Menu Tutup

Mengenal Apa itu Program Afiliasi & Keuntungan Menjadi Affiliate Marketer

apa itu program afiliasi

Apa itu program Afiliasi – Sebagian dari kita mungkin masih menyangka bahwasanya untuk memiliki penghasilan yang besar dan keuntungan yang berlipat ganda harus memulai dengan “modal” yang besar. Faktanya, sangkaan seperti ini tidak sepenuhnya benar.

Banyak kok yang bisa sukses dan kaya meski dengan modal yang tidak wah. Program afiliasi ini adalah salah satunya, bisnis ini sudah terbukti menimbulkan trend pekerjaan baru.

Yaaa, karena bukan hanya jutaan yang bisa didapat, bahkan bisa mencapai puluhan dan ratusan juta rupiah perbulannya.

Nggak yakin?

Tenang saya akan membahasnya di bawah.

Pengertian Program Afiliasi

Program afiliasi adalah suatu program yang akan memungkinkan pesertanya mendapatkan komisi, apabila ia berhasil membuat orang lain membeli produk yang ia promosikan. (Tentunya sudah melalui proses registrasi, saya bahas di bawah)

Dalam menjalankan bisnis afiliasi, tentu ada pihak-pihak yang terkait. Mereka yang terlibat dalam lingkaran bisnis ini adalah sebagai berikut:

  • Pemilik Produk – Biasanya pemilik produk dapat berupa perusahaan, supplier, dan penjual.
  • Affiliate Marketer – Adalah orang yang mengikuti program afiliasi. Tugasnya adalah mempromosikan produk yang dijual oleh pemilik produk kepada calon konsumen.
  • Konsumen – Orang yang membeli produk dari link yang dipromosikan oleh affiliate marketer.

Pada artikel ini, yang akan kita dalami adalah pihak di poin kedua, yaitu Affiliate Marketer.

Sebelum menjadi seorang affiliate marketer, kita perlu mendaftarkan diri  terlebih dahulu ke website yang menyediakan program afiliasi.

Tenang, mendaftarkan diri di website yang menyediakan program afiliasi itu nggak sulit. Sama mudahnya dengan mendaftakan diri ke sosial media.

Setelah mendaftarkan diri, anda akan diberikan sebuah link yang memiliki kode referal di belakangnya. Link inilah yang digunakan oleh penyedia program afiliasi untuk melacak dari mana sumber konsumennya.

Contoh Program Afiliasi

Misalnya, kebetulan anda adalah orang yang hobi membaca dan mengulas buku-buku baru setelah selesai dibaca. Maka kemungkinan mempromosikan produk seputar buku adalah pilihan tepat.

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mencari situs penjual buku yang menawarkan program afiliasi. Salah satu situs penjual buku yang menyediakan program afiliasi adalah Mizan Store.

Silahkan klik link di atas, maka anda akan langsung menuju halaman untuk mendaftarkan diri mejadi affiliate marketer di Mizan Store.

Apabila proses pendaftaran telah selesai, anda dapat memilih buku mana yang hendak dipromosikan. Pilih yang sekiranya laku dan punya banyak peminat.

Setelah memilih produk mana yang hendak dipromosikan, link referral akan muncul. Link inilah yang dapat digunakan untuk promosi (affiliate marketer) dan tracking sumber pembeli.

Contoh link referal:

https://www.mizanstore.com/ref734763453/

Kode refferal yang tertera di belakang url inilah yang menunjukkan kode tracking masing-masing affiliate marketer. Jadi anda tidak perlu khawatir mengenai dari mana para pemilik situs website mengetahui bahwa andalah yang mempromosikan produknya.

Mengapa Program Afiliasi Sangat Direkomendasikan?

Ada banyak keuntungan menjadikan program afiliasi ini sebagai bisnis sampingan. Berikut ini adalah beberapa alasan dan keuntungan menjadi salah satu affiliate marketer.

1. Dapat Dilakukan Tanpa Modal

Yang saya maksud tanpa modal adalah tanpa uang. Namun modal yang lain berupa kemauan, usaha untuk mempromosikan produk adalah wajib.

Perlu di ingat, faktanya modal adalah katalis. Yang akan mempercepat kesuksesan dari sebuah bisnis. Tanpa modal bisa saja sukses, namun butuh waktu yang tidak sekejap.

2. Keuntungan Lebih Besar

Coba saja anda bayangkan, bisnis mana yang tidak memikirkan tentang pengiriman, packing, dan proses transaksi penjualan? Ya ini, menjadi affiliate marketer.

Dengan menjadi afiliate marketer, anda hanya perlu melakukan dua langkah kerja untuk menghasilkan income. Pertama mendaftar, yang kedua adalah mempromosikan. Setelah itu hanya ongkang-ongkang kaki menunggu komisi di cairkan.

Jumlah komisi dari program afiliasi tentu berbeda-beda antara setiap produk. Biasanya mulai dari 25% hingga 75% dari nilai jual produk.

3. Tidak Terbatas Satu Situs Saja

Kabar baik selanjutnya adalah anda dapat mengikuti puluhan bahkan ratusan program afiliasi disaat yang sama. Selama anda tidak melanggar ketentuan yang sudah di buat oleh pemiliki situs. Pastikan anda telah membaca ketika ketentuan yang ada, untuk menghindari masalah di kemudian hari.

4. Berpotensi Menjadi Pasive Income

Alangkah baiknya kalau kita tidak bergantung pada satu pendapatan saja. Contoh saja saat pandemi ini, banyak pekerja yang kehilangan pekerjaan karena perusahaan tempatnya bernaung kolabs.

Kita jangan merasa aman karena belum terkena imbasnya. Meskipun saat ini sudah dalam posisi settle, menjadikan program ini sebagai pasive income adalah langkah yang cerdas dan bijak.

Menjadi affiliate marketer adalah salah satu cara mendapatkan pasive income, apalagi kalau teknik mempromosikan link referalnya tepat sasaran. Tentang bagaimana cara mempromosikan link yang baik, saya akan bahas di bawah.

5. Fleksibel

Menjadi affiliate marketer tidak akan membuat pekerjaan utama terganggu. Anda dapat melakukannya selagi mengisi waktu luang.

Dari pemilik produk tidak menentukan berapa target yang harus anda capai. Karena perhitungan komisi berdasarkan produk yang dijual. Artinya pemilik produk tidak punya kewajiban mengeluarkan dana untuk membayar affiliate marketer kala tidak ada penjualan.

Apa Saja Situs Yang Menyediakan Program Afiliasi?

Mengenai pertanyaan ini, jawabnya tergantung. Pasar mana yang hendak menjadi target anda, pasar lokal dan mancanegara semuanya dapat anda ikuti.

Ingat, Internet dapat menjangkau belahan dunia manapun. Pasar global tentu punya potensi lebih luas, namun potensi lokal juga wajib di pertimbangkan.

Berikut ini beberapa situs yang menyediakan program afiliasi:

Situs-situs Luar Negeri:

  • Amazon – Produk apapun dapat anda temukan di Amazon. Marketplce terbesar di dunia ini menyediakan program afiliasi bagi siapapun dan negara manamun yang beminat,
  • ShareASale – Adalah situs internasional berjenis jaringan afiliasi, yang menyediakan ribuan produk unggulan untuk dipromosikan.

Situs-situs Dalam Negeri:

  • Mizan Store – Adalah toko buku yang menyediakan program afiliasi.
  • AccestradeJaringan afiliasi Indonesia seperti ShareASale, yang memiliki banyak produk pilihan untuk di afiliasikan.
  • Tiket.com – Memberi kesempatan bagi siapapun untuk mempromosikan produk yang mereka miliki.
  • Projects.co.id – Situs freelancer yang membuka kesempatan menjadi affiliate marketer dengan jaminan komisi berlaku seumur hidup.
  • Ratakan.com – Marketplace produk digital, yang modelnya mirip dengan mizan store. Semua yang dijual disini berupa produk digital seperti: Ebook, Program, Template Blog/website dll.

Apakah Hanya Terbatas yang Disebutkan?

Wah, masih banyak lagi jumlahnya yang dapat di cari dan diikuti. Namun secara singkat, ada beberapa kategori populer saat ini yang dapat dimaksimalkan potensinya.

  1. Fitness
  2. Biz-opp (business opportunity)
  3. Insurance
  4. Gadget
  5. Books
  6. Skincare, health, & beauty
  7. Gaming
  8. Produk digital

Baca juga: 30 Situs yang Menyediakan Program Afiliasi di Indonesia

Yang perlu di Perhatikan Dalam Memilih Program Afiliasi

Sebelum menuntukan situs mana yang hendak anda ikuti programnya. Ada dua jenis afiliasi yang perlu anda ketahui.

  1. Afiliasi Mandiri – Artinya anda mendaftar menjadi affiliate marketer di situs yang menyediakan program afiliasi secara langsung. Biasanya syaratnya lebih ketat, seperti tidak diperbolehkan untuk melakukan paid trafic agar promosi anda di anggap sah. (Baca selengkapnya pada sub bab di bawah mengenai paid traffic)
  2. Melalui jaringan Afiliasi – Jaringan afiliasi ini aturannya lebih longgar, karena anda diperbolehkan menggunakan paid traffic sebagai cara untuk melakukan promosi. Contoh jaringan afiliasi sudah saya sebutkan di atas : ShareAshale dan Accestrade.

Trik Mempromosikan Produk Afiliasi (Jarang Diketahui Oleh Orang Lain)

Untuk mempromosikan produk afiliasi, ada dua hal yang perlu anda ketahui.

  1. Cara Mempromosikan
  2. Sarana Promosi

1. Cara Promosi

Mempromosikan produk afiliasi tidak dapat dilakukan sembarangan. Jangan berfikir dengan menyebar link kemana mana dan tinggal menunggu hasil.

Nyatanya perlu teknik khusus untuk melakukan promosi. Membuat promosi tanpa biaya adalah dengan menggulas produk yang anda promosikan.

Menerbitkannya di blog, website, dan membuat artikel ulasan yang diunggah di slide share.

Selain itu, konversinya rendah!

2. Sarana Promosi

Dalam mempromosikan produk afiliasi, ada beberapa sarana yang ampuh untuk digunakan. Kalau anda baca di beberapa website, pasti jawabnya menggunakan sosial media seperti fb, Instagram dll.

Sayangnya pendapat ini tidak tepat!.

Sosial media itu sarana promosi yang dibesar-besarkan.Nyatanya nilai konversinya rendah. Tujuan orang bersosial media saat ini hanya untuk mencari hiburan. Kelemahan lainnya adalah, ruang lingkup sosial media sangatlah kecil, ditambah postingan akan tenggelam begitu ada yang membuat postingan baru.

Sarana paling ampuh untuk program afiliasi adalah website dan blog. Mengapa demikian?

Trafik jawabnya. Website dan blog memili trafik dari hasil pencarian organic dari search engine seperti Google dan Bing. Artikel yang muncul di halaman pertama google bisa di baca oleh puluhan ribu calon konsumen setiap harinya. Dan hal ini akan bertahan dalam waktu yang lama, dibanding dengan sosial media.

Selain sarana untuk promosi produk afiliasi blog juga dapat di jadikan ladang pemasukan lain. Silahkan baca di sini: Cara membuat blog untuk menghasilkan uang dalam 7 Langkah Praktis.

Ada dua cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan traffik, free traffic dan paid traffic.

Free traffic

Free traffic artinya anda akan mendapatkan pengunjung secara natural dari hasil pencarian google.

Sangat cocok untuk yang baru memulai bisnis ini, karena modal yang dikeluarkan tidak begitu besar. Paling hanya untuk membuat website dan optimasi SEO, kalau pakai jasa pihak ketiga.

memanfaatkan free traffic tentu ada kelemahannya.

Kelemahan pertama yang sangat terasa adalah waktu, untuk bisa mencapai halaman pertama hasil pencarian membutuhkan waktu 1-3 bulan.

Yang kedua, website anda dapat terlempar dari halaman pertama kapan saja. Karena google selalu mengupdate algoritmanya.

Tapi bagaimanapun, menggunakan free traffic yang terbaik untuk yang minim modal. Karena kita hanya perlu menunggu traffic datang secara otomatis dan fokus akan lebih banyak dalam membuat konten ulasan.

Paid Traffic

Artinya anda akan mengiklankan produk yang anda promosikan. Langkah ini dapat dilakukan untuk menskip waktu berbulan-bulan yang dibutuhkan untuk mencapai halaman pertama hasil pencarian.

Dengan memanfaatkan Google Ads, konten promosi yang anda buat dalam sekejap akan menduduki halaman pertama.

Namun dengan memanfaatkan paid traffic, tingkat konversi akan lebih tinggi. Apalagi desain web dan blog dengan aja dibuat layaknya online store.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk membuat paid traffic:

  • Mendaftar di Google Ads.
  • Mmebuat Desain Iklan
  • Lengkap dengan banner iklan maupun Text.

Intinya anda sudah memperhitungkan berapa biaya untuk iklan dan berapa pendapaan yang akan masuk setelah melakukan cara ini.

Misal:

Saya mengiklankan konten web yang berisi link afiliasi, dengan budget 450 rbu. Dari hasil pengiklanan tersebut saya mendapatkan hasil 1 juta. Artinya keuntungan yang didapat adalah 55o ribu dalam sehari.

ROI ( Return Of Investment) dari pengiklanan yang saya lakukan adalah (550/1 juta)*100% = 55%.

Untuk mendapatkan ROI positif, perlu dilakukan beberapa kali percobaan dan analisa. Seperti penargetan calon konsumen dan analisa daerah efektif pengiklanan.

Teori memang mudah. Namun cara di atas lebih mungkin untuk mendatangkan penghasilan yang berlipan ganda.

Penutup

Agar menambah wawasan dan pengalaman menjadi seorang affiliate marketer, anda perlu bergabung dengan beberapa grup yang membahas tema afiliasi. Ikuti juga seminar-seminar gratis dan berbayar untuk menemukan metode terbaru dan tips-tips yang pernah dilakukan oleh para affiliate marketer yang telah duluan sukses.

Sisanya adalah praktek. Tidak ada bisnis yang sukses dan berhasil tanpa praktik. Harga sebuah pengalaman memang sangat mahal.

Meskipun sering dianggap remeh dan mudah untuk dilakukan. Nyatanya orang yang memperlakukan bisnis afiliasi dengan sungguh-sungguh akan sukses dan menghasilkan pendapatan lebih dari yang anda bayangkan.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *