Cara Mudah Download Aplikasi di iPhone untuk Pemula

Seperti yang kita ketahui, sistem operasi yang dipakai iPhone sangat berbeda dengan android. Ada banyak perbedaan yang terkadang membuat pengguna iPhone pemula merasa bingung. Salah satunya dan yang paling penting adalah bagaimana cara download aplikasi di iPhone.

Tanpa aplikasi, sebuah smartphone hanyalah ponsel biasa yang digunakan untuk menelpon.

Oleh karena itu penting bagi kamu yang baru memiliki iPhone untuk mengerti bagaimana cara mendownload sebuah aplikasi pada perangkat ini.

Daripada kebingungan yuk langsung saja simak tutorialnya di bawah ini.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Passive Income dari Internet

Cara Mudah Download Aplikasi di iPhone untuk Pemula

Jika di android kamu mengenal Play Store, maka iPhone memiliki app market-nya sendiri. Aplikasi ini bernama App Store. App Store memiliki fungsi yang sama seperti Play Store.

Hanya saja, ada beberapa detail yang berbeda dan mungkin membuatmu bingung dan membawamu pada artikel ini.

Untuk mendownload aplikasi melalui App Store, kamu bisa mengikut langkah – langkah berikut ini :

  • Buka aplikasi App Store di perangkat iPhone atau iPad-mu. Aplikasi ini ditandai dengan ikon menyerupai huruf “A” berwarna putih dengan latar belakang warna biru
  • Cari aplikasi yang ingin kamu download dengan menekan tombol “search” yang ditandai dengan ikon kaca pembesar. Namun di beberapa perangkat iPhone ikon ini tidak tersedia dan langsung digantikan oleh bilah pencarian. Jika demikian, langsung saja klik bilah pencarian tersebut
  • Setelah itu klik di dalam kotak pencarian untuk mulai mencari aplikasi, keyboard smartphone akan muncul secara otomatis setelah kamu klik kotak pencarian tersebut
  • Masukkan nama aplikasi yang akan kamu download. Jika kamu sudah mengetahui nama aplikasi tersebut, langsung saja ketikkan namanya. Tapi kalau kamu belum tahu pasti, ketikkan saja kata kunci yang berhubungan dengannya.

Misal kamu ingin mencari permainan, kamu bisa memasukkan kata kunci ‘game’, atau kalau kamu mencari aplikasi untuk menonton video, maka kamu bisa memasukkan kata kunci ‘video’

  • Selanjutnya klik tombol ‘Search’ yang terdapat di pojok kanan bawah keyboard iPhone-mu. Sistem akan mulai melakukan pencarian aplikasi yang sesuai dengan kata kunci yang kamu masukkan
  • Setelah itu akan ada banyak aplikasi yang muncul sesuai dengan kata kuncimu. Di sini cari aplikasi yang kamu inginkan atau yang cocok dengan seleramu. Jika sudah ketemu, klik aplikasi tersebut untuk masuk ke halaman download aplikasi
  • Pada halaman download aplikasi, klik GET untuk mulai mengunduh aplikasi tersebut. Setelah itu kamu akan diminta verifikasi untuk memastikan bahwa kamu sendiri yang ingin mendownload aplikasi tersebut
  • Proses verifikasi ini ada dua cara. Kalau kamu mengaktifkan cara fingerprint, kamu harus menempelkan jarimu ke tempat scan sidik jari di iPhone. Tapi kalau kamu tidak mengaktifkannya, kamu hanya akan diminta memasukkan kata sandi Apple yang sudah dibuat saat kamu mendaftar.
  • Setelah verifikasi berhasil, klik tombol install untuk menginstall aplikasi setelah aplikasi tersebut selesai diunduh
  • Selama proses pengunduhan, kamu bisa melihat ikon loading di layar dengan ikon persegi di tengahnya. Proses download akan selesai saat progress lingkaran tersebut penuh
  • Kalau kamu berubah pikiran, kamu juga bisa menghentikan proses download ini dengan menekan ikon persegi yang ada di tengah. Jika begini, download akan dibatalkan dan file yang telah terdownload tidak akan tersimpan di memorimu. Jadi jangan khawatir memori internal akan habis
  • Setelah aplikasi selesai diunduh dan diinstall, kamu bisa membukanya dengan menekan tombol open yang letaknya sama dengan tombol GET tadi. Selain dari App Store, kamu juga bisa membuka aplikasi dari home screen iPad atau iPhone-mu.

