Begini Cara Membuat QR Code Google Maps yang Benar

Sebelum membahas tentang Cara membuat QR Code Google Maps, sebagai pengingat sekilas tentang QR Code. QR Code adalah singkatan dari Quick Response code.

Yang mana saat ini seringkali dimanfaatkan dalam beberapa bidang seperti marketing atau juga pengkodean suatu alamat website dan nomor telepon.

Awal penciptaan dari QR Code ini terjadi pada sekitar tahun 1994 oleh Denso Wave di mana adalah anak perusahaan Toyota.

Penciptaannya dilakukan demi melacak komponen yang ada pada kecepatan tinggi.

Kode ini dirancang khusus untuk dapat dibaca oleh kamera sehingga sifatnya lebih praktis dibandingkan kode lain yang sifatnya jauh lebih ketat.

Baca Juga: Cara Membuat QR Code Online dengan Generator Gratis

2 Cara Membuat QR Code Google Maps

Nah sudah tiba saatnya Anda mengtahui cara membuat QR Code Google Maps. Mari simak caranya di tutorial berikut ini.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Buka aplikasi Google Maps

Sebelumnya Anda perlu menentukan koordinat dari Longitude dan juga Latitude yang ingin dibuatkan kode QR agar lebih mudah melangkah ke proses selanjutnya.

Setelah itu Anda bisa membuka aplikasi Google Maps melalui browser atau pun aplikasi yang sudah tersedia dalam ponsel.

Setelah mendapat lokasi yang akan Anda buatkan QR Code-nya Anda dapat mencari lokasi tersebut dalam kolom pencarian.

2. Pilih menu ‘Share’, lalu pilih ‘Copy Link’.

Selanjutnya, langkah yang harus Anda lakukan adalah menekan opsi Share lantas melakukan copy pada link yang sudah disediakan.

Cara Membuat Qr code Google Maps
Pilih bagikan, kemudia pilih copy link

3. Install aplikasi QR & Barcode Scanner

Langkah ini penting untuk memudahkan tujuan Anda dalam membuat QR Code.

Membuat QR Code Google Maps

Anda dapat mengunduh aplikasi QR & Barcode Scanner, di toko aplikasi yang ada dalam ponsel Anda seperti Play Store atau App Store.

Kemudian pilih menu yang berada di pojok kiri atas lalu pilih menu buat QR.

Pilih menu URL masukkan link ke kolom yang tersedia.

Setelah menyalin link yang sebelumnya sudah Anda copy, masukkan link ke dalam kolom yang tersedia. Selanjutnya Anda bisa meng-klik centang yang berada di pojok kanan atas.

Kemudian dapat Anda lihat centang di pojok kanan atas kemudian pilih simpan. Nah, di tahap ini barcode akan langsung tersimpan di penyimpanan Anda.

Maka akan muncul hasil dari barcode yang baru saja kamu buat seperti di bawah ini.

QR Code Google Maps Kepri Mall

Untuk mengecek apakah sudah benar, kamu dapat melakukan scan barcode yang sudah dibuat sebelumnya.

Selain itu, aplikasi tersebut bissa membaca berbagai jenis barcode, fitur seperti ini sangat berguna bagi beberapa orang yang belum memiliki kamera pemindai barcode.

Itulah salah satu cara mudah membuat QR Code lokasi Google Maps dengan menggunakan smartphone. Untuk pilihan cara lain membuat barcode, Anda bisa ikuti tuorial di bawah ini.

Baca Juga: Cara Membuat QR Code di Microsoft Excel

Cara Membuat QR Code Google Maps dengan Googleapis

Membuat QR Code dengan Googleapis tidak membutuhkan aplikasi tambahan, cukup dengan memanfaatkan semua fitur dari Google dengan cara berikut ini.

  1. Buka aplikasi browser dalam PC atau laptop anda. Kemudian buka alamat Google Maps. Sebelumnya Anda dapat mencari terlebih dulu alamat Google Maps, kemudian anda bisa Copy Link alamat tersebut untuk Anda pindahkan dalam PC maupun laptop yang akan Anda gunakan.
  2. Cari lokasi yang akan dibuatkan QR Code-nya. Untuk memudahkan Anda melakukan pencarian, Anda bisa mengetikan nama lokasi pada kolom telusuri yang terdapat pada Google Maps. Jika lokasi yang dicari tidak muncul, Anda bisa mengketik kembali lokasi terdekatnya. Jika lokasi yang Anda cari muncul dalam daftar pencarian Google, Anda hanya perlu memastikan pada peta, titik atau pun pin merahnya di lokasi yang akan dibuatkan QR Code-nya.
  3. Pilih titik koordinat. Di bagian kiri akan muncul informasi titik koordinat dan kemudian klik menu Bagikan.
  4. Pada opsi Bagikan yang muncul, copy url yang terdapat pada link untuk berbagi, kemudian Anda bisa menyalin link tersebut.
  5. Kemudian pada browser yang sedang Anda gunakan, masukkan link tadi atau paste link. Kemudian bis Anda enter hasil QR Code tersebut, dan QR Code tersebut akan langsung ditampilkan.
  6. Setelah selesai Anda dapat menyimpan gambar QR Code Google Maps. Dengan cara, klik pada gambar QR Code, kemudian pilih Save image as dan paste di aplikasi seperti Word, Corel Draw atau pun dalam Power Point.

Itulah cara membuat QR Code Google Maps yang bisa Anda praktekkan. Beberapa cara mudah tersebut bisa langsung Anda praktekkan melalui smartphone Anda maupun menggunakan PC atau laptop.

Dengan bantuan berbagai aplikasi untuk membuat QR Code, kini semuanya semakin mudah dilakukan. Selamat mencoba!

A part-time blogger, content writer, and WordPress enthusiast. Craving for everything about SEO and digital marketing.

Tinggalkan komentar