5 Cara Mengecek Rekening Penipu Secara Online, Mudah dan Aman

Kamu tentu sudah tidak asing dengan pesan SMS atau kasus penelpon yang menawarkan hadiah. Namun dibalik itu, mereka memerintahkan untuk mengirim sejumlah uang ke rekening. Jika kamu mengalaminya kamu perlu cek rekening penipu sesegera mungkin.

Meskipun jaman sudah modern, namun para penipu dengan menggunakan rekening ini masih merajalela di kalangan masyarakat.

Kamu harus selalu mawas diri saat ingin melakukan transaksi via transfer rekening bank. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan situs cek rekening penipu.

Baca Juga: 7 Bank Dengan Potongan Biaya Admin Bulanan Paling Murah

Situs Untuk Cek Rekening Penipu dan Cara Ceknya

Seperti yang sekilas dijelaskan di atas, masih banyak sekali penipu yang berniat menguras saldo rekening. Bahkan terkadang hal ini dilakukan melalui proses transaksi jual beli online.

Agar kamu tidak tertipu, ada beberapa situs online khusus untuk mengecek rekening penipuan, diantaranya adalah:

1. @indonesiablacklist

Yang pertama ada akun IG yang bernama @indonesiablacklist.

Akun IG yang satu ini memang dibuat secara resmi, agar banyak masyarakat terbantu dari resiko penipuan dan hal-hal palsu lainnya.

Meskipun merupakan akun instagram, namun kamu tetap bisa cek rekening penipu melalui akun tersebut. Bagaimana caranya?

Kamu hanya perlu mengirim pesan DM (Direct Message) kepada akun ini. Selanjutnya, tunjukkan nomor rekening yang kamu curigai.

Selain itu, akun @indonesiablacklist juga telah menyiapkan daftar nomor rekening yang sudah umum dicurigai sebagai nomor rekening penipu.

Kamu bisa lihat di sini dan segera lakukan pelaporan ke admin.

Akun ini akan membantumu mengecek keaslian atau keresmian rekening tersebut. Pihak @indonesiablacklist akan segera memberikan informasi terkait hasil cek rekening tersebut.

2. Cekrekening.id

Cara Cek Rekeking Penipu melalui cekrekening.id

Selanjutnya ada situs cekrekening.id. Situs ini sudah dipastikan aman untuk dijadikan pengecekan rekening palsu atau rekening penipu. Cara mengeceknya juga sangat mudah:

  • Buka situs ini sesuai dengan alamat cekrekening.id.
  • Di sana kamu akan menemukan kolom untuk memilih nama bank. Pilihlah nama bank yang sesuai dengan nomor rekening yang akan dicek.
  • Setelah memasukkan nama bank, kamu hanya perlu mengetikkan rekening yang jadi target. Pastikan kamu mengetiknya dengan benar. Lalu tekan tombol ‘periksa rekening’.
  • Tunggu hingga sistem memberikan informasi rekening tersebut penipu atau tidak. Jika dinyatakan penipu, maka kamu sangat disarankan untuk memilih menu ‘tambah laporan’.
  • Saat mengirim tambah laporan, kamu akan dimintai beberapa pengisian data. Pengisian data ini sebagai verifikasi atau bukti adanya penipuan.

3. Lapor.go.id

Mendengar nama situs ini yang berasal dari kata lapor, mungkin kamu merasa sudah sangat wajar karena situs ini sebagai wadah pelaporan penipuan. Namun tahukah kamu bahwa sebenarnya nama situs ini ada kepanjangannya lho.

Lapor sendiri merupakan kata singkatan dari Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat.

Sesuai dengan namanya, kamu bisa gunakan situs ini untuk melaporkan atau melakukan pengecekan rekening palsu atau asli yang sedang berhubungan denganmu.

Situs ini tidak dikembangkan oleh masyarakat biasa, melainkan ada campur beberapa pemerintah negara.

Yang turut campur tangan dalam pengembangan situs ini adalah  menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Ombudsman RI, kantor staf presiden, dan menteri dalam negeri.

Karena ada campur tangan kementerian yang ada di Indonesia, maka tidak heran jika situs lapor.go.id menjadi salah satu situs yang paling terpercaya untuk melakukan pengaduan penipuan.

Untuk menggunakan situs ini, kamu perlu membuat akun terlebih dulu. Sehingga nantinya kamu diharuskan melakukan login baru bisa mengecek dan membuat laporan penipuan.

Selain menyediakan kesempatan lapor melalui situs resminya, kamu juga bisa melakukan pengecekan dan laporan penipuan melalui nomor kontak resminya:

  • Kami bisa hubungi via SMS melalui nomor 1708. Untuk pengaduan jalur ini, kamu akan dimintai tarif pulsa sesuai kebutuhan.
  • Jalan kedua, kamu bisa menggunakan aplikasi khusus, yakni aplikasi LAPOR. Aplikasi ini dirancang khusus untuk pengguna android. Penggunaan aplikasinya juga sangat mudah. Menu utama di dalamnya hampir sama dengan yang ada di situs resminya.
  • Selanjutnya, kamu juga bisa melaporkan via Twitter ke laman alamat @LAPOR1708. Kamu bisa kirim pesan melalui Twitter ini, atau secara langsung membuat laporan lewat tweet dan menyertakan tagar #lapor.

4. Kredibel.co.id

Cara Cek Rekening Penipu Online

Tidak kalah bagus dari situs-situs di atas, kredibel.co.id juga dinilai sebagai salah satu situs terbaik untuk melapor atau melakukan pengecekan pada rekening yang ditakutkan merupakan rekening penipu.

Cara kerja situs ini juga sama dengan situs-situs lain. Kamu hanya perlu koneksi internet dan mengetikkan nomor rekening yang sedang dicurigai.

Sistem situs ini akan menggali hingga nomor rekening dikenali sebagai rekening bukan penipuan atau penipuan.

Agar lebih jelas, berikut ini tahapan cek menggunakan situs kredibel.co.id:

  • Pastikan perangkatmu konek dengan internet. Buka browser dan ketikkan alamat kredibel.co.id.
  • Setelah terbuka, kamu akan menemukan beberapa fitur atau menu layanan. Di sana kamu juga akan melihat ada mesin pencarian. Kamu bisa ketikkan nomor rekening target ke dalam mesin pencarian tersebut. Klik cari dan tunggu hasilnya.
  • Beberapa saat kemudian, kredibel akan memberikan informasi terkait rekening yang jadi target. Mulai dari nama bank dari rekening tersebut, hingga status rekening itu penipu atau bukan.
  • Jika situs memberikan informasi bahwa rekening tersebut penipu, kamu bisa scroll halaman situs ke bawah. Carilah tombol kotak berwarna merah bertuliskan ‘mulai laporkan penipuan’.
  • Ikuti arahan situs selanjutnya, dan tunggu hasil dari pelaporan yang sedang dikerjakan oleh situs.

Baca Juga: 3 Cara Membobol WiFi Tanpa Aplikasi di Laptop dan HP, 100% Berhasil

5. Layanan Konsumen OJK

Seperti yang kami ketahui selama ini, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bekerja sebagai lembaga yang menangani segala hal terkait keuangan dan yang berkaitan dengannya.

Namun selain itu, ternyata OJK juga melayani pelaporan dan pengecekan nomor rekening palsu atau penipu.

Ada dua cara yang bisa kamu gunakan untuk melaporkan atau mengecek melalui layanan OJK. Pertama, kamu bisa hubungi nomor layanan OJK yakni 1-500-655.

Dari nomor ini kamu bisa langsung melaporkan keluhan terkait rekening yang dicurigai sebagai penipuan.

Cara kedua yang bisa kamu gunakan adalah dengan menghubungi OJK melalui pesan email. Kamu bisa kirim email laporan ke alamat email OJK, yakni [email protected]. Untuk memastikan pesan yang akurat, kamu bisa lampirkan capture SMS nomor rekening target.

Pihak OJK kemungkinan akan merespon dengan cara membekukan nomor rekening yang diduga penipuan tersebut. Selain itu, OJK akan melakukan kebijakan yang sesuai terkait penyebaran nomor rekening penipu tersebut.

Penipuan nomor rekening memang masih merajalela di kalangan masyarakat. Apalagi di masa pandemi yang notabennya mempengaruhi kondisi ekonomi masyarakat.

Karenanya kamu harus tetap waspada dan rutin melakukan cek rekening penipu yang kamu curigai.

Sehingga kamu tidak menjadi korban yang rugi dalam hal ini. Aksi rekening penipuan ini biasanya masuk melalui pesan nomor tak dikenal.

Selain itu, ada juga yang berkedok toko online palsu melalui media sosial.

Dari beberapa layanan situs di atas, kamu bisa manfaatkan untuk melapor dan mengecek segera rekening penipuan. Pilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu.

A part-time blogger, content writer, and WordPress enthusiast. Craving for everything about SEO and digital marketing.

Satu pemikiran pada “5 Cara Mengecek Rekening Penipu Secara Online, Mudah dan Aman”

Tinggalkan komentar