Cara Membuat Video Iklan Produk yang Menarik (Panduan Step by Step)

Pada artikel ini, kamu akan mengetahui cara membuat video iklan produk yang menarik. Tidak hanya itu, kamu juga bisa membuat iklan professional meskipun kamu seorang pemula.

Dengan trendingnya aplikasi video seperti Youtube, Tiktok, Snack Video, dan Instagram, maka semakin luas pula kesempatan pebisnis online untuk memasarkan produknya. Semakin luas jangkauan, artinya potensi Return of Investment (ROI) akan semakin besar.

Sebagai informasi, iklan melalui video memang punya daya tarik yang lebih baik dibanding brosur maupun banner. Karena iklan video dapat menampilkan informasi sebuah produk dengan lebih detail dan lengkap.

Namun ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum membuat konten video iklan. Hal-hal ini sangat berguna untuk mendapatkan konten yang baik dan menarik.

3 Tahap Proses Pembuatan Konten Video Iklan

Setidaknya ada 4 tahap proses pembuatan video iklan yang wajib kamu lakukan. Agar hasil yang didapat memuaskan dan menggugah minat audiens.

1. Perencanaan Konsep & Ide

Merencanakan konsep, ide, dan gambaran kasar dari sebuah konten video iklan dengan matang, akan membuat hasil yang baik.

Kamu perlu memikirkan cara agar pesan dari iklan yang kamu buat dapat tersampaikan kepada audiens.

Kira-kira apa yang akan membuat penonton tertarik dengn produk yang kamu tawarkan?

Apakah:

  • Harga
  • Kualitas
  • Kemewahan
  • Estetika

Semakin spesifik, semakin besar pula kemungkinan audiens berubah menjadi pelanggan. Jadi pastikan konsep yang akan kamu usung sudah sesuai dengan terget yang ingin dicapai.

2. Penulisan Naskah (Skrip)

Sebuah konten video yang baik memerlukan skrip atau naskah. Agar jalannya video terstruktur dan sistematis.

Apapun produk yang kamu jual, entah itu affiliate, dropship, ataupun produkmu sendiri, kamu tetap perlu melakukan hal ini.

Mulai dari pengenalan produk, keunggulan, dan closing yang baik. Tidak perlu banyak kata, singkat namun tujuan tersampaikan.

Tak lupa satu hal.

Durasi iklan bisa saja bervariasi, namun menurut beberapa survey yang ada dilakukan oleh Google, durasi iklan video terbaik berada di rentan 15-30 detik.

Selebihnya audiens akan merasa jenuh, dan melakukan skip.

Jadi pastikan semua informasi yang ingin kamu sampaikan, sudah tersampaikan dalam 15 hingga 30 detik tersebut.

3. Proses Pembuatan Video Iklan Produk

Langkah selanjutnya adalah proses pembuatan iklan.

Sebuah iklan yang bergerak, tidak melulu menggunakan pemeran layaknya iklan di televisi.

Kamu juga bisa hanya membuat kombinasi gambar produk, teks, dan sedikit animasi untuk membuat video iklan yang menarik.

Masalahnya, tidak semua bisa mengedit video. Tapi tenang, untuk itulah artikel ini dibuat.

Proses pembuatan video, mungkin bukanlah hal sulit bagi orang yang sudah mahir menggunakan software seperti Adobe Premiere dan Sony Vegas pro.

Namun untuk pemula dan solo player yang menjalankan bisnisnya serba sendiri, tools di bawah ini mungkin dapat kamu pertimbangkan.

Cara Membuat Video Iklan Produk yang Keren dan Menarik Untuk Pemula.

Saat ini, siapapun dapat membuat iklan video yang menarik dan berkualitas. Kamu tidak perlu memikirkan perangkat dan software editing untuk membuat sebuah video iklan produk.

  • Tidak perlu laptop bagus
  • Tanpa download software

Kamu bisa memanfaatkan tools online video editor InVideo.

