Menu Close

Cara Mengatasi Ikon Sosial Media Tidak Muncul di Home Page WordPress

Beberapa waktu lalu saya mengalami permasalahan yaitu ikon sosial media tidak muncul di home page wordpress. Sudah berjam-jam browsing sana sini di google Indonesia tapi hasilnya nihil.

Akhirnya saya mencoba untuk mencari caranya di blog yang berbahasa inggris, dan ternyata betul-betul solutif. Kasus yang saya bahas ini mungkin memiliki perbedaan penyebab ya, namun saya bisa tahu persis yang menyebabkan tidak munculnya social icon media ini adalah page builder Elementor

Kondisinya kira-kira begini:

  1. Ikon sosial media muncul, tetapi hanya di postingan
  2. Ikon sosial media tidak muncul ketika anda selesai mengedit halaman menggunakan elementor
  3. Ikon sosial media sebetulnya bisa di klik, namun tidak muncul
  4. Di browser lain yang terlihat hanyalah kotak kotak kecil. (Anda bisa lihat di pojok kanan atas icon social media saya)
  5. Anda menggunakan Template Customify wordpress.

Jika betul seperti yang saya sebutkan di atas, maka saya yakin artikel ini akan membantu.

Penyebab permasalahan ini adalah karena adanya konflik antara plugin page builder elementor dengan tema saat proses loading font Awesome, khususnya Customify ya disini yang kita bahas.

Solusi

Cara mengatasi ikon sosial tidak muncul ini cukup mudah, anda bisa ikuti langkah langkah berikut ini.

Login ke WordPress, lalu pilih Elementor – setting

cara mengatasi ikon sosial media tidak muncul di home page

Langkah selanjutnya adalah masuk ke menu advance, dan anda akan melihat pengaturan Load font Awesone 4 support lalu pilih yes.

cara mengatasi ikon sosial media tidak muncul di home page

Yang terakhir save changes, dan refresh home page blog anda, dan probelm sudah teratasi.

Cara Alternatif

Demikian lah cara mengatasi menu ikon sosial media yang tidak muncul di home page wordpress karena menggunakan page builder elementor dan kasus ini terjadi di template customify.

Apabila permasalahan ini masih terjadi, ada beberapa kemungkinan yang bisa menjadi penyebab permasalahan anda. Penyebab lain dan solisinya adalah sebagai berikut:

  1. Cache browser – ini mungkin di sebabkan oleh cache browser yang menyimpan file sementara blog anda masih menampilkan data lama, sehingga perubahan yang baru di update oleh blog anda tidak terlihat. Jika ini masalahnya maka anda bisa membersihkan history secara mendalam browser anda dengan mengaktifkan opsi clean cache.
  2. Kompabilitas browser atau perangkat – Nah yang satu ini mungkin agak repot, namun anda perlu mengecek apakah sosial media yang anda buat di blog bisa di terlihat di browser lain, misal coba gunakan safari, firefox dll.
  3. Cache di host wordpress – Ini juga bisa menjadi penyebab tidak munculnya perubahan yang anda buat, anda bisa membersihkannya melalui plugin cache yang anda gunakan.

Semoga dari beberapa insight di atas bisa membantu mengatasi permasalahan ikon sosial media tidak muncul. akhir kata sampai jumpa di lain artikel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *