4 Strategi Cerdas Mendapatkan Pekerjaan Baru dalam 3 Minggu

Belakangan ini berita tentang pengurangan karyawan dari perusahaan terdampak pandemi memang sedang hangat. Bahkan saya pribadi adalah salah satu karyawan yang terkena imbas permasalahan ini.

Semua yang sudah diplanning sebelumnya, tiba-tiba berantakan. Dan mau tidak mau bangkit adalah satu-satunnya solusi yang harus dipilih.

Dengan berbekal pengetahuan yang pernah saya korek dari beberapa HRD dan Talent Hunter, akhirnya saya dapat menyusun strategi cerdas tentang bagaimana cara mendapatkan pekerjaan baru dalam waktu yang singkat dan cepat.

Alhamdulillah it’s works.

Dalam artikel ini saya membagikan cara yang saya lakukan untuk mendapatkan pekerjaan baru dalam waktu kurang dari 3 minggu. Secara singkat begini skemanya:

  1. Berdamai Dengan Keadaan
  2. Membuat Rencana
  3. Bookmarking
  4. Execution/Final Step

Cara Mendapatkan Pekerjaan dalam Waktu Kurang dari 3 Minggu

Formula yang saya buat ini mungkin bisa jadi berhasil dan mungkin tidak. Tapi Insya Allah ini adalah cara yang benar.

Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang saya sudah lakukan. Apabila ada cara yang perlu disesuaikan dengan keadaan anda, silahkan untuk melakukan improvisasi.

Les’t go Ahead…

1. Berhenti Meratapi Nasib

Hari -2 hingga hari -1 proses berdamai dengan diri sendiri. Terus terang, berdamai dengan diri sendiri adalah hal yang paling sulit saya hadapi.

Dunia seperti tidak ingin bersahabat dengan saya.

Saya sangat yakin dan percaya, adalah normal kalau manusia merasakan kegundahan saat menghadapi masalah ini. Apakah Anda sedang di posisi yang sama?..

Perusahaan tempat saya bekerja mengalami masalah finansial yang sangat kritis. Yang mengharuskan mereka merestrukturisasi bisnis perusahaan.

Well, saya mendapatkan notice pemberhentian kerja sama tepat sebulan sebelum bulan puasa.

Padahal semua sudah saya rencanakan dengan baik, punya salary yang cukup, dan punya banyak waktu cuti. Semua harapan dan rencana bahagia yang saya buat dengan istri seketika sirna.

Pernah mengalami? Oke kita satu frekuensi…

Ah, ya sudahlah….

Manusia cuma bisa berencana dan bertindak. Perihal hasil? kembali ke Sang Pencipta.

Pada kondisi seperti ini, strategi pertama yang wajib Saya pilih adalah berhenti meratapi nasib. Ikhlas-kan semua yang terjadi, dan percaya pada Tuhan, bahwa rencanaNya lah yang paling sempurna.

Sudah saatnya mengalihkan fikiran menjadi positive mind. Saya kuat!…

Bagi anda yang fresh graduate, jangan merasa Anda mengalami masalah yang paling berat, padahal hal-hal seperti ini juga mungkin terjadi pada yang sudah berpengalaman seperti saya.

Bagaimanapun kondisi Anda saat ini, solusinya sama, yaitu berhenti meratapi nasib dan move on.

 2. Membuat Rencana

Hari -1 hingga hari 0, waktunya bangkit!

Setelah berdamai dengan hati dan fikiran, sekarang saatnya menyusun rencana dan cara-cara yang akan dilakukan untuk mendapatkan pekerjaan baru dengan cepat.

Tanpa rencana yang bagus, probabilitas mendapatkan pekerjaan akan menurun. Keuntungan lain membuat rencana adalah langkah yang dilakukan lebih terstuktur, sehingga mudah untuk melakukan evaluasi apabila hasilnya tidak memuaskan.

Berikut ini rencana yang saya terapkan pada “strategi untuk mendapakan pekerjaan dengan cepat”.

a. Mengupdate CV dan Menyiapkan Berkas Pendukung

Mengupdate CV adalah hal langkah pertama yang harus dilakukan. Ingatan mengenai Job Desk masih sangat jelas, ada baiknya segera dituliskan di CV.

Pada tahap ini, saya menyiapkan 3 template CV sekaligus untuk mengisi 3 posisi yang yang sama, namun masih memiliki relevansi.

Bahkan seringkali saya mengeditnya kembali, dan menyesuaikan dengan requirement perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan sebelum dikirimkan ke HRD nantinya.

Tapi perlu anda catat, yang saya maksud adalah hanya menyesuaikan dengan kebutuhan, bukan untuk mengelabui dan sejenisnya.

Terlepas dari CV formal yang kita buat di komputer, apakah CV hanya sebatas template softcopy yang ada di memori komputer?

Sayangnya kebanyakan orang beranggapan jawabnya adalah Ya!. Faktanya, profil sosial media dan profil di platform pencarian kerja bisa digolongkan sebagai CV, meskipun tidak baku.

Banyak recruiter yang juga menilik profil-profil kita pada periode melamar kerja. Jadi saya memastikan, semua informasi yang tertera di media manapun, sudah terupdate.

Berkas-berkas pendukung saya kumpulkan dan langsung saya scan ke pdf. Agar lebih mudah nantinya ketika akan melampirkan berkas.

Berikut ini berkas yang saya siapkan:

  • KTP
  • Surat Rekomendasi (Kalau ada)
  • Curiculum Vitae (CV)
  • Paklaring (Mulai dari yang terbaru ke yang lama)
  • Ijazah & Transkrip (Kondisional)

Berkas-berkas di atas, saya print out menjadi hard copy untuk antisipasi apabila ada panggilan Interview mendadak.

b. Menentukan Media dan Platform untuk Melamar Kerja

Saat ini banyak sekali media yang dapat digunakan untuk melamar kerja. Bahkan dalam sekali duduk, siapapun bisa melamar hingga puluhan aplikasi sekaligus.

Jadi tidak perlu khawatir mengenai perihal media dan platform. Berikut ini platform yang cukup efektif untuk dimanfaatkan sebagai media melamar kerja.

  • Linkedin – Fitur Jobs pada platform sosial media yang di khususkan untuk membuat koneksi ini cukup memadai untuk mencari pekerjaan dari perusahaan-perusahaan bonafide.
  • JobStreet – Siapa yang tidak kenal platform yang satu ini, situs ini wajib dimanfaatkan untuk mengexplore banyak lowongan pekerjaan. Buka juga platform lain, seperti Jobs Id, Indeed dll.
  • Instagram – Setiap kota, biasanya ada akun Instagram yang memang dibuat untuk membagikan lowongan pekerjaan, Anda bisa search dengan mengetikkan: lowongan kerja “nama kota”. Jangan sampai tidak dimanfaatkan, karena ada beberapa perusahaan yang memang hanya post di sosial media saja.

c. Membuat Template Email

Rasanya akan sangat melelahkan, apabila harus menulis ulang setiap email lamaran pekerjaan yang hendak dikirim ke HRD. Jadi saya menyiapkan template email yang akan digunakan untuk melamar kerja.

Berikut ini contoh template email yang sering saya gunakan selama melamar pekerjaan melalui email.


Hal             : Lamaran Pekerjaan
Lampiran  : 7 Halaman


KepadaYth. Bapak/Ibu HRD
PT Sinergy Indonesia
di Tempat.


Dengan Hormat.Berdasarkan informasi yang saya baca dari situs abc pada tanggal xx-xx-2021. Melalui email ini saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan di PT Sinergy Indonesia, Sebagai Staf Mechanical Engineer.
Berikut ini adalah data singkat diri saya:

  • Nama
  • Tempat Tanggal Lahir
  • Pendidikan Terakhir
  • Alamat
  • No Hp

Mengenai posisi Mechanical Engineer, saya memiliki pengalaman yang solid untuk mengisi posisi tersebut. Saya terbiasa melakukan analisys desain dan monitoring produksi sebagai mana mestinya.

Memahami mekanisme pekerjaan terkait produksi dengan baik. Selain itu, saya juga mahir menggunakan Software Analisys berbasis computing seperti AUTOCAD, SolidWorks dan CAM.


Demikian saya sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.
Hormat saya,


Arya Wirawan


Setelah membuat template seperti ini, biasanya rasa malas dan asal-asalan dalam mengirim email akan berkurang.

3. Memulai Langkah Pertama

Minggu pertama dihitung sebagai hari 1, karena pada hari 1 saya mulai mengumpulkan data lowongan yang tersedia terlebih dahulu. Baik itu lewat email langsung maupun melalui platform pencari kerja.

Namun dalam hal ini, hari pertama saya hanya manfaatkan untuk mem-bookmark dan menyimpan target terlebih dahulu.

Oh iya, pada hari pertama, jangan lupa untuk menanamkan mindset seperti ini:

“Mulai hari ini, pekerjaan saya adalah mencari pekerjaan, dan tujuannya adalah untuk mendapatkan pekerjaan dengan cepat!”

Pokoknya seharian kerja saya adalah mencari kerja. Mencoba untuk konsisten dan fokus. Saya anggap saja rumah saat ini adalah kantor sementara.

a. Melamar Kerja Melalui Linkedin

Kalau anda familiar dengan Linkedin, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengetahui lowongan kerja yang tersedia.

Perhatikan gambar yang sudah saya tandai dibawah ini:

melamar kerja melalui Linkedin

Dari gambar di atas, Anda dapat mengetahui fitur mana saja yang saya manfaatkan untuk searching lowongan kerja.

  • Pertama, melalui kolom search. ketik kata kunci “lowongan kerja”, tunggu beberapa saat dan hasil akan muncul. Jangan lupa untuk pilih post, agar yang tampil hanya post yang berisi kata kunci “lowongan kerja”. Anda bisa lihat, ada sekitar 554 hasil pencarian melalui kata kunci tersebut.
  • Kedua, melalui fitur Jobs. Anda langsung bisa klik tombol fitur Jobs tersebut untuk mencari lowongan yang sesuai. Hebatnya lagi, filternya sudah tersedia dalam beragam pilihan yang powerful.

Untuk poin pertama, saya membuat tabel di worksheet, agar lebih mudah membuat lamaran melalui email nantinya.

b. Melamar Kerja Melalui JobStreet

Menggunakan JobStreet adalah salah satu cara mendapatkan kerja dengan cepat

Saya tidak bermaksud mempromosikan platform yang satu ini, anda masih bisa memanfaatkan platform lain untuk mencari pekerjaan secara online.

Sesuaikan saja dengan kondisi.

Saat apply lamaran di JobStreet saya menggunakan strategi ini.

  • Gunakan filter search untuk mendapatkan hasil yang akurat. Ada 3 filter yang bisa dimanfaatkan :Posisi – Daerah – dan Bidang pekerjaan.
  • Membookmark Lowongan pekerjaan terlebih dahulu. Saya tidak langsung melamar pekerjaan di hari itu juga. Nanti saya akan jelaskan alasannnya.

bookmark lowongan pekerjaan

Baca Juga: Berbagi Pengalaman Kerja Remote

c. Capture Lowongan di Sosial Media Instagram

Dulu saya tidak pernah mengira bahwa lowongan di sosial media itu valid informasinya. Ternyata kebalikannya, informasi dari sosial media seperti Instagram ternyata cukup valid.

Akan tetapi hemat saya begini:

“Valid tidak valid, itu urusan nanti. Yang penting kirim dulu lamarannya, kalau ada praktik permintaan uang, langsung saya abaikan”

Seperti yang saya katakan, di Instagram ada akun yang memang isinya psotingan peluang pekerjaan semua.

Lowongan pekerjaan di Instagram

Pokok search semua lowongan yang sesuai dengan posisi yang akan dilamar lalu screenshot. Hasil ss tersebut saya kumpulkan kedalam worksheet yang sudah saya buat sebelumnya.

Tidak semua perlu di masukkan ke worksheet, hanya nama perusahaan, posisi dan alamat email HRDnya.

4. Langkah Final

Langkah final adalah langkah yang saya lakukan di hari ke 2 dst hingga minggu pertama selesai dalam “strategi cerdas mendapatkan pekerjaan dengan cepat”.

Jadi, seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, dalam minggu pertama ini fokus saya adalah mengirimkan lamaran.

a. Mengirimkan Lamaran Pekerjaan Lewat Email

Inilah pentingnya membuat template email untuk mengirimkan lamaran pekerjaan. Karena disini saya akan akan mengirimkan email menggunakan fitur Scheduled send.

Alasan saya menggunakan fitur penjadwalan pengiriman email adalah masalah waktu produktif HRD.

Kebanyakan orang akan membuka email mulai dari pukul 08:00 hingga pukul 10:00. Atas alasan ini, saya memanfaatkan fitur penjadwalan.

Pada proses pengirman email saya menargetkan 15 email setiap harinya.

b. Melamar kerja Melalui JobStreet & Linkedin

Pada dasarnya tidak ada trik khusus, yang membedakan adalah saya mengkhususkan satu hari untuk menyimpan atau bookmark lowongan yang tersedia terlebih dahulu.

Sehingga hari berikutnya saya hanya fokus dalam mengisi aplikasi dan tidak menghabiskan waktu untuk searching.

Saya pribadi membuat target 25 Aplikasi perhari untuk masing masing platform. Terlepas dari Linkedin dan JobStreet yang saya sebutkan di atas. Saya juga menggunakan hinggal 5-8 aplikasi lain untuk melamar kerja.

Minggu Kedua Saatnya Interview

Sampai pada minggu kedua, saya sudah banjir undangan untuk Interview. Sampai pada tahap ini sebenarnya sudah bisa dikatakan aman.

Karena pada dasarnya diundang Interview, bagi asaya berarti sudah memiliki presentase 50% untuk diterima. Pada minggu ketiga, saya sudah menerima surat penawaran kerja sama atau offering letter.

.. Alhamdulillah.

Demikian mengenai strategi dan cara yang saya terapkan untuk mencari pekerjaan baru beberapa waktu yang lalu. Semoga bermanfaaat dan menginspirasi.

Masih butuh bantuan?.. Mari berdiskusi di kolom komentar..


 

A part-time blogger, content writer, and WordPress enthusiast. Craving for everything about SEO and digital marketing.

Tinggalkan komentar