Begini Caranya Mendapatkan Passive Income dari Internet

Selamat datang semua di website IDBlogging. Bagi kamu yang sedang mencari referensi tentang bagaimana cara mendapatkan passive income dari internet, berarti kamu sudah datang pada artikel yang tepat.

Karena kamu akan segera sadar, bahwa membangun aset di internet untuk menjadikannya sebagai sumber pendapatan pasif itu mudah dan praktis.

Oh iya, sebelum ke bagian inti, saya ingin mengingatkan bahwa secara sederhana, passive income adalah penghasilan yang akan masuk ke rekeningmu tanpa mengenal waktu.

Kalimat kerennya si uang yang bekerja untuk kamu.

Saat ini membangun passive income bisa dilakukan dari mana saja dan oleh siapa saja. Termasuk kamu yang masih menempuh pendidikan, dimana modal selalu menjadi kendala.

Baca Juga: 40 Situs Freelance Terbaik di Indonesia dan Luar Negeri

Jangan berfikir bahwa untuk dapat memiliki pendapatan pasif, kamu mesti punya kerja, punya modal dan sebagainya.

Faktanya tidak demikian.

Kamu bisa kok mendapatkan passive income dengan modal kecil atau bahkan nyaris nol. Kamu bisa memanfaatkan alat yang bernama internet.

Mau kan punya passive income tanpa modal?

Ya mau dong…hehehe

Yuk lanjut simak sampai selesai ya.

Cara Mendapatkan Passive Income dari Internet

Ada banyak cara menuju roma. Pepatah ini juga berlaku bagi kamu yang ingin punya passive income dari internet. Meskipun banyak cara, namun ada baiknya kamu mulai dengan beberapa cara di bawah ini terlebih dahulu.

1. Menulis Cerita di Wattpad

Wattpad sepertinya tidak asing di telinga kita, situs yang menyediakan berbagai macam jenis novel dan cerita singkat ini sudah sering menjadi topik obrolan anak-anak muda.

Tapi siapa sangka, kalau menulis cerita di wattpad adalah salah satu cara membangun asset digital.

Pada artikel yang lalu, saya sudah menulis tentang cara mendapatkan uang dari Wattpad.

Di sana juga dijelaskan bahwa kamu akan mendapatkan komisi dari wattpad selama ada yang membeli buku yang kamu upload.

Nama programnya adalah Paid Stories.

Ya coba saja untuk mulai menuliskan kisah cintmu yang tidak berujung itu ke ms word, lalu kirimkan ke WattPad. Cara mengirimkan tulisan ke Wattpad bagaimana?

Nggak perlu bingung, kamu bisa langsung cek ke websitenya ya. he he he…

2. Membuat Blog yang Menghasilkan Uang

Cara mendapatkan passive income dari internet selanjutnya adalah melalui blog.

Bagi saya cara ini adalah salah satu cara yang paling mudah.

Karena membuat blog itu nggak perlu banyak biaya.

Yang diperlukan hanya kemauan dan rajin nulis, yang mana seiring berjalannya waktu, blogmu akan ramai pengunjung.

Kalau sudah ramai pengunjung, kamu bisa deh mulai menghasilkan uang dari blog. Nah, Menghasilkan uang dari blog itu ada banyak caranya.

Tergantung kamu mau pakai yang mana, intinya sih tugasmu adalah membuat konten yang bagus dan bernilai untuk dibaca oleh pengunjung.

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan supaya blog mu menghasilkan uang meskipun kamu sedang tidur.

  • Menampilkan iklan di blog – Menampilkan iklan di blog memang cara yang paling mudah lho, karena kamu cuma fokus buat konten dan biarkan uang bekerja untuk kamu. Potensi penghasilan pasif yang bisa kamu dapatkan dari blog berkisar mulai dari 1,5 juta hingga ratusan juta rupiah perbulannya.
  • Menulis review atau bahasa kerennya content placement – Banyak kok perusahaan besar seperti online shop, situs sekolah, penjual jasa dsb yang berminat produknya di ulas di blogmu. Kisaran sekali menulis ulasan adalah 500 hingga 5 juta rupiah. Bahkah bisa lebih kalau pengunjung blog mu sangat ramai.
  • Bisnis Afiliasi – Bisnis ini mirip dengan content placement, bedanya kamu cuma menulis review dan menyediakan link aktif menuju website penjual produk yang kamu buat kontennya.

Nah kira-kira begitu, saya pribadi sih potensi blog sangat luar biasa ya. Selain mudah dikelola, nulis sambil ngopi tapi hasilnya lumayan.

Gimana? mau coba bikin blog? simak saja disini: Cara Membuat Blog yang Menghasilkan Uang

3. Menjual Produk Digital

Wah cara mendapatkan passive income dari internet yang satu ini memang tergolong berat. Pasalnya, kamu mesti punya produk yang hendak dijual.

Tapi kamu nggak perlu khawatir, karena produk digital itu banyak jenisnya.

Misal:

  • E-book
  • Aplikasi/Software
  • Membuat Template Blog

Sebenarnya masih banyak lagi, namun dari ketiga produk tersebut yang paling mudah adalah membuat E-Book. Karena modal membuat ebook adalah menulis dan punya pengetahuan.

Kalau kamu bisa coding, sudah saatnya kamu meniru Mas Sugeng, pemilik blog sugeng.id ini bisa menghasilkan milyaran dari menjual template blog yang loading cepat dan modern.

Kembali ke Ebook, kamu tidak perlu khawatir mengenai ebook seperti apa yang hendak kamu tulis. Kamu bisa mulai menuliskan kisah kegagalanmu di masa lalu, atau menuliskan kisah kesuksesan mu.

Dipoles dengan desain sampul dan judul yang menarik, dijamin kamu bisa punya pendapatan yang luar biasa. Karena target pasarmu tidak terbatas. Internet tidak mengenal batas wilayah.

Kamu bisa menjualnya melalui blogmu, ataupun menggunakan marketplace digital seperti Ratakan. Mulailah menjual dengan harga Rp.20.000 per copy.

Apabila pembeli sudah mencapai 1000 saja, kamu sudah bisa mendapatk pemasukan Rp. 20 juta.

Coba bayangkan kalau yang membeli Ebook buatanmu puluhan ribu jumlahnya. wow!

Nah, pada tahap ini, bagian mana yang masih mengganjal fikiranmu untuk mulai membangun aset digital?

Penutup

Cara mendapatkan passive income dari Internet memang susah-susah gampang. Yang perlu kamu terus lakukan adalah mengeksplor potensi yang ada.

Jangan hanya asik scroll sosial media sepanjang hari. Sudah habis kuota Internet, hasilnya nihil.

Dari ketiga cara diatas, kamu tidak perlu melakukan semuanya, cukup lakukan yang paling kamu sukai dan mudah untuk memulainya. Selamat mencoba..

A part-time blogger, content writer, and WordPress enthusiast. Craving for everything about SEO and digital marketing.

Tinggalkan komentar