Begini Cara Edit Video di Tiktok Tanpa Aplikasi

Untuk mendapatkan kepopuleran di Tiktok, dibutuhkan konten dengan tingkat engagement yang tinggi. Ini bisa diraih jika kamu mampu membuat video Tiktok yang bagus dan disukai banyak orang. Untuk mencapai hal ini, tentunya kamu harus tau cara edit video di Tiktok agar terlihat lebih bagus.

Jika dilihat, setiap video yang masuk fyp memiliki kualitas yang baik.

Video-video tersebut diedit dengan cukup keren sehingga enak ditonton dan secara tidak langsung membuat kita mengikuti akun orang tersebut. Jika kamu juga ingin hal ini, mari simak cara mengedit video di Tiktok dengan baik berikut ini.

Baca Juga: Cara Download Video Tiktok Tanpa WaterMark

Cara Edit Video di Tiktok Tanpa Aplikasi

Mengedit video di Tiktok bisa dilakukan dengan dua cara. Yaitu mengeditnya secara langsung di aplikasi Tiktok atau mengeditnya terlebih dahulu di aplikasi lain kemudian diposting di Tiktok. Mengedit video di aplikasi lain memiliki keunggulan karena kamu bisa menggunakan fitur yang lebih banyak.

Pada kesempatan ini, kami akan bagikan cara mengedit video di Tiktok dan aplikasi apa saja yang bisa dipakai untuk mengedit video untuk di posting di Tiktok.

Pertama, begini cara mengedit video secara langsung di aplikasi Tiktok ;

  • Langkah pertama, kamu harus merekam video terlebih dahulu. Kamu bisa merekamnya secara manual dari kamera (luar Tiktok) maupun langsung di dalam Tiktok
  • Jika di dalam Tiktok, caranya masuk ke aplikasi lalu klik ikon plus (+) di bagian bawah
  • Selanjutnya rekam video sesuai yang kamu mau dengan cara menekan tombol merah pada bagian bawah layar
  • Pastikan video yang kamu rekam tidak lebih dari satu menit karena ini durasi maksimal yang ditetapkan Tiktok
  • Jika sudah, klik next
  • Selanjutnya kamu bisa mulai mengedit video tersebut di aplikasi Tiktok. Di sini ada beberapa aspek yang bisa diedit seperti menambahkan teks, menambah stiker, dan menerapkan filter atau efek
  • Untuk menerapkan efek, pilih pilihan efek yang ada di sisi bawah layar. Pilih efek yang kamu sukai dan klik tanda centang untuk menerapkannya
  • Selanjutnya untuk menambahkan teks, kamu tinggal klik icon teks di samping ikon efek. Lalu ketikkan teks yang sesuai dengan keterangan video
  • Kamu juga bisa mengedit teks ini menjadi berbagai macam variasi font, warna, background teks, dan durasi kemunculan dari teks tersebut
  • Untuk menentukan durasi dari kemunculan teks, silakan klik dan tahan teksi tersebut. Selanjutnya akan muncul sebuah kotak dialog. Geser saja tepian kotak tersebut untuk menentukan kapan teks tersebut akan muncul dan menghilang
  • Langkah selanjutnya kamu bisa menambahkan musik pada video. Langkah ini bisa dilakukan dengan memilih Sound yang terletak di bagian bawah layar
  • Lalu kamu bisa memilih beragam lagu yang tersedia. Usahakan pilih lagu yang sesuai dengan video yang akan kamu upload ya
  • Setelah dirasa semuanya cocok, proses editing pun selesai. Selanjutnya kamu bisa mendownload video tersebut dahulu atau langsung mempostingnya ke Tiktok.

Cara edit video di Tiktok memang terlihat sangat mudah. Tapi fitur yang disediakan terbatas.

Kamu tidak bisa memberikan efek transisi, memotong video, menyambung video, atau mengkustomisasi audio yang dipakai. Cara ini juga tidak direkomendasikan buat kamu yang sedang menjadi konten kreator Tiktok.

Untuk membuat video yang lebih ciamik lagi, kamu merekomendasikan kamu untuk menggunakan aplikasi editing video eksternal.

Tenang, aplikasi ini bisa kalian jalankan melalui smartphone kok. Ukurannya juga sangat ringan jadi tidak akan memberatkan kinerja smartphone-mu.

Baca Juga: 10 Aplikasi Perekam Layar Laptop Tanpa WaterMark

Berikut ini aplikasi-aplikasi yang bisa kamu pakai untuk mengedit video untuk diposting di Tiktok :

1. Kinemaster

Mengedit Video Tiktok dengan Kinemaster

Kinemaster adalah salah satu editor video di smartphone yang sangat banyak dipakai untuk mengedit video Tiktok. Aplikasi ini memiliki fitur yang jauh lebih beragam daripada editing video langsung di Tiktok.

