Cara Mudah Membuat Gigs di Fiverr Untuk Pemula

Zaman sekarang para penyedia jasa dan para pengguna jasa saling berinteraksi melalui internet. Salah satunya melalui platform bernama Fiverr. Lalu apa itu Fiverr dan bagaimana cara membuat gigs di Fiverr? Simak penjelasan berikut ini.

Fiverr adalah tempat para freelancer untuk menawarkan jasa mereka kepada calon pengguna jasa di seluruh dunia. Fiverr memiliki banyak jenis jasa yang bisa dipilih, mulai dari jasa desain grafis, marketing, pemograman, dan lain-lain.

Fiverr didirikan pada tahun 2010 oleh Micha Kaufman dan Shai Wininger, Fiverr berpusat di Tel Aviv, Israel.

Jasa yang ada di Fiverr mencakup banyak harga mulai dari lima dolar hingga ribuan dolar dengan Gig Extras. Setiap jasa yang ditawarkan di Fiverr disebut dengan ‘Gig’.

Baca Juga: 40 Situs Freelance Terbaik di Indonesia dan Luar Negeri

Cara Bergabung di Platform Fiverr

Seperti yang disebutkan sebelumnya, situs Fiverr menyediakan beberapa kategori layanan jasa.

Masing-masing kategori memiliki sub-kategori seperti desain logo, desain web dan mobile, strategi marketing, creative writing, iklan video pendek, voice over, dan lain sebagainya.

Berikut adalah langkah untuk bergabung sebagai freelancer di situs Fiverr:

  1. Daftarkan diri Anda sebagai seller di situs Fiverr
  2. Melengkapi data yang diminta
  3. Buat gig yang akan Anda sediakan
  4. Pasang portfolio dari gig tersebut seperti cuplikan video atau foto
  5. Tunggu hingga ada pembeli yang memesan
  6. Kerjakan pesanan, jangan lupa untuk berkomunikasi dengan pembeli sehingga dapat memberi hasil yang memuaskan.
  7. Apabila pembeli puas, maka pekerjaan Anda telah selesai. Anda juga akan mendapatkan review yang bagus dan memungkinkan Anda untuk mendapatkan lebih banyak pesanan.
  8. Uang yang masuk di saldo Fiverr dapat ditransfer ke rekening Anda setelah 14 hari. Anda dapat menarik saldo ke PayPal tanpa biaya admin.

Jika Anda merasa 5 dolar terlalu sedikit untuk jasa yang Anda berikan, Anda tidak perlu khawatir.

Karena nantinya Anda bisa menaikkan harga jasa Anda seiring dengan waktu. Jadi Anda bisa menganggap harga 5 dolar tersebut sebagai promo untuk produk Anda.

Kelebihan Fiverr Sebagai Tempat Para Freelancer

Sebelum lanjut membahas cara membuat gigs di Fiverr. Tentunya Fiverr sendiri memiliki kekurangan dan kelebihan layaknya situs yang lain.

Kelebihan Fiverr adalah Anda tidak memerlukan modal banyak, cukup memiliki komputer dan koneksi internet. Situs Fiverr juga aman dan terpecaya serta memiliki sistem yang mudah digunakan.

Berbeda dengan situs lain, Fiverr menyediakan filter pencarian yang dapat Anda sesuaikan. Anda hanya perlu memilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Beberapa kekurangan Fiverr di antaranya yakni Fiverr memotong 20% dari penghasilan, jika Anda memasang jasa seharga 5 dolar otomatis Anda hanya akan mendapat 4 dolar saja setelah dipotong.

Saldo di akun Anda baru bisa di transfer setelah 14 hari ke akun PayPal lalu dari akun PayPal ke rekening membutuhkan waktu 2-4 hari.

Baca Juga: Cara Membuat dan Verifikasi Akun Paypal Tanpa Kartu Kredit

Dalam Fiverr sendiri ada empat level penjual, pertama penjual baru yang baru saja membuat akun di Fiverr.

Penjual level satu adalah para penyedia jasa yang sudah meregistrasi akun selama enam puluh hari di Fiverr dan menyelesaikan 10 pesanan dengan ulasan tinggi.

Penjual level dua, 120 hari dan menyelesaikan lima puluh pesanan dengan peringkat tinggi serta penjual peringkat top yang telah berada di Fiverr selama 180 hari dan menyelesaikan seratur pesanan.

Level penjual ini cukup berpengaruh dalam Fiverr, karena kebanyakan pembeli melihat level penjual lebih dahulu sebelum melakukan pemesanan. Semakin tinggi level maka semakin tinggi pesanan yang masuk.

Karena itu, usahakan agar Anda menyelesaikan pesanan dengan baik sehingga Anda bisa mendapat ulasan yang memuaskan.

Beberapa layanan Fiverr yang paling diminati adalah desain logo, video whiteboard, video spokesperson, edit Photoshop, desain web dan halaman arahan, dan jasa SEO.

Pastikan untuk memberikan ekstra service lebih sehingga pembeli akan tertarik untuk memesan gig Anda.

Beginilah Cara Membuat Gigs di Fiverr

Lalu, bagaimana cara membuat gigs di Fiverr? Berikut penjelasannya:

  1. Membuat akun terlebih dahulu sebelum membuat gig. Masukkan nama pengguna, dan sandi.
  2. Buat profil Anda semenarik mungkin karena ini adalah hal pertama yang dilihat oleh klien. Jangan lupa sertakan foto dan penjelasan singkat mengenai diri Anda. Anda juga bisa memasukkan keahlian, pendidikan atau sertifikat yang Anda miliki.
  3. Pilih menu selling dan pilih menu gigs lalu klik tombol create new gig.
  4. Tulis judul gig dengan jelas, masukkan kategori gig Anda dan tambahkan label pencarian yang sesuai untuk gig Anda.
  5. Pilih tombol save and continue untuk melanjutkan
  6. Menentukan harga gig. Saat ini Fiverr mengizinkan penyedia jasa untuk menawarkan tiga paket yaitu dasar, standar dan premium. Anda bisa menggynakan paket yang Anda inginkan.
  7. Jangan lupa untuk menamai paket Anda dengan nama yang menarik. Tambahkan deskripsi paket yang kreatif, sertakan waktu pengiriman gig. Anda bisa menambahkan berapa jumlah revisi yang Anda sediakan apabila pembeli tidak puas dengan hasil.
  8. Apabila Anda menggunakan paket dasar, sebaiknya Anda memberikan harga yang rendah dan harga tinggi untuk paket premium. Jangan khawatir, Anda bisa memberi harga tambahan untuk pekerjaan ekstra seperti pengiriman yang leboh cepat atau revisi tambahan.
  9. Tambahkan deskripsi di gig Anda sedetail mungkin dan pertanyaan umum (FAQ) yang berkaitan dengan gig Anda.
  10. Masukkan persyaratan yang harus disediakan pembeli untuk menyelesaikan gig. Anda bisa menggunakan teks bebas yang bisa ditanggapi pembeli dengan pesan teks, jawaban ganda dan berkas terlampir jika Anda membutuhkan berkas dari pembeli.
  11. Menambahkan galeri ke gig Anda, bisa berupa foto atau PDF. Pilihlah foto yang relevan dengan gig Anda, Anda juga bisa menggunakan video yang durasinya tidak melebihi 75 detik. Sementara untuk PDF biasanya digunakan untuk penyedia jasa kepenulisan yang membutuhkan lampiran contoh tulisan.
  12. Setelah selesai, Anda hanya perlu publikasikan gig Anda dengan klik tombol publish gig. Anda juga bisa mempromosikan gig Anda melalui media sosial dengan memilih tautan yang tersedia.

Selanjutnya, bagian yang paling sulit adalah mendapatkan klien. Di dalam situs Fiverr ada banyak orang yang menyediakan jasa mirip dengan yang Anda sediakan.

Untuk mendapatkan klien, sebaiknya Anda memasang tarif yang murah dan menaikkan tariff tersebut setelah Anda memiliki cukup banyak ulasan.

Anda juga bisa memanfaatkan penggunaan mesin pencari (SEO).

Anda harus memaksimalkan keywords dengan memberi judul, deskripsi, tag dan link yang sesuai. Anda bisa mencari keywords yang sering digunakan di fitur pencarian Fiverr.

Anda juga bisa melakukan sedikit penelitian dengan membeli gigs orang lain sehingga Anda bisa melihat secara langsung proses pemesanan dan menambahkan hal yang Anda rasa kurang dari gig Anda.

Demikian pembahasan mengenai Fiverr dan cara membuat gigs di Fiverr, sebagai penjual baru di Fiverr tentunya tidak mudah untuk bersaing dengan para penjual lama yang sudah memiliki banyak review.

Anda bisa menerapkan tips di atas untuk mendapatkan pelanggan. Bagaimana? Apa Anda tertarik untuk mencoba?

A part-time blogger, content writer, and WordPress enthusiast. Craving for everything about SEO and digital marketing.

Tinggalkan komentar