8 Tips Menulis Novel di WattPad untuk Pemula Agar Banyak Pembaca

Cara menulis novel di Wattpad sangatlah penting untuk diketahui. Pasalnya menulis menjadi bagian hidup yang telah dirasakan oleh berbagai kalangan yang ada dalam masyarakat.

Tulisan-tulisan tersebut biasanya memiliki penjiwaan yang khusus disampaikan oleh penulis.

Kisah-kisah inspiratif hingga kisah yang menyampaikan cerita romansa pemuda dan pemudi. Seringkali menghiasi tulisan-tulisan yang beredar di kalangan pembaca. Hal ini seperti wujud dari hubungan timbal balik antara tulisan dengan penulis.

Banyak diantara penulis melakukan banyak kesalahan ketika berhadapan dengan tulisan yang dibuat dalam setiap karya. Memberikan kesan bahwa karya yang dibuat seolah-olah memiliki mutu yang kurang bagus atau baik.

Baca juga: Cara Menghasilkan Uang dari Menulis di WattPad

Beberapa Kesalahan dalam Penulisan Novel di WattPad

Kesalahan-kesalahan dalam penulisan kadang menjadi sebuah hal fatal dalam dunia literasi. Sehingga perlu adanya pengetahuan yang memadai mengenai apa saja kesalahan dalam dunia penulisan agar bisa dihindari.

1. Memperhatikan penggunaan di- dan ke-

Kata berimbuhan dalam tulisan baik itu berisi di- dan ke- adalah bagian dari penyebutan-penyebutan kerja maupun tempat.

Imbuhan dalam penulisan bahasa Indonesia sudah tidak asing lagi, terutama harus menuliskan beberapa kata yang asal kata tersebut sudah kata tempat atau kata kerja.

Penggunaan imbuhan juga dapat mempengaruhi makna yang dibentuk dari kata dasar. Pengubahan makna yang ditimbulkan oleh imbuhan perlu diperhatikan. Agar makna yang ingin dihasilkan dan ditulis tidak berseberangan keinginan.

Tempat yang mendapat imbuhan tidak disebut sebagai imbuhan tetapi disebut sebagai kata depan. Maka dari itu kata dasar harus menyesuaikan dengan imbuhan yang digunakan.

  • Di- tidak digabung apabila menunjukkan nama

Beberapa penulisan yang seringkali salah adalah di- disertai dengan nama tempat digandeng. Padahal penulisan yang tepat dengan cara dipisah menggunakan tanda spasi. Pemisahan penulisan sudah termaktub dalam buku ejaan bahasa Indonesia. Jadi sudah menjadi aturan baku dalam dunia kepenulisan.

  • Di- digandeng apabila menunjukkan suatu pekerjaan atau membuat apapun

Terdapat penulisan dalam aturan buku ejaan bahasa Indonesia. Penulisan kata kerja bertemu imbuhan di- maka penulisan yang tepat adalah dengan digabung, tidak dipisah.

Apabila dipisah akan menimbulkan makna tersendiri yang janggal. Terutama pemisahan dilakukan langsung dalam tulisan, menimbulkan makna penunjukkan bukan keterkaitan yang berkesinambungan. Sehingga seakan-akan membentuk makna tersendiri.

Sehingga hal ini patut menjadi perhatian, terutama ketika ingin menuliskan dalam suatu kata kerja, misalnya ditaruh atau disuruh. Maka penulisan yang tepat menggabungkan, bukan memisah.

2. Penggunaan susunan subjek, predikat, objek, dan keterangan

Beberapa bacaan seringkali membutuhkan kejelasan gramatikal. Gramatikal dalam penulisan kalimat yang membentuk bacaan yang utama adalah urutan pola SPOK. Penggunaan pola dalam tulisan memudahkan bacaan dapat terbaca oleh pembaca.

Hal ini tidak lain karena susunan yang sempurna dari beberapa kata yang melekat antar kata memberi makna satu-kesatuan utuh. Tidak berdiri sendiri-sendiri, namun runtut bermakna.

3. Penggunaan tanda (,) yang terlalu banyak

Penyajian dari kesalahan tampak pada penggunaan tanda koma yang terlalu banyak. Tanda koma menjadi salah satu deretan tulisan yang tidak pernah absen terutama cerita naratif. Penggunaan terlalu banyak pada penggunaan koma berimplikasi pada kenyamanan pembacaan cerita.

4. Penggunaan diksi yang mudah dipahami

Selanjutnya adalah pemilihan kata yang sesuai. Kata yang dipilih kurang sesuai menyebabkan beda persepsi dalam cerita. Bisa jadi persepsi yang ingin ditampilkan tidak dapat keluar secara maksimal, terutama saat dinikmati oleh pembaca.

