Cara Membuat Filter Instagram di HP dengan Spark AR Studio

Ingin membuat Instagram stories terlihat lebih keren dan eye catching? Kalau IYA, berarti kamu juga harus tahu cara membuat filter Instagram di HP maupun desktop. Seperti diketahui bersama, Instgram memang sudah menjadi primadona dari semua kalangan dan usia, muda hingga tua.

Instagram menawarkan ragam fitur menarik, sehingga memungkinkan pengguna membagikan momen dalam bentuk foto atau video dengan visualisasi lebih menawan.

Selain memberi sentuhan effect pada postingan, pengguna IG juga bisa berkreasi membuat filter untuk IG Story. Perlu kamu ketahui, saat ini Instagram story adalah cara efektif untuk membangun koneksi dengan kalangan anak muda.

Lantas, apa yang dimaksud dengan Instagram AR Filter?

Augmented Reality (AR) adalah filter yang dibuat untuk dapat di input pada gambar maupun foto secara live. Nah seperti yang dibahas di atas, Instagram Story adalah salah satu cara untuk membangun engagement dengan kawula muda.

Beberapa brand besar memanfaatkan AR filter ini, dan menguploadnya di Instagram agar banyak yang dapat menggunakannya. Contoh saja Coca-cola: Ia membuat filter head band di Instagram, sehingga dapat digunakan oleh pengguna lain.

Hal ini adalah salah strategi marketing yang dinamakan brand awareness.

Baca Juga: 15 Referensi Filter Instagram Keren yang Sering Digunakan Selebgram

8 Cara Membuat Filter Instagram di HP dan Laptop/PC Paling Praktis

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk membuat Filter Instagram AR. Menggunakan tools resmi Instagram Spark AR.

1. Download Aplikasi Spark AR Studio

Cara membuat filter Instagram di HP

Salah satu pilihan aplikasi yang sangat direkomendasikan untuk membuat filter di Instagram adalah Spark AR Studio.

Aplikasi ini bukan hanya bisa di install pada device smartphone, namun juga desktop, khususnya di sistem operasi macOS Mojave ke atas dan Windows 10.

Untuk mengunduh Spark AR Studio, kamu bisa melakukannya dengan cara mengunjungi laman resminya di https://sparkar.facebook.com/ar-studio/download/.

Kamu juga dapat mendownload Spark AR Player melalui platform App Store, Google Play, dan sebagainya.

2. Melihat Template Filter AR

cara membuat filter Instagram di HP

Setelah selesai download dan install aplikasi, kamu dapat melihat contoh dari filter yang telah dibuat orang lain.

Bagaimana caranya?

Gampang saja, tinggal pilih salah satu template.

Semua contoh yang ditampilkan bisa menjadi referensi untuk panduan membuat filter pada story IG.

Misalnya, yang muncul adalah filter animasi wajah, cahaya, gambar melayang pada background, hingga mengubah bentuk wajah.

Kamu dapat memilih contoh filter sesuai yang diinginkan. Kamu juga sebenarnya bisa berkreasi dengan membuat efek sendiri.

3. Sunting Filter

Kamu tidak harus menggunakan filter contoh sepenuhnya, sebab bisa berkreasi dengan membuat perubahan. Jadi, filter yang kamu aplikasikan berbeda dengan milik pengguna Instagram lain. Kalau ingin terlihat beda, maka bisa langsung menyunting filter.

Caranya adalah dengan tap bagian “Scene”, lalu tambahkan filter yang diinginkan. Setelah penyuntingan selesai, lakukan pratinjau filter yang telah dibuat melalui fitur “Preview”.

Secara umum, berikut ini adalah tahapan penyuntingan atau editing di Spark AR Studio:

  • Mempersiapkan Objek dan Aktifkan Fitur Face Tracker
  • Siapkan objek, seperti gambar motif maupun mask tanpa background (sticker). Pastikan objek memiliki format PNG atau format lain yang mendukung picture without background. Selanjutnya, buka aplikasi Spark AR Studio dan klik “Create Project”.
  • Kemudian, klik “Insert”, dan kamu akan menemukan object baru dengan nama “Face Tracker” pada bagian “Scene”. Klik kanan di new object dan pilih “Add”, lalu pilih “Face Mesh” guna menambah mode 3D yang berfungsi merespon ekspresi wajah.
  • Tambahkan FaceMash dan Temukan Menu Material

Kamu dapat menambahkan material dalam bentuk gambar dengan format PNG yang telah dipersiapkan sebelumnya. Add gambar ke Face Mesh, dengan cara klik ikon “FaceMash” yang ditampilkan pada bagian “Scene”, lalu beralih ke “Inspector”.

Di bagian tersebut, carilah menu “Material”, dan klik ikon Plus “+” di sebelahnya. Akan tampil aset “Material” di “Assets” bagian bawah “Scene” secara otomatis.

  • Pilih Opsi Face Paint pada Shader Type dan Klik Choose File in Texture

Untuk mengubah Shader Type di Inspector menjadi Face Paint, klik menu Dropdown di isi samping, lalu klik ikon Choose File di dekat menu Texture. Selanjutnya tinggal pilih gambar yang telah disiapkan. Kamu bisa mencari gambar melalui File Explorer.

4. Lihat Hasil Filter Video

Ingin melakukan uji coba atau mengetes filter pada video milikmu?

Langsung saja, tap ikon kamera yang terdapat pada sisi kiri layar untuk membuka opsi webcam pada ponsel atau PC, serta memeriksa hasil akhir dari filter wajah yang sudah diaplikasikan di video sebelumnya.

Di samping itu, kamu juga bisa mengecek filter dari fitur contoh wajah yang telah tersedia di aplikasi Instagram. Kalau merasa puas dengan hasilnya, kamu bisa simpan filter tersebut.

5. Export Filter

Filter sudah sukses tersimpan? Sekarang adalah waktunya untuk mengekspor file dan membagikannya ke followers, maupun publik pada umumnya. Berikut adalah panduannya:

  • Pilih “File”
  • Klik “Export”
  • Pilih “Export File for Instagram”

Agar filter buatan kamu bisa diaplikasikan pada semua jenis device dan dapat dijadikan referensi pengguna lain, maka lakukan hal ini:

  • Klik “Export”
  • Pilih file “.export”

6. Upload Filter di Instagram

Tahapan cara membuat filter Instagram di HP selanjutnya adalah mengunggah hasil efek buatan kamu ke platform sosial media populer IG.

Namun, kamu harus terlebih dahulu login ke aplikasi melalui perangkat pilihan. Kalau di desktop, maka bisa melalui peramban.

Selanjutnya, paste link url https://www.facebook.com/sparkarhub/ kemudian klik bagian “Upload Effect”.

Setelah itu, pilih opsi filter, yakni Instagram, dan beri label pada filter buatan kamu. Di “Effect Icon”, kamu bisa pilih gambar yang ingin digunakan untuk ikon filter.

Langkah terakhir adalah:

  • Klik “Upload”
  • Pilih “Continue”

7. Melakukan Pratinjau

Setelah berhasil upload, lakukan pratinjau melalui aplikasi Instagram. Untuk memeriksanya, langsung saja pilih “Preview in App”. Sedangkan jika ingin membagikan kepada teman, pilih bagian “Get a Preview Link”. Lalu, share filter di Instagram.

8. Membuat Demo Video

Hal ini sebenarnya bersifat opsional. Kamu bisa membuat demo video dengan mengunjungi kembali halaman sebelumnya (Pengaturan filter Spark AR) di Facebook. Pilih kategori filter yang sesuai tema pilihan, kemudian pakai tautan preview yang telah disimpan.

Selanjutnya, rekam video filter menggunakan ponsel. Nantinya, video tersebut bakal menjadi demo yang akan ditampilkan saat orang lain menggunakan filter buatanmu. Atur kapan filter tampil di Instagram dengan mengisi “Review Information”.

Pasalnya, filter tersebut akan dieliminasi terlebih dahulu oleh pihak Instagram, sebelum akhirnya dirilis dan dapat digunakan oleh publik. Setelah di ACC, filter kamu sudah dapat ditemukan di platform Instagram. Proses eliminasi tidak akan memakan waktu lama.

Keunggulan Aplikasi Pembuat Filter Spark AR

Kamu yang lama berkecimpung di dunia sosial media mungkin sudah tidak asing dengan Spark AR.

Aplikasi ini adalah Facebook Augmented Reality (AR) dan memungkinkan semua orang membuat serta berbagi filter efek, khususnya wajah ke aplikasi sosial media, termasuk Instagram.

Apa saja kelebihan Spark AR yang membuatnya begitu diminati?

  • Kompatibel dengan berbagai perangkat dan sistem operasi atau OS, baik Windows, Mac, serta ponsel pintar.
  • Tersedia dalam versi lebih praktis yang diluncurkan oleh Instagram, yakni Galeri Efek AR. Versi ini memudahkan pengguna menelusuri filter AR yang telah dibuat kreator lain.
  • Bisa dipakai membuat game, seperti Flappy Bird, misalnya.
  • Mengusung gameplay block stacking dan tampilan 3D AR.
  • User friendly.

Cara membuat filter Instagram di HP dan perangkat desktop memang terbilang cukup mudah dan praktis.

Hanya dengan meluangkan waktu sebentar saja, kamu dapat menghasilkan konten foto maupun video dengan tampilan jauh lebih menarik, sehingga unggahan akan disukai oleh followers.

A part-time blogger, content writer, and WordPress enthusiast. Craving for everything about SEO and digital marketing.

Tinggalkan komentar