Cara Membuat Microblog di Instagram dengan Canva + Template Gratis

Pada artikel ini, anda akan mengetahui cara membuat microblog dengan canva itu mudah. Hasilnya nggak kalah menarik dengan desainer professional lho.

Seperti yang kita tahu, belakangan ini sedang trending dan populer postingan carousel di Instagram. Fitur slide post dengan maksimal 10 foto ini sangat mungkin untk dimanfaatkan sebagai media promosi dan branding.

Saat ini fitur tersebut dimanfaatkan oleh para pengguna Instagram untuk membuat slide post.

Slide post seperti inilah yang disebut dengan Microblog Instagram.

Dengan hadirnya microblog ini, akan membuat banyak pengguna instagram mendapatkan manfaat lebih ketika berselancar di Instagram.

Seperti yang anda ketahui, saat ini banyak konten-konten microblog berbasis Instagram berseliweran di feed dan story.

Meskipun “micro” namun bissanya konten-konten tersebut dilengkapi dengan informasi yang cukup lengkap, namun dikemas dengan singkat, padat dan jelas.

Sehingga siapapun yang melihat feed carousel seperti ini, jarang sekali yang langsung skip ke bawah.

Hampir dipastikan, mereka membaca konten microblog tersebut, termasuk anda!

Benar bukan?.

Microblog ini adalah salah satu peluang besar untuk menggaet orang lain untuk memfollow akun Instagram anda. Coba saja lihat, banyak sekali pemilik akun intagram yang khusus memposting satu topik saja.

Contoh: Saya memfollow akun Instgram yang khusus membahas mengenai saham.

Postingannya ya semua seputar saham. Dari easy to experts lah dibilang..

Followernya?.. Jangan di tanya, lebih dari sejuta..

Ingat ya, di Instagram itu follower sama dengan uang!. Semakin banyak follower, semakin banyak endorse, promote dsb. 

Gimana?

Tertarik?… 

Apabila anda tertarik untuk memulai membuat hal serupa, anda dapat mengikuti panduan dan tipsnya di artikel ini sampai selesai.

Contoh Microblog:

Cara Membuat Microblog di Canva

Sebelum ke teknis cara membuat konten carousel instagram di canva, simak terlebih dahulu sedikit penjelasan dibawah ini, atau langsung scroll ke bawah untuk skip ke teknis ya…

Ada hal-hal penting yang perlu anda perhatikan sebelum membuat konten, karena ini akan berhubungan dengan peningkatan jumlah audiens. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Menentukan Topik Utama Microblog

Menentukan topik utama ini penting, karena berkaitan dengan tingkat kepercayaan audiens anda nantinya.

Ini sudah beberapakali saya pelajari dan memang terbukti kebenarannya. Topik anda bisa mengenai: Parenting, Motivasi, Travelling, Fashion, Tutorial atau Investasi dsb.

Secara psikologi audiens lebih cenderung percaya kepada satu akun yang membahas satu topik secara konsisten dan mendalam, ketimbang yang memposting berbagai macam topik.

Anda harus paham bahwa setiap topik memiliki penikmat tersendiri.

Sebagai contoh:

Di Instagram, anda konsisten mengupload konten mengenai fashion, maka saya sebagai audiens anda akan mengingat dan mempercayai apapun yang anda posting perihal fashion.

Mulai dari tutorial, paduan warna, tips memilih pakaian, aksesoris dan berbagai macam hal seputar fashion.

Kalau tiba-tiba anda membuat postingan mengenai gadget, fitness, politik (campur aduk) tentu ini akan membingungkan audiens dan menurunkan kepercayaan mereka.

Anda akan susah memiliki audiens atau follower yang loyal nantinya.

Dengan topik yang konsisten, peluang anda untuk menambah pundi-pundi penghasilan akan terbuka, anda bisa membuka endorse mengenai produk-produk fashion.

Hemat saya topik utama adalah salah satu metode branding yang ampuh.

2. Menyiapkan Konsep Konten Microblog

Saat anda ingin memulai membuat konten, anda perlu menyiapkan konsep konten untuk memikat audiens, ikuti langkahnya dibawah ini:

Untuk membuat konten pertama, anda tidak perlu semuanya original dari fikrian anda, cobalah cari inspirasi dari blog ataupun website menggunakan search engine. Bacalah 3-5 blog dengan topik yang sama.

Kemudian buatlah ringkasan menurut versi anda, tentu lebih singkat padat dan jelas. Namun apabila anda ingin meng-quote konten mereka itupun tidak masalah, namun cantumkan sumber di postingan anda untuk menghargai karya mereka.

Apabila topik utama mengenai travelling, maka anda bisa membuat turunan dari topik utama anda seperti: Peralatan untuk travelling, saran ketika travelling, tips untuk travelling di jogja, dan seterusnya mengenai travelling.

3. Membuat Interaksi Dalam Microblog

Menimbulkan banyak komentar dan like tentu adalah tujuan anda, karena semakin banyak yang komen maka semakin besar peluang untuk menjadi viral. Poin plus dari viral adalah ledakan pengunjung atau follower!. Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk berinteraksi dengan pembaca adalah sebagai berikut:

  • Buatlah tampilan konten anda menarik, indah dan rapi. Visual yang menawan akan lebih menarik untuk dilihat.
  • Membuat diskusi pada setiap konten juga akan menambah kredibiltas postingan anda. Anda bisa memancing pertanyaan pembaca dengan menyisipkan pertanyaan di akhir postingan.
  • Bagikan juga postingan di belakang layar, kalau anda mengulas makanan, anda bisa juga membagikan foto kegiatan selain hasil final postingan anda.
  • Buatlah CTA (call to action) seperti, like, share, dan comment di slide terakhir ataupun caption anda.

Rekomendasi untuk dibaca : Cara menampilkan tulisan “Personal Blog” di Instagram

4. Membuat Tampilan Visual untuk Microblog

Sudah saya singgung beberapa kali bahwa visual yang indah akan lebih mudah mendatangkan pengunjung Instagram.

Membuat tampilan microblog yang bagus cukup mudah kok.

Anda hanya butuh beberapa template saja, yang kemudian dapat dimodifikasi.

Untuk template anda tidak perlu harus membuatnya sendiri, gunakan tools berikut ini untuk memperindah tampilan konten microblog anda.

  • Google Slide
  • PowerPoint
  • Photoshop
  • Adobe Illustrator
  • Canva (Recomended) baca panduannya di sini:

Membuat Konten Microblog (Carousel Instagram di Canva)

Canva adalah sebuah situs desain buatan Australia yang sangat populer. Anda bisa menggunakannya secara gratis, namun dengan fitur yang terbatas.

Untuk menikmati fitur premiumnya, anda bisa menggunakan dua cara:

  • Pertama, dengan mengundang teman agar menggunakan canva lewat link referral. Dengan Begitu anda mendapatkan hadiah full premium feature.
  • Kedua, dengan menggunakan versi trial, anda bisa menikmati fitur premium 30 hari. Tapi jangan lupa untuk cancel subscribe 3 hari sebelum masa trial berakhir. (Ini yang saya terapkan, hehe maunya premium tapi gratisan). Setelah cancel, daftar lagi pakai akun email lain. Oh iya, siapkan karti debit online atau credit card.

Sebelum membuat konten microblog, ada hal yang perlu anda ketahui. Yaitu dimensi panjang dan lebar gambar, hal ini berpengaruh pada tampilan yang anda post di Instagram.

Dimensi yang dianjurkan:

  • 1080 x 1080 Px

  • 1080 x 1350 Px

Semakin tinggi resolusi gambarnya, tentu akan lebih jernih dan bersih gambarnya.

Jika tujuannya adalah untuk diposting di Instagram, maka resolusi yang kedua akan lebih optimal. Simak langkah-langkahnya dibawah ini:

1. Mendaftar dan Login ke Canva

login ke website canva

Buka situs canva.com, kemudian mendaftarkan diri menggunakan email.

Setelah mendaftarkan diri, anda bisa langsung login. Maka anda akan melihat tampilan utama web canva seperti di atas.

Bagi anda yang tidak menggunakan Laptop, bisa menggunakan appsnya.

Search dan download Canva melalui Playstore Android maupun Apple Play Store.

Pilih saja mana yang paling mudah dilakukan. Karena tidak ada perbedaan antara Mobile app dan versi webnya.

2. Pilih Template Microblog di Canva

Setelah masuk di halaman utama, anda bisa arahkan kursor di pojok kanan atas. Pilih template.

cara membuat microblog di canva

Setelah mengarahkan kursor di template, anda dapat lihat di kolom social media. Pilih Instagram post, pilih saja mana yang paling cocok dengan topik yang akan anda tulis.

memilih template

Seperti yang saya katakan sebelumnya, apabila anda menggunakan versi premium, semua template dapat anda nikmati tanpa ada batasan.

Kalau versi gratis tentu banyak template yang tidak bisa di gunakan.

3. Mengedit Isi Konten di Canva

edit konten di canva

Setelah anda memilih template, anda perlu mengeditnya sesuai dengan topik yang telah ditentukan sebelumnya. Gambar di atas dapat menjelaskan sedikit bagaimana mengedit konten anda.

Untuk proses pengeditan di canva sangat mudah kok, mirip dengan penggunaan MS Power Point.

Sangat sederhana, anda juga bisa menggunakan copy paste malahan.

  1. Resize – Untuk mengatur dimensi gambar yang dihasilkan, kalau anda suka 1080 x 1080 (persegi) maka tidak perlu melakukan resize.
  2. Copy & resize artinya anda membuat duplikat gambar dengan size berbeda.
  3. Element – Element adalah tools untuk menambahkan gambar, ilustrasi maupun shape.
  4. Text – Untuk mengganti font yang digunakan. Tips: Gunakan font family Sans Serif dan dan sejenisnya.
  5. Add Page – Menambahkan halaman slide selanjutnya.
  6. Download – Mendownload hasil editing dalam format yang bisa anda tentukan. Rekomendasi format untuk gambar adalah PNG. Dengan PNG gambar tidak mudah pecah dan cenderung lebih jernih.

Banyak ribuan design template yang bisa anda gunakan di canva tanpa pusing mengenai hak cipta, karena di canva semua disediakan bebas untuk di gunakan maupun di komersialkan.

Font / Huruf – Banyak font yang bisa digunakan saat ini, namun font yang cocok untuk meningkatkan UX(user experience) adalah font berjenis Sans. Bannyak yang sudah membuktikan font berjenis sans cocok dengan latarbelakang gambar apapun.

Download Template Microblog Gratis

Untuk anda yang berminat template gratis seperti contoh dibawah ini, anda dapat mendownloadnya langsung tanpa biaya 100% free. Template ini bisa anda dapatkan secara gratis di luaran sana, namun saya coba untuk mengumpulkannya agar lebih mudah anda download.

contoh template untuk microblog instagram

template untuk membuat blog instagram

template untuk membuat konten blog instagram

template gratis

Potensi Blog [ Tidak Hanya Instagram ]

Sebagai generasi yang berada di era digital, kita harus dan wajib memanfaatkan teknologi secara cerdas dan bijak. Menggunakan Instagram sebagai salah satu media untuk personal branding adalah pilihan tepat.

Namun memang harus diakui apabila tujuan anda memonetisasi Instagram seperti endorsment dan iklan, anda juga bisa mencoba untuk memanfaatkan blog sebagai sara penunjang anda.

Saya rekomendasikan artikel seputar blog dan cara memonetasinya.

Recomendasi: Alasan mengapa anda harus membuat blog sekarang juga

Apakah Microblog Hanya Bisa di Instagram?

Pada saat ini sudah banyak sosial media yang dapat anda gunakan untuk mempublish postingan sejenis carousel ini, antara lain: Twitter, Linkedin, Facebook. Anda juga bisa menggunakan sosial media tersebut untuk membuat microblogging disana.

Penutup

Demikianlah artikel mengenai cara membuat konten microblog di Instagram dengan canva.

Selanjutnya adalah manfaatkan platform sosial media untuk hal-hal yang positif. Banyak orang ingin terkenal namun tidak sap terkenal.

Sebaik baiknya jalan untuk terkenal adalah jalan prestasi. Cukup demikian dan terimakasih …

Jitendra Vaswani is a Digital Marketing Practitioner & international keynote speaker currently living digital nomad lifestyle and founder of  internet marketing blog BloggersIdeas.com & Digital Marketing Agency DigiExe. During his more than 8 years long expertise in Digital Marketing, Jitendra has been a marketing consultant, trainer, speaker and author of “Inside A Hustler’s Brain : In Pursuit of Financial Freedom” which has sold over 20,000 copies, worldwide & contributor of “International Best Selling Author of Growth Hacking Book 2”. He had trained 10000+ digital marketing professionals till date and has been conducting Digital marketing workshops across the globe. His ultimate goal is to help people build businesses through digitization make them realize that dreams do come true if you stay driven.  Check out his portfolio( jitendra.co). Find him on Linkedin, Twitter, & Facebook.

Tinggalkan komentar