8 Faktor yang Tidak Mendukung Kesuksesan dalam Berbisnis

Apakah ada faktor-faktor yang tidak mendukung kesuksesan bisnis? Tentu saja ada, dan seorang pembisnis harus mengetahui apa saja faktor-faktor tersebut.

Karena dengan mengetahui faktor tertentu maka seorang pengusaha dapat meminimalisirnya.

Nah, seorang pemula bisa dikatakan menjadi orang buta yang tidak mengetahui apa rintangan yang ada di depannya.

Maka berikut ini adalah beberapa daftar faktor yang bisa mempengaruhi ketidaklancaran dalam bisnis.

Apa Saja Penyebab yang Membuat Bisnis Tidak Berhasil?

Kami sudah merangkum faktor-faktor yang tidak mendukung kesuksesan dalam menjalankan bisnis. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1. Mendahulukan Uang

Percaya atau tidak, faktanya pebisnis yang sukses hingga menjadi bilioner saat ini adalah orang yang awalnya melihat masalah lalu mencari solusinya.

Jarang sekali dari mereka yang memikirkan tentang uang di awal perjalan bisnisnya.

Contoh saja, William Tanuwijaya. Ia adalah pendiri sekaligus CEO Tokopedia. Pada awalnya ia melihat orang ketimpangan sosial sedang berlangsung di Indonesia.

Dimana pedagang kecil sangat susah untuk menjual lebih banyak produk, karena terhalang oleh batasan wilayah.

Disinilah William melihat bahwa semua orang punya hak yang sama, semua orang harus bisa berjualan dengan lebih mudah tanpa ada batasan wilayah.

Dan seperti yang anda lihat saat ini.

Tokopedia dinobatkan sebagai Unicorn Indonesia, yang menyumbang APBN hingga 1% per tahunnya.

Kebayang berapa penghasilannya?

Jangan dilihat bagaimana ia sukses saat ini ya…

Tahukah Anda, sebelum Tokopedia booming William bekerja untuk perusahaannya tanpa adanya pemasukan selama beberapa tahun.

Kira-kira kalau tujuannya membangun Tokopedia adalah uang, mungkin Tokopedia tidak akan sebesar saat ini.

Masih butuh contoh lain?

Nadiem Makarim, pendiri Gojek.

Yang melihat kesusahan orang dikota dalam melakukan perjalanan. Dimana orang enggan naik ojek pengkolan yang harganya tidak tangung-tanggung tingginya.

Ia menghadirkan solusi, yaitu menawarkan opsi transportasi baru, yang lebih cepat dan mudah dicari.

2. Terburu-Buru

Terburu-buru adalah salah satu faktor yang tidak mendukung kesuksesan bisnis.

Tidak akan ada hal baik yang akan terjadi ketika sebuah keputusan pilih tanpa banyak pertimbangan.

Memikirkan akibat dari sebuah keputusan adalah wajib hukumnya.

Bahkan Jeff Bezos menyarankan kepada para bebisnis untuk menumbuhkan bisnis secara perlahan.

3. Tidak Punya Perencanaan yang Bagus

Bisnis yang dijalankan tidak dapat berjalan dengan lancar ketika tidak memiliki perencanaan yang bagus. Jika saja ingin bertahan di dalam dunia bisnis maka Anda harus bisa menentukan apa yang menjadi pembeda di antara Anda dengan pebisnis lain.

Sebab pemasaran yang tidak dilakukan dengan benar tentunya target yang ingin Anda raih pun tak dapat dicapai dengan baik.

Strategi yang paling tepat untuk melakukan pemasaran pada saat ini ialah dengan melakukannya di media sosial sehingga banyak calon konsumen yang tertarik.

Dalam perencanaan, masalah pasar juga harus ditentukan. Karena jika Anda tidak melakukan perencanaan yang matang tentang ini, maka peluang keberhasilan yang Anda peroleh pun juga semakin minim.

Anda harus melakukan riset kecil-kecilan mengenai apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat saat ini.

Contohnya ialah ketika Anda ingin membuka usaha bisnis CD ataupun kaset, sedangkan pada zaman yang sudah canggih saat ini banyak orang yang tidak menggunakannya.

Jadi bisnis yang Anda jalankan pun tidak dapat berkembang dengan baik, karena produk yang dijual tidak akan menarik minat para konsumen.

4. Tak Punya Tim yang Kompeten

Keberhasilan jangka panjang seringkali tak bisa diraih jika Anda sebagai seorang pebisnis tidak bisa memiliki tim yang kompeten untuk membangun usaha tersebut.

Sedangkan tim merupakan tulang punggung perusahaan, apabila terdapat 1 orang yang tidak kompeten tentunya hal tersebut dapat menggagalkan kemajuan dari usaha Anda.

Untuk bisa membangun sebuah bisnis pastinya memerlukan banyak sekali pekerjaan selama fase start up.

Berjam-jam bekerja untuk membangun sebuah sistem dalam perusahaan akan jauh lebih menyenangkan pada saat tim yang dipilih mampu bekerja keras. Dan hal tersebut bisa saja sebaliknya ketika pemilihan tim tidak dilakukan dengan tepat.

Beberapa pengusaha muda kebanyakan memandang remeh hal yang satu ini, karena yang paling penting setiap posisi telah dipenuhi tanpa mengetahui bagaimana skill yang dimiliki oleh pekerjanya. Sehingga langkah yang paling tepat ketika merekrut orang ialah harus melalui beberapa proses.

Contohnya saja melakukan tes tulis untuk calon karyawan, Anda bisa mencoba melakukan proses interview ini sendiri demi melihat potensi dari orang yang melamar. Selain itu, dengan cara ini nantinya dapat mengetahui seperti apa calon pekerja yang akan bergabung dengan tim.

5. Tidak Punya Jaringan Pertemanan yang Luas

faktor-faktor yang tidak mendukung kesuksesan bisnis

Jaringan pertemanan yang luas sangat penting, terutama dari kalangan pebisnis.

Hal tersebut akan memudahkan Anda untuk memperoleh saran dari beberapa pengusaha yang sudah lama terjun dalam dunia ini.

Sehingga Anda dapat memperoleh nasehat yang tepat dalam menjalankan perusahaan, yang mana Anda dapat memenuhi hal yang dibutuhkan masyarakat seiring dengan pertumbuhan jaringan dan juga sumber daya Anda.

Pada setiap bisnis dimulai dari firma hukum besar bahkan sampai start up kecil bisa mendapatkan manfaat ketika mempunyai jaringan yang luas dan juga kuat.

Ketika Anda lebih nyaman dalam perihal membangun jaringan, maka hal tersebut akan membantu Anda untuk memperoleh keputusan yang bijak ketika menghadapi sesuatu.

Akan sangat disarankan untuk meluangkan waktu dengan mendedikasikan perluasan jaringan ataupun koneksi dengan orang-orang yang mempunyai visi misi yang sama.

Ketika Anda tidak mempunyai jaringan yang luas, maka Anda pun kerap kali mengalami kebingungan saat tengah mendapatkan masalah di dalam bisnis.

6. Tidak Punya Mental Pengusaha

Memiliki mental pengusaha dengan jiwa pekerja keras tentu bisnis yang dibangun pun bisa berjalan lancar bahkan sampai pada tahap meraih kesuksesan.

Para pengusaha juga harus mampu bekerja sendiri ataupun mengontrol kinerja tim sehingga pekerjaan bisa berjalan sesuai yang diinginkan.

Jadi alangkah lebih baik apabila Anda meluangkan waktu sebanyak mungkin untuk mempelajari bisnis yang Anda lakukan.

Hal ini membuat kerja keras yang Anda lakukan pun mampu membuahkan hasil. Saat membicarakan masalah manajemen tentu akan berkaitan dengan pengelolaan uang yang didapatkan.

Pastinya semua orang sangat tergiur untuk bisa menghasilkan banyak uang bukan?

Dengan keinginan konsumtif yang seringkali muncul kemudian tidak dapat mengontrol keinginan adalah salah satu dari faktor-faktor yang tidak mendukung kesuksesan bisnis.

Sebab modal yang Anda gunakan sudah habis dikarenakan hanya ingin memenuhi kepentingan pribadi di mana sebetulnya tidak terlalu penting.

Proses perbelanjaan pada produk yang akan dijual kembali dalam bisnis tidak dapat berlangsung. Sedangkan bisnis bisa saja mati ketika bahan baku dalam produk tidak bisa dipenuhi.

7. Strategi Penjualan yang Tidak Tepat

Strategi penjualan yang dilakukan asal-asalan dapat membutat bisnis Anda dipandang sebelah mata oleh masyarakat.

Hal ini membuat produk Anda semakin tidak terkenal dan akhirnya terpaksa harus berhenti di tengah jalan karena tak ada yang tertarik sama sekali.

Sementara ujung tombak dari sebuah bisnis dapat dilihat dari besar kecilnya penjualan yang telah dilakukan.

Membangun tim penjualan atau yang sering disebut sebagai sales adalah suatu hal yang sangat penting, hal ini akan membuat produk yang ditawarkan pun mampu diterima di pasaran serta banyak orang yang menyukainya.

Untuk saat ini dalam pembuatan tim penjualan yang cerdas, juga harus melihat zaman.

Misalnya saja promosi yang dilakukan harus menggunakan media sosial serta melakukan beberapa trik tertentu agar menarik minat.

Meskipun promosi secara konvensional masih sangat dibutuhkan, tapi dengan media sosial jangkauan pasarnya akan lebih luas lagi.

Ketika promosi penjualan ini tidak bisa dilakukan dengan baik, keuangan di dalam perusahaan pun bisa bermasalah atau bahkan tidak dapat beroperasi sama sekali.

Dengan adanya hal seperti ini maka menjadi tanda jika bisnis yang Anda jalankan sudah hampir berakhir. Maka dari itu, Anda juga harus gencar melakukan promosi sehingga produk yang Anda produksi pun mampu terjual.

Melakukan promosi memang hal yang cukup sulit apalagi jika para pesaingnya sangat banyak.

Anda harus lebih menonjolkan kelebihan dari produk yang Anda punya.

Supaya para konsumen lebih tertarik, khususnya Anda juga harus membuat kemasan yang bagus karena biasanya masyarakat melihat tampilan luarnya dulu sebelum melihat spesifikasi dari produk.

8. Mudah Merasa Puas

Sebagai pebisnis, merasa puas dengan pencapaian saat ini adalah kesalahan paling besar.

Ingatkah anda bahwa di tahun 2000 hingga 2010 Nokia adalah leading market dibidang Telfon Genggam.

Perusahaan asat Finlandia tersebut merasa bahwa dunia tidak berubah.

Saat pengembang Android sudah menawarkan kerja sama, Nokia tidak open terhadap perubahaan teknologi. Hingga akhirnya semua orang di dunia beralih menggunakan SmartPhone.

So, Sebagai perbisnis jangan merasa cepat puas dengan pencapaian yang diraih saat ini.

“Stay hungry Stay Foolish” Steve Jobs

Masih Ada Faktor yang Belum Termasuk?

Kalau ada faktor lain yang belum tercantum, Anda bisa menambahkannya di kolom komentar ya…

Demikian uraian singkat mengenai apa saja faktor-faktor yang tidak mendukung kesuksesan bisnis seperti yang dijelaskan di atas.

Semoga cukup membantu dan menjawab pertanyaan yang Anda cari.

A part-time blogger, content writer, and WordPress enthusiast. Craving for everything about SEO and digital marketing.

Tinggalkan komentar