5 Hal Utama Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Template WordPress

Setiap orang pasti ingin memiliki tampilan blog yang indah dan keren, bagi anda pengguna wordpress, ada beberapa hal utama yang harus diperhatikan sebelum memilih template WordPress untuk blog anda.

Pada artikel sebelumnya, saya telah membahas bagaimana cara membuat blog menggunakan wordpress. Disana saya menjelaskan bahwa, salah satu hal yang membuat pengunjung betah adalah tampilan visual blog.

Karena hal ini akan berpengaruh pada kenyamanan pengunjung, dan juga pada rangking hasil pencarian.

Memilih template WordPress yang tepat dapat menciptakan perbedaan yang ajaib dalam banyak hal. Pilihan tema yang kurang cocok dapat sangat menghambat kinerja website dan blog Anda.

Misalnya tema yang anda gunakan ternyata tidak mobile friendly dan cenderung tidak ramah SEO.

Maka anda akan kehilangan potensi pengunjung dari perangkat mobile. Tentunya akan lebih susah naik ke peringkat atas pencarian google.

Kesalahan dalam memilih tema atau template ini sering kali dialami oleh siapapun yang baru terjun di dunia blogging, termasuk saya dulu.

Keputusan yang tidak berpengalaman dan terburu-buru akan mengarah ke pilihan template yang sangat salah. Akibatnya bisa membuat anda sangat frustasi karena akan lelah duluan, karena waktu habis terbuang untuk mengurusi tema ketimbang memikirkan konten.

Inilah sebabnya mengapa saya berpikir untuk membuat postingan ini, dimana saya akan membagikan tips tentang 5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan sebelum Memilih template WordPress yang tepat.

Hal Utama Yang perlu Dipertimbangkan Dalam Memilih Tema WordPress

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih template WordPress, tetapi saya hanya mencantumkan 5 poin yang paling penting saja, agar dapat membantu Anda membuat pilihan yang tepat.

Poin-poin ini tidak hanya akan membantu Anda menemukan template yang sempurna tetapi juga, membuat Anda tetap santai dan cukup yakin dengan semua yang Anda lakukan pada blog/website yang anda miliki.

Tanpa banyak basa-basi, mari kita langsung ke intinya:

1. Memilih Template WordPress Yang Sederhana dan Ringan

Meskipun Anda akan menemukan banyak template WordPress dengan tampilan yang unik, lengkap dengan warna-warna mewah, widget atau pernak-pernik lainnya, sebenarnya template yang paling baik adalah yang simple.

Dengan template yang simple, skrip yang ada dalam template tidak terlalu banyak, hal ini akan membuat size template menjadi kecil. Efeknya akan membuat kecepatan loading blog anda meningkat.

Silahkan baca referensi berikut ini untuk mengetahui template yang memiliki kecepatan loading sangat baik. 10 Template WordPress Dengan Loading Tercepat [+ Speed Test]

Di satu sisi, hal tersebut juga dapat membuat anda menghemat banyak waktu. Karena fokus anda tidak terpecah untuk mengurusi tema saja.

Fokus utama anda adalah membuat konten yang berkualitas, jadi mempercantik template bisa anda lakukan berjalan seiring waktu.

Template yang sederhana sebenarnya membuat banyak ruang untuk kustomisasi, yang pada akhirnya dapat membantu Anda memberikan desain yang paling sesuai untuk website Anda. Tapi sabar, anda tidak harus melakukannya sekarang.

2. Cari Template Responsif

memilih tema yang responsif

Tidak peduli apapun yang menjadi tujuan anda membuat sebuah blog/website, yang pasti anda ingin punya banyak pengunjung bukan?

Untuk itu, anda harus sadar dengan fakta bahwa sebagian besar pengguna internet sebenarnya adalah pengguna Smartphone.

Pastikan anda membaca semua spesifikasi dari setiap template dengan cukup hati-hati, dan periksa apakah tema yang akan anda gunakan sudah mendukung mobile responsif.

Responsif artinya tampilan blog anda tidak berantakan dan tetap indah ketika dibuka di smartphone. Pastikan apakah template tersebut akan berfungsi dengan baik di semua perangkat!

Tema dengan desain responsif dapat sangat membantu Anda dalam mendapatkan traffic dari semua perangkat baik pc, desktop, dan smartphone. Setiap situs web yang sukses saat ini sudah jelas menggunakan tema responsif.

Berdasarkan Google News, tingkat perbandingan pengguna website antara media HP 65% dan PC 35%. Dan akan terus meningkat.

Tanpa template responsif, pengunjung anda pasti tidak akan mendapatkan pengalaman yang membuat betah, saat mengunjungi situs web Anda dari ponsel mereka.

Selama bertahun-tahun, banyak situs web e-commerce, serta blog, telah mencapai kesuksesan luar biasa dalam hal konversi karena tema responsifnya yang brilian.

3. Kompatibilitas Browser

Anda juga perlu memastikan template yang akan anda gunakan sudah mendukung penggunaan berbagai macam browser. Meskipun dari pihak WordPress telah menguji kompatibilitas browser dari temanya, tapi hal ini tidak berlaku sepenuhnya untuk tema gratis.

Itulah sebabnya mengapa sangat penting untuk menguji tampilan template terlebih dahulu di berbagai browser populer, untuk memeriksa kompatibilitas browsernya.

Tidak perlu semua browser, cukup beberapa yang paling mainstream seperti: Chrome, Firefox, Edge, Safari.

4. Pilihan Plugin

kecocokan plugin dengan tema perlu diperhatikan dalam memilih tema wordpress

Saya sangat menyadari apa yang membuat WordPress sangat di gemari. Selain menjadi CMS yang ‘mudah dikelola’ atau di kustom.

Plugin yang ada pada wordpress adalah salah satu daya tarik terbesarnya. Plugin dapat membantu Anda dengan fungsionalitas yang lebih luas, tanpa harus CODING.

Dan memang, ada ribuan plugin yang gratis namun sudah sangat powerful kegunaannya.

Alasan saya memasukkan plugin sebagai pertimbangan adalah, karena tidak semua plugin bisa cocok dengan template wordpress anda.

Oleh karena itu, anda harus berhati-hati dalam memilih template mana yang cocok dengan plugin yang anda gunakan.

Sehingga tidak menggangu performa blog anda, anda bisa pelajari plugin yang wajib anda instal di wordpress disini.

5. Pastikan Tema WordPress Sudah SEO Friendly

hal yang perlu diperhatikan dalam memilih tema wordpress adalah aspek seo friendly

Search Engine Optimization atau SEO adalah aspek yang tidak pernah dapat diabaikan jika Anda ingin situs web Anda mencapai kesuksesan besar. Faktanya, inilah yang dibutuhkan situs web agar lebih bersaing ke posisi pertama…

Sebuah situs web dengan SEO sempurna akan selalu mempertahankan posisinya di SERP atau Halaman Hasil Mesin Pencari. Karenanya, ini adalah faktor yang tidak boleh dilewati saat mencari tema untuk situs web Anda.

Bahkan tema dengan tampilan paling indah dapat menghasilkan kode HTML yang buruk. Yang pada akhirnya dapat mempengaruhi loading halaman. Ini harus di sadari betapa pentingnya aspek kecepatan dari sebuah situs web dalam SEO.

Semakin cepat pemuatan halaman, SEO akan bekerja lebih baik untuk website tersebut. Inilah sebabnya mengapa penting untuk memeriksa apakah suatu tema ramah SEO sebelum memilihnya.

Anda dapat melakukannya dengan memeriksanya menggunakan layanan Validasi Markup W3C untuk melihat apakah tema tersebut memiliki HTML5 yang tepat.

Kesimpulan

Menurut saya, hal bijaksana yang dapat kita lakukan agar memiliki website/blog yang sukses adalah tidak terburu-buru (santai tapi progres bertambah).

Memilih tema yang tepat untuk situs WordPress anda tentunya merupakan aspek yang paling penting dan anda tidak boleh salah pilih. Karena mengubah template berulang kali bisa sangat melelahkan dan kehilangan fokus untuk membuat konten terbaik.

Jangan sampai waktu anda habis untuk mengolah tampilan yang pada dasarnya relatif, tergantung selera saja. Lima poin yang saya bagikan di posting ini cukup baik untuk membantu Anda memilih template yang paling sesuai untuk website WordPress Anda.

Semoga dengan informasi tersebut anda jadi lebih kritis dan bisa menjatuhkan pilihan yang tepat untuk memilih template di WordPress.

A part-time blogger, content writer, and WordPress enthusiast. Craving for everything about SEO and digital marketing.

Tinggalkan komentar