Menu Tutup

18 Alternatif Search Engine Selain Google Tahun 2021

daftar mesin pencari selain google

Banyak yang mengira bahwa google adalah satu-satunya tempat anda mencari jawaban. Namun di dunia ini banyak mesin pencari selain google yang bisa anda coba. Dalam artikel ini anda akan mengetahui daftar search engine terbaru (2021) yang bisa anda gunakan selain google.

Google mungkin telah menjadi salah satu search engine (mesin pencari) yang sangat dikenal oleh masyarakat. Menurut statistik, pengguna google didunia mencapai 88,1%.

search engine statistik, presentase pengguna search engine selain google

Dengan pengguna sebanyak itu, google sebeneranya perlu di anggap sebuah ancaman masa depan.

Bagaimana tidak. Syarat anda menggunakan google adalah mendaftarkan diri. Dalam proses pendaftaran tersebut, anda diwajibkan mengisi informasi pribadi. Seperti tanggal lahir, nama lengkap, alamat dll.

Tidak selesai hanya pada data pribadi. Informasi mengenai semua jejak digital anda di simpan oleh google. Makanya jangan heran, mengapa anda bisa menemui iklan yang mirip dengan minat anda.

Oleh karena itu anda perlu mempertimbangkan opsi search engine selain google. Untuk mencari informasi yang anda butuhkan.

Daftar Search Engine Terbaik Selain Google

Berikut ini adalah 17 search engine yang ada selain google. Ketahui kelebihan masing-masing search engine, pada artikel di bawah ini.

1. Bing

bing adalah search engine buatan microsoft yang patut diciba selain google

Bing adalah salah satu search engine terbesar setelah google. Berbeda dengan search engine lainnya, Bing lebih banyak menampilkan gambar di halaman depannya.

Search engine ini dibuat oleh pendiri software komputer dunia, yaitu Microsoft. Bagi anda pengguna PC dan Laptop besutan windows, default browser yang diberikan adalah Microsoft Edge. Yang mana, search engine utamanya adalah Bing.

Bing juga terhubung dengan Microsoft Office Online. Lewat halaman yang sama Anda bisa membuat berbagai dokumen secara online. Mulai dari Word, Excel,  PowerPoint, hingga OneDrive.

Anda cukup login dengan akun Microsoft mengakses dan membuat dokumen yang diinginkan.

2. Yahoo!

yahoo adalah search enginee selain google

Kalau anda adalah kaum millenial yang mengenal internet tahun 2000an, pastilah tidak asing dengan yahoo. Bahkan email yang digunakan menggunakan domain yahoo.com.

Sayangnya yahoo saat ini sudah tidak tenar seperti dulu. Alasan utama orang-orang beralih menggunakan google adalah karena kapasitas penyimpanan email yang lebih besar dibanding yahoo.

Dengan di akuisisinya Yahoo oleh bing, sebetulnya kemampuan Yahoo tidak kalah jauh dengan google. Sekarang bnyak yang memanfaatkan Yahoo untuk mencari jawaban di Yahoo Answer!. Anda juga dapat memanfaatkan Yahoo untuk mencari berita cukup kredibel.

3. Baidu

baidu search engine

Ingin mencari informasi seputar negeri Panda?, anda dapat memanfaatkan baidu. Tidak bisa dipungkiri bahwa Cina mencintai karya anak bangsanya.

Baidu adalah search engine buatan sendiri, yang digunakan lebih dari 70% warga Cina. Fitur yang ditawarkan sangat mumpuni layaknya google. Seperti gambar, artikel, pdf, video dan music bisa anda search disini.

Namun sayangnya, menurut saya search engine ini lebih cocok untuk anda yang punya kemampuan bahasa mandarin. Selain dari aspek bahasa, hasil pencarian yang di didapat menggunakan baidu lebih banyak menampilkan informasi yang ada di negeri panda tersebut.

4. Yandex

yandex adalah salah satu search engine yang bisa digunakna selain google

Kalau anda ingin mencari informasi dari luar perspektif Amerika, cobalah yandex. Yandex adalah search engine buatan rusia yang didirakan tahun 1997.

Saat ini pengguna search engine ini mencapai lebih dari 45% di Rusia. Selain Rusia, Yandex banyak digunakan di Ukraina, Turki, Khazaktan dan Belarusia.

Namun, lal yang perlu anda waspadai layaknya Google adalah metode pengumpulan data penggunanya. Yandex meminta dan mengumpulkan data penggunanya.

5. DuckDuckGo

duckduckgo search engine

Search engine yang sangat dikomendasikan selain google selanjutnya adalah DuckDuckGo. Apabila anda menggunakan search engine ini, jangan khawatir soal privasi. Karena mereka tidak sedikitpun mengumpulkan dan menjual data pribadi anda.

Artinya anda bebas berselancar di internet tanpa khawatir seseorang mengawasi lewat layar kaca komputer anda. Contoh saja CEO Twitter: Jack Doersy. Jack dalam sebuah wawancara menyatakan, bahwa search engine yang selalu ia gunakan adalah DuckDuckGo.

6. CC Search

cc search engine

Search engine yang satu ini adalah solusi untuk untuk pemburu konten bebas hakcipta. Karena semua hasil pencarian yang didapat dari CC search berlabel “Creative Common”. Dengan kata lain bebas untuk digunakan tanpa memusingkan tentang hak cipta.

CC search terintegrasi dengan website-website yang membebaskan hakcipta. Seperti soundcloud, Flickr dan Wikimedia. Masih banyak lagi yang bisa dijelahi, so silahkan explore ya.

7. Search Encrypt

seacrh encrypt

Search Encrypt merupakan mesin pencari yang memiliki perhatian ke privasi dan keamanan data. Ia mengombinasikan Secure Socket Layer (SSL) dengan AES-256 encryption untuk melindungi data Anda.

Ketika anda mengetikkan kata kunci di Search Encrypt, ia akan mencarikan sumber informasi yang sudah menjalin kerjasama dan mengirimkan informasi yang diminta ke browser anda.

Hebatnya dibanding search eengine lain adalah, adanya fitur kadaluarsa di history pencarian. jadi anda tidak perlu khawatir orang lain menemukan apa saja yang anda cari di browser ketika pc sedang di pinjam.

8. Qwant

Qwant

Apabila anda ingin mencari informasi yang sensitif, Qwant adalah solusinya. Beberapa informasi tidak dapat ditemukan dengan search engine mainstream seperti google. Karena sudah dibatasi oleh pemerintah tentunya.

Di samping itu, Qwant juga memiliki dua produk mesin pencari lain. Keduanya adalah Qwant Junior yang diperuntukkan untuk anak-anak dan Qwant Music khusus untuk mencari lagu dan musik. Terdapat juga Qwant Board, yaitu semacam media sosial untuk membagikan dan menyimpan konten hasil pencarian.

9. Swisscows

swisscows

Dalam daftar search engine selain google yang satu ini, swiscows adalah opsi yang unik. mengapa demikian?. Karena mereka mengklaim satu-satunya search engine yang ramah keluarga.

Swisscows menggunakan teknologi Artificial Intelegence untuk mencari informasi yang diminta usernya. Jadi jangan kaget dengan tingkat akurasinya.

10. StartPage

startpage

Search engine selain google yang perlu anda coba selanjutnya adalah StartPage. StartPage dapat menjawab informasi yang dicari melalui index yang miliki Google.

Namun hebatnya, berbeda dengan Google, search engine ini tidak mengumpulkan histori hasil pencarian penggunanya.

Dengan mencakup url generator, proxy dan https support, aktivitas browsing akan terbebas dari cookies.

Rekomendasi: 15 ide dan Peluang kerja dari rumah.

11. OneSearch

Onesearch

One search sebenarnya tidak telalu bisa dikategorikan sebagai search engine. Namun, kumpulan informasi yang tersedia sudah memenuhi syarat.

Dengan menggunakan search engine ini, anda dapat melihat daftar informasi dibidang pendidikan. Bagi anda yang berstatus pelajar maupun mahasiswa, search engine ini sangat direkomendasikan untuk mencari sumber indormasi.

12. Gibiru

Gibiru adalah salah satu search engine selain google yang patutu dicoba

Bagi anda yang ingin mendapatkan hasil pencarian tanpa sensor, Gibiru adalah solusinya. Anda tidak perlu khawatir mengenai masalah privasi.

Gibiru tidak menginstall code cookies untuk mentracking hasil pencarian anda. Walaupun menawarkan pencarian tanpa sensor dan private, tetaplah bijak menggunakannya

13. Wiki.com

wiki.com

Selama ini mungkin anda mengira wiki.com bukan termasuk daftar search engine. Namun nyatanya memang dibuat untuk menjadi search engine. Sedikit dengan search engine pada umumnya, wiki.com lebih efektif digunakan untuk mencari informasi yang berbasi wiki group juga.

14. Givewater

givewater

Pernah terpikirkan oleh anda, bahwa beramal tidaklah semudah saat ini. Dengan menggunakan search engine Givewater, anda sudah ikut serta dalam kegiatan amal.

Donasi yang yang terkumpul dari penggunaan search engine ini, akan digunakan untuk mengalirkan air kepada orang-orang di seluruh dunia dengan permasalahan krisis air.

15. Dogpile

dogpile

Daftar search engine selain google yang selanjutnya adalah dogpile. Jika anda ingin menggunakan semua search engine top sekaligus, maka anda dapat menggunakan Dogpile.

Dogpile mampu menampilkan hasil pencarian dari Google, Bing, Yahoo dll dalam sekali ketik. Sangat efisien bagi anda yang ingin menghemat waktu.

16. Ecosia

ecosia

Ecosia adalah search engine berbasis charity. Artinya keuntungan yang didapat, akan digunakan untuk membantu menanam pohon di daerah tandus.

Jadilah salah satu penyelamat planet Bumi. Sebagaimana kita tahu bahwa global warming meningkat setiap dekade. Sudah saatnya kita mengambil peran tersebut, dengan menggunakan search engine yang satu ini.

17. Ekoru

ekoru search enginee

Daftar search engine selain google selanjutnya adalah Ekoru. Bagi anda yang mencintai biota dan ekosistem laut, menggunakan search engine ini adalah solusinya.

Anda akan mendonasikan keuntungan yang didapat Ekoru untuk menyelamatkan lingkungan laut. Jangan khawatir maslaah privasi, Ekoru termasuk search engine yang memperhatikan privasi penggunanya.

18. BoardReader

boardreader adalah salah satu search engine selain google yang digunakan untuk mencari jawaban dalam komunitas-komunitas

Jika anda tertarik terhadap forum internasional yang membahas suatu topik tertentu, Boardreader adalah search engine yang pertamakali harus anda ingat.

Anda bisa menemukan forum dengan topik apapun dengan search engine tersebut. Banyak pengalaman dan diskusi yang akan anda temui disana.

Search Engine Berdasarkan Kebutuhan Informasi

Jawabannya saya kembalikan kepada anda sendiri. Apa yang menjadi tujuan anda dalam menggunakan search engine.

Secara garis besar, masing-masing search engine dapat anda klasifikasikan sebagai berikut:

  • Fitur setara Google ─ Bing, Yahoo! Search, Baidu, Yandex, Dogpile.
  • Privasi ─ DuckDuckGo, Search Encrypt, Qwant, Swisscows, StartPage.
  • Konten bebas sensor ─ StartPage, Gibiru.
  • Bebas Hakcipta dan pusat informasi ─ Wiki.com, CC Search.
  • Searching Sambil Donasi ─ Ecosia, Ekoru, Givewater.

Anda telah mengetahui semua daftar search engine selain google. Banyak fitur dan teknologi yang tidak dimiliki oleh google. Sehingga anda juga perlu mempertimbangkan untuk menggunakan yang lain. Dengan catatan, tetaplah bijak dalam menggali informasi.

Selamat mencoba ya…

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *