7 Cara Efektif Membuat Paragraf Pembuka yang Menarik Pembaca

Saya sendiri sering terhambat menulis karena stuck di bagian membuat paragraf pembuka. Tidak sebentar waktu yang diperlukan untuk membuat kalimat pembuka ini.

Banyak pakar-pakar tulis menulis menghabiskan waktu hingga berjam-jam karena harus menemukan kalimat pembuka yang super..

Mengapa paragraf pembuka penting?

Apa bagian terpenting kedua dari postingan Anda setelah judul?

Tentu saja jelas jawabannya yaitu kalimat pembuka!

Bukankan rasanya sia-sia saja yang Anda kerjakan, kalau ternyata artikel pilar Anda tidak dibaca seluruhnya oleh pengunjung hanya karena paragraf pembuka yang tidak menarik perhatian.

Sebaliknya, jika paragraf pembuka Anda menarik, ini seperti pintu yang terbuka lebar sehingga pembaca dengan senang hati memasuki “rumah” (kesuluruhan postingan) Anda.

Membuat Paragraf Pembuka yang Menarik

Berikut lima cara yang bisa Anda gunakan untuk membuat paragraf pembuka yang menarik perhatian pembaca:

1. Lupakan SEO

Kadang banyak sekali yang mengatakan bahwa kata kunci haruslah diletakkan di paragraf pertama. Oke, saya paham bahwa hal ini mungkin benar!.

Namun masalahnya, kalau dipaksakan menuliskan kata kuncinya, malah membuat kesan pertama pembaca menjadi drop.

Jadi bagi saya, Artikel yang human friendly sudah pasti SEO friendly (syukur-syukur).

Kalau bisa kita masukkan kata kunci itu bonus, namun yang terbaik adalah bagaimana membuat kesan pertama kepada pembaca.

2. Ajukan Pertanyaan

Jangan samakan bahasa artikel untuk blog itu sama dengan bahasa menulis karya tulis ilmiah.

Membuka postingan Anda dengan pertanyaan adalah sebuah sarana Anda untuk bercakap-cakap dengan pembaca. Dengan bercakap-cakap ini berarti terjadi komunikasi dua arah yaitu antara Anda dengan pembaca.

Blog pribadi, jangan disamakan dengan blog-blog yang memang tujuannya mendulang pendapatan. Kalau tujuan anda adalah menikmati hobi menulis, teknik copy writing sebaiknya sedikit diabaikan.

Jujur, saya sendiri juga ingin bebas menulis tanpa memikirkan SEO.

3. Buat Quotes dan Sedikit Candaan

Dengan menyelipkan kalimat ringan, atau sedikit kalimat yang membuat pembaca tertawa. Akan memancing mereka untuk segera tahu apa poin utama tulisan Anda.

Sementara itu, quotes dari seorang pakar atau orang terkenal memberikan efek trust yang baik kepada tulisan anda. Ingat, pembaca menyukai bacaan yang punya sumber dan dasar.

4. Mengajak Pembaca Berfikir

Mengajak berfikir pembaca adalah teknik pembukaan yang ampuh.

Bukan mengajak berhitung matematika yang saya maksud ya.

Sederhana saja…

Cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan kata-kata seperti Bayangkan…, Apa jadinya…, Apakah anda ingat ketika…, dan sebagainya.

5. Membuat Analogi

Mengumpamakan hal penting dengan sesuatu yang nyata di kehidupan sehari-hari akan memudahkan membaca mencerna apa poin utama postingan Anda. Selain itu, cara ini juga membantu Anda menyederhanakan konsep yang sulit.

6. Kalimat Kontroversial

Cobalah membuka paragraf dengan data yang mengejutkan (misalnya Anda memperoleh 300 juta dalam 1 bulan melalui blog) merupakan teknik yang luar biasa.

Sepanjang data itu relevan dan tidak bohong, pembaca akan tertarik dan menyukainya karena salah satu keinginan blogger adalah memiliki penghasilan yang wow.

Dari keenam cara itu, Anda bisa memilih salah satunya atau menggabungkan beberapa cara itu dalam membuat paragraf pembuka postingan Anda.

7. Gunakan Gambar

Tidak dapat dipungkiri bahwa gambar adalah salah satu tools yang powerful untuk menarik minat pembaca.

Kombinasikan antara gambar dan tulisan di featured image. Tentu gambar yang memiliki korelasi dengan topik.

“Sebuah Gambar bisa menjelaskan ribuan makna tanpa banyak kata’

Penutup

Oke..

Sampai di paragraf penutup.

Dari ke 7 cara di atas, adakah yang tidak saya tulis di dalam artikel ini? Mari berdiskusi..

Share:
  • 3
    Shares

Tinggalkan komentar