Cara Mendapat Uang dari Wattpad dengan Mudah 2021

Wattpad menjadi media yang dapat dipakai untuk kegiatan menulis asyik. Tahukah kamu bahwa sekarang Wattpad bukan cuma bisa dijadikan sebagai media menulis saja. Kamu juga dapat memperoleh penghasilan lewat media ini. Cara mendapat uang dari Wattpad relatif mudah dilakukan.

Kapan lagi bisa mendapatkan uang dari hobi menulis? Saat mempunyai hobi menulis dan bisa terus konsisten menelurkan ide tulisan di media ini, pastinya akan membuatmu punya banyak penghasilan.

Bagi pecinta tulisan maka wajib melakoni aktivitas ini.

Baca Juga: 20 Aplikasi Android yang Menghasilkan Uang

Cara Mendapat Uang dari Wattpad Mudah Pasti Berhasil

Jangan biarkan tulisan-tulisanmu menganggur begitu saja. Cobalah tuangkan karyamu lewat media Wattpad.

Selain asyik membuat tulisan terbaik versimu, maka kamu juga dapat menghasilkan banyak uang. Tanpa perlu mengeluarkan modal, kamu sudah bisa terus berkarya sambil memperoleh pemasukkan.

1. Wattpad Paid Stories

Mendapatkan uang dari Wattpad bisa kamu lakukan dengan menggunakan fitur Wattpad Paid Stories. Bahkan cara ini diklaim menjadi yang termudah untuk dilakukan. Bahkan untuk para pemula sekalipun. Kalau kamu mau menghasilkan uang lewat cara ini, maka ceritamu harus lolos seleksi terlebih dahulu.

Tim yang akan mereview akun Wattpadmu biasanya benar-benar jeli.

Mereka mempertimbangkan beberapa faktor penting yang bisa menjadi indikator bahwa ceritamu nantinya bisa lolos atau terpaksa belum. Saya beritahu kamu faktor apa saja yang menjadi pertimbangan mereka.

  • Penceritaan yang baik yaitu mampu mendorong para pembaca untuk menyukai dan sudi membayar cerita tersebut atau tidak.
  • Kualitas cerita, apakah sudah memberikan yang terbaik atau belum.
  • Orisinalitas cerita juga penting diperhatikan.
  • Seberapa jauh penulis konsisten untuk menulis.
  • Melihat kebaikan tingkah laku penulis kepada penulis lainnya via komunitas.

Jika sudah yakin dengan tulisan-tulisanmu, maka selanjutnya kamu bisa langsung mengisi formulir untuk promosi cerita Wattpad. Setelah mengirimnya ke tim editorial, maka tunggulah sejenak sampai mereka selesai dalam melakukan seleksi. Apabila diterima, maka kamu bisa segera mendapatkan keuntungan.

2. Ebook

Cara mendapatkan keuntungan via Wattpad lewat tulisan-tulisanmu bisa dilakukan dengan cara berjualan ebook. Jadikan tulisan-tulisanmu menjadi buku digital dalam bentuk PDF dan cobalah pasarkan ke berbagai platform sosial mediamu.

Hal semacam ini nantinya akan mampu memberikan peluang tersendiri bagimu. Apalagi jika kamu sudah menjadi penulis populer di Wattpad. Secara otomatis fans-fansmu akan sangat tertarik dengan ebook yang sudah kamu buat tersebut.

3. Patreon

Kalau kamu sudah akrab dengan dunia content creator, tentu tidak akan merasa asing dengan platform Patreon. Ini adalah platform yang diluncurkan untuk menggalang dana dan dirilis untuk pertama kalinya pada 2013 oleh Jack Conte.

Nantinya pendapatan yang diperoleh dari galang dana Patreon akan berbentuk dollar. Kamu bisa mengkonversikannya ke dalam bentuk rupiah. Tentunya pendapatan yang akan kamu peroleh senantiasa lebih tinggi.

3. Kirim ke Penerbit

Cara mendapat uang dari Wattpad berikutnya ialah dengan mengirimkan karya tulisanmu ke penerbit. Saat ini juga sudah banyak dijumpai kontributor Wattpad yang juga menerbitkan karyanya secara cetak. Kamu tentu sudah tidak merasa asing dengan karya Wattpad dengan judul Dear Nathan, bukan?

Untuk menerbitkan buku seperti Dear Nathan, maka pada halaman pencarian Wattpad kamu dapat langsung memasukkan kata kunci Kirim Naskah. Pilihlah penerbit mana yang ingin kamu kirimkan tulisan-tulisanmu.

Hanya saja jika daftar tunggu banyak, maka kamu perlu sedikit bersabar. Kalau naskahmu baik dan layak diterbitkan tentunya sudah pasti akan segera dihubungi untuk informasi lebih lengkap. Jadi, kamu tidak usah khawatir lagi.

5. Penulis untuk Orang Lain

Mendapatkan uang dari Wattpad ternyata juga bisa dilakukan dengan menjadi penulis untuk orang lain. Bisa dikatakan kamu akan berperan sejenak untuk menjadi ghost writer.

Tidak sedikit penulis yang merasa kebingungan untuk meneruskan tulisannya demi bisa tetap memperoleh penghasilan.

Nah, disini kamu bisa berperan untuk menjadi penulis tambahan yang bisa meyumbangkan ide untuk tulisan tersebut. Walaupun nantinya namamu tidak tertera sebagai penulis cerita, akan tetapi kamu tetap bisa mendapatkan royalti dari penulis aslinya.

6. Ko-Fi

Ko-Fi menjadi platform yang bisa memberikan ruang bagi penulis dan content creator lainnya untuk mendapatkan royalti terbaik.

Di platform ini kamu bisa menemukan banyak content creator yang sudah mendapatkan royalti dari para penggemar. Mulai dari penulis, pelukis, youtuber dan masih banyak lagi.

Royalti yang didapatkan tersebut nantinya 100% akan diberikan untukmu. Kamu juga harus tahu bahwa royalti yang akan kamu terima nantinya ada dalam bentuk dollar.

Total minimalnya dimulai dari Rp.42.000,00. Lumayan sekali, bukan? Bisa untuk menyesap secangkir kopi sambil menulis di kafe.

Cara mendapat uang dari Wattpad ternyata cukup mudah dan bervariasi. Mulai dari mengajukan paid stories, membuat ebook, menjadi penulis untuk orang lain hingga menggunakan platform tertentu lainnya. Yang terpenting adalah kamu harus membuat tulisan yang berkualitas dan digemari banyak orang.

A part-time blogger, content writer, and WordPress enthusiast. Craving for everything about SEO and digital marketing.

Tinggalkan komentar