Begini Cara Membuka Blokir ATM BRI Tanpa Ke Bank 100% Berhasil

Kondisi ATM terblokir adalah hal yang umumnya terjadi dan membuat kebanyakan orang panik. Hal ini juga terjadi pada nasabah pengguna ATM BRI. Tapi tak perlu khawatir, kini ada cara membuka blokir ATM BRI tanpa ke Bank. Tentunya cara ini akan lebih memudahkanmu.

ATM BRI yang diblokir atau terblokir, memang biasanya punya banyak penyebab. ATM terblokir karena lupa PIN adalah yang paling sering terjadi.

Kondisi ini bisa diselesaikan meski tanpa datang ke kantor BRI. Namun, pastikan kamu tetap ingat PIN lama yang sudah salah dimasukkan.

Baca Juga: 6 Penyebab Kartu ATM BRI Disable, dan Cara Mengatasinya

4 Macam Cara Membuka Blokir ATM BRI Tanpa ke Bank

Seperti yang sekilas dijelaskan di atas, kondisi lupa memasukkan PIN bisa membuat ATM BRI jadi terblokir. Tenang saja, kamu masih bisa membenahinya sendiri tanpa pergi ke bank. Dengan catatan, kamu sudah ingat PIN lama yang tadinya salah dimasukkan.

Lantas apa yang terjadi jika pengguna lupa total dengan PIN ATM tersebut? Kondisi seperti ini sebaiknya langsung dibawa ke kantor cabang BRI terdekat. Bagi ATM yang bisa dibenahi sendiri, berikut ini beberapa macam dan tahapannya:

1. Buka Blokir Lewat Internet Banking

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk membuka blokir ATM BRI, adalah dengan menggunakan internet banking. Caranya cukup mudah, berikut ini tahapan yang harus kamu lakukan:

  • Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunduh aplikasi BRI mobile. Aplikasi ini nantilah yang akan membantumu mengurus pembukaan rekening terblokir.
  • Pastikan BRI mobile telah terpasang dengan sempurna pada perangkatmu. Pastikan kamu telah mendaftarkan akun mobile bankingmu. Sehingga kamu bisa menggunakan username dan password untuk membuka akses internet banking.
  • Setelah dipastikan akunmu terdaftar, kamu bisa membuka menu internet banking. Loginlah menggunakan username dan password yang sudah kamu daftarkan pada mobile banking.
  • Setelah berhasil login, kamu akan diarahkan pada tampilan yang berisi beberapa menu layanan. Untuk memproses pembukaan blokir ATM, kamu harus memilih menu pelayanan.
  • Pada menu pelayanan ini, kamu akan dihadapkan pada pilihan untuk enable atau disable kartu. Kedua pilihan ini harus dipilih salah satu. Kamu bisa memilih menu tersebut terlebih dulu sesuai dengan kebutuhan, yaitu enable
  • Kemudian, kamu diharuskan mengisi nomor rekening pada kolom yang sudah disediakan. Pastikan nomor rekening yang terisi sudah benar, lalu tekan tombol OK.
  • Tunggulah hingga beberapa saat. Sistem BRI akan mengirimkan pesan SMS pada nomor yang sudah kamu daftarkan. Pesan SMS akan berisi informasi terkait kartu ATM yang sudah di enable kan.

2. Menggunakan BRI Mobile

Selain menggunakan menu internet banking, kamu bisa menggunakan menu utama pada BRI mobile ini. Caranya juga sangat mudah, berikut ini tahapannya:

  • Unduh dan pasang aplikasi BRI mobile pada perangkatmu. Pastikan kamu juga mendaftar akun BRI mobile untuk memproses target ATM terblokir.
  • Tahap selanjutnya, kamu perlu melakukan login menggunakan username beserta password yang sudah terdaftar pada akun BRI mobile.
  • Saat sudah masuk pada laman berandanya, kamu akan menjumpai beberapa menu utama pada aplikasi ini. Kamu bisa memilih menu pelayanan.
  • Dalam menu pelayanan, kamu akan dihadapka pada menu enable dan disable. Enable digunakan untuk mengaktifkan aktivitas kartu ATM. Sebaliknya, disable digunakan untuk menghentikan aktivitas akun ATM.

Karena dalam kasus ini adalah ATM mu mengalami halangan terblokir, maka kamu bisa pilih menu enable.

