Cara Membuat QR Code Online, Mudah dan Gratis

Setelah barcode, kini tiba zaman QR code. Kode ini bisa memberikan banyak data hanya dengan memindainya melalui aplikasi di handphone Anda, bahkan QR code biasa digunakan untuk membayar atau untuk keperluan media sosial. Lantas, bagaimana cara membuat QR code? Tak perlu khawatir, karena pada artikel kali ini kita akan membahas cara membuat QR Code online.

Sebelum menuju cara membuat QR code, mari kita bahas sedikit tentang QR code.

QR code pertama kali dikembangkan pada tahun 1994 di Jepang oleh Denso Wave Corporation.

Kegunaan QR code pada awalnya adalah untuk melacak kendaraan ketika diproduksi.

Baca Juga: Cara Membuat QR Code di Excel

Mengenal 2 Jenis QR Code yang Perlu Anda Pahami

QR Code terdiri dari dua jenis yakni Static QR code dan Dynamic QR code.

  • Static QR code adalah QR code yang berisi tautan ke halaman situs tetap. Jika Anda menggunakan QR code jenis ini, maka konten QR code Anda tidak dapat diubah. QR code jenis ini biasa digunakan dalam suatu aplikasi yang mengandung banyak data seperti dokumentasi produk, proses pembuatan produk, dan lain-lain. Contohnya Wi-FI, Bitcoin, Plain text, vCard dan E-mail.
  • Dynamic QR code adalah QR code yang berisi tautan singkat yang menuju halaman situs lain. Jika Anda menggunakan QR code jenis ini, maka konten QR code dapat diubah dan digunakan ulang.
  • QR code ini biasa digunakan untuk bisnis maupun marketing produk dan dapat digunakan pada berbagai desain seperti brosur, kemasan dan lain sebagainya.

Cara Membuat QR Code Online

Lantas, bagaimana cara membuat QR code online? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Menentukan tujuan pembuatan QR code

Sebelum Anda membuat QR code, ada baiknya Anda menentukan tujuan membuat QR code terlebih dahulu. Selain karena QR code memiliki beberapa jenis, hal ini juga menentukan desain code yang akan Anda buat.

2. Memilih QR Code Generator Online

Ada banyak QR code generator yang bisa Anda pilih, ada yang gratis maupun yang berbayar. Masing-masing generator memiliki fitur dan keunggulan sendiri yang bisa Anda pertimbangkan.

Beberapa QR code generator yang bisa Anda coba yaitu:

  • QR Stuff, Recomended, karena gratis dan mudah.
  • Visualead
  • GOQR.me
  • QR Code Monkey
  • Kaywa

3. Menentukan Jenis Data

Langkah-langkah membuat qr code online

Biasanya, QR code generator memiliki beberapa pilihan jenis mulai dari URL atau Link, Vcard, WiFi, E-mail dan lain sebagainya.

Setiap tipe konten memiliki QR code masing-masing, Anda hanya tinggal memilih konten yang Anda inginkan.

Hampir semua bentuk file saat ini bisa Anda masukkan kedalam QR Code.

4. Memasukkan data

Langkah-langkah membuat QR code

Setelah menentukan konten, selanjutnya Anda memasukkan data pada form yang tersedia. Jika Anda memilih konten URL, maka Anda akan diminta memasukkan link halaman Anda.

Apabila Anda memilih Twitter, Anda hanya tinggal memasukkan nama akun Anda.

Pada contoh diatas, saya memasukkan alamat website ini.

5. Mengatur Desain Tampilan QR Code

mengatus desain dan tampilan QR Code

Apabila Anda sudah selesai memasukkan data, maka Anda bisa mendesain tampilan QR code dengan memilih frame dan warna yang Anda inginkan.

Dimensi dan resolusinya juga bisa Anda atur sedemmikian rupa.

Anda juga bisa menampilkan logo bisnis Anda juga.

6. Mengunduh QR code

Hasil dari membuat Qr code online

Jika Anda merasa tampilan QR code sudah sesuai dengan yang Anda inginkan, selanjutnya Anda tinggal mengunduh QR code Anda.

Anda bisa mengunduhnya dengan format gambar (JPG) atau dalam format vector (SVG/EPS).

Hanya tunggu beberapa saat, maka QR code Anda sudah siap digunakan.

Nah pada tahap ini, kalau Anda punya aplikasi QR Code scanner, QR code di atas dapat Anda coba, dan hasilnya akan muncul halaman web ini.

7. Mencoba QR code

Setelah selesai mengunduh, Anda bisa mencoba QR code yang sudah Anda buat untuk melihat apakah hasilnya sudah sesuai dengan yang Anda inginkan.

Anda bisa mencobanya dengan memindai QR code melalui aplikasi di handphone, praktis bukan?

Nah, bagi Anda yang belum tau apa saja keuntungan dan kelebihan menggunakan QR Code, sebaiknya lanjut membaca sedikit informasi di bawah ini.

Kelebihan Apa Saja yang Ada Pada QR Code?

Seiring perkembangan zaman, QR code kini digunakan dalam berbagai macam bidang, mulai dari bisnis yang memungkinkan perusahaan untuk memasukkan logo, video atau foto ke QR code hingga edukasi sebagai sarana presensi, validasi ijazah dan transkrip nilai.

Kendati memiliki fungsi yang sama, QR code lebih unggul daripada barcode tradisional. Beberapa kelebihan QR code dibanding barcode adalah:

1. Dapat menyimpan lebih banyak informasi

QR code mampu menyimpan data numeric hingga 7.089 karakter, alphanumeric 4.296 karakter, kode biner 2.884 byte, dan huruf kanji 1.817 karakter.

2. Berukuran lebih kecil

QR code bisa menyimpan data secara horizontal maupun vertical sehingga memiliki ukuran yang lebih kecil daripada barcode. QR code bisa memiliki tampilan lebih kecil dari barcode dengan jumlah data yang sama.

3. Tidak mudah rusak

Sekalipun QR code yang Anda miliki rusak atau kotor, selama kerusakan tersebut tidak melebihi 30% maka QR code masih tetap bisa dipindai oleh handphone Anda.

4. Bisa dibagikan

Anda bisa membagikan QR code tanpa batasan file, ataupun jarak. Cukup bagikan QR code Anda melalui media sosial.

Begitulah sekilas mengenai QR code dan cara membuat QR code online. Tunggu apalagi? Yuk segera buat QR code untuk bisnis Anda.

Share:

Tinggalkan komentar