15 Peluang Usaha di Batam yang Menjanjikan Tahun 2021

Apakah anda butuh inspirasi untuk mencari peluang usaha di Batam? kalau jawabnya “Ya”, maka anda datang pada artikel yang tepat. Semua yang saya tulis disini adalah berdasarkan hasil pengamatan selama tinggal di batam.

Seperti yang kita ketahui, Batam adalah kota yang digadang-gadang menjadi saingan Negara Singapura. Tentu ini adalah peluang yang tidak bisa di anggap sepele.

Ditambah dengan beberapa wilayah yang di jadikan Kawasan Ekonomi Khusus, seperti Nongsa Digital Park dan MRO Batam Aero Technic.

Dijadikannya Nongsa Digital Park sebagai KEK baru, adalah tanda potensi bisnis online akan menjadi trend di batam dalam beberapa tahun kedepan.

Untuk itu, ada baiknya kita mulai melihat peluang dan potensi yang dapat dimanfaatkan. Simak selengkapnya apa saja peluang usaha yang memiliki peluang dan potensi jika dikombinasikan dengan media online di Batam.

15 Peluang Usaha di Batam yang Menjanjikan

1. Peluang Usaha Kos-Kosan

Seperti yang saya sampaikan pada awal artikel, dengan bertambahnya satu lagi kawasan ekonomi khusus. Akan membuat bertambahnya arus pendatang dari luar pulau untuk bekerja di kota ini.

Contoh saja saya sendiri, saya adalah salah satu pendatang yang bekerja di KEK Nongsa Digital Park (NDP). Selama setahun saya bekerja di sana, hampir setiap hari ada karyawan baru yang bergabung di NDP.

Karyawan NDP sendiri, saat ini sudah lebih dari 500 karyawan. Yang mana, mereke semua membutuhkan tempat tinggal sementara atau kos-kosan.

Itu baru yang tujuannya ke NDP, belum lagi yang ke perusahaan lain. Bisa kebayang?

Bukankah sudah banyak yang punya kos-kosan di Batam?

Ya, memang sudah banyak yang punya, namun yang meng-onlinekan bisnisnya hanya beberapa.

Saya sendiri juga pernah merasa kesulitan mencari tempat tinggal ketika baru datang ke kota ini.

Hal ini disebabkan karena minimnya informasi Online.

Perlu anda ketahui, informasi online sangat berharga bagi para pendatang. Selain karena terbiasa serba online di jakarta, tidak semua pendatang punya saudara dan kolega disini.

Jadi, bisnis kos-kosan yang bisa di akses secara online adalah kombinasi super komplit.

Coba manfaatkan platform kos-kosan seperti Mamikos.

Alternatif lainnya jika anda terkendala modal adalah dengan memanfaatkan ruang kamar yang tidak digunakan.

2. Peluang Usaha Sewa Kendaraan

Setelah para pendatang yang akan bekerja di Batam memperoleh tempat tinggal, munculah peluang kedua. Yaitu bisnis sewa kendaraan.

Jarang sekali saya temui, karyawan-karyawan pendatang yang membawa kendaraan sendiri. Kalau berniat mengandalkan kendaraan umum, saya rasa kendaraan umum belum terlalu menolong di sini.

Menggunakan transportasi online?

Harganya tidak sebanding, hal ini akan menyebabkan pengeluaran membengkak.

Solusinya ada dua, yaitu membeli kendaraan baru atau menyewa kendaraan. Nah dari beberapa teman yang saya ajak berdiskusi, mereka lebih cenderung untuk menyewa kendaran ketimbang membeli baru.

Selain administrasi yang ribet, mereka tidak mau ambil pusing ketika harus pergi dari Batam di kemudian hari. Akhirnya pilihan yang dirasa tepat adalah menyewa kendaraan.

Jadi pastikan, informasi mengenai bisnis sewa kendaraan ini bisa di jangkau oleh siapapaun. Mulai dari sosial media, maupun dengan membuatkan website khusus untuk bisnis ini.

Dengan data dan analisa tersebut saya yakin, bisnis sewa kendaraan untuk karyawan masih menjanjikan di tahun 2021 ini.

3. Usaha Katering Makanan Rumahan Berbasis PO

Baik, peluang ini masih sangat punya korelasi dengan adanya arus pendatang di Batam. Namun tidak terbatas pada karyawan saja.

Peluang usaha ini saya amati sangat punya potensi, yang mana warga di sekitar komplek rumah saya sudah menerapkannya.

Mereka membuat grup whatsapp, yang anggotanya adalah seluruh warga kompleks dan beberapa kompleks perumahan terdekat.

Yang dilakukan disini sangat sederhana.

Memfoto masakan yang di buat selama satu minggu.

Yang kedua, memposting hasil masakan yang telah dibuat. Lalu di tawarkan di grup whatsapp tadi.

Anda tidak perlu repot untuk masak beberapa kali, karena masakan yang di jual adalah masakan yang juga anda nikmati bersama keluarga. Cukup membuat porsi lebih untuk dijual. Cukup mudah bukan?

4. Usaha Catering Untuk Kantor-Kantor

Peluang usaha di Batam yang satu ini perlu pemasaran terlebih dahulu. Bagi anda yang cukup yakin dengan kualitas masakan dan kemampuan packing, Kantor adalah peluang yang tidak bisa di anggap remeh.

Sebagai kota industri, Batam punya banyak sekali kantor dan perusahaan yang membutuhkan jasa catering.

Untum membuka catering, langkah yang bisa dilakukan misalnya seperti dibawah ini:

  • Membuat Brosur daftar Menu Makanan, usahakan variatif untuk satu minggu.
  • Membuat Akun Khusus di sosial media seperti Instagram maupun facebook. Jika ingin lebih menjangkau pasar lebih luas, gunakan website. Selain lebih luas jangauan, akan lebih terkesan professional.
  • Tawarkan jasa ke kantor-kantor yang ada. Lengkapi proposal dengan harga, jam pengiriman, daftar menu dan juga metode pembayaran.

Selain punya potensi yang besar, bisnis berbasis order seperti ini lebih sedikir resiko rugi dan modalnya.

5. Usaha Laundry Rumahan di Batam

Bagi saya bisnis ini tidak ada matinya, bahkan di dalam perumahan seperti tempat saya tinggal (Nongsa).

Mengapa demikian?

Ini pengalaman saya tinggal di Perum Arira Garden, ada beberapa laundry yang buka meski di dalam perumahan. Hebatnya, bisnis tersebut saya perhatikan tidak pernah sepi.

Walaupun pada awalnya saya mengira “siapa sih yang mau laundry, daerah inikan termasuk masih desa”. Ternyata anggapan saya memang salah. Bisnis ini tidak pernah mati!.

Anda hanya perlu menyediakan beberapa mesin cuci tambahan, dan menawarkan jasa di grup kompleks.

Menimbang, harga mesin cuci second di Batam sangatlah terjangkau, cocok sekali untuk memulai bisnis kecil skala rumahan.

Tips: Cobalah untuk menawarkan antar jemput pakaian ketika masih di sekitar kompleks.

6. Usaha Cuci Kendaraan di Batam

Peluang usaha di batam selanjutnya adalah membuka jasa cuci kendaraan. Masih banyaknya lahan kosong yang dapat dimanfaatkan untuk dijadikan tempat membuka usaha, adalah alasan terbesar saya memasukkannya ke dalam artikel ini.

Tidak perlu sistem yang wah, seperti menggunakan hidrolik dan sejenisnya. Cukup lantai semen dan alat spray untuk mencuci sudah sangat cukup.

Jarang sekali saya melihat ada yang punya sumur di Batam. Hampir semua perumahan menggunakan PDAM, di tambah dengan lokasi rumah yang tidak memungkinkan untuk mencuci kendaraan roda 4.

Maka peluang membuka usaha cuci kendaraan ini masih sangat besar potensinya. Di depan kompleks rumah saya, baru buka tempat cuci mobil dan motor yang cukup sederhana. Saya pikir akan sepi, tapi lagi-lagi saya salah duga.

Tidak pernah saya melihat pekerjanya bersantai pada jam-jam kerja.

7. Bisnis Sanggar Senam di Batam

Peluang bisnis di batam selanjutnya adalah membuka sanggar senam. Masifnya pembangunan perumahan, membuat banyak sekali ruko 2 lantai yang terbengkalai.

Anda yang disini pasti setuju, di depan perumahan anda juga terdapat ruko-ruko yang tidak berpenghuni. Alih-alih membiarkannya begitu saja, ada baiknya usaha ini di pertimbangkan.

Biasanya target bisnis ini adalah kaum Ibu-Ibu.

Manfaatkan sosial media untuk memasarkan bisnis ini, agar mudah di kenali oleh orang-orang terdekat.

Peralatan yang dibutuhkan tidak terlalu banyak, seperti sound sistem karpet dan sedikit dumbel.

8. Bisnis Blogging

Cara membuat blog - menulis artikel pertama adalah langkah awal untuk menghasilkan uang

Ya, peluang selanjutnya yang bisa dimanfaatkan adalah blogging. Anda bisa membuat blog yang dikelola oleh orang lain, maupun dikelola sendiri.

Kelebihan bisnis blog adalah tidak perlu mengeluarkan banyak modal seperti bisnis di atas. Sangat cocok untuk anda yang masih punya pekerjaan tetap diluar, namun ingin menambah penghasilan.

Tidak perlu bingun akan di isi oleh tulisan seperti apa, cukup seputar hobi maupun pengalaman yang pernah dilakukan.

Misal anda seorang ibu rumah tangga, maka menjadi food blogger sangat bisa dilakukan. Silahkan baca beberapa tips seputar Food Blogger di artikel ini: Tips menjadi food blogger yang sukses.

Jangan khawatir mengenai pemrograman dll. Karena dengan menggunakan wordpress, proses membuat website/blog bisa dilakukan tanpa coding sama sekali.

Anda hanya perlu membeli domain dan hosting di penyedia hosting lokal. Beda ceritanya 7 tahun kebelakang, ketika ingin menyewa hosting haruslah berurusan dengan penyedia hosting luar negeri yang budgetnya lumayan besar.

Salah satu penyedia hosting Indonesia yang saya rekomendasikan adalah Domainesia. Anda hanya perlu 16 ribu perbulan untuk menghasilkan jutaan dari blog anda. Selain itu, jika anda bertemu permasalah, tim support akan siap sedia 7×24 jam.

Ada banyak sekali cara yang bisa anda lakukan untuk menghasilkan uang dari blog. Saya sudah menuliskannya di artikel ini: 8 Cara Memonetisasi Blog.

9. Bisnis Program Afiliasi

Program afiliasi sangat patut anda pertimbangkan. Afliasi adalah program mempromosikan sebuah produk milik sebuah perusahaan, melalui link-link referal.

Untuk mengikuti bisnis ini, Anda hanya perlu mendaftarkan diri ke website yang menyediakan program afiliasi.

Setelah terdaftar, anda akan diberikan link refereal.

Link inilah yang perlu anda promosikan.

Ketika ada orang yang membeli produk melalui link yang anda bagikan, anda akan mendapatkan komisi sekian persen dari hasil penjualan.

Gambar dibawah ini adalah daftar jumlah komisi dari penyedia Hosting Domainesia.

peluang bisnis dibatam salah satunya adalah bisnis afiliasi

Itu jika anda berhasil membuat satu orang membeli satu layanan. Bayangkan yang membeli layan tersebut ribuan jumlahnya.

Ada beberapa metode yang dapat anda gunakan, apabila hendak menjadi sukses bisnis afiliasi.

  • Memasarkan melalui blog
  • Menggunakan Youtube
  • Memanfaatkan Sosial Media

Dari semua metode, menurut saya yang paling ampuh adalah menggunakan blog dan website pribadi.

10. Bisnis Online Shop

Di era internet ini, siapa sih yang tidak lihay memainkan jempol untuk berbelanja? Hampir semua orang punya gadget. Sayang sekali kalau tidak dimanfaatkan.

Membuat bisnis Online shop sendiri sekarang sangat lah mudah. Media sosial, website dan blog bisa anda maksimalkan potensinya untuk memulai berjualan secara online.

Temukan produk yang akan anda jual, pasarkan lewat online semuanya. Dengan metode ini, anda tidak membutuhkan toko fisik sama sekali.

Bingung tidak punya modal?

Coba menjadi Dropshipper di marketplace-marketplace ternama, seperti shopee dan lazada.

Anda tidak perlu mengueluarkan modal untuk membeli barang terlebih dahulu. Tugas anda adalah mempromosikan barang yang hendak anda jual.

Tentukan berapa keuntungan, dan selebihnya pemilik toko yang akan memproses. Mudah bukan?

