6 Langkah Praktis Mulai Berjualan di Tokopedia Tahun 2021

Tokopedia menjadi salah satu situs jual beli produk yang belakangan ini laris manis di pasaran. Banyak orang yang tertarik dengan Tokopedia karena dirasa mampu memberikan banyak keuntungan. Cara berjualan di Tokopedia juga terbilang mudah dan praktis jika dibandingkan situs jual beli online lainnya.

Berjualan di situs online seperti Tokopedia, pastinya akan mampu memberikan keuntungan luar biasa. Tentunya penjual tidak perlu repot menjajakan produknya seperti pemasaran konvensional sebelumnya. Di samping itu, penjual juga akan lebih hemat waktu.

Cara Berjualan di Tokopedia Praktis

Saat ini total jumlah pengguna situs jual beli online Tokopedia sudah mencapai lebih dari 95 juta pengguna.

Situs yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison ini mampu menjawab seluruh kebutuhan jual beli produk yang ada di Indonesia. Lalu, bagaimana cara untuk Berjualan di Tokopedia?

1. Buat Branding Toko yang Pas

Cara berjualan di tokopedia

Brand atau yang juga populer dengan merk merupakan hal yang mampu untuk dijadikan wakil perusahaan. Lebih sering lagi disebut sebagai citra dan erat juga dengan produk maupun layanan yang diperjualbelikan.

Demi bisa memiliki brand yang mudah diingat ketika melakukan jualan di situs ini, maka buatlah yang pas.

Coba ciptakan brand identity yang kuat sehingga membuat siapapun bisa langsung mengenalinya dengan sangat mudah.

Brand seperti ini akan mampu memotivasi calon pelanggan dengan begitu mudah. Brand identity mencakup keseluruhan merk bisa berupa logo, pewarnaan, kemasan hingga tipografi.

Bran dapat menyampaikan pesan dengan begitu jelas.

Di samping itu, brand juga sangat berperan penting di dalam membentuk kredibilitas serta membangun hubungan emosional.

Yang jelas, brand adalah poin penting untuk mempromosikan produk maupun layanan yang diberikan.

Baca Juga: 15 Supplier Dropship Terbaik dan Terpercaya yang Wajib kamu Ketahui

2. Input List Produk dengan Baik

Setelah membuat brand, maka berikutnya cobalah untuk menginput list produk dengan baik. List produk merupakan halaman dengan muatan barang-barang yang ingin dijual melalui situs Tokopedia.

Dengan memasukkan list produk secara baik tepat, maka kemungkinan besar produk tersebut mudah ditemukan.

Tentunya ketika calon pembeli melihatnya di halaman pencarian, maka bisa langsung mengkliknya. Hal ini akan memberikan prospek konsumen yang besar bagi penjual.

Terdapat sejumlah komponen yang bisa menentukan apakah calon pembeli akan melakukan pembelian produk atau tidak seperti berikut.

  • Nama Produk

Dalam menginput list produk dengan baik, maka cobalah untuk memberikan penamaan produk menggunakan rumus berikut jenis atau kategori + merk + keterangan. Misalnya, facial wash Senka. Dengan begini, maka calon pembeli bisa langsung menjangkau produk tersebut.

  • Foto Produk

Komponen berikutnya yang tidak kalah penting ketika melakukan input list produk ialah foto. Gunakan foto produk yang sesuai dan setidaknya sertakan 1 foto utuh produk dengan latar belakang putih. Sertakan juga foto lainnya yang bisa memperlihatkan penggunaan produk secara nyata dengan kualitas HD.

  • Deskripsi Produk

Jangan lupa juga untuk memberikan deskripsi produk. Tuliskan deskripsi produk yang unik sekaligus mendalam. Usahakan jauh lebih panjang ketimbang deskripsi produk yang diberikan oleh toko online lain/kompetitor. Gunakan teknik SEO dengan memasukkan kata kunci yang biasa dipakai oleh pembeli.

  • Harga Produk

Berikan juga harga produk dan pastikan kompetitif. Tentunya tidak dapat dipungkiri bahwa harga produk yang jauh lebih murah akan bisa membuat calon pembeli lebih tertarik. Apalagi jika memberikan promo tertentu.

3. Unggah Produk dengan Memanfaatkan Fitur Tambahan

Upload Produk di tokopedia

Saat ini di Tokopedia memuat fitur tambahan yakni Tambah Sekaligus. Penjual bisa menambahkan banyak produk sekaligus dengan jumlah lebih pada fitur ini.

Dengan adanya fitur ini, tentunya produk jualan bisa menjadi lebih banyak dan bervariasi di platform Tokopedia.

Calon pembeli juga lebih gampang untuk membeli produk di toko tersebut dalam jumlah banyak.

Hal ini sangat mungkin terjadi mengingat biasanya calon pembeli akan lebih senang membeli banyak produk yang diinginkan di toko sama.

Sehingga mereka tidak akan susah payah untuk beralih ke toko lain demi bisa mendapatkan produk yang dingginkan. Cukup di toko tersebut, maka mereka sudah bisa memperoleh banyak produk pilihan. Cara jualan ini bisa dicoba.

Baca juga: 15 Bisinis Franchise Minuman Terlaris Tahun 2021

4. Aktifkan Layanan Bebas Ongkir

Untuk menjaring lebih banyak calon pembeli, maka cobalah untuk mengaktifkan layanan bebas ongkir. Skema bebas ongkir tentunya akan membuat pemilik toko akan menjadi semakin untung.

Tentunya perhatikan juga bagaimana caranya untuk bisa mengaktifkan layanan ini tanpa memberikan kerugian.

Skema bebas ongkir Tokopedia juga tersedia dan bisa dipelajari dengan seksama. Tentunya tidak akan merepotkan karena dirasa sangat mudah dipahami. Berikut merupakan skema bebas ongkir dari Tokopedia.

  • Jumlah minimal transaksi pembelian produk ialah Rp.50.000,00. Nantinya biaya ongkir yang ditanggung Tokopedia ialah Rp.20.000,00 untuk pengiriman di dalam pulau dan Rp.40.000,00 untuk luar pulau.
  • Jumlah minimal transaksi pembelian produk yaitu Rp.250.000,00. Nantinya besaran biaya ongkos kirim akan ditanggung pihak Tokopedia sebesar Rp.50.000,00 untuk antar pulau. Subsidi ongkir ini sudah berlaku sejak tanggal 01 Februari 2021.

Skema bebas ongkir dari Tokopedia ini tentunya akan memberikan banyak manfaat kepada pemilik toko. Manfaat tersebut di antaranya membantu peningkatan penjualan, menjangkau pembeli dari luar pulau hingga meningkatkan jumlah pengunjung di toko tersebut.

5. Hias Toko Menggunakan Fitur Dekorasi

Untuk mendapatkan perhatian dari calon pembeli, maka sebaiknya cobalah hias toko dengan menggunakan fitur dekorasi. Misalnya, penambahan banner, informasi promo, pilihan produk unggulan hingga video tertentu.

Fitur ini bisa dilihat di halaman Dekorasi Toko. Pada halaman tersebut terdapat sejumlah hal yang baru saja diperbaharui Tokopedia. Tentunya akan sangat mampu untuk mencukupi kebutuhan penjual.

Beberapa hal tersebut di antaranya ialah seperti berikut.

  • Halaman ini bisa dilihat melalui dekstop maupun mobile dengan gambar optimal.
  • Jika sudah pernah mengatur dekorasi dengan mobile, maka juga bisa mengaturnya menggunakan versi dekstop.
  • Bisa mengunggah satu gambar guna tampilan dekstop maupun mobile.
  • Calon pembeli bisa langsung dirahkan ke bagian beranda halaman toko yang dituju ketika mengklik nama toko tersebut.
  • Tersedia banyak pilihan layout toko seprti simple layout, power layout, brand story, big campaign, super store dan sebagainya.

6. Coba Beriklan dan Respon Chat dengan Baik

Guna memaksimalkan hasil pencarian produk ketika berjualan di situs Tokopedia, maka sebaiknya manfaatkan fitur TopAds. Fitur ini akan membantu pengguna dalam menempatkan produk tertentu pada hasil pencarian oleh calon pembeli.

Di samping itu, jangan lupa untuk selalu memberikan respon chat maupun pertanyaan apapun kepada para calon pembeli. Dengan aktif seperti ini, maka toko bisa mendapatkan impresi yang baik. Pastikan untuk cekatan dalam melakukan hal ini.

Siapa bilang Berjualan di Tokopedia susah? Mudah saja! Simak saja beberapa langkah jualan tersebut dan cermati satu persatu dengan seksama.

Kiranya bisa menjadi penjual yang mampu menawarkan produk maupun layanan kepada konsumen dengan baik sehingga mendapatkan keuntungan berlimpah.

A part-time blogger, content writer, and WordPress enthusiast. Craving for everything about SEO and digital marketing.

Tinggalkan komentar