10 Contoh Passive Income Tanpa Modal yang Wajib Dicoba

Di zaman serba modern seperti sekarang ini, banyak sekali berbagai contoh passive income yang bisa menjadi pilihan menarik bagi seseorang yang sudah memiliki rencana untuk memilih pensiun lebih awal dari pekerjaannya.

Berbicara mengenai masa pensiun sendiri, kamu tentu saja berkeinginan untuk memilih pensiun jika jaminan kehidupan di masa tua nanti dikatakan sudah memenuhi keinginan diri sendiri, bukan?

Namun, apakah seseorang akan mengandalkan pekerjaan utama saja untuk bisa menjamin kehidupan di masa depan kelak. Sementara biaya kehidupan sehari-hari kini terbilang mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Oleh karena itu, penting bagi kamu agar memikirkan dalam membangun passive income sejak dini sebagai peluang menghasilkan pundi-pundi rupiah untuk jaminan di masa depan nanti.

Alasan Mengapa Passive Income Sangat Penting Bagi Masa Depan

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Passive income punya peranan penting bagi masa depan kita.

1. Mampu Mengurangi Kondisi Stres, Cemas dan Takut di Masa Depan

Salah satu alasan pentingnya seseorang membangun passive income sejak dini yakni mampu mengurangi kondisi stres, cemas dan takut di masa depan. Sebab, ada banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang umumnya sering mengganggu pemikiran diri sendiri akan masa depan nanti.

Sebagai contoh mengenai pertanyaan bagaimana jika saya tidak sanggup membayar, bagaimana jika seluruh aset-aset saya disita, bagaimana jika saya tidak bisa bekerja lagi dan lain sebagainya.

Tentu saja, pertanyaan-pertanyaan ini akan berkecamuk dalam pikiran yang akhirnya mengakibatkan kegelisahan, ketakutan dan keputusasaan tanpa adanya harapan untuk masa depan, bukan?

Namun, dengan adanya passive income ini kamu akan dibantu dalam meringankan semua beban yang bakal dialami ke depannya. Hal ini terutama dalam membangun segi finansial dalam jaminan kehidupan di masa depan.

2. Memungkinkan Seseorang untuk Bisa Bekerja dari Mana Saja

Pada umumnya, orang-orang lebih cepat bosan ketika melakukan pekerjaan di tempat itu-itu saja. Padahal, keinginan hati terkadang menuntut untuk bisa melakukan pekerjaan dari mana saja yang terbilang menyenangkan dan tetap memberikan penghasilan yang menjanjikan.

Namun apabila kamu mungkin berpikir jika hal ini tidak mungkin untuk dilakukan, maka jawabannya salah besar.

Hal ini lantaran dengan membangun sebuah pasif income sejak dini, kamu bisa melakukan pekerjaan sambil menikmati liburan yang diinginkan.

Menariknya lagi, kamu akan tetap memperoleh penghasilan setiap harinya dengan mudah dan cepat. Sehingga, hal inilah yang menjadikan alasan banyak orang memilih untuk membangun passive income sejak dini dengan berbagai keuntungan yang diperolehnya.

3. Mampu Menyediakan Platform Khusus Bagi Pertumbuhan Finansial

Selanjutnya, alasan lain kamu perlu untuk membangun passive income sesegera mungkin yakni karena mampu menyedikan platform khusus yang dapat membantu pertumbuhan dari segi finansial.

Sehingga, kamu juga akan lebih mudah untuk berpikir dan mengekplorasi cara baru untuk bisa lebih mudah dalam memperkuat stabilitas segi keuanganmu di masa depan nanti.

Selain itu, kamu juga akan terbantu dalam mendapatkan peluang penghasilan yang cukup menjanjikan tanpa harus bersusah payah ikut berpean aktif dalam usaha tersebut. Tentu saja, ini menjadi pilihan menarik yang wajib kamu coba, bukan?

10 Contoh Passive Income yang Bisa Dicoba

Mari simak 10 ide dan contoh pasif income yang dapat kamu coba mulai saat ini juga. Jangan sampai kelewatan ya..