Pada langkah ini, cara download aplikasi di iPhone sudah selesai. Kamu sudah bisa mulai menggunakan aplikasi tersebut sebagaimana mestinya. Di App Store sendiri ada dua jenis aplikasi, yakni aplikasi gratis dan aplikasi berbayar.

Beberapa aplikasi berbayar biasanya memberikan akses gratis (trial) untuk beberapa waktu. Sayangnya ini jarang ditampilkan pada halaman aplikasi di App Store. Alih-alih menunjukkan bahwa aplikasi tersebut gratis untuk jangka waktu tertentu, di halaman App Store akan tetap menampilkan harga dari aplikasi tersebut.

Oleh karena itu, kalau kamu mau mencoba sebuah trial dari aplikasi, cari informasi tentang masa trial aplikasi tersebut melalui internet dan langsung saja download aplikasinya melalui App Store.

Satu hal lagi yang harus kamu ketahui sebagai pengguna iPhone pemula untuk mengelola semua aplikasi dan sistem operasi di iPhone. Pada iPhone, ada istilah Jailbreak.

Istilah ini hampir sama seperti Root di perangkat android. Namun tentu saja ada beberapa perbedaan.

Berikut detailnya:

Apa itu Jailbreak

Jailbreak adalah suatu metode yang bisa dipakai oleh pengguna iPhone untuk mendapatkan kebebasan lebih dalam mengelola semua hal yang ada pada perangkat iPhone miliknya.

Saat kamu menggunakan Jailbreak, kamu bisa menikmati fitur yang sebelumnya dibatasi oleh Apple.

Dengan menggunakan jailbreak, kamu bisa dengan bebas memasang tema, tweak, dan aplikasi yang sebelumnya tidak diperbolehkan untuk diinstall di perangkat iPhone-mu.

Tapi berbeda dengan root, aktivitas jailbreak adalah metode yang legal di beberapa negara termasuk Amerika Serikat.

Itulah kenapa cara download aplikasi di iPhone terkadang sangat terkait dengan metode jailbreak. Karena dengan ini, kamu bisa lebih bebas lagi mendownload aplikasi yang bisa digunakan.

Jenis Jailbreak

Jailbreak dapat dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan cara pengaktifkannya. Ada jailbreak tethered dan jailbreak untethered. Jailbreak tethered adalah proses jailbreak yang membutuhkan perangkat komputer untuk melakukannya.

Sedangkan jailbreak untethered kamu tidak membutuhkan komputer untuk bisa melakukannya.

Baca Juga: 20 Aplikasi yang Menghasilkan Uang

Keuntungan Melakukan Jailbreak

Hampir sama dengan proses rooting pada android, dengan melakukan jailbreak kamu akan mendapatkan keuntungan berupa kebebasan legal untuk lebih mengubah konfigurasi pada iPhone-mu. Salah satunya adalah mengubah tema.

Jika sebelum jailbreak, kamu hanya bisa menggunakan tema yang tersedia di App Store saja. Tentunya tema yang tersedia di sana sangat terbatas.

Nah, setelah melakukan jailbreak, kamu bisa mengunduh dan menggunakan tema iPhone dari luar App Store.

Selain mengganti tema, kamu juga bisa menerapkan tweak pada perangkatmu. Tweak sendiri adalah sebuah metode dengan melakukan modifikasi kecil guna meningkatkan performa sebuah perangkat.

Risiko Melakukan Jailbreak

Dibalik keuntungan yang ditawarkan, melakukan jailbreak memiliki risiko tersendiri. Oleh karena itu kalau kamu memiliki iPhone dan berniat untuk jailbreak, pikirkan risiko berikut ini.

Pertama, kamu akan kehilangan hak garansi. Meskipun aktivitas ini legal di beberapa daerah namun tetap saja garansi iPhone-mu akan hilang. Berikutnya, risiko kerusakan. Proses jailbreak atau mengembalikannya lagi ke keadaan semula berpotensi merusak sistem iPhone.

Terakhir, iPhone yang sudah dijailbreak akan membuka banyak celah keamanan. Sebaiknya berhati-hatilah akan hal ini terutama kalau kamu punya banyak aplikasi keuangan di iPhone.

Bagaimana? Sangat mudah bukan cara download aplikasi di iPhone. Kamu juga bisa menerapkan metode jailbreak untuk mendapatkan aplikasi lebih luas dan lebih banyak lagi. Tapi tetap berhati-hati dan perhatikan risikonya ya. Selamat mencoba.

A part-time blogger, content writer, and WordPress enthusiast. Craving for everything about SEO and digital marketing.

Tinggalkan komentar