3 Cara Membuat Sorotan di Instagram dan Mengedit Covernya

Kemunculan banyak aplikasi media sosial saat ini, menjadi bukti semakin majunya era digital. Salah satunya adalah media sosial Instagram. Bahkan media sosial yang satu ini bisa dimanfaatkan sebagai ajang bisnis. Kamu bisa gunakan cara membuat sorotan di IG yang menarik dan keren untuk menunjang bisnismu.

Lantas apa itu sorotan? Sorotan dalam IG sering disebut dengan highlight. Artinya fitur ini digunakan untuk menyimpan story’ yang penting dan tersimpan dalam waktu yang lama.

Seperti yang bisa kamu lihat bahwa story’ IG hanya bertahan dalam 24 jam. Berbeda halnya jika kamu simpan di sorotan.

Baca Juga: Membuat Tulisan Transparan (Personal Blog) di Bio Instagram

Tahapan Cara Membuat Sorotan di IG Dari Story

Secara umum, story’ IG memang akan hilang dalam waktu 24 jam. Namun ternyata kamu bisa lho menyimpannya agar tidak pernah hilang dalam waktu yang sangat lama salah satunya adalah dengan menyimpannya sebagai sorotan atau highlight.

Umumnya ada dua cara yang digunakan untuk membuat sorotan di IG ini.

  • Pertama membuat story’ secara langsung dan menjadikannya sebagai sorotan.
  • Kedua, kamu bisa mengambil dari arsip story’ IG kemudian memasukkannya dalam sorotan.

Yup, story’ yang selama ini kamu buat ternyata tidak serta merta menghilang.

Memory Instagram menyimpan kenangan story’ mu dalam arsip yang ada pada fitur IG. Untuk itu, kamu bisa mengarsipkannya lagi dalam sorotan atau highlight.

Selain itu, kamu juga bisa membuat sorotan tanpa membuat story’ yang dilihat oleh banyak orang. Langsung saja bagi kamu yang sudah penasaran, berikut ini ada 3 cara membuat sorotan di IG menggunakan story’ secara langsung:

1. Membuat Sorotan Dengan Story, Langsung

  • Langkah awal untuk cara ini adalah dengan membuka akun instagrammu. Masuklah pada fitur pembuatan story’. Kamu bisa tekan tombol + yang ada pada foto profilmu. Atau kamu juga bisa menggeser laman beranda ke kanan, sehingga akan muncul kamera untuk pembuatan story’ IG.

Membuat sorotan di IG

  • Buatlah story’ atau status sebagus mungkin untuk dijadikan sorotan nantinya.
  • Post story’ yang sudah kamu buat. Tunggu hingga story’ benar-benar sudah terkirim dan bisa dilihat oleh pemilik akun lain.
  • Selanjutnya, di bagian bawah story’ bisa kamu jumpai fitur dengan simbol love melingkar. Di bawahnya ada tulisan ‘highlight’. Inilah tombol yang harus kamu klik untuk membuat sorotan.
  • Tekan dan jadikan sorotan storymu tersebut. Berikan nama atau judul pada cover highlight yang akan dibuat.
  • Untuk tahu apakah sorotan sudah tersimpan, buka beranda profilmu, dan lihatlah di bawah informasi akunmu sudah ada gambar melingkar yang merupakan album sorotan storymu.

2. Membuat Sorotan Tanpa Membuat Story

Selain membuat sorotan dengan langkah membuat status terlebih dulu, ternyata kamu bisa lho membuatnya tanpa harus post status atau story’ dulu.

Sehingga kamu tidak memerlukan viewer dulu untuk membuat highlight ini.

  • Pergilah ke menu setting atau pengaturan yang ada pada akun instagrammu. Pada setting terdapat pengaturan private account. Pilih atau aktifkan private account tersebut.
  • Kontrol pengaturan storymu. Masih di menu setting yang sama, pilih kontrol story’ dan atur siapa saja yang bisa melihat storymu. Dalam hal ini kamu bisa mengatur agar semua followers mu tidak bisa melihat storymu.
  • Setelah kamu mengatur private storymu, selanjutnya tidak akan ada yang bisa melihat postingan story’ yang akan dibuat. Dari sini kamu bisa mulai membuat postingan story’ untuk dijadikan bahan dalam sorotan IG.
  • Setelah posting story’, masuk pada tombol bersimbol love melingkar yang ada di bagian bawa story. Kamu akan diminta untuk memberikan nama sorotan atau memasukkannya pada album sorotan yang sudah ada.
  • Jika kamu ingin memasukkan pada album yang sudah ada, kamu hanya perlu memilih salah satu sorotan yang sudah kamu buat. Tapi jika kamu ingin membuat sorotan yang baru, tekan tanda lingkaran dan simbol plus untuk membuatnya.
  • Saat postinganmu sudah masuk dalam sorotan, tunggulah hingga 24 jam tanpa meghapus story’ tersebut. Hal ini karena saat kamu menghapus storymu, maka story’ tidak akan bisa masuk dan tersimpan dalam sorotan IG.
  • Karena sebelumnya kamu sudah mengatur story kontrol, maka kamu bisa tenang karena tidak akan ada yang bisa melihat postingan story’ barumu.
  • Setelah 24 jam, kamu bisa mengatur ulang pengaturan story’ kontrol dan akun privasimu. Sehingga orang lain bisa melihat story’ yang sudah kamu hide sebelumnya. Mereka juga jadi bisa melihat sorotan IG yang sudah kamu buat.

3. Membuat Sorotan IG dari Arsip Story 

Seperti yang sudah dijelaskan sekilas pada penjelasan sebelumnya, setiap story’ yang kamu buat dalam 24 jam, akan disimpan oleh IG dalam sebuah arsip yang ada di akunmu. Setiap story’ yang sudah disimpan dalam arsip ini, ternyata bisa lho dijadikan sorotan.

  • Langkah awal, buka IG mu dan masuk pada beranda profilmu. Pada pojok kanan atas kamu akan menemukan garis 3 yang merupakan tempat pengaturan lain dari akun IG.
  • Buka fitur tersebut, dan pilih menu arsip. Di sana kamu akan menemukan banyak sekali foto atau video yang sudah diarsip oleh IG dari postingan mu di beberapa waktu lalu.

Archive story IG

  • Pilihlah foto atau video yang ingin kamu masukkan dalam sorotan. Gambar atau video tersebut akan langsung tampil. Dan kamu bisa menemukan fitur sorotan pada bagian bawah postingan arsip tersebut.

Daftar Archive story

  • Langkah selanjutnya ini sama dengan tahapan pembuatan sorotan yang lain. Kamu hanya perlu klik fitur sorotan yang ada pada gambar terpilih.

Kemudian pilih apakah ingin memasukkannya pada album highlight yang sudah ada, atau ingin membuat sorotan yang baru dengan membuat judul albumnya dulu.

Baca Juga: Cara Membuat Microblog di Instagram dengan Canva

Cara Mengatur Cover Sorotan Pada IG

Biasanya ketika kamu membuat sorotan di IG, gambar cover yang tampil pasti adalah gambar pertama yang dimasukkan dalam sorotan. Hal ini mungkin akan terlihat kurang menarik. Lantas bagaimana caranya agar menarik? Mudah sekali, kamu hanya perlu mengatur atau mengganti cover sorotan.

Bagi kamu yang belum pernah mengganti cover sorotan, berikut di bawah ini bisa kamu catat langkah mudah mengganti cover sorotan atau highlight di IG:

  • Bukan sorotan yang ingin kamu ubah covernya. Klik tombol lingkaran di bawah edit profile.

 

  • Pilih tulisan ‘edit cover’. Secara langsung kamu akan dialihkan pada pilihan gambar dalam album sorotan. Namun kamu juga bisa menggunakan fitur galeri untuk memilih gambar mana yang akan dijadikan sampul.

Edit Cover Sorotan IG

Jadi dalam pembuatan sampul ini, kamu bisa memilih antara menggunakan gambar yang sudah ada dalam album sorotan. Atau kamu bisa gunakan gambar lain yang terletak dalam galeri perangkatmu.

Cara membuat sorotan di IG cukup mudah bukan?

Kamu bisa mencoba mempraktekkannya pada akun IG mu. Gambar atau video yang disimpan dalam sorotan, biasanya hanya kenangan yang tidak boleh terhapus alias foto penting.

A part-time blogger, content writer, and WordPress enthusiast. Craving for everything about SEO and digital marketing.

Tinggalkan komentar