4 Cara Jitu Jualan Online Tanpa Modal dan Stock Barang

Zaman sekarang, membuka sebuah usaha memiliki banyak cara. Anda tetap bisa berjualan meskipun sama sekali tidak memiliki modal, baik untuk promosi maupun menyetok barang.

Berikut ini adalah berbagai cara jualan online tanpa modal yang bisa kamu lakukan.

1. Menjadi Afilliate Marketer

Affiliate marketer atau yang biasa dikenal dengan afiliasi adalah salah satu cara jualan online yang dapat dilakukan tanpa modal.

Kamu tidak perlu pusing memikirkan stock barang dan sejenisnya. Karena tugas seorang affiliate marketer adalah memasarkan sebuah produk mirik orang lain melalui link refereal.

Ketika ada yang klik link referal yang kamu bagikan dan melakukan pembelian, maka kamu akan mendapatkan komisi.

Untuk mulai bisnis afiliasi, kamu perlu menyiapkan hal-hal berikut ini:

  • Situs Afiliasi
  • Media untuk memasarkan

Untuk situs afiliasi sendiri, ada dua jenis. Yaitu afiliasi jaringan dan afiliasi mandiri.

Afiliasi jaringan mirip dengan marketplace pada umumnya, tersedia banyak produk yang bisa mulai kamu pasarkan. Contoh situs jaringan afiliasia antara lain:

  1. Involve Asia
  2. Accestrade

Sedangkan afiliasi mandiri adalah sebuah perusahaan yang menyediakan program afiliasi secara mandiri. Tujuan mereka membuat program afiliasi adalah untuk menekan budget iklan.

Contoh perusahaan yang menyediakan program afiliasi:

  1. Niagahoster
  2. Domainesia
  3. Tiket.com

Baca juga: 30 Situs Afiliasi Terbaik Di Indonesia

2. Cara Jualan Online Tanpa Modal dengan E-Commerce

1. Apa itu e-commerce?

E-commerce merupakan wadah para penjual yang sama sekali tidak memiliki blog atau website pribadi. Banyak sekali platform e-commerce yang ada di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak dan lainnya. Kamu hanya perlu mendaftarkan diri menjadi seller.

2. Mendaftar seller

Pendaftaran untuk menjadi penjual di e-commerce pun dilakukan dengan gratis. Kamu tidak perlu membayar sejumlah uang, sehingga cocok bagi kamu yang tidak memiliki lapak. Yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengisi berbagai kolom identitas diri.

3. Masukkan produk

Produk yang dijual di e-commerce sangatlah bebas, selama tidak melanggar aturan negara. Bahkan ada platform tertentu yang membebaskan penjualnya untuk menjual barang bekas. Cara memasukkan produk menjadi tantangan penjual karena melibatkan foto dan deskripsi.

E-commerce melarang penjual untuk mengambil gambar orang lain. Mereka bisa mendeteksi plagiarisme, sehingga kamu harus memiliki foto pribadi. Bahkan jika kamu seorang reseller pun, kamu harus mampu mengedit gambar dengan bingkai agar tidak terdeteksi plagiat.

Selain foto, kamu juga perlu memasukkan deskripsi. Deskripsi produk harus jelas, meliputi keterangan produk, keuntungan, ukuran, warna dan lainnya.

Jika barangnya berbentuk elektronik, kamu wajib mencantumkan garansi agar pembeli bisa menilai keamanan toko kamu.

4. Mencantumkan harga

Hal yang perlu kamu perhatikan dalam berjualan di e-commerce adalah saat mencantumkan harga. Pada bagian ini, kamu harus menyadari bahwa e-commerce akan memotong sekian persen dari penjualan kamu. Sehingga, kamu perlu membuat mark-up harganya.

Tetapi, kamu tidak perlu khawatir. Potongan harganya biasanya kurang dari tiga persen dari harga produk yang kamu jual. Semakin banyak fitur yang kamu gunakan, maka potongannya akan semakin besar. Untuk itu, aturlah strategi penjualan dengan mempelajari seluk-beluk e-commerce.

5. Tidak mencampur produk

Hal fatal yang sering dilakukan seorang penjual adalah dengan mencampurkan produk. Misalnya, akun kamu bertema tentang fashion. Namun sebelumnya kamu pernah menjual berbagai makanan dan produknya sudah dihapus. Hal ini bisa mengurangi kredibilitas kamu sebagai penjual.

Ada baiknya jika kamu membuat akun yang baru. Mencampurkan kategori produk membuat pembeli akan berpikir dua kali untuk berbelanja di toko kamu. Selain itu, platform e-commerce juga akan kesulitan menaikkan toko kamu di index kategori tertentu.

6. Ikuti campaign

e-commerce seringkali mengadakan event campaign atau kampanye? Apa yang dimaksud dengan campaign? Event ini berhubungan dengan promo besar-besaran atau hari besar. Contohnya adalah hari lebaran, hari natal, hari kemerdekaan dan lain-lain.

Mereka akan menghubungi toko-toko yang relevan dengan event. Misalnya saja event lebaran. Toko-toko yang akan dicari oleh mereka adalah yang menjual sajadah, mukena, baju muslim, dan lainnya. Ikutlah campaign ini agar produkmu bisa naik dan dilihat visitor.

3. Berjualan dengan Menjadi Reseller

1. Survey produk unik atau terlaris

Saat kamu memutuskan untuk menjadi seorang reseller, maka kamu bisa memulai bisnis tanpa uang sepeserpun. Cara jualan online tanpa modal ini bahkan bisa dilakukan oleh anak-anak muda karena tak membutuhkan modal sama sekali.

Langkah awalnya adalah dengan melakukan survey produk.

Kamu bisa memilih produk yang unik. Produk unik seperti craft umumnya tak memiliki banyak kompetitor. Namun, kamu harus siap untuk mengejar pelanggan. Yakinkan mereka bahwa produk kamu bagus dan bersaing dengan produk serupa dan sudah terkenal.

Cara kedua adalah melihat produk yang laris. Ini adalah cara yang mudah karena kamu bisa melakukan survey di e-commerce maupun sosial media. Kompetitormu pun lebih banyak. Hanya saja, jika kamu bisa meyakinkan pembeli maka mereka akan membeli di tokomu.

2. Pilih supplier terpercaya

Jika sudah memilih kategori produk yang akan kamu jual, saatnya kamu mencari supplier. Supplier adalah orang yang menjual bentuk asli dari produknya. Kamu tidak perlu membeli produk dari mereka karena tugasmu hanya menjual dan menaikkan harga sesuai dengan keinginanmu.

Pemilihan supplier bisa dibilang cukup sulit. Pasalnya, kamu harus tahu supplier mana yang terpercaya, amanah, dan memiliki respon yang cepat. Kamu bisa survey toko atau produsen mana yang membuka kesempatan bagi seorang reseller bergabung.

3. Ikuti syarat dari produsen atau agen

Karena menjual barang tanpa mengeluarkan modal, kamu akan dikenakan syarat tertentu oleh produsen atau agen. Misalnya, kamu tidak boleh menaikkan harga nett. Biasanya, kamu akan mendapatkan keuntungan sekian persen dari agen.

Kamu juga mungkin akan dikenakan syarat seperti menyerahkan data pribadi seperti nama dan alamat. Pasalnya, tak semua reseller akan berjalan mulus. Perselisihan seperti transfer dan kesalahan produk umumnya terjadi. Ini juga menjadi peringatan agar kamu tidak main-main.

4. Berjualan dengan Menjadi Dropshipper

Dengan dropship, kamu tidak perlu membutuhkan modal untuk mulai jualan online. Kamu hanya perlu menentukan beberapa hal dan dimana akan berjualan.

Misalnya saat ini kamu bisa memanfaatkan dropship melalui shopee. Dimana kamu tidak memerlukan modal untuk memulainya. Silahkan baca panduannya disini: Cara Dropship di Shopee Tanpa Modal

1. Memilih produk yang akan dijual

Hal yang penting adalah dengan memilih produk yang akan dijual. Biasanya, mereka yang membuka kesempatan dropship menjual barang yang awet alias tidak mudah basi. Kamu bisa menemukan berbagai produk ini di media sosial resmi dari brand tersebut.

Karena kamu tidak memegang barangnya sendiri, ada baiknya kamu menjual barang yang sekiranya ringan dan mudah untuk dikirim dengan ekspedisi laut dan udara. Barang yang berbentuk cairan atau disemprot hanya bisa melalui perjalanan darat.

2. Pilih barang yang sedang ngetren

Cara jualan online tanpa modal akan memudahkan kamu untuk menjual macam-macam barang. Pilihlah barang yang sedang ngetren, sehingga banyak peminat yang akan mendatangi tokomu. Misalnya saat ngetren slime, maka jual lah slime dengan mencari agen slime yang menarik dan murah.

3. Pilih partner dropship

Trik pertama untuk menjadi seorang dropshipper adalah dengan memilih partner terlebih dahulu. Kamu harus memastikan bahwa mereka tengah membuka kesempatan untuk seorang dropshipper dan cek persyaratan yang mereka terapkan untuk para dropshipper.

4. Tentukan harga

Kamu harus bisa menentukan harga yang nantinya akan disampaikan ke penjual. Dropshipper bisa mengambil keuntungan beberapa persen dari harga agen atau produsen. Sayangnya, kamu tidak akan mendapat potongan harga dari si produsen karena bedanya sistem dengan reseller.

Agar produkmu bisa dilirik, maka jangan pasang harga yang terlalu mahal agar kamu bisa berkompetisi dengan para dropshipper lainnya. Tawarkan benefit atau lakukan penjualan yang baik. Dengan begitu, tokomu akan memiliki nilai plus di mata pelanggan.

5. Sering cek stok

Sebagai seorang dropshipper, kamu harus selalu rajin mengecek ketersediaan barang yang ada di agen atau distributor kamu. Jika kamu meyakinkan pembeli bahwa barang tersedia namun stoknya kosong, pembeli akan meninggalkan testimoni buruk dan menganggap bahwa tokomu tidak terpercaya.

Cara jualan online tanpa modal bisa dilakukan dengan tiga cara di atas. Kamu tak perlu memikirkan uang pertama yang umumnya digunakan untuk stok barang. Mulailah dengan menaikkan barang secara online dan jaga komunikasi dengan partner agen atau distributormu.

A part-time blogger, content writer, and WordPress enthusiast. Craving for everything about SEO and digital marketing.

Tinggalkan komentar