Menu Tutup

Panduan Lengkap Cara Dropship di Shopee Plus Trik Jitu Memulainya

Panduan lengkap cara dropship di Shopee

Bisnis dengan resiko yang sangat minim ini membuat hampir semua orang penasaran. Entah itu yang hanya sekedar ingin tahu maupun yang benar-benar hendak menjadi dropshipper. Pada artikel ini, saya akan membahas tentang cara dropship di shopee secara detail dan mendalam.

Pada artikel sebelumnya saya telah membahas bagaimana caranya untuk menjadi dropshipper di Tokopedia. Namun sayangnya di Tokopedia juga tidak dapat dilakukan metode Internal dropship.

Secara singkat aturannya begini:

Kita tidak diperbolehkan menjual barang yang dibeli dari Tokopedia, lalu menjualnya lagi di Tokpedia juga. Karena sistem Resi yang terbatas, yaitu hanya dapat menerbitkan satu resi untuk satu transaksi, maka metode Internal tidak dapat dilakukan.

Namun bukan berarti tidak bisa, kita hanya perlu sedikit repot dengan menggunakan lintas platform. Misal membeli barang dari shopee lalu menjualnya di Tokopedia.

Mengapa harus Dropship di Shopee?

Saat ini, ada beberapa marketplace di Indonesia yang sedang naik daun. Salah satunya adalah Shopee, selain tampilannya yang dinamis dan mudah dalam navigasi. Shopee juga memberikan banyak sekali promo, seperti gratis ongkir dan diskon gila-gilaan tiap bulan.

Tak terkecuali istri saya sendiri, saat smart phone di tangan, yang di buka pastilah aplikasi ini. Dengan pengguna mayoritas adalah perempuan, shopee punya potensi untuk dijadikan tempat berbisnis.

Kelebihan Shopee yang lain adalah adanya fitur Kirim Sebagai Dropship. Dengan begitu supplier asli dari barang yang di jual oleh dropshipper tidak akan diketahui.

Cara Mengirim Barang Sebagai Dropship di Shopee

Bagi anda yang belum mengetahui bagaimana cara mengirim sebagai dropship, silahkan panduannya dibawah ini:

1. Memiliki Akun Shopee

Buat akun terlebih dahulu, karena transaksi apapun tidak dapat dilakukan sebelum memiliki akun shopee. Membuat akun shopee sangat mudah, anda dapat mengisikan alamat email dan biodata seperti layaknya mendaftar di sosial media.

2. Memilih Produk yang Akan Dijual.

Langkah selanjutnya adalah memilih produk yang hendak di jual. Gunakan kolom pencarian untuk mencari produk yang dicari. Misal kata kunci yang di masukkan adalah “Sepatu Convers”.

memilih produk yang akan dijual secara dropship

Anda dapat memilih model sepatu yang paling sesuai dengan target pasar yang sudah anda bidik. Ingat, tidak semua pembeli punya pandangan terkait harga. Biasanya barang yang dijual kualitasnya akan sebanding dengan harga.

Kalau target anda adalah pembeli kelas menengah kebawah harga-harga di atas dapat di rekomendasikan.

3. Checkout Belanjaan

Sebelum checkout belanjaan, pastikan anda telah mempertimbangkan beberapa hal ini:

  • Rating Penjual – Berguna untuk mengetahui bagaimana kualitas supplier dan barang yang di jual. Usahan baca semua ulasan yang diberikan oleh pembeli sebelumnya.
  • Jumlah Terjual – Ini juga dapat dipertimbangkan, karena semakin banyak produknya terjual, biasanya semakin puas pembeli sebelumnya.

Untuk langkah checkout dapat diperhatikan pada langkah-langkah di bawah ini.

checkout barang yang sudah di tetapkan

4. Kirim Sebagai Dropshipper

Setelah checkout pastikan anda sudah memilih “Kirim sebagai Dropship“.

pilih tanda kirim sebagai dropshipper

  1. Centang tanda kirim sebagai dropship
  2. Isi Nama pembeli
  3. Nomor Telfon pembeli
  4. Alamat Pembeli

Pastikan ke 4 hal di atas telah anda isi sesuai dengan data pembeli. Jangan sampai salah isi, karena barang tidak akan sampai ke pembeli.

5. Final Checkout

Setelah melengkapi data pembeli, anda dapat menyelesaikan pembayaran final di bagian pojok bawah web/aplikasi shopee.

cara dropship di shopee, final checkout

Ketika pembayaran telah diselesaikan, anda tinggal menunggu order di proses oleh supplier. Biasanya setelah di proses, anda akan mendapatka No resi untuk melacak pesanan yang telah dikirim.

Mudah bukan?

Sebenarnya cara dropship sesederhana itu. Namun hal di atas hanyalah teknis dalam membeli barang secara dropship di Shopee. Ada perintilan yang mesti anda perhatikan sebelum memutuskan untuk menekuni bisnis ini.

Tips & Trik Sebelum Memulai Dropship di Shopee

Sebelum memulai dan memilih produk yang akan di dropship, hal dibawah ini layak anda pertimbangkan. Untuk menambah presentasi keberhasilan memulai bisnis ini.

1. Memilih Produk yang Memiliki Daya Jual

Karena Shopee sudah menjadi marketplace online yang memiliki peminat yang cukup banyak, hal ini membuat Shopee memiliki banyak sekali pilihan barang dan penjual.

