7 Cara Mendapatkan Modal Usaha Gratis dari Pemerintah 2021

Tingginya angka PHK di tengah pandemi membuat banyak orang memilih untuk membuka usaha sendiri. Tapi tidak adanya modal sering menjadi hambatan. Cara mendapatkan modal usaha gratis pun perlu banyak dipelajari untuk memulai sebuah usaha agar berjalan dengan lancar.

Mendapatkan modal usaha secara gratis bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Mulai dari memanfaatkan program pemerintah dan instansi tertentu, program kerja sama, mengajak teman, dan lain-lain. Selengkapnya langsung saja kita simak pembahasannya di bawah ini.

Baca Juga: 15 Pekerjaan Sampingan dari Rumah yang Menjanjikan

Cara Mendapatkan Modal Usaha Secara Gratis

Sebelum mencari modal usaha secara gratis dengan cara-cara di bawah, sebaiknya siapkan dulu usahamu dengan baik.

Siapkan roadmap yang jelas dan proposal beserta rincian detailnya agar kedepannya semakin mudah mendapatkan modal usaha dengan gratis.

Kalau sudah, yuk langsung lanjut ke beberapa cara untuk mendapatkan modal usaha secara gratis baik dari pemerintah maupun non-pemerintah.

1. Mendapatkan Modal dari Pemerintah

Saat ini, pemerintah memiliki banyak program untuk mendanai usaha masyarakat. Terutama UMKM yang berpotensi besar untuk berkembang.

Lembaga yang menyediakannya pun ada banyak, kamu bisa datang Dinas Perdagangan, Dinas Koperasi dan UKM, atau program PKBL.

Beberapa waktu yang lalu pemerintah juga memberikan intensif kepada para UMKM yang terdampak pandemi. Jumlahnya pun lumayan untuk menunjang dan mengembangkan usaha kecil menengah milik masyarakat.

Untuk caranya, kamu harus aktif mencari informasi melalui website atau datang langsung ke kantor yang bersangkutan.

Biasanya di sana kamu akan diberi formulir dan dimintai data-datanya. Setelah semua selesai, selanjutnya pihak yang bersangkutan akan datang ke tempatmu untuk melakukan survei.

Itulah kenapa kami menganjurkan untuk menyiapkan semuanya terlebih dahulu untuk mempermudah proses. Karena survei tersebut berpengaruh dengan apakah proposalmu disetujui atau tidak. Jika semua sudah siap dan usahamu terlihat meyakinkan, tentunya proposal akan lebih mudah disetujui.

Baca Juga: 15 Bisnis Franchise Minuman Terlaris dan Kekinian

2. Crowdfunding

Sistem crowdfunding mulai gencar dilakukan di Indonesia. Memang program ini lebih banyak menyasar sektor bantuan sosial.

Tapi tidak menutup kemungkinan kini sistem crowdfunding juga menyasar UMKM yang sedang kesulitan dana. Apalagi di saat pandemi seperti sekarang dimana semua UMKM kesulitan.

Cara mendapatkan modal usaha gratis dengan crowdfunding bisa kamu lakukan dengan mengunjungi website crowdfunding yang ada di Indonesia.

Seperti kitabisa.com, wujudkan.com, dan lain-lain.

Tentunya tidak direkomendasikan untuk menggalang dana seperti layaknya meminta bantuan sosial.

Kamu bisa memulainya dengan mencari program yang memang dikhususkan untuk membantu UMKM berkembag. Setelah itu, pastikan kamu menggunakan dana tersebut dengan baik untuk kepentingan pengembangan usahamu.

3. Modal Bisnis Startup dari BEKRAF

BEKRAF atau Badan Ekonomi Kreatif adalah lembaga pemerintah non kementrian yang mengurus segala hal tentang perekonomian kreatif di Indonesia.

Termasuk perjalanan startup serta sektor ekonomi digital lain. Menariknya, BEKRAF juga memiliki program modal bisnis di bidang ekonomi kreatif.

Kalau usahamu berada di bidang ini, seperti membuat aplikasi atau berjalan di bidang ekonomi kreatif, kamu bisa mengajukan proposal kepada BEKRAF agar mendapatkan modal gratis. Modal dari BEKRAF ini bentuknya adalah insentif pemerintah atau BIP (Bantuan Insentif Pemerintah).

BIP adalah skema pemberian bantuan dana (non perbankan) yang berupa investasi aktiva tetap atau penambahan modal usaha untuk para pegiat ekonomi kreatif dan startup.

