Ini Dia Kemudahan Cara Transfer GoPay ke Rekening Bank

Dunia digital semakin hari semakin mengalami kemajuan. Salah satu contoh wujudnya adalah adanya dompet digital berupa GoPay. Saldo GoPay tidak hanya bisa dipakai untuk pembayaran. Kamu juga bisa gunakan cara transfer GoPay ke rekening Bank milikmu. Sehingga sisa saldo bisa kamu tabung.

Saldo GoPay yang bisa digunakan untuk berbagai jenis transaksi, tidak melulu didapat dari pengisian saldo yang kamu lakukan.

Ada kalanya beberapa event membuatmu mendapatkan poin yang diwujudkan dalam bentuk saldo GoPay. Maka akan sangat sayang jika tidak kamu tabung ke rekening.

Baca juga: Mudah dan Praktis, Begini cara transfer Gopay ke Dana 

Hal Penting Sebelum Transfer GoPay ke Rekening Bank

Seperti yang dijelaskan di atas, saldo GoPay memang bisa digunakan untuk beberapa transaksi pembayaran. Selain itu, kamu bisa menabung sisa saldo GoPay ke nomor rekening bank yang kamu miliki. Lantas bagaimana caranya?

Sebelum lanjut ke tata cara transfer GoPay ke rekening bank, ada baiknya kamu tahu tiga hal yang menjadi sangat penting sebelum melakukan proses transfer ini. Apa saja itu? Berikut ini penjelasannya:

1. Perubahan Level Akun

Meskipun GoPay memberikan kebebasan untuk transfer saldo ke rekening, namun kamu perlu tahu bahwa tidak semua akun bisa melakukan aktifitas ini. Akun GoPay mu harus terlebih dulu dirubah ke jenis premium. Akun biasa tidak mendapatkan akses untuk melakukan transfer.

Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan transaksi dari pihak GoPay ke rekening bank. Sehingga akun GoPay biasa yang belum berstatus premium, tidak akan bisa melakukan proses transfer dari GoPay ke rekening. Ini sudah menjadi syarat utama yang wajib dipenuhi.

Lantas bagaimana cara agar akunmu bisa naik ke level premium? Tenang saja, caranya mudah sekali kamu hanya perlu menyiapkan nomor NPWP dan foto KTPmu. Setelah itu kamu harus mengunggahnya pada laman GoPay yang mengarahkan ke proses premium.

Setelah proses unggah, GoPay akan secara otomatis memproses akunmu menjadi level premium. Saat akunmu sudah berubah ke premium, kamu pasti akan diminta untuk memasukkan nomor rekening dan nama bank utama yang akan jadi tujuan transfer.

Dalam hal ini kami harus benar-benar pastikan bahwa data yang kamu masukkan sudah benar. Ini juga mengingat bahwa data rekening tidak bisa dirubah lagi di lain waktu.

2. Jumlah Saldo Untuk Transfer

Selain terkait akun yang harus di level premium, kamu juga harus memenuhi syarat terkait saldo yang akan ditransfer ke rekening bankmu. Dalam hal ini, GoPay memberikan standar minimum transfer adalah 10 ribu rupiah. Sedangkan jumlah maksimumnya bisa berapapun.

Tidak hanya itu, demi keamanan GoPay juga menargetkan tiap proses transfer akan dikenakan biaya administrasinya. Biasanya administrasi yang akan dipotong dari saldo awalmu adalah sebesar 2500 rupiah.

3. Tata Cara Tambah Rekening Ke GoPay

Pada penjelasan poin nomor satu, telah dijelaskan sekilas bahwa kamu akan diminta memasukkan data rekening tujuan transfer. Lantas sudah tahukah kamu bagaimana tata cara atau tahapan dalam menambah data rekening tersebut? Berikut ini tahapannya:

  • Pada laman GoPay, carilah menu ‘bayar’.
  • Pada menu bayar ini, kamu akan disuguhkan beberapa pilihan untuk melakukan transaksi pembayaran umum. Kamu harus memilih sub menu yang bertuliskan ‘ke rekening bank’. Menu inilah yang nanti akan mengarahkan pada penambahan data rekening.
  • Setelah itu, kamu harus memilih menu ‘transfer instan ke rekening baru’.
  • Kamu akan dihadapkan pada beberapa pilihan nama bank yang menjadi tujuan transfer saldo. Pilihlah nama bank yang memang sesuai dengan rekeningmu atau rekening tujuan.
  • Setelah memilih nama bank, akan tampil sebuah kolom pengisian. Kolom tersebut harus diisi dengan nomor rekening yang jadi tujuan transfer. Isilah dengan benar sesuai data rekening yang valid.

Ingat, kamu harus pastikan data rekening yang kamu isikan sudah benar. Hal ini karena sistem tidak memperbolehkan perubahan data setelah nomor rekening masuk dalam data GoPay.

  • Kemudian saat kamu sudah memastikan nomor rekening yang masuk adalah benar, sistem GoPay akan memperlihatkan nama pemilik rekening yang sesuai. Ini sudah menjadi cara kerja otomatis sistem.

Sehingga resiko salah memasukkan rekening akan terminimalisir dengan baik. Cek kembali nama pemilik rekening apakah sudah sesuai. Jika sudah sesuai, pilih ‘OK’ untuk melanjutkan proses transfer.

Tata Cara Transfer GoPay ke Rekening Bank

Setelah memahami apa saja hal penting sebelum transfer saldo GoPay ke rekening, selanjutnya kamu akan diarahkan pada tata cara transfer GoPay ke rekening bank.

Bagi kamu yang masih awam, mungkin berfikir bahwa caranya akan sangat rumit. Tapi tenang saja, caranya sangat mudah. Berikut ini tahapan yang bisa kamu ikuti:

  • Buka aplikasi GoPaymu yang sudah diatur menjadi jenis premium.
  • Kamu akan disuguhkan dengan beberapa macam menu utama. Pilihlah menu ‘bayar’.
  • Setelah memilih menu bayar, pilih menu ‘ke rekening bank’. Pilih nama tujuan rekening yang sebelumnya sudah kamu masukkan dalam daftar penerima transfer.
Cara Transfer gopay ke rekening bank
Sumber Gambar: Gojek.com
  • Tambahkan nomer rekening baru.
  • Kemudian kamu akan melihat tampilan pengisian nominal. Isilah sesuai dengan nominal uang yang akan kami transfer. Pastikan jumlah nominal sudah sesuai dengan target.
Cara Transfer Gopay ke rekening bank
Sumber gambar: Gojek.com
  • Setelah dipastikan sesuai, pilih tombol ‘konfirmasi’ untuk melanjutkan proses transfer.
  • Proses selanjutnya, kamu akan diminta sistem untuk memasukkan pin. Sama halnya ketika kamu akan transfer dari rekening ke rekening. Saat menggunakan GoPay pun kamu akan diminta untuk memasukkan PIN yang sudah kamu daftarkan pada GoPay.

Pastikan kamu ingat PIN yang sudah kamu daftarkan di GoPay ya. Kebanyakan orang tidak berhasil transfer menggunakan GoPay dikarenakan lupa PIN GoPay.

  • Setelah PIN sudah dipastikan benar, sistem akan mulai memproses saldo GoPay yang ditransfer ke rekening tujuan. Saat berhasil, akan muncul tanda check list pada layar smartphonemu.
  • Untuk berjaga-jaga dan demi keamanan pengecekan, sistem GoPay akan memberikan keterangan rincian proses transfer yang sudah kamu lakukan. Kamu bisa capture rincian sebagai bukti berhasilnya proses transfer.
Proses transfer Gopay Berhasil
Sumber Gambar: Gojek.com

Alasan Transfer GoPay ke Rekening Bank

Meskipun jaman sekarang GoPay dijadikan sebagai dompet digital untuk berbagai pembayaran, namun kedepannya tidak menutup kemungkinan ada pembayaran yang lebih canggih.

Kondisi seperti ini akan memungkinkan GoPay tidak terpakai lagi di masa depan, dan diganti dengan sistem yang lebih canggih. Bahkan saldomu pun bisa hangus.

Karenanya saat saldo GoPay tidak terpakai, sebaiknya kamu menyimpan saldo ke rekening bank yang lebih menjamin tersimpannya uangmu.

Selain itu, tidak semua orang menggunakan dompet digital seperti GoPay. Maka ketika kamu harus transfer pembayaran pada orang tidak memakai GoPay, mau tidak mau kamu harus melakukan transfer ke rekening target.

Dari beberapa penjelasan tahapan cara transfer GoPay ke rekening bank di atas, kini kamu sudah paham dan bisa mencoba transfer saldo via GoPay ke rekening bank.

Tidak perlu khawatir soal keamanannya, GoPay sudah mendapat jaminan OJK sebagai sistem pembayaran digital. Pembayaran jadi lebih mudah, sisa saldo pun jadi bisa tersimpan dengan aman.

A part-time blogger, content writer, and WordPress enthusiast. Craving for everything about SEO and digital marketing.

Tinggalkan komentar