Menu Close

Memulai Sebuah Blog & Mengenal Potensinya​

Memulai Sebuah Blog & Mengenal Potensinya

Sebelum kita bahas bagaimana memulai sebuah blog dan mengenal potensi dari blog, sebaiknya anda sedikit mengetahui informasi tentang awal mula blog berikut ini.

Pada awalnya tujuan orang membuat blog adalah untuk berbagi inspirasi dan informasi saja. Saat ini tujuan itupun berubah, sekarang blog sudah berkembang dan tidak hanya tentang berbagi informasi. Anda mungkin telah tahu bahwa dengan blog, orang-orang bisa menghasilkan uang.

Namun masalahnya apakah anda tidak tahu bagaimana cara memulainya atau harus mulai dari mana? Kalau masalahnya adalah yang saya sebutkan di atas, anda datang pada artikel yang tepat!

Kendala Dalam Membuat Blog

Banyak yang ingin menjadi blogger, tetapi terkendala oleh banyaknya aspek teknikal seperti pemrograman dan kemampuan untuk menggunakan internet. 

Mereka tidak mendapatkan informasi yang jelas setelah browsing sana-sini di internet, dan akhirnya malas untuk melanjutkan keinginannya. Sebenarnya ini ada kaitannya dengan pentingnya memilih Niche atau topic blog anda. Namun tahan dulu, kita akan bahas di artikel berikut ini: 

Bagaimana menentukan Niche yang bisa menghasilkan uang puluhan juta

Oleh karena susahnya mencari informasi yang komplit dan terperinci itulah, saya ingin berbagi informasi mengenai blog ini secara detail dan step by step. Mulai dari bagaimana caranya memulai blog, mengembangkan dan siap untuk mulai mendapatkan uang sampingan darinya. 

Kalau bicara mengenai skill teknikal, sejauh ini sayapun tidak terlalu memahami bagaimana menggunakan bahasa pemrograman untuk membuat website, namun platform untuk membuat blog yang ada sekarang sangat lah memudahkan semuanya.

Dengan platform blogging, anda tidak memerlukan sedikitpun kemampuan teknikal, hanya perlu sedikit pengetahuan dan mau membaca, pasti semuanya bisa dilakukan dengan mudah. Bahkan semua orang bisa membuat blog dengan tampilan modern indah dan responsif.

Penasaran bagaimana caranya?

Oke kita akan bahas satu persatu sedetail mungkin agar anda bisa secepatnya memulai, meskipun otodidak atau modal baca..

Pada Pembukaan ini kita akan membahas :

  1. Apa itu blog? (Definisi Blog)
  2. Perkembangan Blog
  3. Alasan Mengapa Membuat Blog
  4. Menentukan Niche
  5. Menentukan Nama Domain
  6. Menentukan Platform
  7. Menentukan Hosting 

1. Apa Itu Blog? Definisi Blog

Sedikit pengertian tentang blog, mungkin anda sudah mendengar kata blog ratusan kali bahkan sangat familiar, sehingga anda penasaran dengan apasih blog ini?

Kalau kita kutib dari wikipedia.org pengertian blog adalah sebagai berikut:

Blog adalah singkatan dari weblog, bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini sering kali dimuat dalam urutan terbalik, meskipun tidak selamanya demikian.

Dari pengertian di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa, kebanyakan artikel-artikel yang anda temui di internet yang berupa artikel dari website, hasil dari searching di google search kebanyakan adalah blog, malah hampir semua saya rasa!

Untuk singkatnya mungkin video di bawah ini dapat membantu mempersingkat penjelasan mengenai apa itu blog.

Play Video

2. Perkembangan Blog

Sekarang blog sudah sangat berkembang, jumlahnya milyaran di internet. Bahkan yang dulu hanya dibuat olah satu orang, sekarang bisa jadi satu blog di gunakan oleh 2 atau lebih creator. Ya karena memang blog sudah menjadi perkerjaan tetap bagi banyak orang.
 
Berbicara mengenai perkembangan blog, kita kembali ke sejarah masuk nya internet di indonesia, karena internet inilah yang membuat blog booming. Tidak terkecuali indonesia, dimana ternyata potensi internet di indonesia sangatlah laur biasa!
 
Internet sendiri masuk ke Indonesia sekitar tahun 1990an, setelah mulai booming dan jaringan internet tersebar merata keseluruh Indonesia, mulailah muncul blogger-blogger sukses di Indonesia.
 
Blogger-blogger yang sukses tersebut tanggap situasi dan mengerti potensi internet 10 tahun kemudian. Dan rasanya persaingan belum sangat padar seperti sekarang. Tapi saya yakin apabila anda juga menyadari potensinya, maka anda adalah salah satu top blogger terkaya di Indonesia saat ini.
 
Pertanyaannya apa sekarang sudah terlambat untuk memulai?…
Jawabnya tenang! siapapun dan kapanpun bisa memulai, karena tidak ada kata terlambat untuk memulai. Asalkan anda mau, semua bisa dikejar.
 
Seiring dengan perkembangan internet di Indonesia, blog menjadi semakin populer, dan dengan munculnya platform seperti Blogger, WordPress dan TumblrMembuat blog menjadi lebih mudah karena tidak memerlukan banyak kemampuan coding.
 
Platform-Platform untuk membuat blog ini memudahkan orang untuk membuat blog dan mulai untuk mengekspresikan pemikiran dan pandangan mereka dengan cara dan kreatifitas masing-masing.
 
Mengenai platform blogging, pada tahun 2003, Google mengakuisisi Blogger yang menjadi simbol platform blogging yang paling mudah digunakan. Akuisisi inilah yang membuat blog menjadi sangat populer dan menjadi daya tarik sendiri untuk mengikutinya.
 
Beberapa waktu kemudian WordPress menyusul untuk menjadi arus utama yang meramaikan dunia blogging, bahkan sekarang menjadi salah satu platform blogging yang memberdayakan banyak situs web di dunia.
Peluang Besar Menanti Blogger
Kalau anda baca berita di Amerika sana, Banyak media online seperti The Newyork Post dan Times (Britania Raya). Mereka berencana untuk memberlakukan charges untuk pembaca surat kabar online. Atau simpelnya membaca berita online harus bayar!
 
Mereka memastikan hal itu akan di ikuti semua media news online lainnya. Ini berita yang bagus untuk blogger. Kenapa saya katakan demikian? 
Berikut ini alasannya: 
  • Blog dapat menawarkan informasi yang serupa atau bahkanlebih baik secara gratis!
  • Blog menawarkan interaksi, dan pertukaran ide yang dinikmati oleh pembaca dan penulis. Kalau di blog, anda bisa saling coment! 
Seperti yang Anda lihat, peluang menjadi blogger justru semakin besar karena keputusan pemilik arus media online news tersebut. Jadi saya rasa tidak ada lagi kesempatan untuk mulai menjadi blogger selain sekarang, sudah saatnya anda juga menjadi pemain.

3. Alasan Anda Harus Membuat Blog

Blogging kalau dilakukan dengan serius, benar benar bisa menghasilkan penghasilan yang bukan sampingan lagi. 
 
Justru menghasilkan uang yang lebih jauh dan besar ketimbang pekerjaan reguler. Ini salah satu bukti nyata bahwa menjadi blogger di Indonesia juga benar benar bisa melebihi dari apa yang anda bayangkan!.
Iwan Banaran (IwanBanaran.com)
IwanBanaran.com adalah blog yang dikelola oleh Iwan banaran. Blog tersebut membahas semua tentang motor. 
Dari beberapa sumber pendapatan perbulan blognya adalah sebagai berikut:
  • Tayangan Halaman: 2.060.490
  • Pengunjung: 936.570
  • Pendapatan Iklan: $ 5,975.40 atau sekitar 80 juta rupiah. 

Angka yang fantastis kan? itu hanya satu contoh dari ribuan blog di Indonesia yang mempunyai penghasilan tinggi.

Uang memang punya daya tarik sendiri, namun apakah semua blog digunakan untuk uang? banyak alasan mengapa anda harus membuat blog. Berikut ini alasan alasan mengapa anda harus membuat blog:

  1. Personal Branding
  2. Berbagi Pengalaman
  3. Meningkatkan kemampuan menulis
  4. Menambah Pengetahuan
  5. Mengekpresikan Diri
Anda bisa selengkapnya mengenai alasan anda harus membuat blog di artikel ini:
Alasan Harus Membuat Blog

Jika anda ingin mulai untuk menjadi blogger, 4 hal dasar dalam membuat blog dibawah ini perlu anda pertimbangkan dan ketahui terlebih dahulu.

Langkah-Langkah Untuk Mulai Menjadi Blogger

  1. Anda harus mulai membaca lebih banyak mengenai seluk beluk blog, dan mulai mencari Tema (Niche), Platform Blogging, Domain, dan Hosting Blog yang akan anda buat.
  2. Membuat tampilan blog anda, ini bisa dari platfor manapun, blogspot, wordpress atau yang lainnya.
  3. Kalau anda tidak mau repot membuat tampilan blog, anda bisa mengeluarkan uang 200-800 ribu untuk di buatkan web blog anda oleh ahlinya. Jadi fokus anda tinggal membuat konten. Saya rekomendasikan anda untuk ke web ini untuk membeli blog anda mastimon.com
  4. Promosikan Blog anda, dengan orang sekitar, relasi kerja dan mintalah feedback tentang tulisan anda.

Saran Penulis: Untuk Memaksimalkan Potensi Blog anda, cek postingan saya yang lain mengenai meningkatkan Blog.

  • Membuat konten yang berkualitas.


  • Monetize Blog


Cara Blog Menghasilkan Uang


Setelah anda tahu alasan mengapa orang-orang sekarang membuat blog, saatnya kita bahas bagaimana blog ini bisa menghasilkan uang.

Dari pengalaman beberapa orang yang meninggalkan pekerjaan demi menjadi fulltime blogger, awalnya tidaklah mudah. Kalau yang anda cari adalah cara mendapatkan uang secara cepat, blog ini bukan solusinya. 

Karena butuh proses, waktu dan konsistensi!

Namun setelah anda sukses menjadi blogger, anda akan tau bagaimana rasanya bekerja dengan bahagia. 

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang dari blog, tapi kembali saya ingatkan, kuncinya adalah traffic atau pengunjung blog anda harus besar. 

Saya buatkan daftar cara yang saat ini paling banyak digunakan sebagai metode monetasi blog:

  1. Ads 
  2. Afiliasi
  3. Iklan/Sponsorship

1. Ads

Ads adalah platform advertising yang berasal dari penyedia seperti google, media.netAnda mendaftarkan diri ke ads platform, dan mereka akan melakukan peninjauan terhadap blog anda.

Setelah blog anda di terima, maka iklan di tayangkan di blog anda, dan komisi dari penayangan iklan tersebutlah yang menjadi sumber pendapatan anda.

2. Afiliasi

Bisnis afiliasi ini artinya anda melakukan promosi di blog anda mengenai suatu produk yang sudah anda daftari.

Misal di Indonesia yang sekarang trend adalah Acsestrade, di sana anda akan mendapat link yang bisa di tempel di postingan anda.

Ketika ada yang klik dan membeli produk dari link anda, anda akan dapan komisi sesuai dengan kesepakatan. Misal 10% dari harga barang.

3. Sponsorship

Iklan atau sponsorship ini prinsipnya sederhana, anda dapat meminta sebuah brand untuk dipromosikan oleh blog anda, atau sebaliknya. Harga yang di dapatkan adalah harga dari kesapakatan pemilik blog dan pengiklan.

Selain yang saya sebutkan di atas, sebenarnya masih banyak lagi yang bisa di lakukan untuk menghasilkan uang dari blog, Saya akan bahas di artikel Cara Menghasilkan Uang dari Blog 2020.

Tertarik Untuk Mulai Membuat Blog?

Mari saya tuntun anda untuk mulai dari mana, agar tidak harus mengulang lagi dari awal ketika anda sudah memutuskan dalam membuat sebuah blog.

Oke kita lanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu memilih Niche…

4. Memilih Niche

Sebelum saya lanjut, ada baiknya kita samakan persepsi, jadi yang dimaksud niche di sini adalah tema atau topik blog anda…

Tema ini penting sekali, karena kedepannya anda akan terus menulis mengenai topik yang cakupannya sama. Bisa kita ibaratkan blog anda itu sebuah buku yang membahas satu buah tema, maka didalam buku tersebut sebuah topik akan di bahas dari ujung daun sampai ke akarnya.

Misal kan topik blog anda mengenai komputer. Maka isi blog anda pastilah tentang komputer semua. Aneh rasanya kalau buku tentang komputer berisi informasi tentang sopak bola kan?.

Niche ini kaitannya dengan branding, blog anda di kenal sebagai apa. Kalau blog komputer membahas tentang selebriti, kira-kira banyak yang akan percaya?

….Mungkin ada!

Tapi pembaca tidak ada yang loyal. Loyalitas pembaca yang perlu kita kejar, tanpa loyalitas, pembaca akan datang ke blog anda namun, mereka tidak akan ingat nama blog anda. Kalau tidak ingat nama ya pasti susah kembali.

Jadi gampangnya, niche ini adalah brand blog anda, orang-orang akan ingat kemana mereka akan mencari solusi jika bertemu masalah tentang komputer. Untuk panduan memilih Niche lebih detail dan dalam baca juga postingan saya tentang: 

Bagaimana menentukan niche terbaik untuk blog.

5. Menentukan Nama Domain

Bagi anda yang belum mengetahui apa itu domain bisa baca dulu:

Pengertian Domain dan Sub Domain

Menentukan domain juga bagian yang sangat penting, karena ini adalah identitas anda! Ada banyak pilihan dalam membuat nama domain untuk blog anda.

#Jika keperluan anda untuk keperluan personal branding, tidak masalah kalau nama domain anda adalah nama anda. Misal: Sugeng.id Jika anda konsisten dengan niche anda, maka orang orang akan kenal anda atas apa yang anda tulis di blog.

Misal kita tadi bicara bahwa blog anda tentang komputer, maka orang orang akan mencari blog anda (sugeng.id) sebagai panduan menangani masalah komputer anda.

#Jika keperluan anda adalah untuk bisa monetasi, dan bisnis maka nama domain juga harus lebih spesifik ke arah bisnis atau niche anda.

Misal: Solusicom.id

Jadi ketika anda kedepan ingin menaikkan grade blog anda menjadi website bisnis, katakanlah online shop. Maka domain tersebut cocok untuk bisnis anda tentang komputer. 

Dan Masih banyak lagi cara, dan tips supaya anda tidak salah dalam memilih nama domain.

Baca panduan: Menentukan nama domain yang tepat untuk blog

6. Menentukan Platform 

Menentukan platfom blogging saat ini sebenarnya susah susah gampang, karena memang banyak sekali website builder yang berkembang belakangan ini.

Tapi bagi saya, dalam memilih platform blogging, baiknya anda mempertimbangkan aspek aspek berikut:

  1. Speed
  2. Kustomisasi
  3. SEO
Di Indonesia, plattform yang paling banyak digunakan adalah Blogger, WordPress.com dan WordPress.orgMasing masing memiliki kelebihan, namun untuk secara general wordpress.org lebih unggul ketimbang blogger.
Pelajari perbedaan wordpress.com dan wordpress.org

Banyak fitur yang anda tidak dapatkan ketika menggunakan platform blogger, karena anda perlu sedikit kemampuan coding. 

7. Menentukan Hosting

Hosting yang bisa anda gunakan ada dua tipe yaitu, platform hosted dan self host. Bagi anda yang belum peham mengenai apa itu hosting, anda saya sarankan membaca ini dulu: 

Apa itu hosting dan jenis-jenisnya.
Platform blogger dan wordpress.com memang sudah ter hosting oleh platformnya langsung tanpa harus repot mencari hosting baru.
 

Sedangkan platform WordPress.org memerlukan self hosting, di Indonesia sudah banyak penyedia hosting yang ramah kantong seperti niagahoster.com.

Namun harus anda ketahui, solf hosting adalah yang terbaik dari segi custom, speed dan SEO.

Anda perlu mengetahui fakta-fakta menarik mengenai wordpress di artikel ini:

Peluang menjadi blogger dengan wordpress

Selamat Memulai Langkah Pertama anda Menjadi Blogger

Anda telah mempelajari semua pengetahun dasar tentang blog, saya rasa anda sudah siap untuk mulai jika telah mencapai tulisan ini. Temukan semua kebutuhan anda untuk penduan blog dari awal sampai tahap monetasi.

Tetaplah konsisten membuat konten, karena blog sumber penghasilan yang tidak berhenti ketika anda sudah sukses.