Cara Membuat Tulisan Blog Pribadi di Instagram, 100% Work

Kamu masih bingung dan belum tahu cara membuat blog pribadi di IG? Kalau iya, berarti kamu datang pada artikel yang tepat.

Namun sebelum kita lanjut ke tutorialnya, saya ingin menyamakan persepsi terlebih dahulu. Blog pribadi yang dimaksud disini adalah “Tulisan Blog Pribadi” yang muncul di Bio Instagram.

Dan perlu kamu ketahui, Blog Pribadi di IG ini tidak melulu Blog Pribadi saja tulisannya. Terkadang juga bisa “Personal Blog”. Tergantung bahasa yang di setting masing-masing pengguna Instagram.

Kalau kamu setting Instagram pakai bahasa Inggris, maka akan menjadi “Personal Blog”. Berlaku sebaliknya, apabila kamu menggunakan bahasa Indonesia maka tulisan di profil akan menjadi “Blog Pribadi”.

Tulisan yang disematkan di Bio Instagram ini tidak hanya Blog pribadi loh. Kamu juga bisa memilih berbagai macam profesi dan kategori.

Seperti: Blogger, Public Figure, Video Creator, Gamer dan masih banyak lagi.

Baca juga: Cara Dapat Uang Tanpa Modal dengan Share Link dan Kupon Ke Sosial Media

Cara Membuat Blog Pribadi di IG

Mari simak selengkapnya cara membuat blog pribadi di ig:

tulisan Blog pribadi telah muncul di bio instagram

Hasil akhir dari artikel panduan ini adalah tampilan “Personal Blog” di bio Instagram tersemat di halaman profil.

Waktu 5 menit

  1. Buka Akun Instagram

    Cara Membuat tulisan blog pribadi

    Sama seperti pada umumnya, kamu bebas menggunakan perangkat apapun. Boleh Android maupun IOS.

  2. Buka Halaman Profile

    cara membuat blog pribadi di ig

    Setelah terbuka halaman profile, tap tombol di pojok kanan atas, lanjut pilih setting

  3. Pilih Akun/Account

    Pilih Akun

    Pilih menu akun untuk memasuki pengaturan lebih lanjut.

  4. Pilih “Ganti Jenis Akun”

    Ganti jenis akun

    Ketika baru pertamakali mengganti jenis akun, kamu akan menemukan pilihan menu ” Beralih ke Akun Professional”. Klik pilihan tersebut, kemudian klik saja lanjut.

  5. Pilih Kategori

    Pilih Kategori

    Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kamu tidak hanya dapat memilih sebagai blog pribadi. Namun masih banyak pilihan seperti: Gamer, penulis, Produk, Video Creator dll. Tapi sesuai dengan tujuan yaitu membuat blog pribadi di IG, maka kamu pilih “Blog Pribadi

  6. Pilih Creator

    Cara membuat personal blog di Instagram

    Langkah selanjutnya adalah menentukan preference kamu. Karena tujuannya adalah tidak untuk berbisnis, maka opsi paling cocok adah kreator.
    Bisnis lebih cocok untuk orang yang hendak berjualan.

  7. Blog Pribadi di IG Sudah Muncul

    tulisan Blog pribadi telah muncul di bio instagram

    Setelah menekan menu lanjut/next, maka proses pergantian akun menjadi akun professional sudah berhasil. Kamu bisa kembali ke halaman profil, dan cek apakah sudah berhasil.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, seharusnya tulisan transparan di BIO Instagram kamu sudah muncul.

FAQ

Cara Menghapus Tulisan Blog pribadi di Instagram?

Caranya sangat mudah. Yang perlu anda lakukan adalah mengulangi langkah-langkah di atas. Pada langkah nomor 4. Kamu pilih ganti ke akun personal. Maka secara otomatis, tulisan blog pribadi akan menghilang dari akun IG mu.

Apa itu Akun Professional Instagram?

Akun professional Instagram adalah fitur yang di tawarkan oleh Instagram untuk orang yang ingin memanfaatkan IG untuk kepentingan komersil. Seperti toko online, content creator dan sejenisnya. Dari sana kamu bisa melihat banyak insight tentang audiens yang kamu targetkan.

Apa Fungsi Blog Pribadi di Instagram?

Membangun Personal Branding: Contoh: Nama akun kamu adalah Ryan, dan kamu selalu memposting berbagai permasalahan komputer berikut dengan solusinya. Otomatis orang yang mengalami masalah dengan komputernya akan mengingat nama Ryan untuk memberikan solusinya, entah apapun itu merek komputernya. Akhirnya kamu akan di kenal Ryan si pakar komputer.
Membangung Brand Bisnis: Membangun brand bisnis dasarnya sama dengan personal branding, bedanya kamu tidak memerlukan nama asli di profil Blog instagram. Sebagai gantinya buatlah nama bisnis yang lebih menjual.
Endorsment [Menghasilkan uang]: Kamu lebih mudah mendatangkan endorsment terhadap brand tertentu apabila. Contoh saja Ryan, si ahli komputer. Pastilah beberapa produk komputer ingin menggunakan jasa endorse darinya.
Menjadi Brand Ambasador: Kalau endorsment kamu akan dibayar per konten, maka dengan menjadi brand ambasador sebuah brand kamu akan menerima pembayaran sesuai kontrak, apakah itu bulanan atau itu tahunan.

Penutup

Demikianlah sedikit informasi mengenai cara membuat blog pribadi di ig. Memang menampilkan tulisan semacam itu dapat membuat daya tarik sendiri. Namun ada baiknya kamu juga memanfaatkannya dengan lebih baik dan bijak.

Seperti kita tahu era digital memungkin orang-orang menghasilkan uang secara online. Dimana saja dan kapan saja. Semoga bermanfaat ya..

Jitendra Vaswani adalah Praktisi Pemasaran Digital & pembicara kunci internasional yang saat ini menjalani gaya hidup nomaden digital dan pendiri blog pemasaran internet BloggersIdeas.com & Agen Pemasaran Digital DigiExe. Selama lebih dari 8 tahun keahliannya dalam Pemasaran Digital, Jitendra telah menjadi konsultan pemasaran, pelatih, pembicara dan penulis "Inside A Hustler's Brain: In Pursuit of Financial Freedom" yang telah terjual lebih dari 20.000 eksemplar, di seluruh dunia & kontributor "Internasional Penulis Buku Terlaris Growth Hacking 2”. Dia telah melatih 10.000+ profesional pemasaran digital hingga saat ini dan telah mengadakan lokakarya pemasaran digital di seluruh dunia. Tujuan utamanya adalah membantu orang membangun bisnis melalui digitalisasi, membuat mereka menyadari bahwa mimpi akan menjadi kenyataan jika Anda tetap bersemangat. Lihat portofolionya ( jitendra.co). Temukan dia di Linkedin, Twitter, & Facebook.

Tinggalkan komentar