10 Alasan Mengapa Blogger Malas Ngeblog

Saya pikir, hampir semua blogger pernah mengalami fase malas ngeblog. Apalagi kalau masih berstatus part time blogger, bisa lebih dari 10 malah alasannya.

Lantas apakah fulltime blogger juga pernah malas? jawab singkatnya iya. Tapi bedanya, fulltime blogger sudah menggantungkan hidupnya disana, jadi alasan apapun itu tidak mempan karena ada keluarga yang perlu di hidupi. hehe…

Apa saja alasan blogger malas ngeblog? Mungkin 10 jawaban ini adalah salah satunya.

1. Belum Menghasilkan

Ya siapapun orangnya, mengerjakan sesuatu yang belum ada hasilnya memang terasa berat. Apalagi seorang single fighter. Semuanya dikerjakan sendiri, menyita waktu, tenaga dan pikiran. Tapi belum ada sepeserpun penghasilan yang didapatkan.

Bagi blogger pemula, sebenarnya ini adalah proses seleksi alam. hehe..

Solusinya hanya satu, terus lanjut sampai lelahmu terbayar. Ingat aja, blogger yang sukses saat ini itu dulunya juga “malas” tapi dilawan.

2. Kehabisan Ide Menulis

Ide ini biasanya akan cepat habis kalau blog yang dibuat cenderung tidak konsisten pada satu niche. Akhirnya bingung sendiri mau nulis konten seperti apa, dan kategori yang mana?

Blogger yang pernah salah arah pasti setuju..

3. Memilih Niche yang Salah

Niche itu paling enak kalau cocok dengan minat, hobi, dan passion kita. Kalau dipaksakan mungkin iya bisa sukses. Tapi tetap saja muncul pikiran begini “aku mau buat blog lagi satu yang sesuai dengan passion”.

Bener nggak?

Akhirnya, blog yang dikelola saat ini dikerjakan setengah hati. Kalau sudah setengah hati akhirnya malas…

4. Salah Beli Domain

Biasanya, kalau sudah salah pilih niche, domain pun rasanya ikut salah. Pokoknya liatnya kurang match, kurang sreg lah.. Sedangkan, kalau kita beli domain baru yang lebih cocok dengan niche misalnya, maka authoritynya akan diulang dari awal.

Mulai dari indeks Google dan seterusnya.. Ahh ya sudahlah.. Akhirnya malass..

5. Tidak Terindeks Google

Sudah nulis konten seharian, ngumpulin ide 3 hari. Pas dipublish sampai seminggu nggak juga terindeks oleh Google. Akhirnya besok males lagi nulis!

Hehe, sebenarnya hal ini wajar kok. Karena pada dasarnya Google Bot itu punya kuota untuk melakukan crawl setiap harinya. Nah disini kamu perlu tahu, bagaimana membantu Google bot lebih mudah merayapi post-post yang kamu terbitkan.

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan adalah:

  • Menggunakan Themes Modern – Bukan hanya dari segi tampilan ya, tapi lebih ke backendnya. Misal apakah themes yang kamu gunakan sudah menggunakan Bahasa pemrograman HTML 5 dan CSS3 atau belum.
  • Speed Blog – Perhatikan juga, apakah loading blogmu sudah mengikuti standar Google Light house atau belum. Kalau belum, kamu perlu mempercepat loading blog agar bot semakin cepat melakukan crawl.
  • Gunakan Hosting yang reliable. Artinya dari segi Uptime yang sudah mencapai 99.9%, dan juga sudah menggunakan SSD untuk disk storagenya. Kalau sudah, pasti dijamin blog mu wushh!!

6. Tidak Direncanakan Dengan Baik

Penyebab dan alasan malas ngeblog yang paling besar sepertinya di poin ini. Ini kelanjutan dari beberapa salah di poin sebelunya.

Blog yang dibangun tanpa perencanaan yang baik tidak akan memuaskan hati pemiliknya. Ada saja hal yang bikin nggak sreg. Entah itu niche, hosting, domain, themes. Dah, pokoknya semuanya bikin malas.

7. Web Berita Raksasa Mendominasi

Alasan blogger malas ngeblog berikutnya adalah menggilanya situs portal berita. Mereka mengambil semua keyword-keyword yang seharusnya jadi rebutan para blogger.

Contoh saja keyword “cara membuat email” yang mengisi rank 1 adalah situs berita seperti Merdeka, Tribun, dan Pikiran Rakyat. Semua jenis topik dan niche mereka babat habis.

Situs berita bikin malas ngeblog

Blogger solo player yang serba sendiri, pasti kalah telak melawan mereka. Kita menulis 1 artikel bisa butuh waktu seminggu, mereka menulis 20 artikel perhari. Penulis mereka banyak, lha kamu? hehe..

8. Minat Baca Masyarakat Cukup Rendah

Bukan rahasia lagi kalau minat baca masyarakat Indonesia cukup rendah. Mereka lebih menyukai konten-konten yang berbau pangkal paha.

Dah gilanya lagi, pemilik situs berita memanfaatkan kondisi ini untuk mendulang keuntungan sebesar-besarnya.

Males nggak?…

9. Blog Kena Copas

Gregetnya bukan main, yang ini sih nggak perlu diperdebatkan ya. Lebih sakit dari tidak terindeks oleh Google ketimbang tulisan di copas orang tanpa tanggungjawab.

10. Traffic Blog Tidak Kunjung Meningkat

Sudah menulis ratusan artikel, plus sudah dioptimasi sesuai kaidah penulisan artikel SEO. Tapi traffic mentok di 10 orang saja perhari.

Boro-boro penghasilan, traffic aja nggak ningkat-ningkat. hehe.. Ya akhirnya malas nya dobel..

Kalau kondisinya seperti ini, kamu harus mulai memperhatikan offpage SEO blog yang kamu kelola. Bisa jadi ada beberapa backlink yang perlu kamu disavow, karena terindikasi spam oleh Google.

Tidak hanya itu, kamu juga perlu membangun backlink berkualitas. Jika tidak tahu caranya, kamu bisa menggunakan Jasa PBN Premium. Optimasi yang dilakukan dijamin akan membuat trafik blogmu meroket.

Penutup

Bagi saya, blogger yang sukses saat ini adalah mereka yang sudah mengalahkan masa-masa malasnya. Ah ya sudahlah, saya malas menjadi bijak.. Selamat bermalas ria.

A part-time blogger, content writer, and WordPress enthusiast. Craving for everything about SEO and digital marketing.

Tinggalkan komentar