Untuk itu perlu ada penguasaan kosa kata yang memadai saat penulisan berlangsung. Hal ini sangat penting terutama banyak karya yang dibuat menghasilkan penurunan peminat, hanya karena kata yang kurang tepat.

5. Penggunaan kalimat percakapan yang tepat

Terdapat kalimat-kalimat langsung yang diucapkan oleh tokoh pelaku dalam cerita. Penulisan dari ucapan-ucapan ini haruslah benar. Karena ucapan yang kurang tepat membuat seolah-olah tokoh tersebut tidak mengatakan sendiri.

6. Huruf  besar

Kaidah penulisan yang tidak boleh tertinggal adalah penggunaan huruf kapital. Huruf kapital memang seringkali digunakan dalam beberapa karya cerita. Terutama di awal-awal kalimat sering menggunakan huruf kapital sebagai bentuk kepatuhan pada kaidah kebahasaan.

Ada beberapa yang harus ada dalam menuliskan novel. Langkah-langkah menulis cerita adalah sangat penting. Cerita yang sempurna dapat terbentuk bila ada kisah yang dilibatkan di sebuah karya.

Langkah Penyusunan Novel Untuk Membuat Cerita di Wattpad

Ada beberapa langkah-langkah dalam penyusunan cerita novel. Di antara yang perlu diketahui sebagai berikut.

1. Membuat tema

Topik haruslah tepat dengan cerita yang dibentuk. Tidak lain cerminan dasar yang harus ditampilkan dalam setiap karya-karya. Keseluruhan  tampilan tersebut berasal dari tema yang sebelumnya telah ditentukan.

Topik sebagai jembatan memilih judul yang ingin disampaikan. Satu topik bisa memuat bermacam-macam ide judul yang dimuat. Tentu saja judul tersebut memiliki keterikatan antara satu dengan yang lain.

Tema juga bisa menjadi jembatan pembaca untuk memahami kisah yang akan disajikan dalam cerita. Menggunakan tema tersebut seakan-akan judul-judul tersebut bisa hidup dalam setiap cerita.

2. Menentukan urutan cerita

Cerita dimulai dari pengenalan dalam cerita narasi. Kisah yang seharusnya dari awal tempat mulai hingga akhir penutupan narasi. Narasi yang tidak urut mampu membuat kebingungan dari pembaca.

Narasi haruslah urut sehingga terjadi kepaduan kisah yang dibentuk. Sebab narasi yang berbeda dengan keseluruhan juga akan merusak cerita yang telah dibuat.

Antara awal hingga akhir dan tengah cerita adalah kesinambungan yang utuh. Bila ada yang berbeda di tengah sudah bisa dipastikan kisahnya menjadi aneh. Terutama dalam pemahaman pembaca dalam cerita yang dinikmati.

3. Pemberian penceritaan yang bagus dan berisi kisah yang menggugah pembaca

Kisah yang dibuat haruslah mampu mempengaruhi dari dalam diri pembaca. Sebab cerita yang baik juga ada jerat tampilan penggugah jiwa. Dari cerita yang dibaca memiliki berbagai dunia kesadaran tersendiri sebagai karya sastra.

Cerita yang dibuat haruslah bagus, karena bisa menjadi tempat atau wadah para penikmat cerita berlama-lama menaruh hati sepanjang kisah. Kisah-kisah yang tepat dengan nuansa hati pembaca juga sering mempengaruhi suasana kondisi para penikmat karya sastra.

Beberapa kisah terdapat nilai-nilai yang bisa diambil sebagai teladan hidup. Nilai-nilai ini ditampilkan ke dalam beberapa jenis yang berbeda. Sebagai kearifan lokal yang dimiliki dalam sebuah cerita yang diceritakan kepada pembaca kisah.

4. Membuat sampul yang mampu menggaet pembaca

Tampilan luar seringkali menjadi incaran  para pemburu buku. Buku memberikan tampilan tersendiri dari peminat. Sebab minat pembaca sangat dipengaruhi yang dilihat secara sesaat.

Percampuran warna atau penggunaan susunan huruf yang pas juga salah satu pemberi inspirasi pembaca untuk tertarik membaca cerita pada buku. Karena awal sebelum membaca isi pasti dinilai dari yang tertuang pada sampul tulisan.

5. Membagi kepada kenalan baik berupa dalam jaringan atau luar jaringan

Cerita yang telah dibangun kedalam kesatuan yang utuh bisa dibagikan kepada sesama. Bisa dicetak terlebih dahulu kepada sebuah percetakan yang telah dikenal. Setelah dicetak karya tersebut bisa dinikmati oleh pembaca lain.

Hal-hal di atas sangat penting diketahui guna memahami cara menulis novel di Wattpad. Siapa tahu nantinya ada penerbit yang berminat untuk meminang naskah tersebut, bukan?

A part-time blogger, content writer, and WordPress enthusiast. Craving for everything about SEO and digital marketing.

Tinggalkan komentar