6 Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube Terbaru (Tahun 2021)

Faktanya, saat ini tidak semua orang bisa sukses dari youtube. Namun kalau anda mencari informasi tentang bagaimana cara mendapatkan uang dari youtube, artikel ini dapat membantu anda.

Televisi  dulunya adalah potensi uang yang sangat menjanjikan, beda halnya dengan saat ini. Sebagian besar pasar tampaknya bergeser. Di tahun 2020, televisi menjadi semakin tidak berharga (ya kalau buat di pelosok negeri masih oke).

Sekarang adalah eranya Youtube.

Siapasih yang tidak kenal Dedy Corbuzier? dimana pendapatan perkonten yang dibuatnya mencapai angka 300 juta hingga 4 milyar perbulan.

Disisi kaum milenial, ada nama Jess no Limit yang bisa menghasilkan milyaran perbulan dari konten gaming youtubenya.

Selain sudah banyak contoh nyata yang sukses dari Youtube, menjadi salah satu content kreator di youtube sangatlah mudah.

Caranya hanya dengan pergi ke website youtube, mendaftar dengan akun Gmail, seketika itu juga anda bisa create video.

Lantas, tidakkah anda penasaran dengan apa yang mereka lakukan untuk menghasilkan uang dari Youtube?

Pada artikel ini saya mengupasnya lebih dalam, supaya anda juga mengetahui dari mana saja mereka menghasilkan uang.

6 Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube

Sebenarnya banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan uang dari youtube. Karena dari youtube sendiri sudah menawarkan beberapa cara yang tersedia.

Tapi sayangnya banyak dari mereka yang tidak memanfaatkan peluang yang ada dengan lebih baik. Bagi anda yang berminat dan ingin menjadi seorang content creator di Youtube, petimbangkan cara-cara yang ada dibawah ini.

1. Menayangkan Iklan

Penyumbang pemasukan terbesar para youtuber adalah dari penayangan iklan. Iklan ini didapat dari program kerjasama antara Google Adsense dan Youtube.

Masalahnya syarat untuk monetisasi youtube menggunakan google adsense saat ini sudah cukup berat. Dibawah ini adalah update terbaru mengenai syarat yang harus di capai untuk bisa monetisasi youtube.

  • Konten yang ditampilkan tidak bersinggungan dengan hal-hal berikut seperti: Narkoba, Rasisme, Kekerasan, Konten pronografi dan yang berbau negatif lainnya.
  • Selama 12 bulan terakhir jumlah tayang minimum harus mencapai 4000 Jam.
  • Memiliki sedikitnya 1000 subcriber.
  • Punya akun adsense untuk detail pembayaran yang sudah terhubung dengan Youtube.

Setelah memenuhi syarat di atas, anda dapat melakukan langkah dibawah ini:

  1. Login ke Youtube
  2. Klik di YoutubeStudio.
  3. Pada dashboard menu sebelah kiri, klik content.
  4. Pilih video yang akan dimonetisasi.
  5. Scroll kebawah menu dashboard, pilih Monetisasi dan tipe monetisasinya.

2. Channel Membership

Syarat untuk membuka channel membership mungkin memiliki sedikit perbedaan dengan penayangan iklan biasa. Namun secara garis besar tetap sama, harus melewati persyaratan yang sudah saya tuliskan di atas.

Cahnnel membership adalah, program yang memungkinkan subcriber menikmati konten yang hanya tersedia untuk member.

Misalnya anda menampilkan versi full dari sebuah video yang anda upload, namun tidak ingin dilihat oleh semua orang.

Karena banyak proses re take, atau kesalahan lucu saat proses perekaman video. Bagi fans, hal ini jelas sebuah pengalaman yang menyenangkan.

Peryaratan tambahan untuk mengaktifkan fitur ini:

  • Berusia minimal 18 tahun
  • Memiliki lebih dari 30.000 subscriber

3. Turn On Merchandise Shelf

Merchandise ini lebih mirip dengan atribut yang sering anda tampilkan saat siaran di youtube. Misal anda punya brand kaos sendiri, dan disetiap video brand tersebut anda gunakan.

Maka ketika penggemar channel anda sudah banyak, bukan tidak mungkin anda juga dapat menjualnya. Ya sederhananya saja kita ambil contoh salah satu youtuber terkenal Reza Arap.

Dengan fansnya yang jumlahnya jutaan, kalau dia promosi kaos miliknya sendiri, anda sudah bisa menebak. Pasti para fansnya dengan senang hati mau membeli produk yang dimiliki oleh pujaannya.

Untuk bisa berjualan mechandise anda tidak harus mengaktifkannya terlebih dahulu melalui fitur yotube. Anda bisa mix dengan Instagram dan sosial media modern yang mendukung ecommerce.

Persyaratan untuk mengaktifkan fitur ini langsung dari youtube:

  • Berusia minimal 18 tahun
  • Memiliki lebih dari 10.000 subscriber

Rekomendasi: Usaha Sampingan Untuk Mahasiswa.

4. Turn On Super Chat/Sticker

Langkah untuk mendapatkan uang dari Youtube selanjutnya adalah melalui superchat atau stiker. Saat ini Youtube meluncurkan fitur stiker untuk pengguna berbayar.

Ketika akun anda sudah memenuhi kriteria dan persyaratan, maka anda akan mendapatkan komisi setiapkali ada user yang mengirimi anda stiker.

Persyaratan:

  • Berusia minimal 18 tahun
  • Tinggal di negara/wilayah di tempat Super Chat tersedia

5. Youtube Premium

Pada bagian ini anda tidak perlu melakukan apapun. Karena youtube premium ini cara kerjanya sangat mudah dipahami.

Ketika pengguna youtube premium menonton video di channel anda, maka anda akan mendapatkan komisi langsung dari pihak Youtube. Sebagai kompensasi iklan yang tidak tayang. Sebagaimana kita tahu bahwa pengguna youtube premium dibebaskan dari iklan-iklan yang muncul.

6. Program Affiliate

cara mendapatkan uang dari youtube dengan program afiliasi

Program affiliate atau affiliasi adalah program yang memungkinkan kita mendapatkan komisi dari membagikan link sebuah perusaahan yang sudah kita ajak bekerja sama.

Pernah kah anda menonton video, yang content kreatornya berbicara seperti ini: ” Untuk order langsung klik link di deskripsi ya!”

Itulah program afiliasi, ketika penonton mengklik link yang anda bagikan dan membeli produk dari sana. Komisi untuk anda akan mulai dihitung.

Hebatnya lagi, link afiliasi tidak hanya dapat dibagikan melalui Youtube. Anda dapat menggunakan media lain, seperti blog, sosial media maupun share link secara langsung.

Kira-kira begitulah cara yang bisa anda tempuh untuk menghasilkan uang dari youtube. Semuanya memang berat di awal, namun dengan kegigihan dan konsistensi, saya yakin anda juga bisa sukses.

#FAQ

Bagaimana Caranya Supaya Tembus 4000 jam tayang dengan Cepat?

Cara pertama yang bisa anda gunakan adalah dengan konsisten, dan terus meningkatkan kualitas konten. Sering-seringlah melakukan promosi lintas sosial media.

Cara kedua yang bisa anda tempuh adalah menggunakan jasa viewers.

Walaupun sudah banyak yang memberikan testimoni, saya belum paham apakah yang mereka gunakan untuk melalukan view adalah cara yang etis.

Misal, mereka menggunakan bot untuk menonton video. Sehingga bisa tercapai waktu tayang 4000 jam hanya dalam hitungan hari.

Untuk itu, anda mesti berhati-hati memilih layanan penyedia jasa seperti ini. Gali lebih jauh dari bekas pelanggannya untuk mendapatkan detail informasi.

Rekomendasi untuk mencari penyedia jasa veiwer:

  • Projects.co.id – Melalui platform ini, anda tidak perlu khawatir mengenai penipuan. Karena menggunakan sistem rekening bersama. Jadi uang anda akan sangat aman, dan pekerja akan di bayar ketika anda menerima pekerjaan yang mereka selesaikan.

Cara supaya Punya Banyak Penggemar?

Cara yang paling ampuh untuk punya penggemar adalah menemukan passion anda sendiri. Jangan sekedar ikut-ikutan trending. Karena yang trending belum tentu bertahan.

Percayalah bahwa konten yang anda buat akan punya penikmat sendiri. Apapun itu kontennya, entah sekedar memancing, maupun berkebun.

Buatlah konten yang memberikan manfaat bagi penonton, seperti tutorial dan panduan. Selain bisa jadi sumber pemasukan, Channel yang anda buat menjadi ladang Amal.

Cara tercepat mendapatkan uang dari Youtube?

Kalau secara pribadi, saya akan memilih poin no 6, yaitu program afiliasi. Program afiliasi sangatlah mudah dilakukan, dan syarat untuk menjadi affiliate marketer tidak harus mencapai 4000 jam tayang.

Anda tetap bisa membuat konten sambil membagikan link-link yang sudah ter affiliasi.

Adakah Cara Selain Youtube untuk menghasilkan Uang Dari Internet?

Jawabnya banyak sekali, semua tergantung mau atau tidak. Dibawah ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan:

  • Menjadi Freelancer – Penulis, data entry, design dll
  • Menjual Foto – Punya kemampuan foto yang bagus? jual di Freepick.com
  • Membuat blog – Penghasilan yang bisa mencapai 50 jutaan.

Baca: Cara monetisasi Blog

Kesimpulan

Mendapatkan uang dari youtube memanglah menjanjikan, namun tidak ada hasil yang instant. Semua perlu keteguhan dan konsistensi.

Anda sudah mengetahui beberapa cara yang bisa ditempuh untuk menambah pendapatan. Langkah selanjutnya adalah take action. Kita harus sama-sama sadar, bahwa teori saja tidaklah cukup. Untuk itu, mari kita mulai dari sekarang.

Jika anda punya tambahan, silahkan tambahkan di kolom komentar ya…

A part-time blogger, content writer, and WordPress enthusiast. Craving for everything about SEO and digital marketing.

Tinggalkan komentar