10 Ide Jualan di Rumah yang Laris dan Banyak Peminatnya

Jualan memang bukan hanya tentang mencari untung dan rugi. Ada beberapa orang yang hanya untuk sekedar punya kegiatan ketika dirumah saja. Namun tak jarang yang memang mencari untung. Untuk itu kamu yang hendak berjualan, ide jualan di rumah yang laris di artikel ini adalah solusinya.

Mari simak apa saja jualan yang bisa dilakukan dari rumah dan tentunya punya punya potensi keuntungan yang cukup menggiurkan.

10 Ide Jualan di Rumah yang Laris dan Banyak Peminatnya

Tidak perlu memikirkan untuk punya lapak ketika berjualan dari rumah. Karena kamu bisa mulai dari:

1. Menjual Lauk dan Gulai ke Warga Komplek

Ide ini menurut saya cukup berhasil untuk menambah penghasilan maupun sekedar menambah kegiatan ketika di rumah. Di komplek tempat saya tinggal, ibu-ibunya saling terhubung satu sama lain melalui group jual beli kompleks.

Di dalam group tersebut saya sering melihat beberapa orang menjual lauk dengan sistem PO. Dengan cara ini, kemungkinan masakan terbuang karena tidak laku jadi sangat kecil.

Kamu hanya perlu memasak apa yang sudah dipesan saja.

Jadi mereka akan menjual extra lauk yang mereka masak pada keesokan harinya. Bagi saya, ini adalah cara yang wow!. Karena ibu-ibu ini hanya perlu memasak dengan porsi extra agar dapat keuntungan.

Kalau kamu tertarik, saya rasa kamu bisa mencobanya di komplek rumahmu.

2. Membuka Warung Sembako

Jualan Sembako

Jangan berfikir sembako bukan lah ide jualan di rumah yang menjanjikan!

Faktanya, jualan yang tidak terimbas oleh pandemi adalah jualan sembilan bahan pokok. Karena apapun kondisinya, orang-orang akan membutuhkan bahan makanan.

Masih di sekitar kompleks rumah saya, ada seorang tetangga yang baru mulai jualan sembako. Saya pikir pada awalnya ia tidak akan bertahan. Namun dugaan saya salah, saat ini pembeli ke warung sembakonya sudah mirip dengan pasar.

Padahal, jarak pasar dari komplek tempat saya tinggal tidaklah jauh.

Dari situ saya bisa mengambil kesimpulan:

  • Jualan sembako, asal harganya tidak jauh berbeda dengan pasar, maka orang akan lebih memilih belanja ke warung.
  • Warung sembako adalah solusi para warga untuk menghemat waktu dan ongkos.

3. Jualan Sarapan Khas Daerah

Entah disadari atau tidak, sarapan khas dari suatu daerah memang punya daya tarik tersendiri. Meskipum kamu orang palembang, ketika kamu jualan sarapan khas palembang ( Burgo, Celimpungan, Dll) di Sukabumi, saya yakin jualanmu tidak akan sepi peminat.

Hal ini juga terjadi di daerah tempat saya tinggal, yaitu di Batam. Ada tetangga asli medan yang setiap pagi jualan lontong medan.

Ternyata pembelinya sangat ramai dan mau mengantre. Setelah beberapa kali ikut mengantre, saya tahu bahwa pembelinya justru bukan orang medan.

Ide jualan rumahan yang bagus bukan?…

4. Jualan Pulsa dan Agen Pembayaran Online

Jualan pulsa memang terkesan jadul, karena mungkin sudah banyak menjamur konter-konter HP yang lebih besar dan lengkap.

Namun tidak ada salahnya kamu mencoba ide yang satu ini.

Karena saat ini untuk bergabung menjadi member atau agen penjual pulsa sudah sangat mudah. Semuanya dapat dilakukan secara online dan modal yang minim.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mencoba untuk menjual paket-paket pembayaran online seperti listrik, dan PDAM sekaligus. Kalau kamu tertarik untuk mencoba jualan pulsa dan menjadi agen pembayaran online, kamu bisa membaca panduannya di sini: Panduan Lengkap Cara Jualan Pulsa Bagi Pemula.

5. Jualan Nasi Uduk

Nasi uduk merupakan menu sarapan orang Indonesia. Nama lain dari nasi lemak ini dijual di pagi hari dengan berbagai jenis lauk seperti bihun, orek tempe, telur, gorengan, kerupuk dan sambal. Bisnis ini dilirik banyak orang karena jam berjualannya yang cukup singkat.

Modal untuk berjualan nasi uduk juga tidaklah besar. Bisnis ala rumahan ini cocok untuk kamu yang ingin membuka usaha, namun tidak lelah meladeni pembeli setiap hari. Hanya saja, kamu perlu belajar memasak sehingga rasa nasi uduk menjadi enak.

Ada dua tipe menu yang umumnya dijual, yakni nasi uduk putih dan nasi kuning. Keduanya memiliki resep dan tambahan lauk yang sama. Untuk lokasi berjualan, kamu bisa memanfaatkan ruang di depan rumah hanya dengan menaruh meja untuk menghidangkan lauk di depan pembeli.

6. Jualan Gorengan

Jualan Gorengan

Meski sering dibilang sebagai makanan yang tidak sehat, namun penggemar gorengan masih mencari-carinya. Pasalnya, gorengan tak hanya cocok untuk dijadikan camilan namun juga lauk untuk makanan pendamping nasi atau menu besar lainnya.

Di Indonesia, ada beragam jenis gorengan yang umumnya dijual seperti tahu, tempe, pisang, cireng, ubi, bakwan, dan lain-lain. Hampir seluruh bahannya adalah sayur-sayuran dengan kombinasi tepung terigu. Semua bahan relatif mudah didapatkan di pasaran atau warung terdekat.

Membuka usaha ini di rumah pun tidak sulit. Kamu tak membutuhkan gerobak gorengan. Cukup dengan menggelar sebuah meja dengan baki-baki berisi gorengan yang sudah matang.

Kamu bisa menjual gorengan di pagi hari atau sepanjang hari tergantung kesanggupan kamu.

7. Membuka Warteg

Warteg alias warung tegal kini tak hanya terbatas dibuka oleh orang yang berasal dari daerah Tegal saja. Selama kamu bisa memasak berbagai lauk pauk, kamu bisa membangun usaha jualan di rumah yang laris ini. Hanya saja, modal yang dikeluarkan tidaklah sedikit.

Membuka warteg biasanya membutuhkan tempat agar pembeli bisa makan di tempat.

Selain keahlian memasak, kamu juga harus menyiapkan berbagai barang seperti etalase untuk memajang makanan, meja, kursi, kipas angin untuk ruangan, hingga alat-alat makan yang lengkap.

Jika tak memiliki ruangan yang khusus untuk para pembeli makan di tempat, kamu bisa memanfaatkan lahan di depan rumahmu. Siapkan saja meja dan kursi makan sederhana, juga meja untuk lauk-pauk. Usaha ini terbilang bisa mendatangkan keuntungan yang menggiurkan.

8. Membuka Warung Jajan Anak

Anak-anak adalah kelompok usia yang paling sering menghabiskan uang untuk jajan. Kamu bisa memanfaatkan pola konsumsi mereka dengan membuka sebuah warung jajan.

Warung jajan tidak butuh ruang yang luas dan kamu bisa membukanya di teras rumah yang sempit sekalipun.

Ada banyak tipe produk yang bisa kamu jual. Yang paling laku jelas produk makanan ringan seperti snack gurih dan makanan manis yang berhubungan dengan cokelat atau gula. Tipe jajanan lain adalah mainan murah seperti gasing, balon, dan miniatur plastik.

Untuk membuka warung ini, pastikan lingkungan di sekitar mendukung. Pasalnya, percuma jika kamu menjual jajanan anak namun kamu tinggal di komplek tertutup. Usaha ini cocok untuk tipe perumahan perkampungan dengan banyak anak-anak yang bermain di sekitar rumah.

9. Menjual Bensin Eceran

Memiliki kendaraan bermotor sudah bukanlah hal yang asing. Hampir di setiap rumah tangga memiliki kendaraan pribadi seperti motor untuk bisa dengan mudah bepergian. Kebutuhan utama dari motor tentu saja bahan bakar seperti bensin.

Kamu bisa membuka warung bensin eceran di depan rumah dengan harga yang kompetitif. Banyak orang yang mencari penjual eceran lantaran lokasi POM bensin yang jauh. Belum lagi, antrian di POM bensin juga sangat panjang dan membuang waktu pembelinya.

10. Membuka Warkop Sederhana

Warkop alias warung kopi merupakan tempat nongkrong yang didominasi oleh bapak-bapak. Sebagian pembelinya merupakan pekerja yang ingin menikmati waktu bersantai dengan hidangan yang murah. Ide jualan di rumah yang laris ini cukup menggiurkan di kota-kota besar.

Meskipun namanya warung kopi, kamu tak hanya menjual kopi. Makanan yang biasa dijual di warkop adalah mie instan, gorengan, hingga bubur kacang. Warkop dikenal sebagai usaha 24 jam dan pembeli yang datang biasanya mencari waktu di tengah malam.

11. Jualan Makanan dan Minuman Ala Angkringan

Angkringan memang terkenal di daerah Yogyakarta dan Jawa Tengah. Namun, mode jualan ini kini banyak ditiru di tempat lain karena modal yang rendah dan mudah laris. Angkringan menjual makanan matang seperti nasi dan lauk-pauk yang dijual seperti sate.

Kini angkringan banyak ditiru tak hanya dalam mode gerobak, namun juga food truck. Menunya pun tak selalu nasi kucing seperti yang dijual di Jawa. Kamu bisa menjual makanan kekinian seperti sosis dan otak-otak bakar untuk menyasar pembeli dari kalangan anak muda.

Tertarik dengan ide jualan di rumah yang laris di atas?

Yang penting, kamu harus menyiapkan modal berupa kemauan dan juga sejumlah uang. Tak masalah jika modalnya sedikit, kamu bisa merintisnya dari skala terkecil.

A part-time blogger, content writer, and WordPress enthusiast. Craving for everything about SEO and digital marketing.

Tinggalkan komentar