Keunggulan Blogspot atau Blogger Dibanding Dengan WordPress

Pada artikel ini kita akan membahas tentang berbagai Keunggulan Blogspot (sekarang blogger.com) Dibanding Dengan WordPress.

Dimana platfom untuk membuat blog ini adalah salah satu penyebab boomingnya blogger di internet.

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang keunggulannya, ada baiknya kita mengulas sedikit mengenai apa itu blog.

Ada yang bilang, blog adalah tempat menuliskan ide anda di internet, dimana tulisan anda itu akan muncul sebagai halaman web, ketika orang mencari informasi di search engine.

Blogspot atau blogger adalah platform untuk membuat dan mengelola blog yang anda buat.

Ada juga orang yang bilang, blog adalah sumber penghasilan!.

Lantas mana yang benar?

Jawabnya: Semua benar!

Karena memang tujuan orang blogging tidak bisa disamakan. Menurut saya pribadi, blog adalah dimana anda menghasilkan karya berupa konten yang berupa tulisan dan gambar seperti media sosial, namun bisa menghasilkan uang dari blog anda.

Bedanya dengan media sosial, blog bisa anda kustomisasi tampilannya sesuai selera, dan setiap blog baru bisa terbaca oleh orang lain apabila anda membagikan atau mendaftarkan blog anda ke Google search.

Kalau anda sadari, hampir setiap hasil pencarian yang anda cari google, yang muncul adalah sebuah blog dengan artikel yang sesuai dengan kata kunci yang anda ketik.

Kemudian bagaimana bisa blogging menjadi tenar?

Pada tahun 2003 di indonesia mulai bermunculan blogger pemula, yang sekarang sudah tenar dan kaya raya karena blognya. Jadi mereka menjadi pemantik utama boomingnya blogger di Indonesia.

Contoh Blogger angkatan pertama : blogodolar.com.

Awalnya banyak juga dari mereka yang menggunakan blogspot sebagai platformnya. Sesuai dengan yang saya katakan di awal, blogger adalah salah satu pemrakarsa tenarnya blogging di Indonesia.

Anda tertarik menjadi blogger? coba anda baca artikel mengenai alasan mengapa anda harus memiliki blog sekarang juga.

Oke mari kita bahas keunggulan blogger dibanding dengan wordpress, simak selengkapnya dibawah ini.

Keunggulan Blogspot Dibanding WordPress

Apa yang anda baca dibawah ini adalah fitur yang didapatkan ketika menggunakan platform blogspot.

1. Free Hosting 100%

Hosting adalah tempat menyimpan semua file yang ada di blog anda, karena blogger langsung terhubung dengan google, maka hosting langsung disediakan oleh server Google.

Anda tidak perlu repot-repot untuk membayar hosting untuk blog anda. Walaupun sekarang hosting server lokal Indonesia sudah sangat terjangkau, namun bagi anda yang ingin memulainya secara gratis, blogspot adalah pilihan tepat.

2. Mudah Instalasi dan Penggunaan

Sangat mudah diinstall, anda tinggal login dan menuliskan nama blog, domain, deksripsi. Maka dalam sekejap blog anda sudah jadi.

Begitu juga dengan mengaplikasikannya sangatlah mudah. Tampilan usernya sangat friendly untuk pemula.

Untuk anda yang baru akan mulai membuat blog, platform ini sangatlah cocok untuk belajar dan mulai mengembangkan blog.

3. Domain Gratis

Ketika anda sudah mendaftar ke blogger, maka anda akan mendapat satu domain gratis. Namun dengan ekstensi sub domain yaitu .blogspot.com. Misal: blogsaya.blogspot.com.

4. Lebih Mudah Diterima Oleh Google Adsense

Google adsense adalah salah satu cara untuk mendapatkan uang dari blog. Cara kerjanya yaitu anda menempatkan iklan yang diberikan google di halaman blog anda.

Ini pendapat saya peribadi…

Bagi beberapa orang, mendaftar adsense sangat susah. Ada yang pernah di tolak hingga 15 kali, bahkan sampai saat ini belum diterima.

Padahal, apabila anda sudah memenuhi kriteria yang di minta oleh google, kemungkinan besar akan lebih mudah di terima saat mendaftar Google Adsense menggunakan platform blogger.

Coba baca artikel ini, pengalaman mendaftar dan diterima oleh google adsense. Di sana saya menceritakan berapa lama dan syarat yang sebaiknya di miliki oleh blog yang ingin di daftarkan ke google adsense.

5. Tersedia Banyak Template Modern

Karena blogger juga mengikuti perkembangan jaman, maka template template modern dan kekinian tersedia ribuan jumalahnya, anda bisa search template yang bagus untuk blogger. Contoh blog yang menyediakan template gratis : Themeexpose.com.

Keunggulan blogging dengan blogger atau blogspot

Jadi kelima hal di atas adalah keunggulan blogger dibanding wordpress. Karena di wordpress handa harus menyediakan hosting dan domain secara mandiri.

 

Terlepas dari keunggulan dan kemudahannya, tentu saja setiap platform memiliki kelemahan, apa saja kelemahannya?

Berikut ini beberapa kelemahan yang ada pada platform blogger, apabila di bandingkan dengan WordPress.org.

Kelemahan Menggunakan dengan Blogspot

1. Blogger/Blogspot Tidak Sepenuhnya Milik Anda

Ini alasannya, saya sudah katakan di atas bahwa hosting blogger adalah langsung ke server blogger oleh google. Sehingga anda tidak memiliki hak atas hosting blog anda.

Akibatnya, bisa saja sewaktu waktu mereke menutup atau menghapus blog anda tanpa informasi, dan anda tidak punya backupnya. Ini bisa anda baca di kebijakan blogger.com.

2. Susah Untuk Mencapai Halaman Pertama SERP

Susah disini bukan berarti tidak bisa ya, tapi memerlukan usaha ekstra, karena anda perlu paham teknik SEO untuk membantu anda menuju halaman pertama hasil pencarian search engine.

Sedangkan di kompetitornya wordpress.org, tersedia plugins yang bisa digunakan untuk memahami SEO. Baik on page maupun off pagenya.

3. Permalink Kurang Bisa di Custom

Permalink adalah link URL postingan blog anda, kalau dengan wordpress, anda akan dengan mudah memodifikasinya sesuai judul postingan anda. Ini juga termasuk ke teknik SEO.

Kalau di Blogger, permalink sudah otomatis tersedia ketika anda menulis judul, dan biasanya tidak bisa banyak di modifikasi.

4. Mengganti Domain Menjadi TLD Berarti Siap Kehilangan Pengunjung

Domain itu bisa diibaratkan sebuah nomer telfon. Google akan menggunakan domain untuk memanggil artikel yang anda tulis di dalam blog.

Jika diganti dipertengahan jalan, anda beresiko kehilangan pengunjung. Karena blog di anggap masih baru oleh google, sehingga butuh waktu yang tidak sebentar untuk kembali seperti semula.

Solusinya, anda sebaiknya membeli domain TLD langsung saat berniat serius menekuni dunia blogger.

Baca: Pengertian TLD (Top Level Domain)

5. Sudah Tidak Ada Update Lagi Dari Developernya

Seiring berjalannya waktu, teknologi semakin berkembang dan canggih. Hal itu membuat banyak orang untuk meningkatkan layanan dan kemampuan produknya ke versi yang lebih tinggi untuk memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada.

Pertimbangan untuk masa depan menjadi penentu utama dalam mengambil keputusan. Termasuk menentukan apakah kamu ingin tetap menggunakan Blogspot atau beralih ke yang lainnya.

Kenyataannya adalah Blogspot tidak ada melakukan upgrade yang signifikan dan memperbaiki masalah yang ada.

Banyak blogger mengkritik Blogspot yang tidak meningkatkan kualitas sistem dan layanannya.

Blogspot juga tidak memiliki opsi berbayar untuk memanfaatkan fungsi yang lebih canggih layaknya seperti WordPress.

Akhirnya, banyak orang yang tidak bertahan dengan Blogspot dan beralih menggunakan platform lain yang lebih bagus performanya.

Penutup

Blog memanglah menjadi salah satu tempat bagi kta untuk membangun indentitas atau branding, sebagai generasi penerus, memang sebaiknya kita terus berkarya meski melalui tulisan.

Orang-orang mengira bahwa ketika mereka bertanya pada mbah google, mbah google tau segalanya, padahal tidak.

Google adalah search engine, atau gampangnya google adalah tukang cari artikel dari jawaban yang anda tanyakan. Jadi harus ada orang yang harus membuat jawaban yang orang lain cari di google.

Persoalaan mengenai keunggulan platform blogging sebenarnya kembali ke tujuan anda, apabila tujuannya adalah komersial, maka menurut saya anda harus juga mempelajari platform lain seperti wordpress.org.

Kalau anda masih dalam tahap belajar, saya rasa menggunakan platform blogger atau blogspot ini bukanlah masalah, karena kedepan anda bisa migrasi ke platform lain, walaupun susah untuk dilakukan.

Jika anda tertarik untuk menjadi blogger, dan anda bingung untuk mulai dari mana, mungkin artikel ini bisa membantu: Panduan membuat blog yang menghasilkan uang.

Share:

Tinggalkan komentar