Menu Tutup

Inilah 6 Keuntungan Menjadi Guest Blogger di Blog Lain (Langsung dari Google)

keuntungan menjadi guest blogger

Saya dulu menganggap bahwa menjadi guest blogger itu tidak ada gunanya. Ternyata anggapan tersebut 100% salah.

Mungkin waktu itu saya sedang mencari pembenaran dan bersikukuh bahwa saya tidak butuh blogger lain untuk berkembang.

Padahal saya sebenarnya minder dengan beberapa hal ini:

  • Apakah tulisan saya sudah cukup bagus?
  • Hmm… mereka mau terima tidak ya tulisan saya?
  • Mengapa saya harus capek-capek nulis di blog lain?
  • Saya tidak siap untuk ditolak!

Hingga saya sadari, ternyata banyak keuntungan yang saya dapat setelah pertama kali mencoba guest post.

Dan dari sana saya mengetahui bahwa banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapatkan jika kita menjadi guest blogger.

Selain itu, sudah tidak diragukan lagi bahwa Google juga menyukai backlink dari guest post. Silahkan simak video dari Google Search Central langsung:

Jelas kan?…

Dari video di atas, saya dapat menjabarkan, saa saja yang bisa kita dapatkan dengan menulis guest post di blog lain? Berikut beberapa diantaranya:

1. Backlink Kontekstual Berkualitas

Backlink yang Anda dapatkan adalah link berkualitas, karena berasal dari body post, berada di dalam tulisan (kontekstual).

Dan link ini adalah one way link, link satu arah menuju blog Anda, bukan seperti pertukaran link via blogroll. Perlu anda ketahui, Google melarang kita untuk bertukar backlink. Namun masih bisa diatasi dengan tautan rell nofollow.

Seperti kita ketahui bersama, link dari blog yang memiliki domain authority lebih tinggi menuju blog kita, berarti dia ‘membagikan’ authority-nya kepada kita.

Dengan begitu, domain authority blog kita juga ikut naik.

Nantinya anda mungkin akan sering mendapatkan penolakan dari blogger lain ketika mengajak bertukar link. Karena blog yang lebih muda biasanya masih belum memiliki domain authority (DA/PA) yang bagus. Wajar kok, tidak perlu ambil hati, kirimkan penawaran ke blog lain.

Kalau anda punya sedikit anggaran, guest post berbayar patut untuk dipertimbangkan. Ketimbang membayar jasa backlink yang tidak jelas dari mana asalnya.

Saya sendiri juga berpengalaman mengenai penggunaan jasa backlink abal-abal. Akibatnya backlink yang saya dapat bersumber dari situs po*n. Saya sudah menuliskan ceritanya disini.

2. Relasi Baru yang Saling Menguntungkan

Selain backlink, Anda akan mendapatkan ‘paket’ persahabatan karena telah melakukan kegiatan yang bisa dikategorikan sebagai simbiosis mutualisme.

Begini:

Menulis itu kadang ada waktunya jenuh dan lelah. Dengan anda menawarkan guest post di blog lain, tentu si pemilik blog akan senang hati karena blognya akan menerbitkan artikel tanpa menulis.

Sedangkan anda, akan mendapatkan backlink berkualitas. Adilkan?

Selama Anda menawarkan tulisan terbaik Anda, saya jamin jalinan persahabatan yang terbentuk akan lebih lama lagi.

Siapkan diri Anda untuk membantunya menulis beberapa guest post lagi jika blogger tersebut puas dengan tulisan Anda.

Tidak menutup kemungkinan, pemilik blog punya lebih dari satu blog yang dikelola. Artinya kemungkinan mendapatkan backlink bertambah satu lagi.

Terlepas dari soal backlink, kita juga akan mendapat teman baru untuk bertukar ide. Seperti yang anda tahu, menemukan teman sesama blogger saat ini tidaklah mudah.

3. Meningkatkan Pengunjung Blog

Blog baru biasanya memiliki sedikit sekali pengunjung organik ( dari Search Engine).

Hal ini wajar…

Bayangkan kalau anda menulis di blog lain yang sudah punya ribuan traffic perharinya?

Blog anda akan mendapatkan traffic cuma-cuma dari blog yang anda beri guest post.

Dengan syarat, tentunya tulisan Anda harus mampu ‘menarik’ hati pembaca blog tersebut.

Jangan hanya menulis seadanya, karena tulisan yang mengagumkan berarti besar kemungkinan pembaca ingin mengetahui lebih jauh tentang Anda dan blog Anda.

Tips:

Untuk mendapatkan traffic tambahan dari blog lain, sebaiknya lakukan guest post di blog yang sudah memiliki traffic.

Bagaimana cara ceknya?

Anda bisa gunakan tools gratis seperti Ubersuggest. Ketikkan nama domain yang akan diberi artikel, dalam hitungan menit anda akan mengetahui jumlah traffic bulanan blog tersebut.

Butuh bantuan meningkatkan traffic blog? silahkan baca artikel ini: Cara meningkatkan pengunjung blog.

4. Mengenalkan Diri dan Brand

Selama ini mungkin Anda berpikir: “Saya telah menulis dengan baik, tetapi masih juga belum banyak yang membaca”.

Itu karena Anda belum cukup baik mengenalkan dan mempromosikan blog Anda kepada orang lain.

Dengan menjadi guest blogger, Anda mendapatkan salah satu sarana terbaik untuk mengenalkan blog Anda kepada pembaca yang lebih luas.

Pada awalnya memang tidak akan banyak yang mengikuti link dari host blog tempat Anda menjadi guest blogger, tetapi setidaknya Anda telah mengenalkan nama Anda dan blog Anda pada para pembaca.

Jika Anda rajin sebagai guest blogger, lambat laun blogger lain akan mengenal blog Anda dengan sendirinya. Memang memerlukan waktu dan keseriusan.

Makanya tidak sedikit blogger yang putus asa!

5. Promosi Gratis!

Dulu, orang-orang masih menerapkan blogroll.

Atau lebih falimiar dengan memasang iklan baris, atau membeli spot banner di blog lain? Bagi beberapa blogger, iklan seperti itu dengan mudah ‘diabaikan’. Dilihat sebelah matapun tidak.

Memasang iklan baris atau banner mungkin dapat mendatangkan trafik yang besar ke blog Anda, tetapi sebagian besar hanya ‘kesasar’ dan dengan segera meninggalkan blog Anda tanpa kembali lagi. Ini yang bahaya, karena akan menyebabkan bounce rate semakin tinggi.

Beda dengan guest blogger yang benar.

Biasanya konten yang dimuat oleh pemilik blog adalah topik yang masih relevant. Artinya pengunjung yang tertarik mengunjung blog anda adalah pengunjung dengan minat yang sesuai dengan topik yang anda tulis.

Selain itu, tulisan yang bagus memiliki daya tarik untuk mengetahui siapa penulis tulisan ini?

Karena saya sendiripun, ketika membaca tulisan yang menarik, pasti akan tertarik untuk mencari tahu siapa sih yang menulis artikel ini.

6. Percaya Diri

Meningkatkan rasa percaya diri diawal mengembangkan blog memang tidak mudah. Akan banyak timbul pertanyaan tentang kualitas konten yang kita buat.

Dengan menyerahkan tulisan untuk guest post, secara tidak langsung kita telah meminta koreksi pada orang lain secara gratis. Plus yang mengoreksi sudah punya pengalaman lebih dulu kan.

So jangan berputus asa karena penolakan, karena itu adalah sebuah koreksi dan kritik untuk lebih baik.

Kesimpulan

Saya pribadi sudah banyak melakukan guest post di blog-blog lain. Memang sudah banyak keuntungan yang saya dapat dari menjadi guest blogger, seperti:

  • DA dan PA Meningkat
  • Punya Teman Baru
  • Traffic Tambahan

Di awal-awal mungkin anda bisa melakukan apa yang sudah lakukan, yaitu menyiapkan 2 artikel setiap bulan untuk diposting di blog lain.

Kalau anda bingung bagaimana mencari blog yang mau menerima guest post, anda bisa mengetikkan kata kunci ini di Google ” Topik Menerima Guest Post”. Ganti topik sesuai dengan niche blog anda.

Maka anda akan menemukan blog se-niche yang menerima guest blogger.

Sudahkah anda menjadi guest blogger?

Bagi pengalamannya di kolom komentar ya

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *