Menu Close

Tips Membuat Konten Microblog di Instagram + Template Gratis

cara membuat konten blog di instagram atau disebut microblog (microblogging)

Belakangan ini sedang trending dan populer postingan carousel di Instagram, yang mana hal tersebut dimanfaatkan oleh para pengguna Instagram untuk membuat slide post dengan jumlah maksimal 10 gambar. Slide post seperti ini biasa disebut dengan Microblog atau Microblogging.

Dengan hadirnya microblog ini membuat banyak pengguna instagram akan mendapatkan manfaat lebih ketika berselancar di Instagram. Karena seperti anda ketahui sudah banyak konten-konten microblog yang beredar di Instagram memberikan informasi yang cukup lengkap namun dikemas dengan singkat, padat dan jelas.

Ini adalah salah satu peluang yang ada di depan mata anda untuk memanfaatkan kehadiran microblog. Ditambah dengan tampilan visual yang indah, dan konten yang bermanfaat membuat microblog juga dapat menumbuhkan audiens baru ke akun Instagram anda.

Apabila anda tertarik untuk memulai membuat hal serupa, anda dapat mengikuti panduan dan tipsnya di artikel ini sampai selesai.

Contoh:

Tips Membuat Konten Microblog

Ada hal-hal penting yang perlu anda perhatikan sebelum membuat konten, karena ini akan berhubungan dengan peningkatan jumlah audiens. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Menentukan Topik Utama

Menentukan topik utama ini penting, karena berkaitan dengan tingkat kepercayaan audiens anda nantinya. Ini sudah beberapakali saya pelajari dan memang terbukti kebenarannya. Topik anda bisa mengenai: Parenting, Motivasi, Travelling, Fashion, Tutorial dsb.

Secara psikologi audiens lebih cenderung percaya kepada satu akun yang membahas satu topik secara konsisten dan mendalam. Ketimbang yang memposting berbagai macam topik. Anda harus paham bahwa setiap topik memiliki penikmat tersendiri.

Sebagai contoh: Di Instagram, anda konsisten mengupload konten mengenai fashion, maka saya sebagai audiens anda akan mengingat dan mempercayai apapun yang anda posting perihal fashion. Mulai dari tutorial, paduan warna, tips memilih pakaian, aksesoris dan berbagai macam hal seputar fashion.

Kalau tiba-tiba anda membuat postingan mengenai gadget, fitness, politik (campur aduk) tentu ini akan membingungkan audiens dan menurunkan kepercayaan mereka. Anda akan susah memiliki audiens atau follower yang loyal nantinya.

Dengan topik yang konsisten, peluang anda untuk menambah pundi-pundi penghasilan akan terbuka, anda bisa membuka endorse mengenai produk-produk fashion. Hemat saya topik utama adalah salah satu metode branding yang ampuh.

2. Menyiapkan Konsep Konten Microblog

Saat anda ingin memulai membuat konten, anda perlu menyiapkan konsep konten untuk memikat audiens, ikuti langkahnya dibawah ini:

Untuk membuat konten pertama, anda tidak perlu semuanya original dari fikrian anda, cobalah cari inspirasi dari blog ataupun website menggunakan search engine. Bacalah 3-5 blog dengan topik yang sama.

Kemudian buatlah ringkasan menurut versi anda, tentu lebih singkat padat dan jelas. Namun apabila anda ingin meng-quote konten mereka itupun tidak masalah, namun cantumkan sumber di postingan anda untuk menghargai karya mereka.

Apabila topik utama mengenai travelling, maka anda bisa membuat turunan dari topik utama anda seperti: Peralatan untuk travelling, saran ketika travelling, tips untuk travelling di jogja, dan seterusnya mengenai travelling.

3. Membuat Interaksi Dalam Microblog

Menimbulkan banyak komentar dan like tentu adalah tujuan anda, karena semakin banyak yang komen maka semakin besar peluang untuk menjadi viral. Poin plus dari viral adalah ledakan pengunjung atau follower!. Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk berinteraksi dengan pembaca adalah sebagai berikut:

  • Buatlah tampilan konten anda menarik, indah dan rapi. Visual yang menawan akan lebih menarik untuk dilihat.
  • Membuat diskusi pada setiap konten juga akan menambah kredibiltas postingan anda. Anda bisa memancing pertanyaan pembaca dengan menyisipkan pertanyaan di akhir postingan.
  • Bagikan juga postingan di belakang layar, kalau anda mengulas makanan, anda bisa juga membagikan foto kegiatan selain hasil final postingan anda.
  • Buatlah CTA (call to action) seperti, like, share, dan comment di slide terakhir ataupun caption anda.

Cara menampilkan tulisan “Personal Blog” di Instagram

Rekomendasi untuk dibaca

4. Membuat Tampilan Visual yang Menarik

Sudah saya singgung beberapa kali bahwa visual yang indah akan lebih mudah mendatangkan pengungjung blog instagram anda. Membuat tampilan microblog yang bagu cukup mudah kok, ada dua langkah yang bisa anda gunakan:

Template – Untuk template anda tidak perlu harus membuatnya sendiri, gunakan tools berikut ini untuk memperindah tampilan konten microblog anda.

  • Google Slide
  • Power Point
  • Photoshop
  • Adobe Ilustrator
  • Canva (Recomended)

Note : Perlu anda ingat agar gambar dapat maksimal, dimensi gambar sebaiknya persegi (300×300), (1024×1024) supaya maksimal di Instagram post.

Banyak ribuan design template yang bisa anda gunakan di canva tanpa pusing mengenai hak cipta, karena di canva semua disediakan bebas untuk di gunakan maupun di komersialkan.

Font / Huruf – Banyak font yang bisa digunakan saat ini, namun font yang cocok untuk meningkatkan UX(user experience) adalah font berjenis Sans. Bannyak yang sudah membuktikan font berjenis sans cocok dengan latarbelakang gambar apapun.

Template Gratis

Untuk anda yang berminat template gratis seperti contoh dibawah ini, anda dapat mendownloadnya langsung tanpa biaya 100% free. Template ini bisa anda dapatkan secara gratis di luaran sana, namun saya coba untuk mengumpulkannya agar lebih mudah anda download.

contoh template untuk microblog instagram
template untuk membuat blog instagram
template untuk membuat konten blog instagram
template untuk membuat microblog di instagram

Potensi Blog [ Tidak Hanya Instagram ]

Sebagai generasi yang berada di era digital, kita harus dan wajib memanfaatkan teknologi secara cerdas dan bijak. Menggunakan Instagram sebagai salah satu media untuk personal branding adalah pilihan tepat.

Namun memang harus diakui apabila tujuan anda memonetisasi Instagram seperti endorsment dan iklan, anda juga bisa mencoba untuk memanfaatkan blog sebagai sara penunjang anda. Saya rekomendasikan artikel seputar blog dan cara memonetasinya.

Alasan mengapa anda harus membuat blog sekarang juga

Recomended

Cara menghasilkan uang dari blog hingga ratusan juta

Recomended

Apakah Microblog Hanya Bisa di Instagram?

Pada saat ini sudah banyak sosial media yang dapat anda gunakan untuk mempublish postingan sejenis carousel ini, antara lain: Twitter, Linkedin, Facebook. Anda juga bisa menggunakan sosial media tersebut untuk membuat microblogging disana.

Penutup

Demikianlah artikel mengenai microblogging ini, manfaatkan platform sosial media untuk hal-hal yang positif. Banyak orang ingin terkenal namun tidak sap terkenal. Sebaik baiknya jalan untuk terkenal adalah jalan prestasi. Cukup demikian dan terimakasih …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *