3 Cara Menghilangkan Jejak dari Pinjaman Online, 100% Ampuh

Pinjaman online memang terdengar sangat menggiurkan, karena bisa menjadi solusi praktis mendapatkan dana tunai dalam waktu cepat. Selain mengetahui cara mengajukan pinjol, sebagai milenial cerdas kamu juga wajib tahu bagaimana cara menghilangkan jejak dari pinjaman online.

Meskipun sedang naik daun dan digandrungi banyak pihak, namun tidak sedikit pula nasabah yang mengeluhkan kebijakan pinjaman online.

Khususnya ketika kamu memutuskan meminjam dana di fintech ilegal. Potensi mengalami kerugian dan penyalahgunaan informasi sangatlah rawan.

Baca Juga: 10 Pinjaman Online Syariah yang Sudah Terdaftar di OJK

Kenapa Harus Menghapus Jejak Pinjaman Online?

Saat melakukan registrasi dalam pengajuan pinjaman secara online, maka aplikasi akan meminta izin agar dapat mengakses data pribadi yang tersimpan di perangkat ponsel kamu.

Tidak sedikit pinjol yang kemudian memanfaatkannya untuk menagih secara paksa bahkan mengancam.

Bukan saja mengirimkan pesan atau telepon ancaman ke kamu, namun juga semua kontak yang ada di ponsel. Hal ini tentu akan sangat meresahkan dan mencemarkan nama baik.

Apalagi, kalau waktu penagihan tidak sesuai dengan perjanjian. Pastinya ini akan merugikan nasabah.

Penagihan paksa biasanya dilakukan dengan cara meneror dan mengancam keluarga, teman, dan rekan kerja dengan tujuan mendesak nasabah agar segera membayar tagihan.

Pada sebagian orang, ini beresiko membuat mental down karena tekanan terus menerus, dan menimbulkan rasa insecure.

Bagaimana tidak?

Bayangkan jika teman main atau rekan sekantor mendapat teror sms penagihan atas hutangmu.

Tentu akan merasa malu bertemu dengan mereka lagi, bukan? Terlebih lagi kalau uang yang dipinjam tidak seberapa, namun harus menanggung malu luar biasa akibat ulah debt collector pinjol.

Resiko pinjaman online di platform ilegal memang sangat besar. Oleh sebab itulah kamu harus menghapus data pribadi yang dari pinjol tersebut.

Pasalnya, setelah menyelesaikan tagihan biasanya mantan customer juga akan selalu mendapatkan notifikasi atau penawaran promo-promo terbaru.

Bukan hanya melalui aplikasi, kamu juga akan terus mendapatkan pesan melalui SMS, email, hingga akun sosial media.

Selain mengganggu, tentu ini juga meresahkan karena artinya pihak pinjol masih memiliki akses ke data pribadi kamu yang ada di ponsel, mulai dari kontak, nomor rekening, dsb.

Lebih dari itu, ada juga kemungkinan kalau data kamu akan disalahgunakan. Hal ini tentu berpotensi menimbulkan dampak kerugian, khususnya dalam segi materi.

Selain menghindari pinjaman online ke pihak tidak resmi, sebaiknya hapus rekam jejak pinjaman kalau pernah meminjam di aplikasi legal.

Waspada Pada Perizinan Aplikasi Pinjaman Online

Cara menghilangkan jejak dari pinjaman online

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara menghilangkan jejak dari pinjaman online, sebaiknya perhatikan izin akses apa saja yang diminta oleh aplikasi.

Jangan sampai kecolongan ada informasi bersifat private yang terakses, hanya karena kurang jeli dan langsung pencet “Izinkan”.

Secara umum, aplikasi pinjaman online akan meminta akses ke, jaringan internet, lokasi, nomor kontak, hingga telepon dan SMS.

Akan tetapi, sebaiknya waspada dan pertimbangkan lagi kalau aplikasi juga meminta akses ke akun e-commerce, sosial media, bahkan internet banking kamu.

Apabila pengguna menolak persetujuan, maka otomatis aplikasi pinjol yang sudah terinstall tidak dapat digunakan secara maksimal.

Jangankan memperoleh pinjaman, kamu bahkan tidak akan bisa melakukan registrasi. Kalau sudah begitu, mau tidak mau kamu pasti memberikan izin akses.

Di bawah ini adalah beberapa akses yang biasanya diminta aplikasi pinjol:

  • Kontak : Membaca seluruh nomor kontak pada ponsel
  • Lokasi : Kepentingan memperkirakan lokasi dengan basis GPS dan jaringan
  • Mengambil gambar maupun video melalui kamera smartphone
  • Melihat informasi sambungan WiFi
  • Melakukan panggilan telepon ke nomor pengguna secara langsung
  • Izin akses untuk menyimpan, memodifikasi, atau menghapus konten
  • Melihat informasi panggilan dan identitas perangkat
  • Membaca identitas, informasi, dan status ponsel

Akses data yang diminta aplikasi pinjaman online memang sangat banyak, bahkan bisa dikatakan pihak pinjol mengetahui semua privasi pada ponsel kamu.

Namun, tidak banyak orang menyadari bahwa kemudahan yang ditawarkan pinjol adalah karena kamu menjaminkan semua data di ponsel.

Oleh karena itulah, dianjurkan bagi kamu untuk menghapus data pinjaman online, khususnya setelah melunasi semua tagihan.

Tujuannya adalah supaya aplikasi tidak bisa lagi mengintip dan menyalahgunakan informasi pribadi kamu. Apalagi kalau untuk hal-hal yang kurang baik.

Tips Menghapus Izin Akses Data Aplikasi Pinjol / Pinjaman Online

Ingin menghapus izin ke akses data kontak aplikasi pinjol dari smartphone? Langkah-langkah mudah di bawah ini bisa kamu jadikan sebagai panduan:

  • Masuk ke menu “Setelan” atau “Setting” di perangkat ponsel.
  • Scroll down dan tap menu “Aplikasi” atau “Apl”.
  • Pilih bagian “Kelola Aplikasi”.
  • Cari aplikasi pinjol yang ingin dirubah izin aksesnya.
  • Scroll down hingga menemukan “Perizinan Apl”.
  • Pilih akses perizinan satu persatu kemudian matikan semua bagian.

NB: Cara di atas hanya sebatas menghapus beberapa izin akses di aplikasi pinjaman online.

Namun, tidak menutup kemungkinan kalau pinjol masih dapat menghubungi kamu, sebab informasi dan data pribadi kamu masih tersimpan di database. Jadi, jangan kaget kalau masih menerima SMS promosi.

Panduan Menghapus Data Personal di Pinjaman Online

Kalau kamu sudah berkomitmen untuk hengkang atau meninggalkan layanan suatu pinjaman online dengan berbagai alasan, dan ingin beralih pada jenis pinjaman lain, seperti konvensional.

Kamu bisa request penghapusan data di database pihak pinjol terkait. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Hubungi call center pinjaman online kemudian ajukan permohonan penghapusan data pribadi.

ATAU

  • Chat ke customer service dan konsultasikan mengenai masalah ini. Kamu juga dapat mengirim pesan email secara langsung dan tunggu bagaimana responnya.
  • Uninstall aplikasi pinjaman online pada device.
  • Laporkan ke OJK jika terjadi penyalahgunaan data yang dilakukan pihak pinjol.

NB: Sebelum mengajukan penghapusan data personal, pastikan kamu sudah tidak memiliki tagihan angsuran atau hutang yang belum dibayar. Dengan kata lain, semua pinjaman telah dilunasi.

Cara Menghilangkan Jejak dari Pinjaman Online

Mau pihak pinjaman online tidak mengganggumu lagi?

Di bawah ini adalah cara mengatasinya:

  1. Lunasi tagihan di aplikasi pinjaman online.
  2. Ajukan permohonan untuk menghapus data pribadi dengan menghubungi customer service.
  3. Copot pemasangan aplikasi atau uninstal agar pihak pinjol tidak dapat mengakses data pribadi di ponsel.
  4. Apabila semua cara di atas belum berhasil, coba ganti nomor ponsel dengan sim card yang baru.
  5. Menghapus akun sosial media dari ponsel, baik Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp, dsb.
  6. Reset smartphone ke pengaturan pabrik.
  7. Kalau cara yang disebutkan belum mempan, dan pihak pinjaman online masih meneror kamu maupun ketahuan menggunakan data customer. Kamu bisa melaporkan penyalahgunaan atas data pribadi kepada pihak Otoritas Jasa Keuangan agar segera ditindaklanjuti.

Cara menghilangkan jejak dari pinjaman online di atas bisa menjadi alternatif solusi terbaik bagi kamu yang ingin terbebas dari gangguan aplikasi pinjol.

Pasalnya, kalau hanya berhenti meminjam saja sudah pasti kamu masih akan mendapat teror berupa pesan promosi dan lain sebagainya.

A part-time blogger, content writer, and WordPress enthusiast. Craving for everything about SEO and digital marketing.

Tinggalkan komentar