Tidak perlu pusing memilih produk mana yang akan laku, cukup perhatikan mana yang punya hasil penjualan paling banyak.

Sehingga mengurangi kegiatan survey pasar yang merepotkan. Toh pasarnya sudah ada, jadi anda hanya fokus dalam menjual dan memasarkan produk.

2. Mencari Supplier Multi Produk

Apa maksudnya multi produk? Coba anda bayangkan begini, kalau seumpama anda punya 3 jenis barang yang di jual dari supplier yang berbeda, maka ongkos kirim akan 3x lipat juga tentunya.

Pembeli akan tau kalau mereka tidak membeli dari anda, namun handa hanya sebagai perantara (dropship).

Jadi, adalah wajib hukumnya memiliki supplier multi produk yang menyediakan banyak jenis dan tipe produk sekaligus, untuk menekan ongkos kirim.

Kalau anda berniat hanya menjual satu produk saja, ya memang lain cerita. Ongkos kirim tentu akan tetap karena hanya dari 1 supplier.

3. Memilih Supplier Yang Berkualitas

Kriteria supplier berkualitas sebenarnya mudah untuk di ketahui. Tidak perlu untuk membeli produknya terlebih dahulu, cukup lihat dari beberapa hal ini:

  • Rating Penjual – menunjukkan tingkat kepuasan pembeli
  • Ulasan – Ulasan pembeli terdahulu membantu meneliti bagaimana kualitas produk yang mereka terima.
  • Respon Penjual – Sebagus apapun barang yang di jual, kunci sukses berjualan adalah respon yang cepat. Jadi pastikan supplier yang anda pilih adalah supplier yang cepat responnya.
  • Cari Supplier yang memberi Harga Grosir – Ini adalah daya tarik utama calon pembeli, dan memudahkan anda dalam meraup keuntungan lebih banyak.

4. Persiapkan Uang Modal

Tentu saja, hal ini penting karena bagaimana pun juga, bisnis tetap mengharuskan kita termasuk anda untuk memiliki uang modal.

Barang yang dibeli dari supplier tidak akan di kirim sampai anda membayar terlebih dahulu. Singkatnya kita juga pembeli selama produk belum sampai di tangan konsumen.

Namun satu hal yang membedakan disini, yaitu anda mengeluarkan uang hanya saat barang sudah ada yang memesan.

5. Memperhatikan Harga Pasar

Banyak yang tidak menyadari hal ini, pembeli saat ini sudah cerdas. Mereka bisa search produk yang mereka cari melalui platform apapun.

Kalau harga kita tidak bersaing dengan harga pasaran, maka kemungkinan produk akan laku akan lebih kecil.

6. Promosikan Produk

Setelah memiliki supplier yang baik, modal, dan harga juga sudah dikuasai, maka hal wajib selanjutnya yang perlu dilakukan adalah promosi.

Ini kesalahan yang paling umum dilakukan oleh pemula.

Mereka menganggap bahwa dengan sekedar memajang barang di story sosial media, dengan otomatis pembeli akan tertarik. Padahal tidak sepenuhnya benar.

Anda perlu sidikit muka tembok kalau ingin berhasil.

  • Mulailah menawarkan produk yang anda jual secara langsung ke teman atau keluarga. Kirimkan mereka foto produk, dan mintalah mereka membeli produk yang anda tawarkan. Hal-hal kecil seperti di atas, akan melatih mental anda untuk sukses menjadi seorang dropshipper.
  • Tawarkan potongan harga tau diskon, karena diskon adalah kata yang disukai oleh setiap orang. Itulah pentingnya mencari supplier yang menawarkan harga grosir jika membeli banyak barang sekaligus.

Itulah hal-hal yang menjadi dasar sebelum dropship di shopee.

Kelemahan Dropship di Shopee

Mungkin ini yang menjadi pertanyaan selama ini, bisakah kita melakukan dropship dari shopee ke shopee?

Secara singkat jawabnyanya adalah tidak bisa. Hampir semua marketplace di Indonesia sudah saya coba, namun semuanya memberikan hasil yang sama.

Permasalahan utamanya terletak pada nomor resi yang hanya dapat diterbitkan satu kali. Sistem yang ada belum mendukung untuk melakukan hal ini.

Meskipun di sistem checkout sudah tersedia opsi untuk Kirim sebagai dropship, membeli produk dari shopee, lalu menjualnya di shopee juga belum dapat dilakukan hingga saat ini.

Kesimpulan

Shopee sebetulnya sudah menawarkan kemudahan untuk menjadi dropshipper. Namun perlu beberapa efort untuk sukses dalam menjalankan bisnis dropship.

Tidak perlu ambil pusing, karena anda dapat memanfaatkan marketplace yang dimiliki sosial media seperti Facebook, ataupun Whatsapp.

Kalau anda malas repot mempromosikan produk, dapat juga menggunakan marketplace sebelah. Saya sudah menuliskan panduannya di sini: Cara dropship dari Shopee Ke Tokopedia. Namun jika dilakukan tanpa promosi, tentu hasilnya tidak akan maksimal.

Selamat mencoba, jika ada yang perlu ditanyakan, silahkan berkomentar. Saya akan coba membantu sebaik mungkin.

Share:
  • 7
    Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *