Berminat Menjadi Blogger? Apakah Masih Menguntungkan Tahun 2021?

Tahun ini banyak yang bertanya-tanya, apakah blogging dan menjadi blogger di tahun 2021 masih menguntungkan? Bagi saya pertanyaan seperti ini sangat lumrah.

Karena tidak dapat dipungkiri, banyak kekhawatiran yang timbul mengenai masa depan blog. Apalagi ditambah dengan berpindahnya minat masyarakat dari membaca menjadi menonton video.

Bahkan sekarang sedang trend di kalangan anak muda membuat konten tiktok, yang ketika saya bayangkan saja sudah jijik.

Lantas apakah blog masih menguntungkan?

Kalau dijawab secara singkat, maka jawabnya adalah masih sangat menguntungkan. Dibanding dengan membuat konten video, membuat konten untuk blog itu jauh lebih mudah.

Poin ini keunggulan pertama!.

Tapi….. Blog tidak bisa disamakan dengan trading, yang dibuat untuk menghasilkan uang dalam waktu singkat.

Bisa saja singkat, tapi harus keluar modal yang besar.

Blog sebenarnya bisa dikatakan sebuah investasi jangka panjang, karena butuh waktu dan konsistensi untuk membesarkan reputasinya.

Namun sekalinya menghasilkan, blog akan membuat anda ketawa-ketiwi sambil digibahi tetangga, karena tidak keluar rumah namun bisa beli mobil!

Ini buktinya:

Contoh Penghasilan Blog yang Menayangkan Iklan Dari Google Adsense

Beberapa hari yang lalu, saya berdiskusi dengan salah satu blogger yang membuka pendapatan blognya. Berikut ini bocoran pendapatan yang ia dapatkan dalam waktu setahun kebelakang, yaitu dari awal tahun 2020 hingga 2021.

pendapat blog dari adsense

Mas Aliyas (masih mahasiswa) adalah salah satu blogger muda yang menghasilkan uang dari blognya, melalui kerja sama dengan Google Adsense.

Anda bisa lihat sendiri ScreenShot pendapatan blognya per awal tahun ini, total pendapatan yang didapat mencapai 300 juta lebih.

Masih lebih besar pendapatannya dari gaji kerja kantoran ya? hehe..

Anda juga bisa kok seperti Mas Aliyas, asalkan MAU!.

Mulai dari sekarang mulai mempertimbangkan untuk membuat blog dan fokus menulis konten.

Tidak harus wah sehari satu konten, seminggu satu saja sudah bagus, karena tujuannya adalah jangka panjang.

Bingung mulai dari mana? Silahkan Baca panduan ini : Cara membuat blog dalam 7 Langkah Praktis.

Penghasilan Blog Selain Dari Google Adsense

Adsense memang menawarkan kemudahan untuk menghasilkan uang dari blog.

Tapi…. Baru akan terasa kalau traffic atau pengunjung blognya sudah ribuan perhari.

Kalau baru puluhan atau ratusan perhari sebaiknya dapat digunakan beberpa cara ini:

  • Program Afiliasi – Mempromosikan produk melalui ulasan dan review
  • Membuat Program Conten Placement – Mirip dengan afiliasi, bedanya di komisi yang dibayarkan per konten.
  • Menawarkan kerja sama dengan pihak pemilik produk.

Blog ini salah satunya yang memanfaatkan content placement.

Meskipun Blog ini masih dalam proses pengembangan, tapi sudah balik modal karena saya meletakkan program content placement di blog ini.

Content placement bisa berupa review/ulasan sebuah produk, bisa juga sebuah link yang menuju ke suatu website.

peluang menghasilkan uang dari blogging dengan content placement

Gambar di atas adalah salah satu email dari client yang hendak melakukan content placement di blog ini. Bahkan terlepas dari Google adsense-pun blogging masih punya peluang yang menjanjikan.

Apakah hanya kedua cara di atas yang bisa dilakukan?…

Masih banyak cara lain yang dapat dimanfaatkan untuk monetasi blog. Semua tergantung pemiliknya masing-masing.

Dibawah ini contohnya, mereka adalah blogger senior yang mengerti peluang kedepan setelah expert menjadi blogger.

Menghasilkan Uang Dari Blog Tingkat Lanjut (Expert Level)

Nah, di atas kita sudah membahas tentang bagaimana peluang blogging jika mengandalkan adsense dan beberapa metode lain.

Sekarang saatnya membahas, bagaimana caranya menghasilkan uang dari blog di tingkat lanjut.

Penting untuk di ketahui, blog bagi mereka adalah sarana atau alat untuk menjadi sukses. Artinya tidak secara langsung menggunakan blog untuk menghasilkan seperti menayangkan iklan dst.

Sugeng.id Pembuat & Penjual Template Blogger 

Salah satu contoh blogger yang berhasil memanfaatkan dunia blog untuk menghasilkan ada mas sugeng yang memiliki situs sugeng.id.

Selain bermain blog, blogger senior yang satu ini menceritakan pada salah satu postingan blog miliknya tentang beberapa penghasilan yang didapatkan selain dari adsense.

Hobinya mengutak-atik template blogger di jadikan sebagai ladang penghasilan. Mas sugeng membuat template blogger secara mendiri.

Sebagai sesama anak bangsa, saya juga merasa kagum bagaimana ia dapat berkarya. Template buatannya tidak kalah ciamik dari segi desain dan kecepatan loadingnya. Bahkan setelah saya test di beberapa test speed tools, hampir semuanya memberikan nilai sempurna.

Satu template buatannya dibandrol dengan harga Rp.250.000. Hingga tulisan ini diterbitkan, sudah terjual 7180 original copy. Ya kalau dikalikan 250.000 x 7180 maka totalnya mencapai 1,8 Milyar

Lebih kaget?…

Kemana aja selama ini?…

Sampai saat ini tahun 2021, pasar penjualan template blogger tidak pernah sepi.  Bahkan kata kunci “template yang cocok untuk blogspot” di internet akan mengarahkan kita untuk mencoba beberapa template free dan premium milik Sugeng.id.

Dan yes.. Semua itu bermula dari menjadi seorang blogger!.

Tri Hariyanto Pendiri P-store.net 

Beda hal dengan Mas Sugeng, seorang blogger yang bernama Tri Hariyanto yang berasal dari sebuah desa di pelosok berhasil menjadi salah satu brand blogger sukses. Awalnya Tri Hariyanto mengawali kisah suksesnya dengan menjadi blogger seperti pada umumnya.

Sampai akhirnya dia mulai mendirikan sebuah marketplace digital bernama P-Store yang menjual berbagai macam jasa dan kebutuhan para blogger. Mulai dari template, saldo paypal, artikel, backlink dan yang paling besarnya adalah jasa rekening bersama.

Transaksinya pun cukup gila, terakhir kali artikel ini ditulis Rp 225.000.000 pada bulan Agustus tahun 2020 kemarin. Semua berasal dari dunia blogging dan mengalami pertumbuhan setiap harinya.

Mulai sekarang, coba ubah lagi goal mu tentang Google Adsense, mulailah melihat ke goal-goal lain sebelum akhirnya kalian benar-benar fokus di menjadi publisher Google Adsense.

Apakah Blogging Punya Manfaat Lain? 

Selain menjadikan blog sebagai peluang untuk menambah penghasilan, blog juga punya manfaat lain yang tidak kalah penting.

Simak selengkapnya, apa saja manfaat yang akan anda dapatkan ketika menekuni dunia blogging ini.

1. Paling Update Mengenai Perkembangan Digital Marketing

Ini fakta, setiap blogger tidak asing dengan digital marketing. Hal-hal terkait website pasti mereka sudah update duluan.

Seperti yang kita tahu, saat ini eranya setiap orang memiliki online shop berbasis website. Ketika ingin berkecimpung mengenai digital marketing dan online shop, minimal sudah tidak awam mengenai bisnis model baru ini.

2. Pengalaman yang Tidak Ternilai

Menjadi blogger akan menuntut anda untuk terus try and error. Bereksperimen terus menerus, entah dalam segi teknis maupun tulisan.

Anda akan semakin banyak mendapatkan pengalaman seputar internet, SEO dan coding. Ada saja hal baru setiap hari yang akan di ketahui.

3. Pikiran Terbuka Lebih Luas

Hampir setiap hari anda akan membaca banya informasi baru, pengetahuan baru. Pikiran kita akan terbuka lebih luas, bahwa peluang itu sebenarnya banyak.

Kita saja yang jarang mau membaca dan mencari informasi dan peluang-peluang yang ada. Saya dulu mengira bahwa satu-satunya cara untuk menghasilkan uang adalah lewat bekerja secara fisik.

Setelah menekuni blog, saya sadar bahwa banyak sekali yang sebenarnya punya potensi untuk dimanfaatkan.

4. Blogger Dekat Dengan Internet Marketing dan Praktisi SEO

Tidak bisa dipungkiri kalau menjadi blogger, kita wajib belajar bagaimana caranya meningkatkan pengunjung. Memperlajari SEO salah satunya.

Tanpa pengetahuan tentang SEO, seorang blogger siap siap frustasi, karena berada di halaman pertama sekarang ratusan kali lebih susah di banding dengan 10 tahun yang lalu.

Dengan menguasai SEO dan Internet marketing, kita akan mendapatkan peluang pekerjaan maupun usaha baru. Sebagai bukti, banyak juga blogger senior yang sekarang menjadi Konsultan SEO untuk perusahaan-perusahaan besar.

Tolong jangan tanya gaji mereka, nanti kaget!!!

5. Menulis Konten Mau tidak Mau Membaca Lebih banyak Referensi

Ya membaca referensi mungkin tidak dibutuhkan, kalau isi blog anda adalah curhatan dan cerpen pribadi. Lain cerita kalau tujuan blog anda adalah memberikan solusi dan nilai bagi pembaca.

Mau tidak mau kita harus membaca buku, blog, jurnal dari berbagai sumber. Thats the point! Membaca adalah investasi untuk diri sendiri yang sangat baik.

Secara tidak langsung, kita telah berinvestasi dengan membaca lebih banyak dari orang lain.

6. Keterampilan Menulis Meningkat

Karena ingin memberikan bacaan yang enak dibaca, kaya akan isi, namun tidak membosankan, wajib hukumnya untuk terus belajar menulis.

Karena semakin sering menulis, kemampuan menulis juga akan meningkat.

Bukan tidak mungkin kedepan justru akan punya penghasilan dari menulis. Misal menulis buku dan ebook sendiri.

7. Ladang Amal

Ini yang paling penting!

Dengan tulisan yang bermanfaat, memberikan solusi bagi pembaca tentu tulisan yang kita buat akan bernilai amal.

Selain manfaat duniawi, kita punya tabungan amal jariah yang tidak akan putus selama masih bermanfaat bagi yang menggunakannya.

Kesimpulan

Demikianlah akhir dari artikel yang membahas tentang apakah Apakah Blogging Masih Menguntungkan. Pertanyaan ini memang sering sekali ditanyakan oleh blogger pemula atau para blogger yang tidak kunjung memiliki penghasilan dari dunia blogger karena terlalu fokus mengejar penghasilan dari Google Adsense.

Padahal kenyataan sebenarnya ada lebih banyak dari Google Adsense yang dapat menjadi sumber penghasilan para Blogger.

Asal siap belajar tentang skill baru dan mempromosikan diri kalau sudah merasa mampu untuk menjual kemampuan blogging yang kalian miliki.

Diluaran sana juga lebih banyak lagi orang-orang yang telah berhasil dan mencapai angka-angka yang cukup fantastis menurut orang lain.

Namun mereka tetap rendah hati dan tetap mau berbagi dengan sesama Blogger. Mungkin kalian bisa belajar dan mengikuti jejak kesuksesan orang-orang tersebut.

Intinya semua bisa dicapai dalam semua bidang asal ada kemauan untuk berlatih, bersabar dan terus berdoa. Pasti akan ada hasil manis dikemudian hari.

Share:

Tinggalkan komentar