Menu Close

8 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog [Monetisasi Blog]

Cara cara monetasi blog terbaru

Membuat blog dan cara monetisasi blog tidak pernah semudah saat ini. Artinya peluang untuk menambah penghasilan dari blog pun menjadi semakin mudah. Karena memang kita harus akui bahwa dengan menghasilkan uang dari blog bisa dijadikan salah satu reward atas kerja keras yang telah kita selesaikan.

Dulu untuk bisa membuat website dan blog harus memiliki kemampuan coding, sekarang siapapun bisa membuatnya dengan manfaatkan Platform blogging terbaik untuk membuat blog ataupun website tanpa kemampuan coding sama sekali.

Sebuah blog apabila dimanfaatkan potensinya secara maksimal, maka penghasilan yang didapatkan bukan sekedar menambah penghasilan dengan jumlah jutaan, bahkan bisa ratusan juta rupiah. Ryan Robinson contohnya, Ryan sengaja membuat konten mengenai penghasilan yang ia dapatkan per bulan dari hasil blogging.

Penghasilan yang ia dapatkan tersebut di breakdown secara rinci, dari mana saja pemasukan blognya berasal. Pada bulan Oktober 2020 Ryan mencatatkan pendapatan bersih $24.626 atau sekitar 334 Juta kalau di Rupiahkan.

Penasaran bagaimana sebuah blog dapat menghasilkan ratusan juta perbulan? Simak semua cara monetisasi blog di artikel ini untuk dapat memaksimalkan monetisasi blog anda.


8 Cara Monetisasi Blog

Cara yang saya bagikan dibawah ini adalah cara yang paling masuk akan untuk anda terapkan di Indonesia, karena mengingat beberapa blog membagikan konten serupa, namun tidak menyadari bahwa apa yang dilakukan oleh para Bule tersebut tidak sepenuhnya bisa diaplikasikan di Indonesia.

Monetisasi blog itu ilmu pasti! bukan kira-kira. Pelajari mana yang paling cocok dan menguntungkan bagi blog anda dengan cermat.

1. Affiliate Marketing

Salah satu cara untuk menghasilkan uang dari blog yang paling trend sekarang adalah bisnis afiliasi. Karena caranya sangat mudah dan gampang untuk dilakukan. Affiliate marketing adalah sebuah proses mempromosikan sebuah produk orang lain dan kita menerima komisi dari penjuan produk yang kita promosikan.

Bisnis ini sangat cocok untuk siapapun dan untuk niche apapun. Tidak deperlukan biaya sama sekali untuk menjalankan bisnis ini. Yang anda perlu lakukan adalah mendaftar ker website yang menyediakan program afiliasi, setelah disetujui maka langkah selanjutnya adalah anda mengambil link referral yang mereka sediakan.

Link refferal inilah yang anda tempelkan di konten blog yang terkait dengan produk afiliasinya. Apabila ada pembaca yang tertarik pada produk yang anda promosikan, anda akan mendapatkan komisi sekian% dari total penjualan.

Banyak perusahaan yang menyediakan program afiliasi ini, kalau negeri anda bisa memilih Amazon dan ShareAsale. Kalau di indonesia anda juga bisa menggunakan program afiliasi dari Accestrade. Disana anda bisa menemui ratusan produk yang bisa anda afiliasikan.

Menentukan Program Afiliasi Yang Cocok

Bagaimana sih menentukan program afiliasi yang cocok? Menentukannya anda perlu mempertimbangkan beberapa hal ini:

  • Reputasi Penyedia Afiliasi: Perhatikan reputasi penyedia program afiliasi, pastikan mereka memiliki rating yang bagus, dan terbukti membayarkan komisi dari afiliate merketingnya.
  • Jumlah Komisi: Jumlah komisi yang ditawarkan oleh penyedia program afiliasi perlu anda cermati, dan perhitungkan. Beberapa program afiliasi yang dibuat oleh perusahaan luar negeri biasanya menawarkan angka yang cukup besar.
  • Support: Support dari customer service penyedia program afiliasi, perlu di pertimbangkan karena kedepan bila terjadi suatu masalah dengan komisi dan sebagai macamnya anda bisa menghubungi customer servicenya.
Tips Sukses Program Afiliasi

