Menu Tutup

Sukses Berjualan Online dengan Cara Dropship di Tokopedia

Panduan cara dropship di tokopedia dengan supplier dari shopee jual ke tokopedia

Saya sudah beberapa kali membaca artikel yang membahas cara dropship di tokopedia. Sayangnya tidak semua hasil pencarian menunjukkan apa yang hendak dicari oleh pengguna Google.

Dengan alasan tersebut saya juga ingin membahas mengenai hal ini. Sebagaimana kita tahu, bisnis dengan metode dropship adalah bisnis dengan potensi resiko yang sangat rendah.

Bukan hanya resiko, bahkan modal yang diperlukan dalam memulai bisnis ini dapat dikatakan tidak ada. Modal dalam bentuk uang ya, yang saya maksud.

Kalau dalam bentuk kuota Internet, dan tenaga untuk memasarkan bagi sebagian orang Indonesia tidak termasuk sebagai Modal, benar begitu?

Tokopedia, saat ini adalah salah satu marketplace produk fisik yang paling besar di Indonesia. Tentu akan sangat membuka peluang bagi siapapun yang hendak menjalankan bisnis jual beli secara online. Lantas pertanyaannya, bisakah saya bisnis dropship di Tokopedia?

Kalau dijawab secara singkat, jawabnya Tentu bisa. Namun ada beberapa hal dan ketentuan yang perlu anda ketahui terkait kebijakan Tokopedia tentang aturan berjualan dengan metode dropship ini.

Ketentuan Cara Dropship di Tokopedia

Dalam menjalankan bisnis dropship, Tokopedia telah mengklasifikasi dua cara yang diperbolehkan dalam melakukan transaksi dengan metode dropship.

Internal Dropshipper

Pihak Tokopedia Tidak Mengijinkan anda melakukan praktik Internal Dropshipper. Dimana seorang dropshipper membeli barang dari toko di Tokopedia, lalu menjualnya lagi ke pembeli di Tokopedia.

Hal ini dikarenakan 1 nomor resi hanya dapat diinput oleh 1 penjual di Tokopedia.

Contoh Kasus:

Saya membeli sepatu di toko ABC di Tokopedia. Kemudian saya hendak menjual sepatu tersebut kepada pembeli lain di Tokopedia. Transaksi sejenis tidak diperbolehkan di Tokopedia.

External Dropshipper

Beda halnya dengan Internal dropshipper, transaksi dengan label external dropship diperbolehkan. Berikut ini keterangan lebih detailnya:

  • Dropshipper diperbolehkan membeli barang dari Tokopedia, lalu menjualnya di platform lain selain Tokopedia.
  • Dropshipper diperbolehkan menjual barang di Tokopedia, yang mana produk tersebut didapatkan dari platform atau supplier selain Tokopedia.

Contoh Kasus:

a. Saya membeli sepatu di Tokopedia, lalu menjualnya di marketplace lain.
b. Saya membeli Sepatu di marketplace lain, lalu menjualnya di Tokopedia.

Oke, dari penjelasan di atas, secara tersirat menunjukkan bahwa kita tidak dapat melakukan dropship di Tokopedia. Namun bukan berarti tidak bisa loh ya, kita tetap bisa dropship di sana dengan Metode eksternal dropship.

Mari simak panduan lengkapnya dibawah ini.

Cara Dropship di Tokopedia Dengan Supplier dari Shopee

Pada panduan ini, saya memberikan salah satu contoh saja. Yaitu menggunakan opsi (b), membeli produk di marketplace lain kemudian menjualnya di Tokopedia.

Memang banyak marketplace di Indonesia yang dapat anda coba program dropshipnya. Namun pada artikel ini saya mengambil contoh yang lebih umum, yaitu menggunakan Shopee sebagai pihak supplier.

1. Membuat Akun Seller di Tokopedia

Untuk memulai berjualan di Tokopedia, tentu anda harus membuat Toko terlebih dahulu. Atau bisa juga menggunakan aplikasi smart phone “Mitra Tokopedia”.

Tips:

Dalam membuat toko baru, sebaiknya gunakan nama yang mencermikan barang yang hendak dijual. Karena hal tersebut akan mempengaruhi penilaian calon pembeli pada Toko anda.

Kalau anda berniat menjual sepatu di Tokopedia, sebaiknya gunakan nama yang berkaitan dengan sepatu. Misal:

  • Erina Shoes (Kombinasi Nama dan Barang)
  • Star Shoes ( Brand Toko dan Barang)

Selebihnya anda dapat kembangkan sendiri mengenai nama toko ini.

2. Membuat Akun Shopee

Langkah berikutnya adalah memiliki akun Shopee, silahkan mendaftarkan diri menggunakan email ataupun facebook. Pilih yang dirasa mudah saja.

3. Mencari Barang Yang Hendak Di Jual

Dalam mencari barang yang hendak dijual, sebaiknya hal-hal berikut ini anda perhatikan:

  • Kualitas – Cara melakukan pengecekan, anda tidak perlu membelinya terlebih dahulu. Cukup melihat dari rating, ulasan pembeli dan berapa banyak yang sudah terjual.
  • Harga – Yang dimaksud harga di sini adalah harga pasaran yang ada di marketplace tempat anda berjualan nantinya. Untuk memastikan, barang yang dijual akan laku nantinya.

Contoh Kasus:

Saya memasukkan “Sneaker Casual Pria” di kolom pencarian Shopee. Maka saya akan mendapati beberapa daftar sneaker yang saya sendiri tertarik membelinya.

cara dropship di tokopedia dari shopee

Dari gambar di atas, saya menemukan sepatu dengan brand Aerospace dengan size 40-43. Rating sellernya juga tergolong bagus, dengan jumlah menjualan mencapai 1000. Semua detail mulai dari kualitas, ulasan dan harga sudah diketahui.

Untuk panduan checkout barang di shopee sebagai dropshipper, silahkan baca artikel ini jika belum mengetahuinya: Cara dropship di shopee.

Langkah selanjutnya adalah mencoba untuk melihat peluang pasar di Tokopedia. Masukkan kata kunci  ( Sepatur Sneaker Casual Aerostreet ) untuk brand tersebut di kolom pencarian Tokopedia.

Harga sepatu di tokopedia

Dari gambar di atas, dapat anda perhatikan, harga termurah untuk merek sepatu Aerostreet adalah Rp. 119.000 rupiah. Maka anda masih bisa menjual sepatu tersebut dengan harga yang tidak jauh berbeda.

4. Memasang Gambar di Toko Anda (Tokopedia)

Tidak perlu pusing karena anda tidak punya fotonya, anda dapat mengambilnya dari mana saja. Kalau dari reseller memungkinkan untuk di upload ulang, justru lebih mudah.

Lengkapi dengan deskripsi yang lengkap, dan juga pelajari produk dengan baik. Dari pengalaman pribadi, meski deskripsi sudah lengkap, pembeli akan tetap bertanya kepada penjual mengenai barang yang hendak di beli. So, pengetahuan mengenai barang yang akan di jual sangat penting.

5. Promosikan Produk yang Dijual

Langkah selanjutnya adalah mempromosikan produk yang anda jual. Bisa melalui sosial media seperti instagram, facebook dan Twitter.

Usahakan membuat akun khusus untuk berjualan, dan mulai posting-posting juga barang yang di jual. Sekali mendayung dua pulau terlewati.

6. Responsif Dengan Pembeli

Segera layani konsumen anda dengan baik. Apabila ada orderan baru, langsung saja lakukan pembelian ke Supplier Shopee. Jangan lupa untuk menuliskan nama dan alamat pembeli anda.

7. Meminta No Resi Pengiriman

Setelah barang yang anda beli berhasil checkout, pastikan anda mendapatkan nomor resi dari pihak supplier. Lalu inputkan nomer resi yang anda dapat dari shopee ke Resi pengiriman Tokopedia.

Note: Pastikan anda telah memilih kurir yang sama dengan supplier anda.

Langkah terakhir yang perlu anda lakukan adalah menunggu barang yang dikirim sampai pada pembeli. Uang akan anda terima setelah barang diterima oleh pembeli ya.

Penutup

Demikianlah panduan tentang bagaimana cara melakukan dropship dari shopee ke tokopedia. Semua kesuksesan dalam menjalankan bisnis ini kuncinya adalah ketekunan dan terus menerus.

Tanpa kedua hal tersebut, bisnis apapun tidak akan dapat bertahan. Masih butuh inspirasi dan ide lain terkait bisnis sampingan? Saya sudah menuliskannya di sini: 15 Ide perkerjaan Sampingan yang dapat Dikerjaan dari Rumah.

Apabila ada pertanyaan terkait yang ingin di tanyakan, silahkan tulis di kolom komentar ya. Saya akan coba membantu untuk menjawab sebaik mungkin.

Share:
  • 14
    Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *