Menu Close

Apa Itu Top Level Domain (TLD)

pengertian tld atau top level domain

Pengertian Singkat Top-Level Domain

TLD adalah singkatan dari ‘top-level domain’ dan bisa anda temui di bagian paling kanan dari setiap nama domain. Misal di idblogging.com, dimana ‘idblogging‘ adalah nama domain. Dan .com adalah Top-Level Domainnya. Atau kita bisa sebut sebagai ekstensi TLD.

Jika Anda mencari TLD, saya bisa merekomendasikan dimana anda bisa beli dengan keamanan terjamin dan pelayannya memuaskan. Apabila Anda memiliki pertanyaan seperti apa tujuan dan gunanya TLD? Silahkan baca panduan ini sampai selesai:

Pengertian TLD (Top Level Domain)

Pejelasan Lengkap Tentang TLD

Sekarang waktunya untuk memulai memahami penjelasan mengenai TLD lebih terperinci. Supaya lebih jelas apa itu Top Level Domain di URL? Mari kita gunakan sebuah contoh:

Oke, misalkan idblogging.com kita ambil sebagai contoh.  Saat Anda mengetikkan alamat tersebut di Google, alamat blog saya bisa ketemu di hasil pencarian karena menggunakan nama domain dan alamat IP.

Setiap website di Internet dapat diidentifikasi dengan alamat IP, IP ini kita ibaratkan rangkaian “angka unik”. Nomor-nomor ini adalah sekumpulan instruksi yang memungkinkan komputer mengakses data di website anda.

Gampangnya begini, Bayangkan alamat IP ini sebagai nomor telepon di hp anda. ..+62876544  Kemudian anda beri nama nomor tersebut dengan nama “Id Blogging”.

Nah ketika anda mencari nomer telfon Id Blogging, anda tidak perlu cari nomornya, tapi hanya mengetikkan “Id Blogging” di HP anda. Begitu lah prinsip kerja domain dan IP. Jelas ya!..

Apabila anda menggunakan platform blogging seperti blogger.com atau wordpress.com anda pasti akan di berikan satu domain gratis. Misalnya:

namakamu.blogspot.com

Maka domain yang seperti di atas sayangnya bukanlah sebuah top level domain, melainkan sub domain dari top level domain utama blogspot.com

  • namakamu = sub domain
  • blogspot = nama domain
  • .com = top level domain

Sub domain bisa diturunkan dari nama domain tanpa batasan jumlah loh. Jadi apabila anda memliki sebuah top level domain, maka anda bisa membuat sub domain baru dari domain utama anda. Misal TLD anda adalah seperti di bawah ini:

Nama domain : namakamu.com

Sub domain : info.namakamu.com, blog.namakamu.com, news.namakamu.com

Sampai dengan jumlah yang tidak terhingga, hal ini tentu menjadi poin plus untuk anda yang berkecimpung di dunia professional blogger ataupun website.

Huruf yang berada di akhir alamat situs web dikenal sebagai top-level domain (TLD). TLD ini biasanya punya ciri khas yang terkait dengan daerah dimana dia diperuntukkan. Sebagai ciri khas dari suatu negara, bisnis, media, atau nama sebuah organisasi.

Jadi, apa contoh top level domain?  Di Indonesia biasanya menggungkan .id sebagai kode negara,  .ca untuk Kanada, .biz untuk bisnis, dan .com untuk situs web komersial.

Menariknya, ‘top level domain’ juga dikenal sebagai ‘ekstensi URL’. Meskipun TLD paling populer adalah .com, masih banyak lagi yang tersedia, Seperti: .info, .dev, .net , .xyz dan bahkan .pizza.

Asal Usul Munculnya TLD

Top Level Domain, awal mulanya di kembangkan pada tahun 1980an, dimana masih di bagi menjadi 3 grup utama:

  1. Kategori
  2. Organisasi
  3. Negara

Masing-masing ekstensi domain memiliki tujuannya sendiri.

Tapi untuk sekarang, semua sudah bebas, siapapun bisa memiliki TLD, kecuali TLD dengan ekstensi pemerintah contoh: .gov, .mil, ac.id 

Sejak 2014, ICANN telah merilis lebih dari 2.000 ekstensi baru yang mencakup semua bidang dari klub dan hobi hingga industri, sains dan teknologi, dan lokasi geografis.

Penambahan ekstensi top level domain baru telah menghilangkan beberapa tekanan dari gTLD asli.

Kalau anda pernah melihat-lihat ke penjual domain, ekstensi saat ini sangat banyak dan beragam. Namun harus di akui bahwa ekstensi .com tetaplah nomer satu, orang akan cenderung ingat website apapun dengan .com. 

Ini jadi poin plus anda, kalau anda ingin membuat website atau blog usahakan pilihlah domain dengan ekstensi .com. Anda penasaran dengan harga satu domain .com? Harganya cukup terjangkau, yaitu 125 ribu per tahun.  Anda bisa cek di penyedia domain di indonesia yang sudah terkenal dan handal. Salah satunya adalah niagahoster.com

Manfaat Top Level Domain

Top level domain punya beberapa menfaat yang harus anda ketahui.. Namun bagi saya manfaat utamanya adalah Branding…

Branding ini bisa menjadi dua jenis ya, personal branding dan bisnis branding. Kalau anda pengguna blogger atau wordpress.com maka anda dilengkapi dengan domain bawaan.

Tapi itu akan susah di ingat oleh orang lain, karena terlalu panjang. Coba lihat perbandingan dua domain di bawah ini.

  • kopianda.blogspot.com
  • kopianda.com

Kira-kira orang akan mudah ingat yang mana? Oke, saya yakin anda pasti tahu jawabannya. Kalau anda tertarik untuk memulai blog atau membuat website, saya sarankan anda baca:

Menentukan nama domain yang cocok untuk blog atau website

Penutup

Kalau anda sudah membaca sejauh ini saya yakin, anda sudah memiliki pemahaman di atas orang awam. Dan apabila anda tertarik untuk membuat website atau blog, memiliki TLD yang bagus adalah langkah penting anda.

Anda bisa cek harga dan coba-coba mencari nama TLD yang ada di registrar berikut, karena memang kebanyakn orang menggunakan jasa  hosting dan domain di niagahoster.com. Anda bisa menggunakan kode kupon (idblogging-kupon) dan anda akan dapat diskon 5%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *