Kisaran Gaji Seorang Freelancer yang Wajib Kamu Ketahui

Sebelum berbicara mengenai berapa gaji seorang freelancer, sebelumnya saya ingin meluruskan pemahaman anda terlebih dahulu. Jadi yang dimaksud dengan gaji di sini adalah penghasilan atau komisi yang didapatkan setelah anda menyelesaikan sebuah project.

Ada dua alasan seorang freelance memiliki penghasilan di atas rata-rata. Pertama karena keahliannya memang sangat baik, yang kedua karena mereka mengerjakan banyak project sekaligus.

Penasaran dengan berapa gaji seorang freelancer?

Saya sudah merangkumnya jadi beberapa pekerjaan dan informasi tentang kisaran gajinya. Daftar pekerjaan ini saya rangkum dari beberapa situs freelancer yang ada di Indonesia dan luar Negeri.

Baca Juga: Tips Menjadi Freelancer Desain Grafis yang Sukses

1. Gaji Seorang Freelancer Data Entry

Pekerjaan data entry biaasanya mengharuskan anda untuk memindahkan data dari suatu format file ke format yang lainnya. Biasanya bisa berupa:

  • Input data ke website
  • Entry data dari Pdf ke Excel
  • Memasukkan data email ke spread sheet google

Gaji seorang freelancer untuk pekerjaan ini:

Rate Indonesia – Rp. 50.000 – Rp. 1000.000 per project.

Rate Luar Negeri – 50 USD – 500 USD per project.

Gaji seorang freelancer di luar negeri

2. Gaji Seorang Freelancer Video & Fotografi

Kabar baik bagi anda yang memiliki passion dibidang video dan fotografi, pekerjaan ini cukup banyak peluangnya. Mengingat saat ini sedang trend pekerjaan baru yaitu menjadi konten kreator.

Untuk kisaran komisi, sebenarnya tidak dapat di tetapkan berapa nominal yang dapat disebutkan, karena semua tergantung pada tingkat kesulitan dan waktu pengerjaan.

Pekerjaan ini meliputi:

  • Editing Photo
  • Photo Shot
  • Video Shot
  • Editing Video

Pengerjaan masing-masing project tergantung permintaan client anda, bisa jadi editing saja, atau bisa juga keduanya.

Di Indonesia rate yang ditawarkan mulai dari Rp 300.000 – Rp 500.000 untuk skala kecil, contoh foto product untuk iklan.

Sedangkan untuk skala besar seperti Pernikahan, kantir dan seminar, biasanya rate untuk video dan fotografi berkisar Rp 5000.000 bahkan dapat mencapai angka puluhan juta.

Berapa Gaji Seorang Freelancer Luar Negeri di Bidang ini?

Di luar negeri pasaran komisi untuk jasa pekerjaan freelance sejenis ini dihargai mulai dari $25-$1000 USD. Tergantung dari jumlah dan tingkat kesulitan.

Gaji Seorang Freelancer
Sumber Latium.org

3. Gaji Seorang Freelance Guru

Susuai dengan perkembangan era digital, apabila dulu guru memberikan les privat ke siswa dengan mendatangi rumahnya, sekarang semuanya bisa online.

Peluang menjadi freelance guru semakin mudah. Anda dapat memanfaatkan platform seperti Ruang Guru dan Quiper untuk mendaftarkan diri menjadi guru online.

Bayaran yang diterima dari pekerjaan ini berkisar dari Rp. 50.000 – Rp. 300.000 per jamnya. Lumayan besar kan?

4. Gaji Frelance Design Grafis

Semakin populernya personal branding pembuatan logo dan professional bisnis card ternyata membuat permintaan pasar terus meningkat.

Platform freelancer seperti logo ground dan fiver saat ini menjamur. Anda punya banyak pilihan menuangkan hobi desain grafis menjadi sumber penghasilan.

Komisi untuk freelance jenis ini tergolong tinggi di pasaran Indonesia, yaitu berkisar pada Rp. 100.000 – Rp. 2000.000. Design grafis ini bisa berbentuk design logo, banner, pamflet dll.

5. Gaji Seorang Penulis Freelance

Menulis adalah hal yang paling mudah untuk dilakukan, hanya perlu berbicara dalam ketikan jemari tangan, hehe (sok puitis).

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghasilkan gaji dari menulis.

  • Penulis content website / blog
  • Menjadi Penulis lepas di Platform freelancer

Pada saat ini, harga patokan untuk penulisan di dasarkan pada jumlah kata. Mulai dari Rp. 50.000 untuk 500 kata, dan akan mencapai Rp.400.000 untuk sebuah artikel 2000 kata.

Menjadi seorang freelancer memanglah menjanjikan, namun untuk menjadi fulltime freelancer di Indonesia belumlah cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Anda perlu mencoba berbagai situs freelancer luar negeri yang menjanjikan komisi puluhan kali lipat ketimbang di Indonesia, apabila ingin mendapatkan penghasilan yang jauh lebih besar.

Pada kesempatan selanjutnya saya hendak membahas situs-situs freelancer di Indenesia dan Luar Negeri yang dapat anda gunakan untuk mencari project. Demikianlah artikel mengenai apa itu freelance dan berapa gaji seorang freelancer. Semoga dapat menjawab pertanyan yang anda cari.

Sampai jumpa…

Share:

Tinggalkan komentar