8 Manfaat Blog yang Luar Biasa Bagi Penggiat Bisnis Digital

Membuat blog tidak pernah ada kata ruginya. Hampir semua yang saya dapatkan ketika memiliki sebuah blog adalah hal-hal yang menguntungkan. Banyak sekali manfaat blog bagi saya, dan juga tuntunya bagi siapapun yang ingin sukses di dunia Internet.

Memang apa hubungannya sukses di dunia Internet dengan memiliki blog? tentu anda bertanya-tanya mengapa saya menyebut korelasi sukses di atas. Sabar, nanti akan saya jabarkan satu persatu apa saja menfaat yang saya ketahui setelah memiliki blog.

Manfaat Membuat Blog Bagi Saya

Manfaat ini ditulis berdasarkan apa yang sudah saya alami, sepanjang proses membuat, mengembangkan dan menghasilkan uang dari blog.

1. Keterampilan Menulis Meningkat

Menulis adalah kunci utama untuk keberlangsungan sebuah blog. Harus disadari bahwa konten blog berupa tulisan. Walaupun ada blog yang berjenis blog wallpaper, namun tetap saja ciri khas sebuah blog adalah dari tulisannya.

Sebagai blogger, mau tidak mau kita harus menulis. Dengan begitu, kemampuan menulis akan semakin terasah. Kalau flashback ke blog saya yang dulu, tentu akan merasa geli sendiri membaca tulisan jaman dulu.

Semakin sering menulis, maka tulisanpun akan semakin enak untuk di baca.

2. Kemauan Membaca Semakin Banyak

Kira-kira, bisa tidak kita menulis tanpa referensi? Ya mungkin saja si, tapi jelas yang tertulis hanyalah curhatan alay yang tidak jelas tujuannya.

Bagi saya yang dulu, hal itu terkesan keren. Namun sekarang bagi saya adalah hal yang sia-sia.

Sekarang saya harus membaca dua kali sebelum menulis satu kali. Dengan tidak membaca terlebih dahulu, berarti saya akan menyesatkan pembaca. So, bagi anda yang membaca konten di blog ini, saya akan menjamin informasi yang tertulis adalah bukan Informasi yang menyesatkan.

3. Menambah Pendapatan

Saya dulu adalah jenis manusia seperti pada umumnya, yang sering searching di Google dengan kata kunci” Bagaimana cara menghasilkan uang dari blog”.

Setelah mendapatkan beberapa hasil, saya membaca informasi tersebut. Karena saya tidak mau susah, ya balik lagi ke Google dengan pertanyaan yang sama.

Beberapa tahun belakang saya sadar, saya tidak bisa menjadi pecundang selamanya. Mulailah saya menggarap blog pertama saya tahun 2013 “Insinyurmesin.com”. Akhirnya saya menghasilkan rupiah pertama saya dari Internet.

Untuk anda yang masih belum tahun bagaimana cara menghasilkan uang dari blog, saya sudah menuliskannya di sini: Cara menghasilkan uang dari blog.

4. Punya Tabungan Amal

Saya percaya bahwa “manfaat blog bagi saya” yang paling besar adalah memiliki tabungan amal. Dengan menyajikan informasi yang berguna dan bermanfaat untuk sesama, saya yakin saya punya ladang amal jariah dari sana.

Kembali di ingatkan, bahwa konten yang dipublish adalah konten yang tidak menyesatkan apalagi menipu.

5. Mengerti Sedikit Tentang Coding

Bagi sebagian besar orang, coding adalah momok untuk membuat blog maupun website pribadi. Namun anggapan itu sudah saya buktikan kesalahannya. Coding itu tidak se-seulit yang dibayangkan.

Pengetahuan tentang coding saya dapatkan ketika menggunakan platform blogger.com. Karena menggunakan platform blogerr.com haruslah mengerti bahasa pemrograman untuk dapat mengkustom tampilan visual blog.

Saya yang lulusan teknik mesin tentu buta akan hal itu, namun dengan kemauan untuk membaca. Coding itu ibarat puisi. Mudah asal mau mencoba, tidak perlu takut salah.

Kalau anda tidak ingin belajar coding, anda bisa membuat website ataupun blog pribadi dengan wordpress. Semua hal bisa anda lakukan tanpa coding. Butuh panduannya? silahkan bacara artikel berikut ini : Cara membuat blog dalam 7 langkah praktis.

5. Memahami Bagaimana Orang-Orang Bisa Sukses Dari Internet

Banyak sekali contoh kesuksesan blogger di Internet, mengapa tidak menjadikan mereka sebagai pelajaraan. Gali informasi bagaimana caranya mereka bisa sukses dengan Internet.

Dengan rasa penasaran itu, saya semakin banyak mengetahui cara-cara yang ditempuh untuk bisa sukses melalui internet. Di Indonesia ada Raditya Dika, yang mengawali karir cemerlangnya dengan menjadi seorang blogger. Atau contoh di luar negeri, ada Neil Pattel yang bisa menghasilkan jutaan Dollar hanya dari blog pribadinya.

6. Punya Sarana Self Branding

Manfaat blog bagi saya yang satu ini sangat lah vital. Saya terinspirasi dari Herman Yudiono, beliau adalah pemilik blogodolar.com. Di blognya tersebut Herman Yudiono kerap menulis dengan gaya bahasa yang mudah dipahami oleh pemula sekalipun.

Sehingga, orang akan penasaran tentang siapa penulis di blogodolar tersebut. Dalam jangka waktu beberapa tahun, siapa yang tidak mengenal namanya. Efek baiknya adalah, ketika beliau membuat blog baru atau bisnis baru tidaklah sudah untuk mengenalkan kepada khalayak.

Beitupula saya, dengan jelas menuliskan nama saya di blog ini. Dengan harapan, banyak orang yang akan mengenal siapa dibalik penulis blog ini.

7. Punya Wawasan Baru

Selama proses mengembangkan blog, saya mempelajari banyak hal baru. Blog ini tidak jauh berbeda dengan website online ataupun bisnis online. Perlu teknik-teknik khusus untuk meningkatkan pengunjung selain dengan konten saja.

Kira-kira wawasan baru yang saya dapatkan setelah aktif ngeblog adalah seperti dibawah ini:

  1. Mengerti sedikit coding
  2. Mamahami bagaimana orang menghasilkan uang dari internet.
  3. Menulis dengan teknik copy writing.
  4. Online marketing
  5. Bisnis Online.
  6. Bagaimana membuat konten yang ramah SEO.
  7. Mengerti bagaimana konsep Internet dengan utuh.

8. Blog Adalah Investasi Masa Depan

Blog ini bisa menghasilkan pendapatan yang tidak sedikit. Namun perlu proses dan konsisten yang continue. Tidak bisa dibuat untuk menghasilkan sekejap saja.

Sebagai bentuk kerja sampingan, prospek kedepan akan sangat menguntungkan. Memang saat ini perkembangan zaman seperti mengarah kepada video kreator. Namun kesempatan untuk sukses disana tidaklah banyak.

Selain itu alat yang digunakan untuk editing, record video dll tidak murah. Sedangkan blog, saya bisa menulis dimanapun dan kapanpun tanpa harus memusingkan peralatan.

Apa Manfaat Membuat Blog bagi Anda?

Saya sudah menuliskan manfaat blog bagi saya, walaupun itu menurut saya akan dirasakan oleh siapapun yang memiliki blog. Sebagai generasi penerus yang menghadapi era Internet, investasi yang paling baik adalah dengan memiliki website/blog pribadi.

Terimakasih Sudah membaca, jangan lupa komentar ya…

A part-time blogger, content writer, and WordPress enthusiast. Craving for everything about SEO and digital marketing.

Tinggalkan komentar