Di sini kamu bisa memotong video, menyambungkan video, menambahkan teks yang lebih rumit, dan lain-lain.

Selain itu tampilan antarmukanya juga lebih teknis sehingga kamu bisa lebih bebas untuk mengedit video menggunakan aplikasi ini.

Jangan lupa juga, jika videomu merupakan gabungan dari beberapa footage, di Kinemaster kamu bisa menerapkan transisi untuk membuatnya lebih keren.

Nah, untuk menggunakannya kamu bisa mengunduhnya secara gratis dari Play Store dan App Store. Tapi untuk memaksimalkan fiturnya, kamu harus membayar untuk versi premiumnya.

2. Power Director

Cara Edit Video di Tiktok dengan Powerdirector

Cara edit video di Tiktok juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi bernama Power Director. Aplikasi ini menyediakan fitur-fitur yang lebih ciamik daripada Kinemaster.

Sayangnya, untuk menikmati fitur lengkap dari Power Director, kamu harus membayar untuk mendapatkan versi full-nya.

Di sini kamu bisa mengedit sedikit animasi dan membuat video terlihat lebih profesional.

Selain itu ada juga fitur-fitur dasar editing video seperti menambahkan lagu, menambahkan transisi, memanipulasi gambar di dalam video, dan menambahkan teks.

Baca Juga: Cara Agar Video Tiktok Tidak Dapat Didownload Orang Lain

3. Funimate

Dua aplikasi di atas merupakan aplikasi editing video yang segala aspeknya sangat teknis. Dibutuhkan dasar pengetahuan dalam editing video untuk bisa lancar menggunakannya.

Tak jarang mereka yang masih pemula merasa kesulitan saat menggunakan Kinemaster maupun Power Director.

Jika kamu merasa demikian, mungkin kamu akan lebih cocok dengan Funimate. Funimate sendiri adalah aplikasi editing video yang sudah disimplifikasi. Aplikasi ini sangat cocok untuk dipakai mengedit video yang akan diposting ke Tiktok.

Fitur-fitur yang disediakan oleh Funimate terbilang sangat lengkap.

Menariknya, kamu tidak perlu memiliki skill yang terlalu mendalam karena di sini semua sudah tersedia dalam library. Kamu hanya tinggal memilih efek atau filter kemudian menerapkannya pada video yang kamu gunakan.

Ini membuat cara edit video di Tiktok menggunakan aplikasi Funimate jauh lebih mudah dan simpel. Hasilnya pun tidak kalah bagus dengan aplikasi lain.

4. BeeCut

Aplikasi untuk edit video Tiktok selanjutnya adalah BeeCut. BeeCut bisa dibilang sebagai aplikasi editing video yang sangat cocok untuk Tiktok. Walaupun kenyataannya aplikasi ini bisa dipakai untuk mengedit segala macam video, tidak hanya Tiktok.

Tapi semua fitur yang dimilikinya sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan para pengguna Tiktok. Kamu bisa menggabungkan video, menambahkan efek, menggunakan filter, menganimasikan sesuatu, hingga menambahkan audio.

Aplikasi ini sangat cocok buat kamu yang sedang menjajaki karir sebagai konten kreator di aplikasi Tiktok. Buat videomu sebaik mungkin di BeeCut dan bersiaplah masuk fyp.

5. Magisto

Hampir sama seperti Funimate, Magisto juga merupakan aplikasi untuk mengedit video yang sudah disimplifikasi. Kamu bisa mengedit video dengan sangat mudah karena aplikasi ini sudah menyederhanakan segalanya, kamu hanya tinggal menyeret efek dan “magic” akan terjadi.

Videomu akan siap dalam sekejap tanpa harus mengatur detail-detail rumit khas editor video profesional.

Untuk mendapatkan kepopuleran di Tiktok, dibutuhkan konten dengan tingkat engagement yang tinggi. Ini bisa diraih jika kamu mampu membuat video Tiktok yang bagus dan disukai banyak orang.

Untuk mencapai hal ini, tentunya kamu harus tau cara edit video di Tiktok agar terlihat lebih bagus.

Jika dilihat, setiap video yang masuk fyp memiliki kualitas yang baik. Video-video tersebut diedit dengan cukup keren sehingga enak ditonton dan secara tidak langsung membuat kita mengikuti akun orang tersebut. Jika kamu juga ingin hal ini, mari simak cara mengedit video di Tiktok dengan baik berikut ini.

Aishwar Babber adalah seorang blogger dan pemasar digital yang bersemangat. Dia suka berbicara dan menulis blog tentang teknologi dan gadget terbaru, yang memotivasi dia untuk menjalankan GizmoBase. Dia saat ini mempraktikkan keahlian pemasaran digital, SEO, dan SMO sebagai pemasar penuh waktu di berbagai proyek. Dia adalah investor aktif di WPCrew dan DesignSkew.

Tinggalkan komentar