Kalau kamu tertarik dan sedang mengembangkan usaha di bidang ini, siapkan proposal dan usahamu lalu daftarlah melalui website resmi BEKRAF di bekraf.go.id. Modal gratis ini juga termasuk bantuan dari pemerintah, jadi sudah dipastikan terpercaya.

4. Hibah Dana dari BUMN

BUMN umumnya memiliki program sosial untuk membina masyarakat salah satunya UMKM.

Mereka sering memiliki program pendanaan usaha yang bisa kamu ikuti untuk mendapatkan modal usaha secara gratis dan mengembangkan usaha lebih baik lagi.

Untuk mendapatkan dana hibah ini, biasanya kamu harus mengikuti program Bina Lingkungan yang diadakan oleh BUMN terkait. Sedangkan langkah – langkahnya hampir sama seperti cara mendapatkan modal usaha gratis dari pemerintah.

Caranya yaitu kamu tinggal mendaftarkan diri pada BUMN yang memiliki program tersebut. Pendaftaran biasanya dilakukan langsung melalui website.

Siapkan semua persyaratan tentang data diri dan profil bisnismu. Pastikan semua disiapkan sebaik mungkin agar BUMN yang kamu tuju dapat menyetujuinya.

Setelah proses pendaftaran selesai, BUMN akan mengecek secara administratif apakah kamu dan usahamu memenuhi persyaratan.

Jika iya, maka tempat usahamu akan disurvei. Proses survei ini juga menjadi kunci untuk kelolosan proposalmu.

Jika usaha dan presentasimu meyakinkan, selamat ! karena BUMN yang kamu tuju kemungkinan besar akan menyetujui proposalmu. Dalam program Bina Lingkungan, BUMN umumnya mau mengucurkan dana besar hingga ratusan juta rupiah berdasarkan kebutuhan bisnismu.

Namun kedepannya jangan lupa untuk serius menjalani bisnis tersebut. Karena BUMN akan mengecek dan memantau secara berkala baik melalui laporan maupun survei langsung.

5. Mencari Partner Bisnis

Jika kamu punya ide besar tapi tidak punya modal, kamu bisa mengajak orang lain yang punya kekuatan kuat secara finansial untuk join dengan bisnismu. Kamu harus pandai dalam menegosiasi dan meyakinkan orang tersebut agar mau membiayaimu menjalankan usaha.

Untuk bagi hasil kedepannya, pastikan jangan merugikan orang tersebut. Kamu bisa membuat skema yang baik dan saling menguntungkan. Dalam urusan ini, selain memiliki finansial yang kuat pastikan juga orang yang kamu ajak juga orang terpercaya.

6. Ikuti Pelatihan Gratis

Perlu kamu ketahui bahwa modal tidak selalu tentang uang. Kamu bisa menginvestasikan ilmu untuk membuat usahamu semakin berkembang. Cara ini bisa dilakukan jika kamu sudah melakukan cara sebelumnya dan dengan asumsi modal materimu sudah terpenuhi.

Ikuti pelatihan gratis yang saat ini banyak diadakan baik oleh pemerintah maupun dari instansi swasta. Ada banyak pelatihan yang bisa diikuti. Salah satu contohnya program Shopee Seller. Program ini adalah program undangan untuk para seller Shopee.

Jika beruntung, kamu bisa mendapatkan undangan melalui Whatsapp untuk mengikuti webinar dan pelatihan singkat dari Shopee. Tentunya kamu harus terdaftar dulu sebagai penjual di Shopee. Tidak perlu toko yang terlalu besar, penjual pemula pun berkesempatan untuk mendapatkan undangan ini.

Tidak hanya Shopee, kamu bisa mengikuti pelatihan lain yang berpotensi untuk menambah ilmu yang bisa diterapkan untuk perkembangan usahamu.

7. Program Modal Usaha dari Bank

Sebuah bank umumnya memiliki program tersendiri untuk UMKM. Bentuknya pun bermacam-macam. Ada yang dana hibah maupun dana modal usaha pinjaman.

Pilihlah program pendanaan UMKM yang sesuai dengan profil bisnis dan risiko yang harus diambil.

Untuk dana pinjaman, pastikan kamu sudah mempelajari betul-betul tentang perjanjian dan syarat yang tertera. Jangan sampai kamu kesulitan di kemudian hari karena tidak ada persiapan yang baik di awalnya.

Cara mendapatkan modal usaha gratis memang terdengar mudah apalagi kalau kamu sudah punya kerangka usaha yang jelas.

Tapi jangan lupa untuk selalu bertanggung jawab atas modal yang sudah kamu dapatkan dari lembaga di atas. Jangan sampai kamu terjerat masalah karena kelalaian diri sendiri.

Share:

Tinggalkan komentar