1. Menjual Hasil Foto Karya Sendiri

Jika kamu termasuk orang yang hobi dalam bidang fotografi dan mungkin memiliki banyak hasil karya foto yang layak dijual, maka tidak ada salahnya untuk dijadikan passive income.

Dalam hal ini, kamu bisa menjual hasil karya foto tersebut di berbagai platform media internet untuk memperoleh penghasilan tambahan yang cukup menjanjikan.

Dengan begitu, maka kamu bisa berpeluang mendapatkan penghasilan di bidang yang disukai. Untuk foto sendiri dapat dilakukan dengan SmartPhone, tidak harus melulu menggunakan DSLR dan kamera mahal lainnya.

Foto saja semua object yang kamu temui, lalu jual. Maka ketika ada yang menyukai fotomu, akan ada yang mau membeli dengan kisaran harga 20$ hingga 300$ dollar lho.

Saat ini kamu bisa menjual hasil-hasil fotomu di beberapa situs berikut ini:

2. Membuat Ebook Berbagai Tema

Memiliki kemampuan dalam bidang menulis pada faktanya dapat kamu jadikan sebagai peluang passive income yang cukup menjanjikan dan sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Jika kamu memiliki bakat dan kemampuan dalam bidang menulis cerita (fiksi & non fiksi), artikel dan lain-lain, maka bisa berkesempatan untuk menjadikan tulisan tersebut ke dalam bentuk Ebook.

Sehingga, peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari hobi yang disukai dapat dengan mudah kamu lakukan.

Memang kesannya seperti tidak menjanjikan. Namun faktanya, banyak yang bisa mendapat ratusan juga pertahun dari ebooknya. Coba bayangkan satu buah ebook dijual Rp 50.000, kalau laku 1000 buah maka hasilnya adlah Rp 50 Juta.

Kamu bisa menjual ebook melalui marketplace digital ataupun melalui blog pribadi. Beberapa marketplace digital yang bisa kamu coba:

3. Bisnis Afiliasi

Contoh passive income selanjutnya yang bisa kamu lakukan yakni dengan mengikuti berbagai program afiliasi populer dengan praktik yang terbilang cukup sederhana.

Pada umumnya, program ini meminta kamu untuk mempromsikan suatu produk atau jasa layanan tertentu kepada orang lain agar tertarik untuk menggunakannya.

Dalam hal ini, kamu yang berhasil menarik orang-orang untuk menggunakan produk atau jasa layanan akan mendapatkan penghasilan sesuai dengan ketentuan dari pihak program afiliasi.

Untuk lebih lengkap, silahkan baca disini:

30 Situs Afiliasi Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

4. Menampilkan Iklan di Postingan Blog

Contoh passive income selanjutnya yang dapat kamu langsung coba adalah mendapatkan uang dari blog. Mengapa blog adalah sumber pendapatan pasif? simak selangkapnya dibawah ini.

Saat sedang browsing artikel, tentu kamu sering melihat iklan di web yang kamu buka kan?

Kalau jawabnya iya, maka iklan tersebut adalah salah sumber pendapatan pasif para blogger yang mengelolanya. Jadi web-web yang ada di internet tersebut tidak dibuat secara sukarela lho.

Blog dapat digolongkan sebagai pendapatan pasif karena para blogger tidak terus bekerja untuk blognya. Mungkin bisa jadi seminggu sekali, seminggu dua kali saja untuk membuat konten.

Namun penghasilannya tidak demikian. Ya pokoknya ketika ada pembaca yang datang ke blog mereka, maka mereka akan mendapatkan komisi. Enak bukan?

Pada dasarnya membuat konten untuk blog lebih mudah dan tidak membutuhkan uang. Kamu hanya butuh komputer dan koneksi internet untuk membuat blog.

Ada banyak cara mendapatkan uang dari blog, tidak sebatas menampilkan iklan. Berikut ini beberapa pendapatan yang didapat dari ngeblog:

  • Afiliasi
  • Menjual Ebook
  • Konten Review
  • Membuat premium membership

5. Monetisasi Konten YouTube

Bisakah mendapatkan passive income secara mudah hanya dengan memanfaatkan konten-konten video yang dibuat di akun YouTube?

