Menu Close

Membuat Personal Blog di Instagram [Tutorial Lengkap Terbaru]

Tutorial membuat personal blog di instagram

Dalam artikel ini kita akan membahas, bagaimana cara membuat tulisan transparan yang ada di bagian bio Instagram dan manfaat yang didapatkan setelah mengaktifkan fitur professional tersebut. Tulisan transparan tersebut bisa berupa [ Personal blog, Blogger, Public Figure, Video Creator, Gamer dll]. 

Tujuan membuat tulisan transparant tersebut adalah untuk meyakinkan calon relasi yang ingin kerjasama dengan anda, dari sana kesan tampilan instagram anda bisa menjadi lebih professional dan meyakinkan. Kedepan pun ketika ingin menarik endorsment akan semakin mudah. Influencer di Instagram pasti menggunakan keterangan tersebut sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Dengan mengaktifkan fitur professional, anda juga akan mendapatkan banyak keuntungan dan fasilitas yang tidak dimiliki oleh akun biasa, silahkan lihat gambar dibawah ini.

cara membuat personal blog di instagram

Tutorial Membuat “Personal Blog” Di Instagram

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menampilkan tulisan transparan tersebut:

1. Buka Instagram dan buka halaman profil, kemudian pilih tombol menu toggle di pojok kanan atas, kemudian pilih setting.

tekan menu di pojok kanan atas untuk membuat personal blog di instagram sehingga terlihat professional

2. Setelah terbuka menu setting, anda lanjutkan untuk klik pilihan menu akun/account.

3. Langkah selanjutnya pilih menu paling bawah ” Switch to professional account”.

4. Pilih kategori yang akan anda tampilkan [ Personal blog, Blogger, Gamer, Disigner dll]

pilih professional akun untuk mengubah ke personal blog instagram

Sebaiknya memilih opsi kreator atau bisnis?

Ini yang membedakannya dengan update sebelumnya, saat ini disediakan untuk opsi kreator (personal), yang mana sebelum update terbaru hanya tersedia opsi bisnis.

Saran saya adalah pilih yang sesuai dengan kepentingan anda. Kreator artinya anda seorang public figure, artis, konten kreator ataupun influencer dengan kategori tertentu [Gamer, Blogger, Personal Blog dll].

Sedangkan opsi bisnis cocok untuk anda yang ingin memperkenalkan bisnis, brand, ataupun online shop.

5. Pilih Kategori yang mendeskripsikan pekerjaan dan passion anda, karena audiens yang memiliki minat yang sama akan semakin mudah menjangkau dan berpeluang besar untuk follow akun instagram anda.

cara memilih kategori untuk memunculkan tulisan personal blog instagram

6. Selesai, sekarang tampilan anda sudah berubah lebih professional. Anda telah siap menjadi influencer.

tulisan personal blog telah muncul di bio instagram

Pertanyaan yang sering ditanyakan!

#Apa Kelemahan Akun Professional?

Kelemahan akun professional adalah, akun personal Instagram tidak dapat di private, oleh karena itu kalau anda ingin kehidupan pribadi dan bisnis tidak bercampur maka sebaiknya buat secara terpisah, buatlah akun lain yang khusus dijadikan bisnis.

#Bisakah dikembalikan kembali seperti semula?

Sangat bisa!, yang perlu anda lakukan adalah mengulangi langkah-langkah di atas. Namun pada langkah 3 switch account anda ke personal account maka akun anda kembali seperti sediakala.

#Apakah Instagram Bisa Digunakan Untuk Microblog?

Tentu saja bisa, karena pada saat ini sedang trending memanfaatkan fitur carousel Instagram, yang memungkinkan pengguna Instagram memposting gambar dengan maksimal 10 slide. Apabila anda penasaran bagaimana membuat microblog di Instagram anda dapat membacanya di artikel saya yang satu ini : Tips Membuat Konten Microblog di Instagram.

Potensi & Manfaat Membuat Personal Blog di Instagram?

Tampilan anda telah berubah menjadi lebih professional, langkah selanjutnya yang sebaiknya dilakukan adalah memanfaatkan potensinya supaya Instagram anda lebih dikenal dan bisa memberikan penghasilan.

Ada beberapa potensi dari instagram yang perlu anda ketahui:

  • Membangun Personal Branding: Anda dapat menggunakan nama pribadi di akun Instagram professional, dengan memposting satu tema yang berkelanjutan, maka audiens akan mengenal anda sebagai ahlinya bidang tersebut. Contoh: Nama akun anda adalah Ryan, di postingan anda anda selalu memposting berbagai permasalahan komputer berikut dengan solusinya. Otomatis orang yang mengalami masalah dengan komputernya akan mengingat nama Ryan untuk memberikan solusinya, entah apapun itu merek komputernya.
  • Membangung Brand Bisnis: Membangun brand bisnis dasarnya sama dengan personal branding, bedanya anda tidak memerlukan nama asli anda di profil Blog instagram anda. Sebagai gantinya buatlah nama bisnis yang lebih menjual.
  • Endorsment [Menghasilkan uang]: Anda akan lebih mudah mendatangkan endorsment terhadap brand tertentu apabila, topik bahasan anda di Postingan anda selalu sama dan follower sudah cukup banyak. Contoh: apabila follower Ryan yang sudah membangun personal branding persoaalan komputer, para pemilik bisnis komputer akan mulai berdatangan meminta anda meng-endorse produk mereka.
  • Menjadi Brand Ambasador: Kalau endorsment anda akan dibayar per konten, maka dengan menjadi brand ambasador sebuah brand anda akan menerima pembayaran sesuai kontrak, apakah itu bulanan atau itu tahunan.

Dari kesemua potensi yang dimiliki Instagram tersebut yang menjadi kunci utama adalah Niche/Topik Utama Blog Instagram anda. Konsisten dengan satu topik lebih berpotensi menghasilkan ketimbang ikut trend gado-gado. Efeknya pada kepercayaan audiens atau follower!.

Penutup

Demikianlah artikel mengenai cara membuat personal blog di instagram beserta potensi besar yang ada di sana. Pada saat ini memang Instagram menjadi raksasa yang mendominasi sosial media. Oleh karena itu sebagai Insan yang menginginkan kemajuan, kita haruslah pandai memanfaatkan sosial media satu ini untuk menambah pemasukan.

Lantas apakah instagram satu-satunya solusi untuk menambah penghasilan?.. Tentu tidak! Masih banyak cara lain yang bisa ditempuh untuk menghasilkan pendapatan yang lebih besar. Menggunakan blog salah satunya, apabila anda penasaran mengenai blog, dan bagaimana menghasilkan uang dari blog, anda wajib membaca artikel dibawah ini. Kalau ada yang perlu ditanyakan silahkan tinggalkan jejak di komentar ya.. Sampai jumpa…

#Alasan Mengapa Anda Harus Membuat Blog

#Cara-Cara Menghasilkan Uang Puluhan Juta Dari Blog.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *