4 Cara Mengecek Tagihan Listrik Sudah Dibayar atau Belum Lewat HP

Masih bingung cara mengecek tagihan listrik sudah dibayar atau belum? Tenang, sekarang Anda tidak perlu khawatir. Karena kapanpun dan dimanapun kamu bisa mengeceknya lewat HP lho…

Nah, di zaman serba canggih seperti sekarang ini, masyarakat Indonesia tidak perlu lagi melakukan pengecekan tagihan listrik dengan mendatangi kantor PLN untuk sedakar tahu apakah biaya sudah dibayarkan atau belum.

Sebab, kini ada aplikasi khusus yang bisa Anda gunakan untuk mengecek tagihan listrik hanya menggunakan perangkat pendukung yakni melalui smarthphone.

Lantas, tahukah Anda mengenai apa aplikasi pengecekan tagihan listrik dan bagaimana cara menggunakannya?

Baca Juga: 20 Aplikasi Penghasil Uang Resmi OJK 2021

Mengapa Seseorang Perlu Mengecek Tagihan Listrik?

 Dari sekian banyaknya manfaat sumber listrik bagi kehidupan sehari-hari, seseorang dikatakan sangat perlu untuk mengetahui mengenai bagaimana cara mengecek tagihan listrik PLN.

Hal ini penting dilakukan agar nantinya Anda bisa mengetahui mengenai berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar tagihan listrik yang telah digunakan dalam jangka waktu tertentu.

Selain itu, mengetahui tagihan listrik juga akan sangat berguna bagi Anda agar tahu kapan waktu bayar listrik sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh pihak PLN.

Dengan begitu, maka kemungkinan terjadinya pemutusan daya listrik di rumah dapat diminimalisir lebih awal. Sehingga, hal ini nantinya tidak akan menganggu aktivitas Anda ke depannya.

4 Cara Mengecek Tagihan Listrik Melalui HP?

Baiklah, berikut ini adalah 4 cara yang dapat dilakukan untuk mengecek tagihan listrikmu. Untuk memastikan apakah sudah dibayar atau belum.

1. Melalui Aplikasi PLN Mobile / New PLN Mobile

Cara Mengecek Tagihan Listrik

Secara umum, PLN Mobile ini merupakan aplikasi yang terintegrasi dengan Aplikasi Pengaduan dan Keluhan Terpadu (APKT) dan Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T).

Aplikasi yang dirilis pada 31 Oktober 2016 silam ini dibuat agar mampu meningkatkan kualitas layanan yang selama ini diakses oleh kalangan masyarakat.

Bahkan seiring dengan perkembangannya, pihak PLN kini telah meluncurkan aplikasi terbaru pengecek tagihan listrik bernama New Mobile PLN.

Dirilis pada bulan Juni 2020 lalu, aplikasi ini memiliki fitur yang hampir sama dengan aplikasi terdahulunya yakni berhubungan erat dengan penggunaan daya listrik.

Bahkan, orang yang menggunakan aplikasi ini juga akan memperoleh informasi mengenai layanan listrik di Indonesia, informasi pemadaman listrik bila terjadi gangguan dan tagihan listrik yang harus dibayarkan.

Adapun jika dibandingkan dengan aplikasi yang lama, New PLN Mobile ini memiliki fitur kemudahan yang lebih canggih bagi pengguna.

Adapun bagi Anda yang ingin melakukan pengecekan tagihan listrik menggunakan aplikasi New PLN Mobile ini, bisa mengikuti beberapa tips dan trik di bawah ini :

  1. Pertama-tama, Anda lakukan pengunduhan aplikasi New PLN Mobile ini di Play Store.
  2. Buka aplikasi New PLN dan lakukan pendaftaran terlebih dahulu.
  3. Jika Anda sudah mengklik pilhan ‘Daftar’ tersebut, maka nantinya akan diminta untuk memasukkan data diri berupa nama lengkap, IDPEL / Nomor Meter, lokasi persil sesuai KTP, nomor telepon, email untuk melakukan integrasi Gmail, memasukkan password hingga mengetik ulang password yang terdiri dari 6 digit.
  4. Apabila data diri tersebut sudah Anda lengkapi, maka selanjutnya tinggal pilih pada bagian menu ‘Informasi’.
  5. Selanjutnya, Anda pilih menu ‘Informasi Tagihan dan Tokel Listrik’.
  6. Kemudian, Anda tinggal masukkan ID Pelanggan atau Nomor Meter Listrik yang digunakan.
  7. Apabila semuanya telah terisi lengkap, maka Anda tinggal pilih ‘Cek Tagihan’.
  8. Terakhir, Anda akan melihat semua informasi tagihan listrik ataupun transaksi pembelian token yang akan diperlihatkan oleh aplikasi PLN Mobile tersebut.

Baca Juga: 10 Aplikasi Pencari Jodoh Terbaik Untuk Dewasa

 2. Melalui Alamat Website PLN

Selain menggunakan aplikasi PLN Mobile di atas. Cara Mengecek tagihan listrik Anda juga bisa menggunakan website resmi PLN yang bisa diakses melalui smartphone milikmu.

Sehingga, Anda bisa menggunakan cara lain jika aplikasi tersebut sewaktu-waktu bermasalah dan tidak bisa digunakan.

Adapun cara mengecek tagihan listrik melalui website PLN yakni sebagai berikut:

  1. Pertama yang harus dilakukan tentu saja adalah mengunjungi web https://portal.pln.co.id/.
  2. Setelah itu, Anda masukkan alamat email serta kata sandi akun PLN yang telah didaftarkan sebelumnya.
  3. Selanjutnya, Anda tinggal pilih menu ‘Tagihan Listrik’.
  4. Jika sudah, masukkan nomor ID pelanggan Anda di kota yang telah tersedia.
  5. Baru kemudian pilih menu ‘Setuju’.
  6. Terakhir, Anda tinggal tunggu notifikasi pemberitahuan yang menampilkan tagihan listrik di layar smartphone beserta dengan status pembayarannya.

3. Melalui Nomor Telepon Layanan PLN

Apabila Anda tidak bisa menggunakan kedua cara mengecek tagihan listrik di atas lantaran terkendala dalam masalah kuota.

Maka Anda bisa menggunakan cara lain yakni dengan menelepon nomor layanan PLN.

Untuk caranya, Anda bisa menyimak beberapa tips dan trik di bawah ini :

  1. Hubungi nomor telepon layanan PLN di nomor 123.
  2. Dalam hal ini, Anda sebaiknya telah mencantumkan kode area daerah tempat tinggal sendiri untuk memudahkan dalam melakukan pengecekan tagihan listrik. Sebagai contoh jika Anda tinggai di wilayah Jakarta, maka bisa menghubungi nomor telepon PLN di nomor 021 123.
  3. Setelah itu, Anda tinggal menunggu proses pemanggilan terhubung dengan pihak customer servise dari layanan call center PLN.
  4. Jika sudah, Anda tinggal ikuti langkah-langkah petujuk pengecekan tagihan listrik selanjutnya.

4. Melalui Pesan SMS

Cara mudah melakukan pengecekan tagihan listrik selanjutnya yakni dapat Anda lakukan melalui pesan SMS. Di mana tutorialnya adalah sebagai berikut ini :

  1. Untuk mengecek tagihan listrik melalui SMS, Anda tinggal ketik REK (spasi) No ID Pelanggan, lalu kitim ke nomor 8123.
  2. Setelah itu, Anda tinggal menunggu balasan dari pihak layanan PLN dengan memperlihatkan informasi berupa nomor ID, nama pelanggan, tahun dan bulan iuran serta informasi mengenai tagihan listrik yang harus dibayarkan.
  3. Melalui SMS ini, Anda juga bisa berlangganan PLN untuk memperoleh pemberitahuan informasi mengenai tagihan listrik secara berkala. Caranya, Anda tinggal ketik PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit ID Pelanggan dan kirim ke nomor 8123.

Demikianlah pembahasan singkat yang bisa Anda ketahui mengenai cara mengecek tagihan listrik melalui HP dengan berbagai macam metode yang mudah dilakukan.

Share:

Tinggalkan komentar