Ya, tentu saja hal ini bisa kamu lakukan dengan mudah hanya dengan mendaftarkan channel YouTube ke pihak YouTube AdSense.

Dalam hal ini, kamu nantinya akan diminta untuk lebih dulu memenuhi berbagai persyaratan dan ketentuan yang harus dilakukan untuk bisa memonetisasi akun YouTube sebelum memperoleh penghasilan tambahan.

6. Membuat Kursus Online

Jika memiliki keahlian khusus di bidang tertentu dan ingin membagikan ilmu sembari memperoleh passive income, tidak ada salahnya untuk membuat kursus online bagi orang-orang.

Meski demikian, kamu juga perlu tahu bahwa dalam membuat kursus online ini diharuskan untuk bisa membahas topiknya secara mendalam, memberikan trik khusus saat mengajarkan dan lain-lain.

Sehingga, hal ini akan membuat orang-orang tertarik mengikuti kursus online tersebut. Saat ini kursus online sedang menjadi trend. Entah kamu sadari atau tidak kamu pasti beberapa kali melihat iklan kursus online di sosial media seperti instagram maupun facebook.

Beberapa kursus online yang sedang trend adalah:

  • Belajar Google Ads
  • Facebook Ads
  • SEO
  • Coding

7. Menjual Karya Desain

Kamu yang memiliki kemampuan dalam bidang desain seperti pembuatan logo, banner atau undangan, bisa menggunakan kemampuan tersebut untuk memperoleh passive income.

Bahkan, kamu bisa menjualnya di berbagai platform media internet yang memang terbukti membayar para kontributornya.

Meski demikian, kamu harus pastikan bahwa hasil karya yang dijual benar-benar merupakan hasil karya sendiri dan bukan plagiat dari hasil karya orang lain.

Kamu dapat mulai menjual desain grafismu di Freepik.com

8. Melakukan Investasi

Demi menunjang jaminan kehidupan di masa depan, kamu juga perlu untuk melakukan investasi sejak dini sebagai contoh dalam membangun passive income.

Dalam hal ini, kamu bisa melakukan berbagai jenis investasi di antaranya yakni seperti deposito, emas, reksadana, saham dan berbagai investasi lainnya.

Adapun sebelum memutuskan untuk berinvestasi, ada baiknya untuk mempertimbangkan segala sesuatu dengan matang.

9. Membuat Website Membership

Bagi kamu yang ingin untuk memperoleh passive income dari sebuah website, tidak ada salahnya untuk menawarkan konten premium bagi para pengunjung.

Meski begitu, kamu nantinya akan diminta untuk bisa berlangganan agar memudahkan dalam proses pengaksesan website.

Adapun untuk konten premiun yang kamu tawarkan ini bisa beraneka ragam, yakni mulai dari artikel hingga berbagai karya digital.

10. Bisnis Dropshiping

Saat ini, bisnis dropshiping menjadi salah satu peluang mendapatkan passive income yang cukup menjanjikan untuk dilakukan.

Hanya dengan memanfaatkan smartphone dan koneksi jaringan internet yang stabil saja, kamu bisa berjualan tanpa harus memiliki produk.

Setelah itu, kamu nantinya akan menawarkan produk tersebut di website atau di berbagai toko online untuk mendapatkan pelanggan.

Tertarik untuk mulai bisnis dropship? kamu dapat membaca panduannya disini:

  1. Apa Itu Dropship?
  2. Perbedaan Supplier dan Dropship
  3. 15 Supplier Dropship Terbaik dan Terpercaya

Itulah berbagai contoh passive income menarik yang bisa kamu coba di rumah untuk memperoleh penghasilan tambahan tanpa harus meninggalkan pekerjaan utama.

A part-time blogger, content writer, and WordPress enthusiast. Craving for everything about SEO and digital marketing.

Tinggalkan komentar