  • Kamu akan secara langsung diminta untuk memasukkan nomor rekening BRI mu. Ketikkan dalam kolom yang sudah disediakan. Pastikan kamu mengetikkan nomor rekening yang benar. Lalu tekan tombol OK untuk melanjutkan proses.
  • Sistem akan mulai memproses aktivitas yang sudah kamu lakukan, kamu hanya perlu menunggu sampai sistem mengirimkan pesan informasi status enable untuk kartu ATM mu.

Pengiriman pesan oleh sistem akan dilakukan via sms ke nomor yang kamu gunakan untuk daftar aktivasi BRI mobile. Setelah pesan masuk, kamu sudah bisa mencoba kartu ATM untuk bertransaksi seperti biasa.

3. Buka Blokir Via Website

 Tidak hanya bekerja dengan aplikasi, pihak BRI juga tentunya menyiapkan website resmi khusus yang bisa kamu gunakan salah satu cara membuka blokir ATM BRI tanpa ke Bank. Langsung saja, berikut ini tahapan caranya:

  • Sambungkan perangkatmu dengan akses internet. Bukalah alamat link http://ib.bri.co.id//.
  • Sebelum masuk ke halaman berandanya, kamu akan diminta untuk memasukkan data username, password, hingga nomor validasi. Data username dan password yang harus dimasukkan ini sama dengan data yang sudah terdaftar pada BRI mobile.

Sedangkan nomor validasi bisa kamu lihat sendiri pada contoh yang tertera di laman website tersebut.

  • Setelah berhasil masuk, laman akan menunjukkan beberapa menu utama pada website BRI ini. Untuk mengurus pembukaan blokir, kamu bisa memilih menu ‘pelayanan nasabah’.
  • Selanjutnya kamu bisa memilih menu enable/disable. Sebenarnya cara ini hampir sama dengan cara via mobile banking.
  • Kemudian kamu akan diminta lagi untuk memasukkan password internet banking. Masukkan dengan benar dan tekan OK jika sudah sesuai.
  • Pihak BRI akan memproses permintaan enablemu. Kemudian informasi enable akan dikirim via SMS ke nomor aktifmu yang sudah terdaftar pada layanan BRI mobile.

4. Buka Blokir Via Call Center

Setiap bank pasti memiliki layanan call center dengan nomor yang berbeda-beda. Hal ini tidak terkecuali bagi bank BRI.

BRI memiliki call center yang siap membantu semua nasabahnya, termasuk dalam hal cara membuka blokir ATM BRI tanpa ke Bank. Berikut ini tahapan caranya:

  • Pertama, pastikan dulu apakah saat terblokir kamu tetap mengingat PIN ATM mu atau benar-benar sudah lupa. Jika kamu sudah benar-benar lupa, tindakan pergi ke kantor bank langsung akan sangat disarankan.

Sebaliknya, untuk kasus pembukaan blokir saat kamu masih atau baru teringat PIN setelah terblokir, kamu bisa menggunakan cara ini. Pastikan kamu tidak panik ya, kepanikan akan menyebabkan langkah yang kamu ambil jadi salah.

  • Jika sudah kamu pastikan bahwa kamu sudah ingat dengan PIN ATM, segera hubungi layanan call center dari bank BRI. Nomor call centernya adalah 150017 atau 14017. Pastikan juga kamu punya pulsa yang cukup untuk menghubungi layanan BRI ini.
  • Selanjutnya, catat atau siapkan nomor yang tertera pada kartu ATM mu dan juga nomor rekening dari ATM yang terblokir. Ingat, hanya infokan nomor-nomor ini pada petugas layanan call center BRI.
  • Jelaskan pada pihak call center terkait kondisi blokir ATM mu. Lalu petugas call center akan memberikan beberapa pertanyaan umum yang harus kamu jawab. Semua pertanyaan ini akan dijadikan sebagai bahan verifikasi datamu.

Tapi kamu perlu ingat, jangan sampai kamu memberitahukan PIN ATM mu pada petugas call cenee BRI sekalipun ya.

  • Setelah kamu menjawab semua pertanyaan call center, kamu akan diminat untuk melakukan beberapa hal, ikuti saja arahan petugas BRI, dan tunggulah hingga ATM BRI mu enable kembali untuk digunakan.

Beberapa cara membuka blokir ATM BRI tanpa ke Bank di atas, bisa kamu coba saat kondisi ATM mu terblokir. Gunakan cara yang sesuai dengan kebutuhanmu.

A part-time blogger, content writer, and WordPress enthusiast. Craving for everything about SEO and digital marketing.

Tinggalkan komentar