Setelah anda memilih dan mendaftarkan diri pada suatu program afiliasi, anda perlu menjalankan promosi atau marketing yang tepat, supaya anda mendapatkan hasil. Berikut ini adalah tips sukses yang bisa anda lakukan untuk menjalankan program afiliasi:

  • Review Secara Personal: Membuat konten mengenai suatu produk tanpa mencobanya terlebih dahulu akan menyebabkan konten anda tidak ada bedanya dengan review produk yang bertebaran di luaran sana. Dengan review personal karena pengalaman anda menggunakan produk yang anda promosikan, pasti memiliki poin plus di mata pembaca konten anda.
  • Fokus Pada Konten: Jangan hanya memikirkan bagaimana anda akan mendapatkan komisi, namun tujuan dari konten anda adalah memberikan solusi bagi pembaca. Dengan begitu, konten anda juga akan semakin baik di SERP.
  • Jujur: Jujur lah dalam mereview sebuah produk, jangan membuat konten yang menyesatkan pembaca, karena ini efeknya jangka panjang terhadap reputasi blog anda.
  • Fokus Niche Blog Anda: Membuat program afiliasi hendaklah sesuai dengan topik utama blog anda. Karena memang tidak semua bisa anda tempelkan link refferal. Misal: Niche blog anda mengenai komputer maka anda bisa membuat program afiliasi dengan perusahaan perangkat komputer. Dengan begitu, tingkat konversi pembeli akan semakin besar, karena tingkat kepercayaan pembaca pada konten anda mumpuni untuk di ikuti.

2. Menampilkan Iklan

Menampilkan iklan di blog adalah salah satu cara yang paling mudah ditempuh bagi yang tidak ingin repot memikirkan strategi yang jitu. Menampilkan iklan ini ada dua cara yaitu menggunakan Adsense dan Iklan Berbayar.

Adsense

Adsense adalah sub perusahaan milik google yang menawarkan kerjasama menguntungkan antara pembuat konten, pemilik iklan dan pihak Google itu sendiri. Pemilik iklan akan menerima manfaat berupa promosi produk yang ditamplikan pada halaman blog, sedangkan Pemilik blog akan menerima komisi dari hasil penayangan iklan tersebut.

Komisi yang didapat dari penayangan iklan ini biasanya sebesar (55-60)% dan sisanya adalah milik google selaku makelar iklan. Perhitungan komisi Adsense ini menggunakan formula CPC (Cost Per Click), jadi ketika pengunjung anda meng-klik iklan yang muncul di halaman blog anda, saat itulah komisi anda dihitung.

Cara monetasi blog dengan google adsense memanglah mempunyai daya tarik tersendiri, karena langkahnya cukup mudah yaitu mendaftarkan diri ke Google Adsense, menginput data diri, input alamat blog atau website dan tinggal menunggu Google Adsense meninjau situs anda. Setelah diterima, maka blog anda siap untuk menampilkan iklan dan menerima komisinya.

Namun cara ini memiliki beberapa kelemahan yang perlu dipertimbangkan:

  • Untuk mendapatkan cpc tinggi, Traffic harus berasal dari Pencarian organik: Google
  • Nilai CPC relatif fluktuatif
  • Kode Script Adsense Membuat loading website melambat
  • Batas Pembayaran komisi minimal cukup tinggi
  • Adanya resiko invalid clicks

Terlepas dari beberapa kelemahan di atas, Google Adsense tetap perlu dipertimbangan untuk anda yang ingin fokus menulis dan membuat konten, tanpa repot memikirkan berbagai macam metode.

Iklan Berbayar

Iklan berbayar cara kerjanya cukup mirip dengan google adsense dan afiliasi yang menjadi satu, dimana anda bisa menampilkan banner iklan di blog anda. Bedanya anda dan pengiklan langsung bertemu untuk membuat kesepakatan.

Misalkan anda mengirimi email sebuah perusahaan komputer untuk memasangkan banner iklan di blog anda, dengan biaya 500rbu perbulan. Anda bisa menunjukkan seberapa banyak traffic kepada pengiklan sebagai bukti reputasi blog anda.


3. Menjual Ebook

Salah satu cara untuk monetisasi blog yang populer selanjutnya adalah dengan menjual ebook. Anda dapat mengumpulkan konten-konten yang anda buat kemudian mengumpulkannya menjadi satu buah e-book. Misal anda adalah Food Blogger maka anda bisa mengumpulkan resep masakan yang sudah anda buat menjadi sebuah ebook resep berbagai masakan.

monetisasi blog dengan menjual ebook

Kalau anda tidak punya cukup waktu, anda bisa meminta penulis lepas untuk membuatkan ebook yang cocok untuk blog anda, yang kemudian anda tawarkan untuk dijual. Cara ini cukup populer dan menguntungkan, anda bisa membuat permintaan pekerjaan kepada freelancer di situs freelancer Indonesia yang cukup populer saat ini yaitu Sribulancer.com.

Anda bisa memanfaatkan platform market place atau jual beli digital seperti P-Store, anda tinggal  memajang ebook anda yang sudah siap dijual disana layaknya marketplace biasanya, untuk langkah awal mungkin anda bisa mulai menjual 1 buah ebook seharga $1.

Ini bukan angka yang kecil ya, bayangkan bila pembeli ebook anda dalam sehari mencapai 100. Penghasilan anda bisa 1,5 juta perhari dalam kurs rupiah.

4. Jasa Penulisan Artikel

Cara monetisasi blog berikutnya adalah dengan menawarkan jasa penulisan artikel, hal ini mungkin bisa anda lakukan menimbang anda adalah seorang blogger, maka kualitas tulisan anda sudah mumpuni untuk ditawarkan.

Anda dapat mulai dengan cara membuat halaman khusus di blog anda untuk menawarkan jasa penulisan artikel. Mudahnya anda dapat menggunakan platform P-store untuk melakukan transaksi, karena sudah didukung dengan rekening bersama.

Tampilkan konten-konten anda yang sudah tembus dihalaman 1 SERP, sehingga pengguna yang akan menggunakan jasa anda semakin percaya dengan kualitas tulisan anda. Anda dapat mematok harga sesuai dengan panjang dan niche untuk setiap artikel, alternatif lain untuk menentukan harga adalah dengan cara melihat harga pasaran penulis artikel di P-Store sebagai perbandingan.

5. Menjual Produk Digital

Seperti namanya cara monetisasi blog yang satu ini dilakukan dengan cara menjajakan produk digital. Keunggulan menjual produk digital adalah, anda lebih sedikit mengeluarkan modal dan tidak perlu repot memikirkan pengiriman. Karna semua bisa secara online.

The Luxe Lens adalah salah satu contoh blog yang menerapkan cara monetisasi ini. Di dalam blog ini, pembaca diajak mempelajari berbagai tips dan trik Adobe Photoshop dan Lightroom, dua software terkenal yang digunakan untuk memproses gambar.

Di samping itu, The Luxe Lens juga menawarkan berbagai preset Lightroom dan Photoshop yang dapat membuat foto terlihat lebih bagus secara instan. Inovasi seperti ini yang bisa anda ambil sisi positifnya.

Jika memungkinkan untuk diterapkan dalam blog Anda, menjual produk digital dapat menghasilkan penghasilan yang besar. Karena sekali program ini berjalan, maka anda akan menerima passive income yang terus mengalir.

6. Konten Bersponsor

Memahami konten bersponsor ini seperti apa, cukup sederhana kok. Bayangkan ketika anda melihat seorang Influencer di Instagram, seolah sedang menggunakan pakaian dengan brand tertentu di setiap kontennya. Dan dibawah postingan anda dapat melihat tagar #sponsored.

Begitulah cara kerja konten bersponsor yang dibuat di sebuah blog, memang kalau difikir-fikir sekilas mirip dengan program afiliasi. Namun yang membedakan adalah anda sudah pasti dibayar oleh sponsor ketika membahas suatu produk di konten anda.

Seiring dengan membesarnya jumlah traffic, harga yang anda bisa tawarkan untuk satu sponsored post bisa cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup satu bulan.

7. Menjual Produk Fisik

Menjual produk fisik adalah salah satu cara yang sangat menguntungkan untuk menghasilkan uang dari blog Anda. Produk yang Anda putuskan untuk dijual dapat berkisar dari produk digital hingga barang fisik bergantung pada apa yang Anda anggap memenuhi syarat untuk ditawarkan.

Anda juga dapat memutuskan untuk menjual produk fisik melalui marketplace. Tapi kelemahannya adalah anda perlu memiliki stok dan adanya resiko dalam proses pengiriman barang. Hal ini bisa anda hindari dengan mengikuti program dropshiper.

Yang perlu anda lakukan adalan mendapatkan pembeli, tanpa harus pusing-pusing memikirkan modal dan mengatur jadwal pengiriman plus resiko kerusakan barang selama di jalan saat pengiriman. 

Contoh Penerapan

Salah satu blog milik Kristina dengan topic Food Blogger, nama blognya adalah ForkInTheRoad, awalnya Kristina hanya menyajikan konten mengenai masakan vegetarian, ketika traffic blognya membesar Kristina mulai menyadari potensi untuk menjual peralatan memasak.

Tentu sebagai penggemar Kristina, pembaca setianya pasti akan tertarik mencoba menggunakan peralatan masak seperti yang Kristina gunakan. 

membuat dan monetisasi blog dengan menjual produk fisik


Kunci Sukses Monetisasi Blog [Memilih Niche Yang Tepat]

Membangun blog akan menjadi investasi jangka panjang yang menjanjikan. Anda menulis konten yang sesuai passion sekalipun akan tetap menguras tenaga, waktu dan fikiran.

Jadikanlah penghasilan anda dari blog sebagai reward atas jerih payah yang anda lakukan. Oleh karena itu dari awal saat memulai sebuah blog, pastikan anda memilih Niche yang tepat dan berpotensi menambah penghasilan lebih besar.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu anda cermati sebelum menentukan niche blog anda nantinya.

  • Potensinya ketika anda akan membisniskan blog anda
  • Anda mau membaca lebih banyak demi menyajikan konten yang berbobot
  • Niche yang anda ambil tidak perlu mainstream (persaingan berat)
  • Niche yang membuat anda merasa ringan untuk terus membuat konten

Contoh niche yang berpeluang mempunyai pendapatan besar saat ini adalah Food dan Tech, dimana Teknologi akan terus berkembang, dan makanan akan dibutuhkan setiap harinya. Namun persaingan di niche tersebut sangatlah besar. Sudah banyak professional yang terjun di niche tersebut.

Kesimpulan

Demikianlah 8 cara menghasilkan uang dari blog anda yang masih relevant dan terbukti cukup menghasilkan untuk anda mulai tekuni. Setiap blog punya keunikan dan penggemar masing-masing jadi percayalah apapun niche blog anda, anda juga akan mendapatkan cara untuk memonetisasi blog anda dengan baik.

Tips: Apabila anda ingin memaksimalkan potensi blog anda dalam monetasi, platform blogging wordpress.org adalah platform blogging yang sangat saya rekomendasikan untuk anda gunakan. Anda bisa membacanya di artikel ini : Platfrom blogging terbaik dan Gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *