll.

5. Penulis Freelance

Menulis adalah hal yang paling mudah untuk dilakukan, hanya perlu berbicara dalam ketikan jemari tangan, hehe (sok puitis).

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghasilkan gaji dari menulis.

  • Penulis content website / blog
  • Menjadi Penulis lepas di Platform freelancer

Pada saat ini, harga patokan untuk penulisan di dasarkan pada jumlah kata. Mulai dari Rp. 50.000 untuk 500 kata, dan akan mencapai Rp.400.000 untuk sebuah artikel 2000 kata.

Kesimpulan

Menjadi seorang freelancer memanglah menjanjikan, namun untuk menjadi fulltime freelancer di Indonesia belumlah cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Anda perlu mencoba berbagai situs freelancer luar negeri yang menjanjikan komisi puluhan kali lipat ketimbang di Indonesia, apabila ingin mendapatkan penghasilan yang jauh lebih besar.

Pada kesempatan selanjutnya saya hendak membahas situs-situs freelancer di Indenesia dan Luar Negeri yang dapat anda gunakan untuk mencari project. Demikianlah artikel mengenai apa itu freelance dan berapa gaji seorang freelancer. Semoga dapat menjawab pertanyan yang anda cari.

Sampai jumpa…

Share:
  • 1
    Share

Tinggalkan komentar