12 Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

Mendirikan sebuah usaha memang dibutuhkan modal. Namun tidak semua usaha membutuhkan modal besar. Ada juga contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing. Dan tentu saja kondisi usaha seperti inilah yang bisa menjanjikan kesuksesan.

Memang dalam dunia usaha dan bisnis, pasti ada yang namanya kompetisi. Dengan kompetitor yang sedikit, kamu bisa memaksimalkan usaha yang kamu dirikan.

Dengan begitu kamu bisa meraup banyak keuntungan.

Lantas apa saja usaha bermodal kecil dengan pesain yang minim?

12 Contoh Usaha Modal Kecil Yang Belum Banyak Pesaingnya

Sebagaimana yang sudah kamu tahu, dunia usaha dan bisnis memang sangatlah luas. Beragam usaha bisa diciptakan di kalangan masyarakat.

Namun persaingan bisnis dan modal usaha kerap menjadi faktor yang tidak mendukung kesuksesan bisnis.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, masih ada usaha dengan modal kecil dan persaingan yang kecil pula. Apa saja itu? Simak berikut ini contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing:

1. Buka Bimbel di Garasi Rumah

Kalau ada yang bilang bahwa memulai sebuah usaha mesti punya modal, maka ayah saya sudah mematahkannya. Ketika saya masih duduk di SMU kelas 3, Ayah saya memutuskan untuk membuka bimbel Matematika.

Meski pesaingnya lumayan, namun sepertinya persaingan bimbel tidak sebesar persaingan pedagang bakso.

Usaha ini dimulai dari Garasi rumah.

Karena rumah kami tidak terlalu besar, dan satu satunya ruangan yang besar adalah garasi mobil. Karna alasan itulah kami merombak garasi menjadi ruang untuk para peserta bimbel.

Di awal perjalanan mengembangkan usaha ini, saya menyaksikan sendiri jumlah peminat hanya berkisar 3-5 orang saja.

Saat ini, jumlah peserta bimbel setiap tahunnya mencapai ratusan. Tidak hanya itu, saat ini bimbel sudah tidak dilakukan di garasi, namun sudah memiliki gedung sendiri plus beberapa karyawan.

Dari sana saya sadar, bahwa untuk memulai usaha modal memang penting, namun bukanlah faktor penentu utama. Sebagai pengusaha hal ini mesti disadari segera mungkin.

2. Usaha Cat Sepatu

Pernah dengar usaha ini? kalau kamu menjawab belum, mungkin memang usaha ini masih sangat langka.

Usaha ini populer dengan istilah jasa repaint sepatu. Apa yang dilakukan pada usaha ini adalah melakukan pengecatan pada sepatu, baik itu yang berbahan canvas, kulit, dan kain.

Sehingga sepatu yang sudah berumur dan kusam dapat memiliki warna yang cerah kembali. Peminat jasa repaint sepatu juga tidak sedikit.

Untuk modal kamu tidak perlu khawatir, karena kamu bisa menggunakan peralatan sederhana. Alat-alat yang biasa digunakan untuk repaint sepatu:

  • Lakban
  • Busa cuci piring
  • Kuas
  • Cat (Acrylic)

Cat acrylic ini bisa kamu cari di marketplace, dengan kisaran harga 30 Ribu hingga 65 Ribu untuk yang material kulit.

3. Menjual Produk Daur Ulang

Ide membuat produk daur ulang, mungkin sudah sangat pasaran. Meskipun begitu, masih banyak sekali orang yang tidak punya minat tinggi pada usaha yang satu ini. Usaha ini cocok dijalankan oleh kamu yang cinta kebersihan lingkungan.

Kamu bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar juga, meskipun hanya bermodalkan sampah daur ulang. Di sisi lain, kamu juga jadi bisa mengurangi jumlah sampah yang ada di lingkungan sekitarmu.

Kamu bisa mencoba usaha ini karena sejauh ini, pengusaha produk daur ulang masih belum menjamur di kalangan masyarakat.

4. Jasa Rawat Lansia

Bagi kamu yang sudah sangat telaten mengurus orang tua, kamu bisa coba membuka usaha rawat lansia. Di era yang sudah sangat modern seperti saat ini, banyak sekali orang yang disibukkan dengan kegiatan di luar rumah.

Lantas mereka yang sibuk pun tidak memiliki waktu untuk mengurus orang tua yang ada di rumah. Hal ini sering terjadi di lingkup perkotaan. Jika kamu adalah salah satu orang dengan kemampuan telaten mengurus orang tua, kamu patut mencoba usaha yang satu ini.

5. Jual Makanan Sehat Cepat Saji

Semua orang pasti membutuhkan pasokan makanan sehat. Apalagi di era pandemi seperti saat ini, makanan sehat sangat dibutuhkan untuk menambah imunitas. Kamu bisa memanfaatkan kondisi ini untuk membukan usaha jual makanan sehat.

Kamu bisa mengolah makanan sehat ini menjadi masakan siap saji. Selain membantu memenuhi kebutuhan sehat masyarakat, kamu juga bisa sekaligus membantu mereka yang tidak bisa banyak keluar rumah untuk belanja di masa PPKM.

Keuntungan yang bisa kamu dapatkan akan sangat lumayan, mengingat masyarakat yang terhalang aturan PPKM untuk sekedar keluar ke pasar.

6. Servis Komputer/ Laptop/ Hp

Kemampuan dalam hal servis media elektronik memang tidak banyak dimiliki oleh orang pada umumnya. Bagi kamu yang mengerti seluk beluk soal servis media elektronik, kamu bisa mencoba membuka jasa servis komputer atau laptop dan hp.

Peluang usaha yang satu ini cukup besar, mengingat tidak banyak orang yang punya kemampuan memperbaiki komputer yang rusak. Kamu bisa bersaing secara sehat dengan servis komputer lain, namun tetap mendapatkan keuntungan banyak.

7. Jual Sayur dan Buah

Kebutuhan pokok seperti sayur dan buah, mungkin bisa didapatkan di pasar. Namun mengingat kondisi pandemi seperti saat ini, banyak orang memilih untuk stay di rumah daripada ke pasar. Kamu bisa memanfaatkan kondisi ini menjadi peluang usaha.

Hal bisa kamu lakukan adalah dengan menjual sayur dan buah secara keliling. Peluang tidak lakunya usaha ini sangat kecil. Hal ini karena sayur dan buah akan dibutuhkan setiap hari oleh siapapun.

Peluang laku keras yang lebih besar bisa kamu dapatkan di lingkup perkotaan. Di perkotaan biasanya rumah penduduk jauh dari pasar. Kamu bisa memudahkan mereka memperoleh kebutuhan sayur dan buah dengan jualan keliling komplek.

Jika dilihat dari pesaingnya pun, usaha ini tetap aman. Hal ini juga dipengaruhi oleh kebutuhan masyarakat akan sayur dan buah setiap saat. Modal untuk usaha ini juga bisa dibilang kecil, tidak seperti modal jualan baju.

8. Jasa Nulis Online

Apakah kamu merupakan orang yang ahli dalam hal tulis menulis? Jika iya, usaha menulis online bisa jadi ladang usaha yang sangat menguntungkan.

Saat ini sudah sangat mudah menemukan situs online yang menawarkan kerjasama untuk mengisi konten wes dengan tulisan menarik. Kamu bisa temukan salah satu situs tersebut dan menawarkan jasa menulis secara online.

Modal menulis online juga sangat kecil. Kamu hanya butuh koneksi internet dan perangkat yang bisa dijadikan media menulis. Kami bahkan bisa hanya menggunakan smartphone mu. Soal pesaing kamu tidak perlu khawatir.

Dunia online yang sangat luas saat ini, membutuhkan banyak sekali penulis-penulis berbakat yang siap mengisi konten.

Untuk menjadi seorang penulis online, kamu bisa mulai dari mendaftarkan diri ke situs freelance. Di situs-situs tersebut tersedia ribuan project yang siap menantimu.

9. Layanan Cuci Helm

Kamu mungkin menemukan jasa cuci helm di beberapa tempat. Tapi jasa ini kemungkinan besar belum banyak pesaingnya. Kamu bisa mencoba keberuntunganmu dengan membuka jasa cuci helm.

Keadaan dimana umumnya orang malas mencuci helm, bisa kamu jadikan peluang besar untuk sukses dalam bidang usaha. Apalagi modal jasa ini tidak besar. Kamu bisa memulai usaha ini dengan alat pembersih yang dibeli, maupun menggunakan alat seadanya.

10. Transalator

Siapa bilang translator tidak bisa jadi usaha? Bidang usaha yang satu ini sudah jelas bisa menjadi usaha kekinian yang menguntungkan. Meskipun di luar sana juga ada banyak translator, namun persaingan bidang usaha ini cukup kecil.

Sehingga kamu bisa bergelut dengan memaksimalkan hasil kerjaanmu dengan menjadibtranslator ini. Usaha ini juga tidak memerlukan modal besar. Kamu hanya perlu memiliki kemampuan di bidang bahasa asing dan perangkat serta koneksi internet.

11. Buka Jasa Bersih-bersih Panggilan

Apakah kamu sangat hobi dengan kegiatan bersih-bersih? Kamu cinta kebersihan? Kamu bisa membuka peluang usaha terkait kebersihan ini. Salah satunya adalah dengan membuka jasa bersih-bersih panggilan.

Banyaknya orang yang mulai disibukkan dengan aktivitas di luar rumah, membuat banyak orang juga merasa kurang waktu untuk membersihkan seluruh bagian rumah.

Usaha ini bisa kamu coba dengan modal alat kebersihan dan ketelatenan dalam bekerja. Mudah bukan?

12. Jual Hampers

Hampers merupakan istilah yang maknanya sama dengan parsel atau bingkisan. Di masa pandemi seperti saat ini, banyak orang lebih memilih hampers sebagai hadiah untuk teman atau kerabat yang sedang melangsungkan acara.

Selain hampers untuk acara, kamu juga bisa jual hampers hadiah untuk bayi atau untuk umum. Semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Soal modal, menjual hampers bisa disesuaikan dengan kemauan pelanggan. Dan kisarannya juga tidak besar, pesaingnya pun tidak ramai.

Dari semua contoh usaha modal kecil  yang belum banyak pesaing di atas, bisa mulai kamu timbang, mana yang cocok untuk dicoba. Semuanya bisa menyesuaikan dengan kemampuanmu dalam menjalankan usaha.

A part-time blogger, content writer, and WordPress enthusiast. Craving for everything about SEO and digital marketing.

2 pemikiran pada “12 Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing”

Tinggalkan komentar