Cara membuat video iklan dengan InVideo

InVideo adalah salah satu online video editor terbaik yang berbasis cloud.

Artinya kamu tidak perlu mendownload software terlebih dahulu agar bisa melakukan proses editing. Semuanya bisa dilakukan secara online.

Selain itu, apabila dibanding dengan proses editing dengan software video editor offline, InVideo dapat melakukan proses render lebih cepat untuk kualitas gambar yang tinggi.

InVideo juga sangat ramah untuk digunakan oleh pemula. Di sana sudah disediakan lebih dari 4000 template video, music, dan font yang bisa digunakan secara gratis.

Kamu bisa memilih template untuk ukuran yang sesuai dengan sosial media seperti Instagram, Facebook, Tiktok, dan Youtube.

Kembali ke cara membuat video iklan produk, mari kita lanjut dengan membuat salah satunya dengan tools ini.

1. Membuat Akun InVideo

Buka web InVideo, link sudah ditambahkan di atas. Kemudian dilanjutkan dengan proses membuat akun.

Untuk membuat akun, kamu bisa menggunakan email dari Google.

2. Memilih Template

Cara membuat video iklan di InVideo
Klik “Use this template” untuk mulai proses editing

Dari ribuan template yang tersedia, kamu bisa memilih mana yang paling cocok dengan produk yang akan diiklankan.

Dalam memilih template setidaknya kamu dapat memilih berdasarkan kategori dan perbandingan dimensi gambar.

  • 16:9 Biasanya digunakan untuk iklan Youtube, dan cocok dengan kebanyakan layar HP dan PC saat ini.
  • 1:1 Cocok untuk iklan feed Instagram dan Facebook
  • 9:16 Ukuran ini sangat baik untuk beriklan di Tiktok

Pada artikel ini, saya menggunakan dimensi 16:9 sebagai contoh.

3. Proses Editing

Proses editing di InVideo mudah dipahami. Kamu dapat mengganti foto produk yang ada di template dengan foto produk yang sudah kamu siapkan.

Mengganti text, logo, dan alamat website yang sesuai dengan produkmu.

Proses editing video

4. Download & Share

Setelah melakukan proses editing, periksalah hasil editing videomu, pastikan tidak ada salah ketik.

Kamu juga dapat meminta pendapat orang-orang terdekat, apakah konten yang kamu buat sudah mudah untuk di pahami maksudnya.

Sekiranya cukup puas dengan hasil editing terakhir, kamu tinggal menekal tombol “Download & Share“. Tunggu proses rendering beberapa menit, dan video buatanmu sudah siap untuk di download.

Demikianlah kira-kira cara membuat video iklan yang keren dan menarik. Membuat iklan yang menarik dan keren memang salah satu faktor menarik pelanggan.

Namun tidak menjamin kesuksesan dalam bisnis atapun jualan online. Tetap semangat dan pantang menyerah. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Jitendra Vaswani adalah Praktisi Pemasaran Digital & pembicara kunci internasional yang saat ini menjalani gaya hidup nomaden digital dan pendiri blog pemasaran internet BloggersIdeas.com & Agen Pemasaran Digital DigiExe. Selama lebih dari 8 tahun keahliannya dalam Pemasaran Digital, Jitendra telah menjadi konsultan pemasaran, pelatih, pembicara dan penulis "Inside A Hustler's Brain: In Pursuit of Financial Freedom" yang telah terjual lebih dari 20.000 eksemplar, di seluruh dunia & kontributor "Internasional Penulis Buku Terlaris Growth Hacking 2”. Dia telah melatih 10.000+ profesional pemasaran digital hingga saat ini dan telah mengadakan lokakarya pemasaran digital di seluruh dunia. Tujuan utamanya adalah membantu orang membangun bisnis melalui digitalisasi, membuat mereka menyadari bahwa mimpi akan menjadi kenyataan jika Anda tetap bersemangat. Lihat portofolionya ( jitendra.co). Temukan dia di Linkedin, Twitter, & Facebook.

Tinggalkan komentar