Butuh panduan? Tenang, saya sudah menuliskannya disini: Cara Dropship di Tokopedia Dengan Supplier dari Shopee. Tanpa modal awal, anda hanya perlu satu, yaitu “Mau“.

11. Kursus Bahasa Inggris Online

Peluang usaha di batam berikutnya adalah membuat kursus bahasa Inggris. Menimbang kawasan ekonomi khusus di batam, akan memungkinkan banyak sekali lowongan pekerjaan dari perusahaan asing.

Bahasa inggris punya andil besar, anda bisa mengambil peluang ini apabila punya kemampuan berbahasa inggris yang baik.

12. Membuka Usaha Desain Grafis

Sebenarnya semua peluang yang saya tulis memiliki korelasi. Membuat brosur untuk para calon pengusaha catering, desain logo website dan desain brand calon pebisnis baru.

Anda dapat mempersiapkan lonjakan trend bisnis online dengan membuka jasa desain grafis.

Supaya lebih mudah, coba gunakan website pribadi untuk menampikan hasil karya anda. Disamping itu, anda bisamanfaatkan sebagai testimoni kepada calon pelanggan.

Apabila hendak menjangkau pasar yang lebih luas, anda dapat menggunakan platform freelancer di Indonesia. Karena tidak terbatas kota ini saja, konsumen anda bisa berasal dari seluruh Indonesia.

Anda bisa memanfaatkan website Projects.co.id untuk memasarkan produk desain grafis buatan anda. Transaksi yang digunakan sudah modern, yaitu menggunakan rekening bersama.

Jadi anda tidak perlu khawatir kena tipu oleh konsumen.

Saaat ini harga pembuatan sebuah logo untuk website saja sudah mencapai 250 ribu hingga 1 juta. Lumayan kan…

13. Bisnis Freelance Penulis

Peluang usaha ini cocok untuk anda yang punya keterampulan menulis yang baik. Tidak perlu repot membuat blog maupun website.

Saat ini banyak situs-situs freelancer untuk penulis yang tersedia di Indonesia. Seperti sribulancer.com  dan freelancer.com.

Anda hanya perlu mendaftarkan diri di websitenya, lalu mengikuti bidding ketika terdapat project baru.

14. Bisnis Fotografi

Hampir semua bisnis yang saya tulis di atas membutuhkan foto. Disanalah peluang anda, seperti: membuka jasa foto makanan, bisa juga foto preweding.

Belum yakin dengan kualitas jepretan?

Anda bisa coba menjual hasil foto anda di situs marketplace luar negeri.

Silahkan coba jual hasil foto anda di situs ini:

  • Freepik
  • Pexel ( Harus menang Kontes)

15. Usaha Kursus Pemrograman/Coding

Bagi anda yang punya kemampuan coding, ada baiknya membangun bisnis ini. Saat ini daya serap programmer sangat tinggi.

Di lingkungan saya bekerja (NDP), hampir 90% diisi oleh programmer. Mereka bekerja untuk perusahaan asing, seperti singapore, Inggris, bahkan Australia.

Dan kabar baiknya, Apple juga akan segera merapat ke NDP. So jangan sia-siakan peluang ini. Ada baiknya insformasi seperti ini dimanfaatkan.

Membuka usaha ini lebih mudah di banding 10 tahun lalu, karena saya rasa hampir setiap siswa sudah punya laptop dirumahnya. Jadi anda tidak perlu mempersiapkan komputer, LCD, papan tulis, meja kursi, dan tentunya lokasi.

Kesimpulan

Demikianlah beberpa peluang usaha di batam yang bisa anda lakukan. Terlepas dari ke 15 hal di atas, tentunya masih banyak lagi yang bisa digali.

Namun sebaik-baiknya usaha adalah usaha yang dimulai dengan langkah pertama. Rencanakan baik-baik bisnis anda, pilih lokasi dan eksekusi..

Selamat berjuang dan mencoba..

A part-time blogger, content writer, and WordPress enthusiast. Craving for everything about SEO and digital marketing.

3 pemikiran pada “15 Peluang Usaha di Batam yang Menjanjikan Tahun 2021”

  1. Hi,
    Do you need leads for your business? we have the cheapest and most convenient leads, to contact new clients and give your business a boost with over 500.000 potential customers waiting for your service. Send us an email to [email protected] to get your list with the best leads right now.

    Balas

Tinggalkan komentar