15 Pekerjaan Sampingan yang Bisa Dilakukan di Rumah

Dimasa pandemi, setiap orang diharuskan berada dirumah. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menambah penghasilan. Salah satunya adalah dengan melakukan perkerjaan sampingan.

Pekerjaan sampingan memang sangat banyak yang bisa dipilih.

Namun ada baiknya memilih yang cocok dengan passion dan waktu kerja. Agar pekerjaan utama tetap dapat diprioritaskan, maka perlu untuk disortir pekerjana mana yang bisa kita lakukan.

Berikut ini adalah daftar pekerjaan sampingan yang bisa kamu coba, untuk mengisi waktu dan menambah pemasukan selama dirumah.

Tapi…

Meskipun sampingan, rasa tanggung jawab wajib kamu miliki. Supaya apa yang sudah kamu lakukan, tidak sia-sia dan menguras modal.

15 Pekerjaan Sampingan yang Bisa dikerjakan di Rumah

Nah, selain mengetahui alasan dan juga keuntungan dari menekuni pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan di rumah, perlu diketahui lebih lanjut juga mengenai jenis – jenis pekerjaan sampingan itu sendiri. Mengenal jenis ataupun ide pekerjaan sampingan dengan baik akan membantu dalam menentukan pekerjaan apa yang akhirnya akan dipilih.

Bagi kamu yang tinggal di Batam, saya sudah menuliskannya di sini: Peluang Bisnis di Batam.

Berikut ini, ada beberapa ide pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan di rumah dan bisa jadi pilihan jika ingin mendapatkan penghasilan tambahan:

1. Membuat Blog

membuat blog adalah salah satu peluang pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan dirumah

Bagi kamu yang senang menulis dan membagikan cerita inspirasi atau informasi terkini, jenis pekerjaan sampingan ini bisa dan cocok untuk dilakukan. Jenis blog yang bisa dipilih sebagai wadah untuk menulis bisa berupa website gratis seperti blogspot dan wordpress hingga website berbayar lainnya.

Masih ragu apakah blog masih menguntungkan? Silahkan baca faktanya disini: Peluang Menjadi Blogger.

Agar blog yang dimiliki lebih unik dan ramai dikunjungi pembaca, kamu bisa mengatasinya dengan menuliskan topik – topik khusus sesuai tema atau hal yang disukai.

Misalnya, jika menyukai hal terkait masak – memasak, maka jenis informasi yang dibagikan bisa berupa resep masakan, review alat memasak, mengenal bumbu – bumbu khas Indonesia dan lainnya sebagainya.

Selain itu, pilih dan gunakan keyword yang paling sering dicari atau populer, sehingga nantinya tulisan yang dibuat akan muncul dalam laman pencarian google yang pertama.

Nah, bagaimana caranya agar blog bisa menghasilkan uang? Jawabannya adalah dengan menyewakan space iklan pada laman blog yang mana dengan syarat trafik atau jumlah pengunjungnya tinggi. Selain itu, menyertakan link afiliasi juga bisa menjadi cara lain untuk mendapatkan uang dari blog. Link afiliasi biasanya mengarah pada produk barang yang sesuai dengan jenis informasi yang tertulis dalam blog.

Potensi blog sangatlah luar biasa apabila ditekuni. Sudah banyak yang sukses bebas finansial dan meninggalkan pekerjaan utamanya, karena pendapatan dari blognya sudah lebih dari cukup.

  • Contoh blogger Indonesia yang membuka pendapatannya dari blog adalah Herman Yudiono. Dalam bukunya, ia membagikan caranya menghasilkan 670 Juta dari blogging.
  • Diluar negeri ada Neil Pattel: Pendapatan dari blognya mencapai 1 Juta USD.

Dan Masih banyak contoh nyata, yang saat ini bisa kamu kulik informasinya. So kapan lagi kerja santai plus dapat passive Income.

Bingung cara membuat blog? tenang, saya sudah menuliskannya khusus buat kamu di: Cara membuat blog dalam 7 langkah praktis.

Selain itu kamu juga bisa menelusuri bagaimana cara menghasilkan uang dari blog disini, atau search di pojok kanan atas ya.

2. Freelance Penulis

Pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan di rumah selanjutnya adalah menjadi freelance penulis. Sesuai dengan namanya, jenis pekerjaan ini hampir serupa dengan menulis blog namun biasanya memiliki tema khusus tergantung pesanan dari owner atau pihak yang memesan konten tulisan.

Selain itu, freelance penulis ini waktu pengerjaannya sangat fleksibel dan bisa diatur sendiri sesuai dengan kemampuan.

Menjalankan pekerjaan sampingan sebagai freelancer penulis tidaklah susah, hanya perlu laptop dan juga koneksi internet yang stabil untuk kebutuhan riset tema dari konten tulisan yang akan dibuat.

Rekomendasi situs untuk menjadi freelance penulis:

  • Sribulancer – Bagi kamu yang sudah punya record menulis di situs-situs terkenal. Mencoba menjadi penulis di situs ini sangat direkomendasikan. Karena fee yang ditawarkan bisa mencapai Rp.300.000 per 1000 kata.
  • Projects.co.id – Rekomended untuk kamu yang baru akan memulai menjadi penulis lepas. Persyaratan untuk mendaftar dan verifikasi tidak se-sulit di sribulancer.

3. Membuat & Menjual Hasil Karya Digital

Siapa bilang kemampuan untuk memanfaatkan gadget tidak bisa menghasilkan. Saat ini semua karya yang kamu buat melalui Laptop, Hp dan Kamera bisa dijual.

Kamu bisa memanfaatkan marketplace digital untuk menjual karya-karyamu. Namun sebenarnya, apa itu marketplace digital?

Jika kamu memiliki karya digital, seperti desain, ebook, foto, video atau pun audio.

Kamu juga bisa menjualnya pada marketplace spesialis digital. Kemudian klien biasanya akan membeli karyamu melalui marketplace tersebut.

Tetapi, untuk bisa menjual karyamu pada marketplace, karya digital yang kamu miliki harus lolos tahap screening manual terlebih dahulu.

Bisa dibilang, produk yang tersedia di marketplace digital adalah produk yang berkualitas.

Adapun, marketplace digital yang sudah banyak digunakan banya orang, adalah:

  1. Fiverr
  2. Shuttershock

Marketplace dalam negeri:

  1. P-store
  2. Projects.co.id

4. Membuat Jingle

membuat jingle

Punya hobi bermusik dan sering menciptakan lagu? Jika kamu termasuk dalam kategori tersebut, maka membuat jingle adalah salah satu ide pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan di rumah.

Selain menyenangkan, jingle yang dibuat juga akan bernilai tinggi alias eksklusif lho, yang mana bisa digunakan atau dipilih oleh perusahaan – perusahaan ternama untuk memasarkan produk ataupun kegiatannya.

Untuk membuat jingle, prosesnya hampir sama dengan membuat lagu. Namun, yang paling utama dan perlu diperhatikan adalah harus dibuat dalam versi yang beragam dan jumlah yang banyak, lalu jangan lupa untuk menyebarkan atau mempublikasikannya melalui media sosial ataupun website milik pribadi. Hal tersebut bertujuan agar, calon klien dapat dengan mudah melihat hasil karya jingle yang telah dibuat.

5. Membuka PO Makanan Untuk Warga Komplek

Kedengarannya remeh, namun sebenarnya ide dan peluang pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan di rumah ini sangatlah berpeluang untuk mendapatkan profit.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan:

  • Membuat masakan yang sesuai dengan menu sehari-hari. Buat Dokumentasi setiap masakan yang dibuat. Kemudian coba unggah di group whatsapp satu komplek rumah, Tawarkan menu yang kita masak hari itu. Sehingga yang perlu di lakukan hanya memasak dengan porsi ekstra.
  • Membuat Makanan ringan – Yang satu ini bisa dilakukan dengan metode membuat langsung pruduknya. Tapi pastikan produknya adalah yang punya daya tahan cukup lama.

6. Membuat Podcast

Senang berbicara dan membagikan cerita? Membuat podcast, mungkin bisa jadi alternatif ide pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan di rumah.

Salah satu platform yang bisa dijadikan sebagai wadah untuk mempublikasikan podcast ialah Spotify. Jangan salah dulu, meskipun Spotify rata – rata digunakan untuk mendengarkan lagu, namun jumlah podcast yang tersebar didalamnya sudah sangat banyak dan tentunya bisa didengarkan secara gratis.

Berbagai jenis konten podcast bisa dipilih sesuai dengan minat dan kesukaan diri sendiri, misalnya konten cerita horor, curhat percintaan, masalah kehidupan, ataupun konten mengenai kehidupan rumah tangga.

Podcast itu konten yang mudah untuk dibuat, jangan membayangkan seperti podcastnya Dedi Corbuzier.

Cukup mengangkat topik topik sederhana, seperti sudut pandang kejadian bagi si A dan Si B. Percayalah bahwa kamu akan menemukan peminatmu sendiri.

Rekomendasi Situs untuk memulai podcast:

  • Spotify
  • Joox
  • Google Podcast

7. Membangun Channel Youtube

Hampir serupa dengan podcast, jika kamu hobi bicara dan mengulas sesuatu, maka ide pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan di rumah adalah dengan membangun Channel Youtube.

Perbedaan mendasar dari podcast di Spotify dan Youtube adalah bentuknya, jika podcast lebih ke audio, maka Youtube bentuknya mencakup audio – visual.

Perlu diingat, bahwasannya jika ingin membangun Channel Youtube, haruslah memiliki keahlian editing secara mendasar untuk mengedit konten youtube yang akan dibuat nantinya.

Untuk jenis konten yang akan dibuat sama seperti podcast Spotify, yakni bisa mencakup apa saja. Mulai dari review produk elektronik, produk perlengkapan rumah hingga produk kecantikan, lalu ada tips dan trik, hingga informasi – informasi terkini dan terupdate.

Nah, bagaimana caranya agar Youtube bisa menghasilkan uang? Yakni dengan cara menyematkan iklan di setiap konten youtube yang akan diupload, jumlah dari iklannya pun beragam dan bisa diatur sendiri.

Selain itu, jika jenis konten yang akan dibuat masuk ke dalam kategori review produk, maka rajinlah untuk berkomunikasi dengan orang – orang yang memiliki usaha agar nantinya bisa mendapatkan sponsor.

Perlu bantuan untuk menemukan cara menghasilkan uang dari youtube? Saya sudah menuliskan caranya disini: 6 Cara Menghasilkan Uang dari Youtube.

8. Berjualan Online

online shop

Untuk ide selanjutnya ada berjualan online. Seperti yang kita tahu, belanja online merupakan sebuah tren yang ramai sekali peminatnya.

Karena selain banyak potongan harga yang diberikan, belanja online juga memudahkan tiap orang karena hanya perlu memilih jenis barang atau produk melalui telepon genggam. Kamu hanya perlu menunggu saja di rumah hingga barang yang dibeli sampai.

Barang atau produk apapun bisa dipilih untuk dijual dalam bentuk online, melalui platform yang ada misalnya seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan lain sebagainya.

Salah satu jenis produk yang bisa dijual dan tak perlu modal banyak adalah dengan menjual baju dan celana bekas pakai atau yang sering disebut dengan thrift shop. Namun perlu diingat, bahwasannya produk thrift shop ini harus tetap dalam kondisi yang bagus dan layak pakai.

Ingin lebih profressional?

  • Membuat online shop sendiri, menggunakan website e-commerce. Sekarang kamu biasa membuatnya dengan harga terjangkau. Berkisar 2-3 juta saja untuk membuat e-commerce sendiri.

9. Bisnis Dropshipper

Selain menjual produk thrift shop, menjadi dropshipper juga bisa dipilih sebagai bisnis online yang tidak menyita waktu.

Dropshipper ini berlaku jika kamu tidak memiliki modal yang cukup besar untuk menjual produk, dimana sistem yang diberlakukan adalah PO atau pre – order.

Jadi, para calon customer nantinya akan membayar dahulu baru produk yang akan dibeli masuk dalam proses pembuatan, pengemasan, dan pengiriman.

Biaya yang dibutuhkan bahkan bisa nol rupiah, namun kamu perlu memperhatikan kualitas barang yang akan di drop ya. Supaya konsumen tidak merasa dirugikan, karena barang yang mereka beli sudah sesuai dengan ekspektasi. 

Bingung bagaimana caranya? Tenang! Saya sudah menuliskan panduannya disini : Cara dropship di Tokopedia dengan Supplier Dari Shopee.

10. Freelance Desain Grafis

Memiliki keahlian membuat design? Maka, menjadi Freelance Design Grafis adalah pilihan tepat. Jenis pekerjaan ini tentunya sangat menguntungkan dan peluang yang ada sangat banyak.

Terlebih bisnis dalam bidang apapun jelas membutuhkan design grafis dalam memasarkan produknya.

Agar banyak klien yang memesan design grafis buatan kamu, maka langkah pertama yang bisa dimulai adalah dengan membuat berbagai jenis design dan mempublikasikannya melalui website sebagai portofolio dasar klien untuk melihat hasil karya designnya.

Berbagai website seperti portofolio.com ataupun wix.com bisa dipilih sebagai wadah untuk mempublikasikan hasil design.  Selain itu, cobalah bergabung dalam platform freelance untuk menemukan project dan klien yang membutuhkan design grafis pada bisnisnya.

Rekomendasi situs freelance yang memiliki banyak project desain grafis:

  • Freelancer.com – Salah satu situs freelancer terbesar didunia, saat ini ada versi Indonesianya. Terdapat jutaan lowongan freelance disana.
  • Latium.org – Situs freelancer luar negeri yang cukup wortith. Direkomendasikan untuk kamu yang ingin mencoba peluang freelance di situs luar negeri.

11. Membuat Website

Peluang selanjutnya adalah dengan membuat website.

Ya, membuat website adalah pekerjaan sampingan yang bernilai tinggi lho, sebab saat ini hampir seluruh bisnis atau perusahaan memiliki website sebagai wadah atau tempat untuk mengenalkan produk maupun jasa yang ditawarkannya.

Jadi, kalau kamu punya keterampilan membuat website. Kamu bisa mencari pekerjaan ini di situs-situs freelancer. Jangan kaget ya, karena lowongan untuk jenis pekerjaan ini sangatlah banyak.

Rekomendasi untuk mencari pekerjaan sejenis ini:

  • Sribulancer
  • Projects.co.id
  • Freelancer.com

12. Membuat Seminar atau Webinar

cara cara jitu untuk monetisasi blog

Memiliki ilmu atau pengetahuan di bidang tertentu dan ingin orang lain juga turut mengetahuinya, mungkin ide dan peluang pekerjaan sampingan dengan membuat seminar atau webinar ini cocok untuk dilakukan.

Terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini, orang – orang lebih tertarik untuk mengikuti seminar secara online, maka peluang untuk menekuni bidang pekerjaan ini terbilang sangat besar.

Sebagai contoh, kamu bisa melihat akun instagram @Jonathanend yang rutin sekali mengadakan webinar untuk membahas keuangan atau masalah finansial.

Tidak perlu mematok tarif terlalu tinggi, saat pertamakali melakukan webinar, kamu dapat menggratiskannya sebagai promo. Selain itu hitung-hitung melatih mental dan kemampuan komunikasi.

Manfaatkan platform vid confrence seperti:

  • Zoom
  • Google Meet
  • CloudX Telkomsel

13. Menjadi Tutor atau Guru Les Online

Ide dan peluang pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan di rumah selanjutnya adalah dengan menjadi tutor atau guru les secara online.

Nah, berhubung pandemi ini mengharuskan para murid untuk belajar dari rumah, maka ini bisa menjadi kesempatan yang sangat bagus untuk menawarkan diri sebagai guru les online.

Kenapa terbilang kesempatan yang bagus? Karena, permasalahan terbesar murid dalam belajar online di rumah adalah tidak memahami betul bagaimana materi yang diberikan.

Menjadi tutor atau guru les online, adalah pilihan yang tepat untuk menggantikan posisi guru atau pengajar yang tak sempat atau kurang dalam menjelaskan materi belajar. Selain memiliki waktu mengajar yang lebih fleksibel, menjadi guru les online juga harus disesuaikan dengan bidang yang dipahami, agar nantinya proses belajar mengajar lebih mudah dan menyenangkan.

Rekomendasi untuk menjadi Guru online:

  • Mendaftar di RuangGuru.com –
  • Menggunakan Website/Blog pribadi

14. Mengisi Survey Online

Semasa kuliah, rajin sekali mengisi survey yang diminta oleh kakak kelas? Jika iya, maka itu bisa menjadi pilihan ide yang bagus untuk mengisi waktu luang.

Berbeda dengan survey semasa kuliah, pekerjaan sampingan mengisi survey ini akan memberikan kamu penghasilan tambahan melalui reward berupa poin yang didapatkan setelah mengisinya. Poin tersebut nantinya bisa ditukarkan menjadi uang lho.

Seru dan menyengkan bukan? Nah, jika ingin berpartisipasi sebagai pengisi survey sekaligus ingin mendapatkan uang tambahan, maka kamu bisa mengunjungi berbagai situs survei online seperti YouGov Indonesia, SurveyOn, GlobalTestMarket, hingga ViewFruit.

Oh iya saya juga sudah menuliskan beberapa situs survey online yang sudah terbukti membayar. So jangan kelewatan ya, lumayan kok buat mengisi waktu luang dan menambuah cuan.

15. Affiliate Marketing (Rahasia Orang Bisa Dapat 300 Juta dari Rumah)

ide dan peluang pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan di rumah

Pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan di rumah yang terakhir adalah Affiliate Marketing, atau dalam bahasa sederhananya adalah kerja sama penjualan produk. Jenis pekerjaan ini, bisa dilakukan tanpa modal dan hanya membutuhkan data internet saja.

Bagaimana cara untuk melakukan pekerjaan sebagai Affiliate Marketing? Mudah kok, kamu hanya perlu bergabung dalam program Afiliasi Indonesia yang tersedia dan melakukan pendaftaran secara gratis.

Setelah selesai mendaftar, kamu akan otomatis mendapatkan banner atau kode referral yang bisa dibagikan melalui media sosial milik pribadi. Nantinya, jika kode referral ini digunakan oleh orang lain, maka kamu otomatis akan mendapatkan komisi atau bayaran.

Rekomendasi situs untuk menjadi affliate marketer:

  • Accestrade – Situs afiliasi Indonesia, barang barang yang bisa di tawarkan biasanya produk-produk sehari-hari
  • Niagahoster – Selain menjadi penyedia hosting untuk blog wordpress, niaga hoster memberikan kesempatan untuk menjadi affiliatenya. So yang satu ini perlu sekali kamu coba, Buat blog dengan niaga hoster dan dapatkan kesempatan menjadi affiliate marketernye dengan komisi 70%.

Penutup

Itulah beragam informasi terkait ide dan peluang pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan di rumah. Selain bisa mengisi waktu luang, dijamin, kamu akan mendapatkan penghasilan tambahan yang bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari – hari.

Belum cukup informasi di atas?

Silahkan baca mengenai pekerjaan freelance dan gajinya disini : Pengertian Freelance dan Kisaran Gajinya.

Tak perlu takut ataupun malu karena memiliki pekerjaan sampingan itu artinya kamu lebih berpikiran maju dalam menjalani kehidupan, khususnya dalam mencari peluang untuk menambah penghasilan.

Share:

Tinggalkan komentar